Posts

Showing posts from January, 2006

am I really really ready to go through with you?

just read the title...that's all I want to write today........


have a nice day

SUTET

Image
Sambungan Udara Tegangan Ekstra Tinggi alias SUTET


belakangan ramai terdengar berita para korban SUTET yang menjahit mulut mereka sendiri sebagai aksi protes atas sikap pemerintah yang memaksakan pembangunan SUTET melewati rumah-rumah mereka.


aku sempat mencari informasi tentang dampak SUTET ini, salah satunya menyatakan SUTET berpotensi meningkatkan resiko Leukimia pada anak. penyakit yang tak murah bukan?


mereka menjahit mulut karena telah lelah berteriak. lelah mengadu pada entah siapa. jahitan itu adalah upaya terakhir mengetuk nurani pihak-pihak yang mereka harapkan bisa menolong. bagi mereka, jahitan itu bukan siksaan karena mereka sudah disiksa sedemikian rupa oleh pemerintah yang semestinya bertindak sebagai pelindung. jahitan itu tak menyakitkan, karena batas ketahanan mereka atas sakit sudah melebihi kita. jahitan itu bukan untuk keren-kerenan seperti remaja masa kini yang hobi piercing. bukan pula untuk cari mati.


alangkah menyedihkan jika upaya nekat mereka meminta perlindun…

satu lagi miskomunikasi

Image
communication (n) The activity of communicating; the activity of conveying information; Something that is communicated by or to or between people or groups; A connection allowing access between persons or places

communicate (v) Be in verbal contact; interchange information or ideas; Transmit information



kalau mau jujur, komunikasi memang ga gampang. tapi juga sebenernya ga sulit ko. tergantung kemauan.


pekan ini saya mengalami dua kejadian yang terkait dengan miskomunikasi. kejadian pertama antara saya dengan fath, dan kejadian kedua adalah urusan kantor. saya tidak akan menceritakan apa yang terjadi antara saya dengan fath. itu rahasia dapur ya.....jadi biarkan saya bercerita tentang kejadian di kantor.


selama enam pekan terakhir, saya ditempatkan di kantor klien sebagai helpdesk. pemberitahuan penempatan itu secara lisan dan cukup mendadak. hingga kini, saya sendiri masih bertanya-tanya, kenapa saya yang ditempatkan di sana? helpdesk bertugas membantu klien dalam pengoperasian sistem ya…

opal

Image
namanya opal. alias agus. aku bertemu dengannya dalam perjalanan pulang hari minggu kemarin. di metromini 74. tuh fotonya....maaf pencahayaan agak kurang. aku ga pake blitz demi menghindari copet. ntar ketauan lagi bawa camdig, kan bahaya.


awalnya aku melihat dia duduk di bangku seberangku. sedang menghitung "perolehan" hari itu. dengan cekatan ia menghitung lembaran ribuan dan keping limaratus dan dua ratusan. aku memandanginya cukup lama. dan sempat terpikir olehku, ia belajar menghitung dengan cara seperti itu.


tak tahan diam, kusapa dia. dialognya kurang lebih seperti ini:

aku: "dapat banyak?"

opal: "ngga. baru keluar"

aku: "emang biasanya sampe jam brapa?"

opal: "jam setengah lapan"

aku: "trus pulangnya gimana?"

opal: "naek kereta ama anak-anak. rame-rame gitu"

aku: "emang pulangnya ke mana?"

opal: "ke serpong, tangerang. kalo anak-anak ada yang ke jombang, pondok ranji, bintaro"

aku: "ibunya ke m…

tempat makan siang (part I)

aku selalu beli makan siang di luar. tepatnya aku memang selalu membeli makanan di luar. di tempat kos, tidak ada dapur yang bisa kami berdayagunakan untuk mengasah ketrampilan memasak.


saking seringnya beli, aku jadi hapal tempat mana yang enak dan murah, mana yang bersih, mana yang nyebelin.


sekali ini, aku pengen cerita tentang tempat makan yang sering kusinggahi selama aku di kantor klien.


tempatnya di sepanjang jalan kuningan timur. persis di samping bulog. di sepanjang jalan itu, dimulai dari sekitar 50 meter dari jalan gatot subroto, berjajarlah warung-warung tenda warna putih menyajikan beragam masakan.


tempatnya lumayan. pilihan makanan pun banyak. bagi mania makanan padang, bisa ke warung taraso (aku suka paru di sini....ga begitu garing). pecinta ayam bisa memilih ayam kalasan, ayam goreng panas, atau sate ayam, atau ayam bakar ojolali. yang suka mie, bisa mencoba bakmi 33 yang menjual mie ayam bangka.


dan enaknya, mungkin karena seragam warna putih, nuansanya beda. ga seperti k…

accident

Image
hani, adik gw, kecelakaan. kaget juga. coz pas telpon ke rumah, nyokap ga bilang apa-apa.


jalanan makin ga aman ya.........

orang miskin di negeri ini

Image
oktober 2005...BBM naik. subsidi dicabut. bahkan untuk minyak tanah, yang mayoritas penggunanya adalah "wong cilik"



januari 2006...pemerintah memutuskan mengimpor beras. meski banyak pihak menyatakan beras dari dalam negeri masih mencukupi. dan tinggallah para petani yang belum panen gigit jari karena tak kebagian harga layak. dan entah bagaimana, sekali ini DPR mulai berunjukgigi. gaung penolakan impor beras bergema di senayan. apakah karena memang mereka menyadari tugas sebagai wakil rakyat, ataukah karena tak kebagian beas impor?


januari 2006...buruh di jawa timur berunjukrasa menuntut kenaikan upah minimum. dua orang ditahan dengan tuduhan penghasutan dan dikenai ancaman hukuman penjara lima tahun.


direncanakan februari 2006, tarif dasar listrik naik dengan dalih defisit di PLN. sebagai satu-satunya pemegang suplai listrik di Indonesia, entah mengapa PLN selalu defisit. inefisiensi? banyak korupsi? atau memang tarif listrik di indonesia yang terlalu murah?


orang miskin di in…

rainy lunch

Image
baru balik makan siang. hujan deras. pas berangkat makan, sebenarnya sudah hujan. tapi kami berlima (saya, mas fau, mas alfha, mas alfin, dan mas robbie) memutuskan untuk tetap makan di tempat biasa. jadilah dua bocah pengojek payung kami panggil.



usai makan, hujan makin deras. agaknya sekali ini kami diuji dengan dingin dan air kiriman langit. atap warung tenda tempat kami makan sesekali meluapkan tampungan airnya. dan genangan air di antara bangku pun kian tinggi.


akhirnya, untuk kembali ke kantor, sekali lagi kami panggil ojek payung. kali ini bocah perempuan kecil. mungkin baru tiga belas tahun.


ufh, dingin........


heran, meski saya meminta para pengojek payung itu untuk ikut berpayung bersama, mereka tetap menolak. atau kalau pun bersedia, tetap memilih sisi yang pasti terkena curah hujan. alasannya sederhana "udah terlanjur basah, Bu"


siang ini adalah kali pertama saya menggunakan jasa ojek payung. sebelum ini, biasanya saya lebih memilih (a) berhujan-hujan atau (b) menungg…

blog pun perlu toleransi

Image
kemarin siang, YM dari seorang teman: your blog is cool (he he he...thanx)


pagi ini, buka frenster. dua pesan baru. salah satunya dari teman lama:
Subject:update melulu kerjaannyaMessage:apa kabar?
kerjaannya update blogs melulu, email ku penuh

well well well.......


kabar baik, alhamdulillah. kerjaan update blog melulu? ga juga. tetep bikin laporan, browsing, keliling ke klien, de el el. isi blog itu hanya sekian persen dari kerjaan saya.


dan kalow email penuh, kan bisa disetting tuh tentang penerimaan dari friendsternya. seperti saya, misalnya, benar-benar tak mau terima notifikasi apa pun dari friendster selain blog. jadi notifikasi yang saya terima, ya hanya jika teman-teman saya meng-update blog mereka.


friendster yang awalnya hanya digunakan sebagai salah satu sarana komunikasi dengan teman, kini juga jadi media pelampiasan uneg-uneg berkat fitur blog. dulu sih suka-suka aja bikin di friendster terus. tapi setelah nemu blogspot, why not try this one? kan kasihan juga teman-teman saya ka…

makam tumpangan

Image
(FYI, ini sudah kubuat bulan lalu. namun belum sempat aku posting. entah masih relevan atau tidak)


tak sengaja membaca iklan dari kantor pelayanan pemakaman DKI Jakarta tentang makam tumpangan. definisi makam tumpangan di sini adalah memakamkan jenazah di atas jenazah lain yang sudah dikubur setidaknya setahun. dan jenazah baru harus anggota keluarga jenazah lama. kalau bukan, maka keluarga jenazah baru harus minta izin pada ahli waris jenazah lama.



maaf kalau kalimatku berantakan. aku agak bingung tentang bagaimana menjelaskan istilah makam tumpangan ini. yah singkatnya, kita memakamkan jenazah di atas jenazah lain. titik.


kantor pelayanan pemakaman mewajibkan pelaksanaan makam tumpangan ini. berikut salinan Perda No. 2 pasal 17 tahun 1992 ini:


tiap petak tanah makam di TPU harus digunakan untuk pemakaman dengan cara bergiliran atau berulang pada tiap berakhirnya penggunaan tanah makam.tiap petak tanah makam di TPU dipergunakan untuk pemakaman tumpangan, kecuali bila kondisi tanahnya tid…

"playboy indonesia" the magazine

udah tahu kan kalo majalah playboy bakal terbit dalam edisi Indonesia? kalow blom tau, mungkin link ini bisa membantu. dan juga link ini. serta yang ini. kalow masih perlu link lainnya, cari ndiri lah ya....


nah, dengan asumsi semua dah pada tau, gw pengen komen dikit neh.


satu, memang benar sekali sodara-sodara, bahwa tanpa playboy terbit pun, di indonesia udah banyak media (terutama cetak) yang isinya syuur. dan dipajang di kios koran pinggir jalan pula. gw perna semi-shock pas liat majalah Tempo bersanding dengan majalah entah apa namanya, yang jelas modelnya pake atasan bikini dari tempurung kelapa. OMG.....


tapi, apa emang perlu ditambah? buat gw, majalah/tabloid begituan tuh kaya penyakit. kaya candu. masa siy harus ditambah lagi? dan apa untungnya coba? meski konon katanya bapak bagian promosi playboy yang terhormat mengatakan bahwa isi playboy indonesia antara lain edukasi, ga ngefek tuh. imej playboy sendiri udah jelas kalo itu adalah majalah syuuur. lagian, edukasi macam apa ya…

bahasaku

Image
pro dan kontra akan selalu ada. aku ingat bagaimana dahulu pem-bahasaindonesia-an bahasa asing diterapkan di sekitarku dan apa saja dampaknya.

dulu aku merasa aneh melihat nama usaha diubah demi menjaga ke-indonesia-annya. tunas mobil menjadi mobil tunas. dan pikiranku adalah, mobil-mobil itu bertunas dengan daun-daun hijau kecil he he he


dan sekarang ada usulan untuk memberlakukan peng-indonesia-an itu melalui RUU. jika kelak disetujui, jelas para "Ayatullah Bahasa" (menurut istilah iwan), akan lebih punya dasar hukum untuk memaksakan bahasa Indonesia di setiap tempat setiap saat.

sebagian diriku menyetujui usulan itu, terutama karena jengah mendengar para praktisi media (apalagi penyiar/pembawa acara TV dan radio) yang sok berbahasa asing (dalam hal ini Inggris) hanya agar tampak keren. coba tonton MTV Indonesia. ugh.....pusing kepala. dan saat aku membaca artikel di media tentang masakan misalnya, aku sering protes kenapa mereka menggunakan kata vinegar alih-alih cuka dan ga…

Dilarang, Penggunaaan Bahasa Asing di Ruang Publik (dikutip dari media indonesia online)

berikut ini berita yang kukutip dari media indonesia. komentarku tentang berita ini akan kumasukkan dalam posting berikutnya. akan terlalu panjang jika dimuat di sini. selamat membaca :)



Penulis: Iis Zatnika JAKARTA--MIOL: Pemerintah akan melarang penggunaan bahasa asing dalam ruang publik, baik itu dalam reklame, nama gedung, merek dagang maupun media massa. Pelanggaran akan beresiko pada pencabutan izin usaha.

Kepala Pusat Bahasa Depdiknas Dendy Sugono mengungkapkan hal itu kepada Media di Jakarta, Kamis (5/1).

Dendy menuturkan, aturan itu termuat dalam draft akademik RUU Bahasa yang kini telah diserahkan Pusat Bahasa ke Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas. Selanjutnya, akan didiskusikan antar departemen, termasuk ahli hukum dan ekonomi. RUU itu ditargetkan akan disahkan pada 2007 mendatang.

"UU ini nantinya akan sangat berpengaruh pada pelaku usaha. Catatan terpenting pada UU ini adalah penggantian semua bahasa asing yang digunakan dalam ruang publik, termasuk nama …

privacy please

Image
mari bicara sejenak tentang privasi.


asal katanya privacy. menurut kamus (online) yang saya rujuk, privacy berarti right of, the right to be left alone without unwarranted intrusion by government, media, or other institutions or individuals.


singkat cerita, definisi yang jamak diterima untuk kata privasi adalah hak untuk menyendiri tanpa gangguan dari siapa pun.


dan saya yakin, hak itu melekat pada diri tiap manusia. bagi saya, privasi adalah hak bawaan sejak lahir, bukan hak pemberian.


dan tentunya, wajar jika saya terganggu saat ada yang nyelonong masuk begitu saja ke area privasi saya, dalam hal ini, kamar


ada kejadian di tempat kos saya yang cukup mengganggu. karena sebelum ini saya pernah menulis tentang beberapa teman kos, mari gunakan istilah yang sudah saya lekatkan sebelumnya.


kejadian ini seputar nona topan_badai. seingat saya, setidaknya sudah tiga kali dia nyelonong masuk tanpa permisi ke kamar saya.


yang pertama, beberapa bulan lalu. saya sedang tidur, dan dia masuk begitu saja …

Idul Adha

Image
besok, Idul Adha. sekali lagi, saya tidak dapat sholat Ied. sebal juga.


tapi, masalah perempuan yang satu ini jelas di luar kekuasaan saya. mana bisa saya atur. terima saja lah. moga-moga Idul Fitri dan Idul Adha mendatang saya bisa sholat Ied.


saya belum pernah kurban. eh pernah dinx, waktu sekolah dulu ada iuran kurban. dan tahun lalu, tapi nitip uang pada orangtua. entah digunakan untuk beli kambing, atau sekedar untuk biaya masak saja, entah. tapi saat itu, saya niatkan untuk kurban.



tahun ini, ingin juga kurban. tapi kenapa keinginan itu baru muncul di detik-detik terakhir? dan harga kambing juga ga murah kan? ufh......cari teman patungan ah....mau ga ya fath patungan? sepertinya dia ingin kurban sendiri......


kalau tahun ini saya ga dikasih kesempatan, semoga Allah memanjangkan usia hingga saya berkesempatan kurban tahun depan......oia, tahun ini kan Idul Adha dua kali.....

Shattered Glass

Image
Sinopsis:

Film produksi tahun 2003 ini diangkat dari kisah nyata Stephen Glass, wartawan di majalah The New Republic. Dia mengarang 27 dari 41 berita yang ditulisnya untuk TNR. Mengarang dalam hal ini berarti mereka kisah, tokoh, fakta, dan lain-lain.


Kecurangannya terbongkar saat wartawan Forbes Digital, Adam Pennenberg, menemukan kejanggalan dalam kisah Hack Heaven yang ditulis Stephen. dari situlah, Chuck, editor Stephen, mulai menelusuri setiap kisah mencurigakan yang pernah ditulis Stephen.


Film ini menggambarkan kurun tahun 1998 kala kecurangan Stephen terbongkar.

Pemain:
Hayden Christensen, Peter Sarsgaard, Chloe Sevigny, Melanie Lynsky, Steve Zahn, Hank Azaria,

Sutradara:
Billy Ray

Pendapatku:


jalan ceritanya datar, bisa ditebak, tapi mengesankan. yang jelas, aku terbawa emosi hingga sebal pada tokoh si stephen glass. dia menggunakan lapis demi lapis kebohongan untuk menutupi kebohongan lainnya. dan di atas semua itu, ia menggunakan sikap manis sok innocent untuk merebut hati orang-ora…

Memoirs of a Geisha

Image
Sinopsis:

Chiyo, gadis kecil dari kampung nelayan, dijual oleh orangtuanya untuk menjadi geisha di Gion, Kyoto. di sana, ia harus menghadapi kerasnya persaingan di rumah geisha (okiya), kekejaman hatsumomo (geisha utama di okiya saat itu), dan keinginannya untuk keluar dari sana.


setelah bertemu ketua, chiyo memutuskan akan menjadi geisha dengan harapan suatu saat bisa bertemu lagi dengan penolongnya itu.



Pemain:
Zhang Ziyi, Gong Li, Michelle Yeoh, Ken Watanabe

Asal:
Amerika

Sutradara:
Rob Marshall

Pendapatku:

tahu apa masalah dengan film hasil novel? perbedaan dengan novel aslinya. dan itu membuatku sebal sepanjang film ini.


memoirs of a geisha adalah salah satu novel favoritku. sejak membeli edisi terjemahannya tahun 2003 lalu, entah sudah berapa puluh kali aku membacanya. jadi wajar jika aku mengharapkan filmnya sebagus novelnya.


dan harapanku tidak terwujud.


kekecewaan pertamaku adalah kurangnya orang jepang di film ini. tak seorang pun tokoh utamanya yang orang jepang. hanya si ken watanabe i…

Mountain Patrol

Image
Sinopsis:

Ga Yu, seorang jurnalis dari Beijing, ditugasi meliput tentang patroli pegunungan pimpinan Ri Tai di Kekexili usai terbunuhnya seorang anggota patroli tersebut. Awalnya ia bermaksud menguak kisah suakrelawan patroli, pemburuan antelope Tibet, dan desas desus bahwa patroli tersebut bekerjasama dengan pemburu ilegal.


Ga Yu bergabung dengan kelompok patroli dan menyaksikan bagaimana mereka mempertaruhkan nyawa dan bertarung dengan para pemburu liar yang kejam. Patroli itu bertujuan untuk mencegah pembantaian terhadap antelope Tibet yang populasinya kian menyusut (dari sejuta ekor hingga tinggal sepuluh ribu ekor pada tahun 1996).


Pengambilan gambar film ini dilakukan di ketinggian 4600 kaki, dengan kondisi lingkungan yang benar-benar menantang.


Pemain:
Duobuji, Zhang Lei, Qi Liang

Asal:

China/Hongkong


Pendapatku:

TWO THUMBS UP!!!!


satu, ceritanya bagus, ini kisah nyata, ga lazim, dan ini didukung oleh akting pemain yang keren dan lokasi syuting yang (aslinya) emang udah keren. film ini m…

paranoid part I

aku kadang agak paranoid. tiap kali baca berita, selalu saja aku berpikir pasti ada konspirasi di baliknya. mungkin karena aku kebanyakan baca novel spy??? dunno lah


awalnya kemaren pas aku baca berita di kompas tentang penghentian pasokan gas dari Rusia ke Ukraina. dan hari ini, aku baca sekuelnya di detik.


menurutku, wajar kalo ukraina menolak tawaran rusia. kenaikan harga empat kali lipat itu seperti pernyataan halus bahwa tak ada lagi gas untuk ukraina.


dan dampaknya, harga minyak melonjak. siapa yang diuntungkan di balik kenaikan harga minyak mentah ini? apakah polisi dunia yang baru saja menguasai salah satu pemilik cadangan minyak terbesar dunia? produsen minyak yang tingkat produksinya menurun namun tak mau keuntungannya ikut surut? ataukah pemerintah sebuah negara yang baru saja menyatakan bahwa harga BBM akan diturunkan jika harga minyak dunia turun?


aku paranoid.............