Monday, July 31, 2006

PESAT part II

okeh, yang ini soal mekanisme pembayaran. btw, itu nomer telpon yang tercantum, jangan buwat ngajak kenalan aja yah. mentang-mentang dikau ngefans aku gitu *hush*

murmer kan? yah itung-itung jatah belanja baju dikurangin dikit laaa.....^_^
ah iya, kalo ga bisa ikut smua, bole ikut per sesi, tappiiii...ga bisa semua sesi yah. cuma sesi-sesi tertentu ajah. en kalo diitung-itung, jauh lebih murah kalo ikut paket *pengalaman pribadi*

hayu hayu.....daptar daptar

MEKANISME PENDAFTARAN DAN PEMBAYARAN PESAT 6 JAKARTA

A. PENDAFTARAN CALON PESERTA

Calon Peserta diharapkan mengirimkan data diri berupa;

  • Nama Lengkap
  • Nomor telepon yang mudah dihubungi
  • Alamat email yang digunakan
Ke salah satu berikut ini,

Email : pesat6jkt_daftar@yahoogroups.com , atau

SMS : 0815 5000533 (Anita Setyaningtyas), atau

Fax : 021- 87753271 (Etta). Khusus untuk fax hanya pada hari kerja, mulai pukul 09.00 s/d 13.00

Perhatian : Bagi calon peserta yang memiliki kemudahan akses internet diharapkan dengan sangat untuk mendaftar melalui email.

B. WAKTU PENDAFTARAN

Pendaftaran dibuka pada tanggal 24 Juli 2006 - 4 Agustus 2006 dan/atau sampai jumlah kuota terpenuhi.

Pengiriman data diri sebelum tanggal tersebut akan kami anggap tidak sah.

C. PERSYARATAN

Demi kelancaran program edukasi ini, peserta diwajibkan mengikuti ketentuan berikut ini :

  1. Mengambil dan mengikuti keseluruhan paket (6 sesi)
  2. Mengikuti seluruh paket (kecuali emergency)
  3. Datang 30 menit sebelum acara dimulai untuk pendaftaran ulang dan mengikuti kuis.
  4. Tidak membawa anak-anak pada acara ini
  5. Membawa bukti transfer pembayaran di Sesi Pertama.
  6. Membawa fotokopi buku kesehatan anak dan/atau copy resep. Diserahkan pada waktu daftar ulang pada sesi I.
  7. Apabila peserta mengundurkan diri setelah Pesat di mulai dan/atau ditengah-tengah Pesat, tidak ada pengembalian biaya.
  8. Apabila tidak hadir 2 kali berturut-turut otomatis di eliminasi dan tidak ada pengembalian biaya.

D. BIAYA

Untuk keseluruhan paket

Rp. 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) per orang

Atau

Rp. 450.000,00 (empat ratus lima puluh ribu) untuk pasangan suami-istri

Biaya tersebut akan digunakan sebagai pengganti biaya penggandaan makalah dan konsumsi untuk 6 sesi (6 kali pertemuan).

E. PEMBAYARAN

Pembayaran dilakukan dengan mentransfer (via internet banking, ATM &/ setoran tunai) ke no rekening berikut ini :

BCA KCP Tanah Abang 2

No. Rek 6540060477
a/n Hera Listianawati

Perhatian : Apabila tidak menggunakan rekening sendiri, jangan lupa untuk menyertakan nama lengkap calon peserta.

F. WAKTU UNTUK PEMBAYARAN

Transfer biaya dapat dilakukan pada tanggal 24 Juli 2006 – 4 agustus 2006.

Setelah melakukan pembayaran, calon peserta dimohon untuk konfirmasi ke Panitia Pesat dengan cara mengirimkan foto kopi bukti transfer/pembayaran.

Jangan lupa untuk menuliskan nama lengkap calon peserta pada foto kopi bukti transfer.

Kirimkan ke salah satu dibawah ini,

Email : pesat6jkt_daftar@yahoogroups.com , atau

SMS : 0815 5000533 (Anita Setyaningtyas) , atau

Fax : 021-87753271 (Etta), hanya dapat dilakukan pada hari kerja, mulai jam 09.00 s/d 13.00

Perhatian : Bagi calon peserta yang memiliki kemudahan akses internet, dimohon dengan sangat agar menggunakan email

Demikian mekanisme pendaftaran dan pembayaran untuk Pesat 6 Jakarta ini dibuat.

Dimohon dengan sangat untuk memperhatikan dan mengikuti batasan-batasan waktu pendaftaran dan pembayaran. Diluar waktu tersebut, semua pendaftaran dan pembayaran akan dianggap tidak sah dan tidak akan diterima panitia.

Pertanyaan mengenai teknis dan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi panitia di pesat6jkt_daftar@yahoogroups.com atau SMS ke 0816 1369870, 021-87753271 (Etta) atau 0815 7116197 (Ni’am Sa'diyah)

Tempat Terbatas

Salam SEHAT,

Panitia PESAT 6 Jakarta

Sunday, July 30, 2006

PESAT part I

skali ini beda ah postingnya. aku posting soal woro-woro seminar PESAT 6 yaa....berhubung aku ikutan jadi panitia juga gitu hihihi. btw, ini ga khusus ortu aja yah. namanya juga belajar. lagian di mana lagi gitu cari tahu soal kesehatan anak dan keluarga komplit ^_^ kan katanya anak itu ujian, sebelum menjalani ujian, belajar dulu dunx. kali-kali ga ada kesempatan nyontek. untuk mekanisme pembayaran, di posting setelah ini yax. hayu hayu hayu...ikutan.

Dear All,

Menjadi orangtua adalah anugerah terindah dari Sang Pencipta, sekaligus merupakan tantangan terbesar dalam hidup. Terlebih bila buah hati tercinta sakit. Pengetahuan yang komprehensif tentang kesehatan anak merupakan salah satu bekal bagi orangtua untuk mampu berpikir dan bertindak secara rasional.

Untuk itu, Yayasan Orangtua Peduli kembali mengadakan Paket Edukasi Orangtua Sehat 6 di Jakarta (PESAT 6 Jakarta). Kegiatan ini dibawah bimbingan dr. Purnamawati, SpAk, MMPed dan didukung oleh WHO (World Health Organization) Indonesia.

Adapun rincian acaranya, sebagai berikut :

Sesi I – 12 Agustus 2006 (09.00 – 13.00 WIB)

Topik 1 : Best Health Care (dr. Purnamawati, SpAk, MMPed )

Bagaimana mewujudkan partnership antara tenaga medis dan konsumen kesehatan? Temukan bahasan lengkapnya di sini.

Topik 2 : Apa yang orangtua perlu tahu tentang tata laksana bayi baru lahir (newborn)? (dr. Davide Manissero – WHO Indonesia)

Tes apa saja yang dilakukan oleh dokter pada newborn? Perlukah bayi yang baru saja dilahirkan dimandikan? Bagaimana tata laksana early latch-on? dll

Diskusi ini akan menambah pengetahuan Anda tentang serba-serbi bayi baru lahir.

Topik 3 : Imunisasi dan Penyakit yang Dicegahnya (Lydia Iswara) Bagaimana kerja vaksin dalam melindungi tubuh? Apakah imunisasi ada efek sampingnya? Apa yang dimaksud dengan catch-up immunization? Apa itu imunisasi simultan? dan banyak lagi. Semuanya akan dikupas tuntas di sini.


Sesi II – 9 September 2006 (09.00 – 13.00 WIB)

Topik 1 : ASI/KLASI (Luluk L. Soraya, Iwan.)

ASI adalah makanan terbaik bagi bayi. Mengapa ASI eksklusif 6 bulan? Apa saja kiat untuk sukses ASI eksklusif? ASI eksklusif dan ibu bekerja. Mungkinkah? Apa saja problema seputar ASI dan menyusui? Anda akan menemukan jawabannya dalam diskusi seru di sesi khusus ini. Simak juga pengalaman seorang breastfeeding father.

Topik 2 : Feeding/MPASI (Dewi Joris)

Bagaimana sih cara yang paling baik untuk memperkenalkan solid food? Bingung, anak GTM (Gerakan Tutup Mulut)? Puyeng, anak sedikit atau susah sekali minum susu? Seperti apa sih konsep pemberian makan yang baik pada anak? Bagaimana menerjemahkan piramida makanan dalam pola makan anak sehari-hari? dll

Topik 3 : Menilai Pertumbuhan Anak (Pudji Yulianti Sukri)

Orangtua cenderung menghabiskan banyak pikiran dan energi untuk urusan BB anak. Apakah anak gemuk itu pasti sehat? Dan anak yang cenderung langsing/kurus itu pasti kurang gizi? Bagaimana cara membaca growth chart yang benar? Apa itu Body Mass Index dan apa fungsinya? Mari kita menilai pertumbuhan anak dengan bijak.

Sesi III – 11 November 2006 (09.00 – 13.00)

Topik 1 : Demam dan Kejang Demam (dr. Astrid Saraswati)

Tuhan menciptakan mekanisme demam, pasti ada maksudnya. Tahukah kita? Kapan saat yang tepat untuk memberikan obat penurun demam? Berbahayakah kejang demam? Apakah tiap kali anak demam perlu diberi obat anti kejang? Agar tak selalu bingung dan panik ketika anak demam, ikuti penjelasan tentang demam dan kejang demam, berikut tata laksana penanganannya.

Topik 2 : Seputar Kesehatan Gigi Anak (drg. Suzanty)

Kapan sebaiknya anak mulai dibawa ke dokter gigi? Bagaimana membersihkan gigi anak yang baik? Kapan ya anak perlu pasta gigi? Tahukah Anda bahwa kesehatan gigi susu mempengaruhi gigi tetap anak kelak? Temukan jawabannya di sini.


Topik 3 : Kuning Pada Bayi Baru Lahir (dr. Purnamawati, SpAk, MMPed)

Apa yang menyebabkan kuning pada bayi baru lahir? Berbahayakah itu? Apakah tes bilirubin mutlak dilakukan pada setiap bayi baru lahir? Apakah untuk menghilangkan jaundice in newborn mutlak dilakukan penyinaran? Diskusikan pada sesi ini.


Sesi IV – 2 Desember 2006 (09.00 – 13.00)

Topik 1 : Antibiotika (AB) (Prof. Amin Soebandrio)

Ingus anak sudah berwarna hijau. Apakah itu pertanda ia perlu diberi antibiotik? ”Kalau diresepkan antibiotik, harus dihabiskan....”. Benarkah? Temukan penjelasan tentang Antibiotika, saat tepat untuk mengkonsumsi dan tata laksana konsumsi antibiotika, dalam sesi khusus tentang AB ini.

Topik 2 : Common Problems in Children dan Peran AB (dr. Purnamawati, SpAk, MMPed)

Common colds (batuk+pilek), diare, muntah, infeksi telinga adalah beberapa penyakit yang sering diderita anak-anak. Kebanyakan penyakit langganan anak-anak disebabkan oleh infeksi virus. Sudah tahukah kita tata laksana yang tepat untuk itu? Does my child really need drugs? Diskusikan di sini.

Sesi V – 6 Januari 2006 (09.00 – 13.00)

Topik 1 : Penggunaan Obat Secara Rasional (dra. Rina Mutiara, dr. Purnamawati, SpAk, MMPed)

Apakah setiap gejala penyakit harus diobati (a pill for an ill)? Perlukah kita mengetahui efek samping dari obat? Apa beda obat paten dengan obat generik? Apa itu polifarmasi? dll. Jangan sampai ketinggalan diskusi ini agar kita dapat lebih bijak dan rasional menggunakan obat.

Topik 2 : Seputar Kesehatan Kulit Anak (dr. Farian Sakinah)

Milia, nappy rash (ruam popok), cradle cap (kerak topi), biang keringat adalah beberapa masalah kulit yang sering dijumpai pada bayi, tapi cukup membuat pusing kepala orangtua. Bagaimana membedakan bercak merah roseola dengan campak? Temukan penjelasan tentang segala hal yang berkaitan dengan kulit bayi dan anak di sini.


Sesi VI – 27 Januari 2007 (09.00 – 13.00)

Topik 1 : Perkembangan Anak (Hanni Armansyah)

Seorang anak tidak hanya bertambah BB dan TB-nya tetapi ia juga mengalami perkembangan emosi dan intelektualnya. Bagaimana menilai perkembangan anak dengan bijak dan obyektif? Bagaimana memberikan stimulasi dini yang baik dan tepat pada anak? Bagaimana sebaiknya menangani perilaku tantrum (temper tantrum) anak? Dan masih banyak lagi yang dapat Anda diskusikan bersama narasumber pada sesi ini.

Topik 2 : TBC Pada Anak (dr. Davide Manissero, Gendi Jatikusumah)

Flek di paru-paru = TBC, benarkah demikian? Tahukah kita bahwa menegakkan diagnosa TBC pada anak itu sangat sulit? Overdiagnosed of TB berkonsekuensi anak harus rutin minum obat anti TBC yang akan berefek pada hatinya. Temukan penjelasan yang sebenarnya tentang TBC pada anak pada sesi ini.


Mekanisme pendaftaran dan pembayaran Pesat 6 Jakarta akan disampaikan secara terpisah.

Salam SEHAT,

Panitia Pesat 6 Jakarta


maap kopi-paste. biar cepet gitu

Friday, July 28, 2006

prinsip keseimbangan

ada yang datang

ada yang pergi

setelah yang paling kuharapkan pergi akhirnya menghilang

kini yang paling tidak kuinginkan kepergiannya, akan segera menghilang juga

demi kebaikannya

semoga langkahnya tetap lurus dan terjaga

semoga tetap bersinar (meski gelap ^_^)

take care of yourself

be good

see you later

ini benar-benar contoh prinsip keseimbangan

ps: janji loh bantuin nyam pindahan menjelang merit. awas kalo ga

Tuesday, July 25, 2006

tetangga part 3

sepertinya memang akan selalu ada kejadian konyol tapi ironis dalam kehidupan bertetangga. kamu membantu tetanggamu, yang tak lain tak bukan adalah preman kompleks, menghancurkan rumah tetangga di sekitarmu. kamu juga menolak usulan perdamaian. padahal kalau dipikir, siapa kamu? kamu bukan pihak yang bertikai. kamu cuma orang asing yang mengaku-aku sebagai hansip kompleks dunia. hansip tolol paranoid yang selalu ketakutan pada bayangannya sendiri. dan kamu membantu preman biadab itu menyiksa dengan semena-mena.
heh hansip, kamu malah menuduh korban kekerasan preman itu sebagai pihak yang bersalah. oh please, aku tahu kamu ga punya otak. tapi aku jadi semakin yakin bahwa benda yang kamu agung-agungkan sebagai otak itu tak lain adalah sampah abu-abu beracun yang tak jelas fungsinya. semut aja kalo digencet bisa balik gigit kan, apalagi manusia. kamu berharap preman itu bisa merusak rumah semua penghuni kompleks sementara penghuninya berdiam diri saja? hellooo.....kamu pikir mereka ga punya harga diri gitu?

dan bisa-bisanya kamu kirim pembantumu untuk bertandang dengan tujuan tak jelas sementara di saat yang sama kamu kirim batu-batu tambahan supaya genteng tetanggamu makin hancur.

ah sudahlah, jangankan tetangga. pemilik asli rumahmu pun kamu binasakan toh? apa yang bisa diharapkan dari orang macam kamu? ga ada. kamu cuma sumber penyakit. cari gih planet lain di mana kamu hansip sialan dan preman biadab bisa bekerjasama berkuasa tanpa gangguan. di planet bumi? maaf, tak ada tempat untuk kalian.

Monday, July 24, 2006

pasar kaget

pernah ke Bintaro hari minggu pagi? coba ke pasar kaget deh. di belakang McD sektor 9. pertama kali ke situ, kira-kira empat bulan lalu. pas lagi nginep tempat Iva (sebelum dia merit). alasan sebenernya seh biar bisa sarapan pagi bareng Fath *merah*

Minggu pagi, aku bareng Lucky, Dono, en Ibnu (semua temen Fath) jalan ke Pasar Kaget. Fath ga ikut soale lagi ada urusan ma sepupu-sepupunya. jadi aku bantu beli kado buat temen Lucky yang baru dapet momongan. skalian blajar motret ^_^

pasar kaget tuh mirip-mirip Gasibu kalo lagi minggu pagi. idealnya siy, ke sana sebagai tujuan akhir abis lari pagi. tapi berhubung kami bangun kesiangan dan lagi malas ga siap sepatu olahraga, ya wes ke sananya naik motor. pas sampe sana, udah rame banget. oia, sepanjang jalan banyak orang yang lagi lari pagi ato bersepeda ato naik delman. jadi ati-ati kalo kebetulan lagi bawa kendaraan.

di pasar kaget, hampir semua ada. tanaman hias, baju lucu-lucu, jilbab, alat tulis, makanan, aksesoris, majalah, handuk segala ukuran, baju seragam SD-SMP-SMA, binatang, sampe DVD bajakan. aku yang lagi cari tanaman rada kecewa bcoz ga nemu yang aku suka. yah belum rezeki kali yaaa....

tapi yang paling bikin ngiler tuh makanannya. bayangin aja, mulai kari+roti jala, burger, hotdog, lasagna yang udah dikemas dalam wadah, gudeg, pecel komplit, bakso, siomay, soto, sate, dawet, macam-macam snack, cake segala macam. rasanya pengen coba semua. kalo pas pertama ke sana aku coba pecel, kemarin coba gudeg+buntil. ikan terinya kurang banyak euy ^_^

abis makan, kami puter-puter lagi. sebelumnya udah dapat selimut bayi murmer. sambil jeprat jepret sana sini, kami akhirnya cari majalah. aku dapet komik cuma lima ribuan loh. Lucky beli majalah sepuluh ribu dapat tiga. lumayan lah. ah satu lagi, di belakang pasar kaget ada masjid. kayanya siy rutin ada pengajian mingguan gitu deh. yah abis kuras kantong, isi iman yux. ato kebalik???

sayang lagi ga bawa duit banyak. padahal ada alat makan lucu-lucu, trus handuknya itu loh. dan ada celana pendek lutuuu. dan yang jelas, belum puas makan. *kebayang lasagna ama blackforest*

oia, poto-potonya ga banyak soale....ga semua dikopi. hixz....hixz....

Friday, July 21, 2006

alhamdulillah

akhirnya mimpi buruk itu pergi juga......mulai senin besok ga perlu ngeliat dia lagi....

hip hip hurrayy!!!!

berita bagus untuk mengawali akhir pekan

Thursday, July 20, 2006

bumi berguncang jakarta bergoyang

rabu sore, menjelang maghrib. tiba-tiba hasto, teman kantorku tampak bergoyang. kok gerak-gerak? Astaghfirullahaladziim...gempa. yang selama ini hanya kulihat beritanya di TV, kini kualami sendiri. aku mencoba tenang, tetap duduk diam sambil berharap badai gempa segera berlalu. tapi kok masih terus yah? sementara dinding kaca di belakangku mulai bergetar. karena khawatir ketimpa pecahan kaca (siapa tahu aja gitu), aku memilih pindah sementara. sekalian ambil HP yang lagi diisi tenaganya (baca: dicharge). aku menelepon orangtua di kampung halaman, meminta mereka turut berdoa semoga tak ada bencana lebih parah dari ini. sesudah itu aku sms Fath dengan satu kata:
gempa

selama ini seringkali kita melihat bencana melalui TV di berbagai belahan nusantara. mungkin rasa iba itu ada, tapi dalam hati kecil, kita tak pernah benar-benar percaya bahwa bencana itu bisa saja menimpa kita. mungkin itu juga yang membuat kita lengah, atau malah mengabaikan peringatan dini.

ah iya, lucunya hari ini beredar pesan berantai yang lumayan untuk mengendurkan ketegangan pascagempa.

maaf menggangu...akibat gempa yang cukup parah kemarin, patung pancoran yang tadinya berdiri sekarang duduk karena pusing kena gempa. Pemerintah sedang berusaha secepatnya membujuk patung itu agar berdiri kembali. Bagi yang lewat di daerah tersebut harap ikut membantu membujuk agar patung itu berdiri kembali seperti sediakala. terima kasih (jayus mode ON)


dan herannya, bisa juga yah muncul di detik. hoax bukan siy?

banyak-banyak berdoa yah. Gusti Allah, kula nyuwun pangapunten.....T_T

Wednesday, July 19, 2006

dikubur di mana maksud loe?

ga sengaja baca berita ini di detik, tapi cuma sekilas. pas mau posting, eh beritanya di mana yah? akhirnya gugling en dapet dari cybernews dan kontan.

udah dibaca? bagus. jadi dah tau kan kalo lahan makam di Jakarta ini tambah sempit? jadi tulung yah Pemda, jangan gusur pemakaman lagi, apalagi kalo cuma buat bangun apartemen-plaza-kantor dll. membangun jangan cuma kebutuhan untuk hidup sekarang, tapi juga untuk hidup mendatang. emangnya orang mati ga butuh lahan apa?

peraturan makam tumpangan udah diterapkan tapi tetep aja kan lahan ga nambah sementara orang mati ga juga berhenti bertambah. lahan yang sisa cuma bisa untuk 101.303 orang, kira-kira tuh 3 tahun lagi abis. kalo perkiraan itu benar dan lahan ga juga bertambah, maka jenazah ke 101.304 harus migrasi ke daerah lain.

huff....udah mati, masih rebutan lahan, kena pungli, masih mungkin digusur pulak. naseeeb naseeb.......

btw, ini jangan dijadiin justifikasi bagi siapa pun yang pengen dikubur di Jakarta untuk meninggalkan dunia kolam airmata dan tawa ini dalam waktu tiga tahun ke depan yah.....^_^

uang kecil

nggak ada uang kecil pak/bu/mas/mbak?

sering kan denger kalimat itu pas lagi bayar di kasir, terutama supermarket/swalayan. duit kita Rp 50.000, beli barang cuma Rp 5000. pasti keluar deh kalimat itu. kalo emang lagi ada uang "kecil" dan ga ada rencana make tu uang, ya ga masalah kali. tapi kan sering bayar di kasir abis ambil uang di ATM, misalnya. atau ada sih uang kecil, tapi kan itu untuk ongkos. daripada ribet di bus kan mending di kasir. paling ga, resiko kecopetan bisa ditekan.

aku ga ngerti kenapa kasir selalu minta uang kecil. mesin kasir toh sudah menghitung berapa yang harus dibayar dan otomatis menghitung kembalian. dia dah ga perlu repot lagi ngitung pake kalkulator apalagi pake jari.

selain itu, uang di laci kasir kan udah dipilah-pilah sesuai nominalnya. udah gampang nyarinya. trus kenapa sih harus minta uang kecil? bukannya lebih gampang ngitung uang dengan nominal besar daripada ngitung recehan? lagian masa seh supermarket gede sampe ga punya stok kembalian? dan lebih nyebelin lagi kalo kasih kembalian dalam bentuk permen. boro-boro permennya enak. huh......

kalo nurutin sebel, ya emang sebel sih. abis tau sendiri kan, ATM cuma mengeluarkan uang dengan nominal paling kecil 50.000. di beberapa tempat malah 100.000. jarang banget ada yang 20.000. sementara transaksi kita kan seringkali berkisar pada angka ribuan. ya wajar lah kalo pas bayar ngeluarin uang "gede".

kalo dah gini, pengen deh minta bank-bank itu bikin ATM dengan alternatif nominal mulai dari 10.000, biar ga diomelin kondektur dan ga usah denger kasir ngomong gitu.

gimana kalo suatu saat aku iseng bayar belanjaan 10.000 pake recehan 100 rupiah ya? kasirnya bakal ngomel lagi kan? dikasih duit gede, minta duit kecil. dikasih duit kecil, minta duit gede. lah maumu apa? lagian, nyiapin kembalian kan udah konsekuensi buka toko. dari dulu juga ga ada sejarahnya pembeli bayar selalu pake uang pas.

*yang abis sebel ama kasir*

Tuesday, July 18, 2006

ga hitam lagi

sama kaya Cici, aku ganti layout juga ga sengaja. kmaren pas nambah link Ameera, ga sengaja keapus sebagian skripnya. dan aku ga sadar sampe tadi pagi. huaaaa.......

ya sudahlah, toh udah rada lama naksir template burung biru ini. tapi ga dipake gara-gara males ngubah ^_^

gimana? jadi cerah yah? kan mumpung musim panas gitu.......

Monday, July 17, 2006

tetangga part 2

bapak, anakmu nyelonong masuk ke kebun tetangga. di sana ia merusak rumah pohon, menghancurkan bedeng bunga, dan menginjak tunas tanaman. saat tetangga memarahi anak itu, kamu marah. kamu lontarkan batu-batu hingga genteng atap rumah tetanggamu rusak berat. kamu cemari sumurnya hingga mereka kesulitan mendapat air bersih. kamu blokade jalan masuk mobilnya hingga istri tetanggamu tak bisa belanja. kamu putuskan kabel aliran listrik hingga mereka harus puas dengan nyala lilin.

tak puas dengan itu, kamu rusak juga rumah tetangga lain yang kamu kira mendukung penahanan anakmu. kamu bunuh anak-anak tetanggamu atas nama: bebaskan anakku!!!

ah ah ah.....kalau begitu sikapmu bertetangga, memang sebaiknya kamu dihapus dari peta kompleks dunia. lagian kamu mendapat rumahmu dengan cara menyerobot lahan orang lain.

dan aku heran, bagaimana mungkin (yang mengaku) hansip kompleks membelamu? seharusnya dia diganti saja. mungkin lain kali dia harus tinggal bersisian denganmu. tapi sudahlah, pak RT kita saja diam toh?

bertetangga memang tak pernah mudah. tapi bertetangga denganmu, selain tak mudah, juga membahayakan.

pemburu hantu dan SMU-ku


hari jumat malam, sekitar pukul 21.45, tiba-tiba handphone-ku berbunyi. ada sms masuk dari nomor yang tak kukenal.

to: +628157116xxx
from: +628123012xxx
message: SMA 3 Malang banyak syetannya ya?Lg liat di transtv

hah? siapa nih? setelah kubalas, eh ternyata temen lama. tapi bukan itu yang akan kuceritakan sekarang.

karena lagi malas nyalain TV, aku ke kamar temen kos dan minta dia ganti channel sebentar. toh dia nyalain TV tapi malah ngegame ^_^. di TransTV ga ada, setelah gonta ganti lagi, ternyata di Lativi.

pas kulihat, lah itu kan kelasku. ada apa dengan kelasku tercintah? kelas yang kapan itu kami cat kuning bagus deh ^_^ mana para pemburu hantu ditampakkan keok lagi. walah walah.....

pas nonton, aku separo sebel separo geli. gimana ga sebel, emang enak kalo SMU ku dikenal sebagai "haunted school"? SMU kami itu satu kompleks dengan SMU 4 dan SMU 1 Malang. dulunya bangunan jaman Belanda. di lantai bangunan lama ada bercak-bercak merah yang konon katanya darah orang-orang yang mati di situ. yah sejak dulu juga di situ udah banyak yang bilang kalo SMU kami tuh serem. so what gitu kalo serem? emangnya kalo serem kurikulum berubah gitu? atau mendadak kamu musti pasang penangkal hantu di tiap sudut gitu? ndak toh? masuk TV ko dalam rangka berburu hantu, ya mbok berburu siswa berprestasi gitu. huh, ga mutu blas.....

tapi selama tiga tahun sekolah di situ, ga pernah ada kejadian apa-apa tuh. malah aku pernah sendirian di kelas pagi-pagi banget *lagi rajin* dan ga ada apa-apa.

makhluk halus tuh ada. Allah menciptakan manusia, jin, dan malaikat. tapi kan masing-masing punya "dunia" sendiri-sendiri. analogikan dengan manusia aja deh. kalo kita diem-diem aja, baik-baik aja, kita juga ga bakal ganggu sapa-sapa kan? tapi kalo dikit-dikit dipukul, lama-lama balas juga kan? sama juga kaya bakteri or kuman baik yang dikit-dikit kita kasih antiseptik. lama-lama juga jadi kebal en jahat.

kalo emang "mereka yang berdiam di sana" baik-baik aja, ga ganggu-ganggu, ngapain diusik? they've been there for ages. ngapain diburu? tar kalo gara-gara tayangan itu, trus ada siswa yang ga mau masuk piye? atau ga mau ikutan praktikum biologi piye? atau ga mau main voli? lha wong yang dishoot itu kelasku, ruang OSIS (terakhir aku tahu itu ruang OSIS), lab biologi, dan lapangan voli.

lagian, kalo emang mau "berburu", kenapa ga di aula skalian yax? kan konon yang banyak tuh di aula ^_^. kalo mau, masuk tuh ke bawah panggung. telusurin aja terowongannya ampe ujung. kok nanggung banget cuma di halaman.

oh pemburu hantu, benar-benar tayangan yang tepat untuk memulai tahun ajaran baru. so silly...

*injek-injek Lativi*

Friday, July 14, 2006

the wedding


aku salah baca sms euy. kirain windy-yayan meritnya jam 8 malam ini. eh ga taunya 8 pagi.

eniwei, selamat ya. semoga berhasil mewujudkan keluarga sakinah ma waddah wa rahmah. semoga pernikahan kalian membawa berkah


Barakallahu laka wa baraka 'alaika wajama'a bainakuma fi khoir

Thursday, July 13, 2006

beauty

wah keduluan Radhia. tapi ga pa pa deh, yang penting posting dulu.

honestly, aku ga terlalu ngikutin soal beauty pageant yang namanya Miss Universe, Miss Indonesia, Putri Indonesia atau apa lah itu. ga menarik aja. cukup sekedar tahu kalo ada yang namanya Nadine, Imelda, trus sapa lagi tu. ga ngerti deh. buat aku itu sama aja kaya pemilihan model sampul di beberapa majalah. paling-paling bedanya cuma ntar bakal mewakili Indonesia. dan lagi, ujung-ujungnya mayoritas jadi pemain sinetron toh?

tapi kemarin sore, mendadak bosku ketawa pas lagi baca email. kebetulan blio duduk sebelahku. dan dia cerita tentang email berisi kutipan wawancara Nadine. berhubung emailnya ga diforward, ya wes aku cari-cari sendiri. dan dapat.

begitu kudengarkan, OMG PDA....kaya gitu dikirim??? ko kaku amat...dikit-dikit errr. dan meski bahasa Inggrisku ga bagus, kayanya pronounciation Nadine parah juga untuk ukuran Putri Indonesia dan Bule. lagian, emang napa gitu kalo dia bule? emang itu kelebihan yah? bukannya konon katanya yang dijadikan tolok ukur adalah 3B: brain, beauty, behavior? ko yang ditonjolin malah Bule-nya seh? atau kalau lihat foto di situs resmi Miss Universe, boobs?

speechless aku. mendadak ingat kutipan ini: if you're attractive enough on the outside, people will forgive you for being irritating to the core. mungkin dalam kasus Nadine, irritating bisa diganti kata lain.

Wednesday, July 12, 2006

a time to make friends


adegan Zidane menanduk Materazzi pastinya masih seger di memori, terutama buat yang begadang nonton final Piala Dunia. konon, itu karena Materazzi mengeluarkan komentar yang bikin Zidane berang. sampe sekarang juga belum jelas apa sih isi omongan Materazzi. penyebab insiden tandukan itu masih misteri.

tapi mungkin karena masih misteri, makin seru lah dibikin segala versi. kemarin via YM, aku terima pesan dari seorang teman:
HOT NEWS : zidane was pissed off and had fight with materazzi coz materazzi said**************. (maap, berhubung cukup kasar, disensor yah)

dan tadi pagi, terima email yang isinya juga ga jauh-jauh dari ini. dan ga heran kalau kata-katanya beda.

aku membalas pesan YM itu dengan menanyakan sumber beritanya. dan ternyata temenku ga tau!!! pesan berantai aja, ga jelas sumbernya. ga kredibel, huh.........

dan bagiku, itu menyebalkan. terlepas dari dukunganku pada Italia, aku menganggap tindakan Zidane kekanakan untuk tingkat kedewasaan seperti dia. meski temanku berdalih bahwa tindakan Zidane itu wajar sebagai seorang manusia. hei, di lapangan dia pemain bola yang ditonton jutaan pasang mata yang mengharapkan permainan bersih dan mengagumkan. para penonton berharap semua pemain bermain bagus, mencetak gol, dan mempersembahkan pertandingan kelas dunia. bukannya komentar pedas ala Materazzi atau tandukan banteng ala Zidane.

balik ke pesan dan email tadi, itu kan berita ga jelas, say. ga jelas sumbernya. iya kalo bener, lha kalo salah? kan sama aja ma fitnah gitu. buat aku itu sama menyebalkannya seperti email ini.

tunggu lah dua pemain (yang satu mantan pemain, red) itu membeberkan faktanya. kalo ternyata mereka tetep bungkam? biar FIFA yang mutusin. jangan malah bikin+nyebarin berita ga jelas macam itu. berita yang bikin penggemar Zidane dan Prancis yang dah kesel karena kalah jadi makin benci ma Italia en Materazzi. dan bikin penggemar sepakbola secara umum merasa Piala Dunia ini tak sukses mewujudkan slogannya: A Time To Make Friends. tindakan itu dah buruk gitu, jangan ditambahin dengan nyebar-nyebarin isu ga jelas. kaya dunia ini kekurangan provokator aja. kaya kita masih kekurangan perang aja. stop kirim berita bohong napa?

Monday, July 10, 2006

melintas jakarta dan TUTUP!!!

sabtu kmaren, aku ama Iwan ke Pesta Buku Jakarta di Istora. sebelum berangkat, rencana sudah disusun. ke warnet sebentar-sarapan-Istora-Plangi buat beli kado. sekitar jam 10.30, kami sudah sampai di Istora. untuk ukuran hari sabtu, masih awal bulan, dan menjelang hari terakhir pameran, Pesta Buku ini agak sepi. apa karena kalah bersaing dengan pameran handphone dan komputer di JCC yah?

setelah putar-putar dan membeli beberapa barang plus say HI sama beberapa mantan rekan kerja di Mizan, kami meluncur menuju Plangi untuk beli kado. sudah kebayang mau beli apa. benda yang setahuku dijual hanya di QB.

sesampai Plangi, langsung naik lewat jalur yang udah 80% kuapal. pas sampe tujuan, loh...kok...mana neh? apa salah lantai yah? tapi kok....

setelah nanya, ga taunya TUTUP!!! sejak kapan? apa udah lama banget yah aku ga ke QB? apa kelewat berita di milis sampe ga ngeh?

sempat bingung apakah harus pulang atau coba menuju QB yang lain. bcoz Fath mau datang sekitar jam 3 untuk ambil printer. untungnya (atau sialnya) dia baru bisa datang ba'da Maghrib. gara-gara kesasar pas mau kondangan di karawaci. ya wes, mari kita meluncur ke Pondok Indah. untung ada motor. tapi begonya aku, kenapa ga ingat kalo ada QB di Kemang? kan daripada jauh-jauh ke PI, mending menggelontor dikit ke Kemang. hiiih, kalo ingat itu rasanya jadi pengen mengutuk diri sendiri deh.

sepanjang jalan, iwan udah mulai bad mood gara-gara tanpa rencana beli bundel Tintin sampe duitnya abis (gara-gara si penjual apal tampangku saking seringnya nanyain Tintin di gudangbuku). ditambah lagi kepanasan bawa motor plus macet. lebih bete lagi pas tau penyebab macetnya sepele banget. sementara aku di boncengan tambah bete gara-gara lagi halangan, trus lupa kalo lebih cepet lewat arteri daripada muter lewat radio dalam. hiiiih lagi....

dan puncak bete adalah: QB PI tutup pulak.....OMG....rasanya pengen nangis. udah panas, macet, debu, lapar, haus, dan.........keinginan pertama: jitak Richard Oh.....

akhinya hari Minggu, pulang rapat Pesat, aku mo coba ke QB Kemang. eh kebablasan pas naik metromini. naseeeb....ya wes, maap yah bapak Dinjo, ga sesuai rencana awal nih.....

ah iya, soal QB itu, aku sempat mikir apa aku yang segitu kupernya sampe ga ngeh kalo dah tutup yah? ga ada pengumuman gitu. pas kucek di milis, cuma ada info diskon 70% di QB semanggi sampe 21 Mei kmaren dan di QB PI bulan maret. tapi ga ada info kalo itu bakal ditutup gitu. dan lagi, sehari sebelumnya aku sudah telpon 108 buat nanya nomer telpon dua QB itu, dan masih terdaftar dengan nama QB. syebeeellll. brarti kan blom ada perubahan alamat or perusahaan gitu. pantesan pas nelpon ke PI ga diangkat-angkat.

ya mbok kalo nutup tempat usaha diinfokan secara luas gitu...........

italia

di tengah kemelut dunia sepakbola Italia, mereka tetap bahagia karena mampu merengkuh lambang supremasi sepakbola dunia untuk yang keempat kalinya. CONGRATS!!! moga-moga ga ada pihak yang curiga ma wasit Horacio Elizondo yah.

btw, Zizou, kok kamu bertingkah macam Rooney seh? dulu Becky diusir gara-gara jegal Simeone pas PD 98. trus kmaren Rooney juga. kalo mereka, masih bisa dimaklumi laah. darah muda gitu. lah dikau? nanduk orang pas (seharusnya) tabiatmu di lapangan udah jauh lebih tenang dibanding mereka. itu cara yang buruk mengakhiri karier.

ps: HEPI BERSDEI DINJO....^_^

Friday, July 07, 2006

PMS

penyakit bulanan cewe. kalo yang namanya menstruasi/datang bulan/haid itu mah wajib yah. tapi kalo PMS, itu mah efek sampingnya. yang biasanya kalem, jadi galak kaya induk macan. yang biasanya rame, jadi diem (ga berlaku buatku).

sebenernya PMS nih nyebelin banget. bukan cuma bagi para korban (a.k.a temen-temen) tapi juga bagi pelaku. gejalanya kan ga cuma psikologis tapi juga fisik. emang enak sebulan sekali tersiksa? seminggu pulak.....kayanya keuntungannya cuma atu deh, jadi tau kalo "hari-H" udah deket ^_^

kalo cewek, biasanya maklum yah kalo ada temen dia yang mendadak "ganas". tapi cowok? buat mereka ga masuk akal kali ya. paling-paling mereka cuma bilang: dasar cewek. pertanyaan yang sering muncul dari temen cowok adalah: rasanya PMS gimana seh?

kalo aku tuh gini:

fisik:
  • sakit perut, tapi ga se"dahsyat" pas hari-H. dikit-dikit mules, berasa kembung, kadang mual juga. trus juga sering kram perut
  • dikit-dikit kebeles pipit. pokoke jadi penggemar toilet deh
  • sakit di bagian buttocks. jarang seh, tapi kadang-kadang kejadian juga. untung aku ga kena wasir, kalo iya...haduuuuh ga kebayang rasanya
  • jadi rakus. jadwal makan yang tiga kali sehari bisa jadi empat kali sehari plus cemilan
  • (dan efek dari rakus itu) perut jadi buncit. sit up ku ga ngefek blas....huaaaa
psikologis:
  • gampang sedih. jadi dikit-dikit nangis. kaya smalem tuh, sebelum tidur nangis bombay sejam penuh. padahal ga jelas juga nangisnya kenapa ^_^
  • jadi semangat ngelakuin sesuatu yang sebelumnya ga kepikiran atau udah kepikiran tapi ketunda terus
  • dan yang gawat, tujuh bulan terakhir tiap kali PMS, bawaannya pengen putus he he he.....kecian Fath. buat yang ini, aku ati-ati banget. jangan sampe kelepasan. calon suamiku gitu
  • jadi suka dandan memperhatikan kecantikan. tadi pagi aku menghabiskan 45 menit untuk mengilapkan kuku tangan kiri saja....ntar malam giliran tangan kanan en kaki. orang-orang bodyshop emang suka bikin barang aneh-aneh he he he
jadi buat kamu yang baca ini,

cewek: apa sih yang kamu rasain kalo lagi PMS? bcoz tiap cewe kan beda-beda gitu
cowok: apa sih kelakuan cewek yang paling nyebelin kalo mereka lagi PMS?

biar bapak yang barusan chat ma aku ga penasaran he he he......puas kan windx?

Thursday, July 06, 2006

4

dah lama kena timpuk izza. tapi lom digarap juga. setelah melalui perenungan mendalam, ini hasilnya.......

4 jobs I've had in my life
1. Telkom - pas geladi di stasiun radio terrestrial, tetanggaan ma kampus. dari tempat kos cuma jalan kaki kira-kira 20 menit. idem ma Izza, narik kabel juga di pinggi rel di Purwakarta. siang-siang, cewe sendiri, pake baju putih pulak. nyampe kampus dah mitnait, diuber anjing pas mau masuk gerbang.

2. Telkom juga, setahun sesudahnya. coba-coba magang skalian cari bahan PA. eh dapetnya di tetangga Telkom, museum geologi ^_^

3. Mizan, jadi editor buku. sesuai niatan awal bahwa begitu lulus, ga mau deket-deket IT minimal setahun. seneng seh, meski....yah gitu deh. sudahlah ga usah dibahas. jadi nightmare ^_^

4. KHI, sampe sekarang. jadi apa yah? analis iya, dokumentasi iya, QA iya......


4 place I've lived
1. Malang, my hometown. kota kelahiran. kota tempat aku dibesarkan. dan juga tempat asal Fath. lha wong satu SMP je....tapi ko kita ga saling kenal yah? padahal kelasnya berseberangan. aku yang kuper ato Fath yang masih ga sadar kalow dia (Insyaallah) bakal merit ma aku dua belas tahun kemudian?

2. Bandung, tempat aku kuliah. tempat aku belajar begitu banyak hal tentang hidup. tempat aku ketemu temen-temen yang begitu menyenangkan. kota yang selalu kurindukan, apalagi kalo bisa belanja dengan puas

3. Jakarta, sampe sekarang. tempat cari duit. bekerja (agak) keras membanting tulang memeras keringat demi sesuap nasi sekarung berlian segepok hidayah.

4. lom tau...liat ntar deh....^_^ kalo jakarta-nya bisa dibagi, ya pertama di fatmawati, kedua pindah lagi di fatmawati juga, trus ke pancoran sampe sekarang

4 movies I could watch over and over
1. Life is Beautiful..........La Vita e Bella. hixz.........
2. Children of Heaven. meski dah diputer tiap kali Idul Fitri, tetep aja suka. asal ga disulihsuara yah
3. Friends, yang film Korea-Jepang tuh. yang main Won Bin. ceritanya biasa, tapi berasa daleeem banget.
4. Finding Nemo. sukaaaaaaaaaaaaaaaaa bangeeeeeeeeeeeeeettttt

4 TV shows I'd love to watch
1. Metro (Pagi/Siang/Malam)
2. Liputan 6 (Pagi/Siang/Malam)
3. Sepakbola, meski Piala Dunia sudah akan berakhir, Arema lom merengkuh piala Liga dan Copa ^_^
4. National Geographic. bisa ga acara ini dibikin 3 kali sehari 7 hari seminggu?

4 Favourite foods
1. rujak manis
2. es krim
3. mendol
4. tiramisu ^_^

4 favourite actors/actress/singer
1. robin williams
2. tom hanks
3. keanu reeves
4. iwan fals

4 websites i visits daily
1. http://mail.yahoo.com
2. http://mail.google.com
3. http://detik.com
4. http://kompas.com

4 tagged
1. kamu yang pake kacamata
2. kamu yang rambutnya lurus
3. kamu yang barusan makan
4. kamu yang lagi baca posting ini sambil mikir: "iseng amat ni orang? blog aneh"

udah za....utang dah lunas he he he...leghaaaaaa

airport photos

nih dia poto-poto pas melepas keberangkatan ibu ini. ga diniatin poto-poto, tapi iwan cukup mengerti bahwa maniak pose macam kami harus memanfaatkan semua momen untuk diabadikan.

di sebelah ini, lagi proses pengaturan barang di mobil. akhirnya setelah perjuangan packing, tibalah perjuangan placing. mobil m'alf jadi berasa keciiil....^_^

1............2............3..........click. kok m alf di samping tanaman seh? kan udah dikasih tempat sebelah windy. poto trakhir sebelum cabuts dari cikoko dorm.



setelah masukin barang (overweight 35 kilo) dan sholat Ashar, nunggu deh. skali lagi....cheeese


nah poto sebelah ini, tutorial eh debat singkat antara redhat en slackware he he he....ga deng. ayo wan, jangan kalah ma topi merah.





iwan lagi sedih bcoz ditinggal sendirian. peluk bantal deh. untung ga peluk Fath ^_^

Wednesday, July 05, 2006

itulah sepakbola

Jerman kalah. dalam dua menit, gawang Jens Lehmann kebobolan dua kali dalam perpanjangan waktu. padahal tiga menit lagi, bisa adu penalti. dan kalau adu penalti, kemungkinan besar Jerman menang.

itulah sepakbola. sejak awal Piala Dunia, aku menjagokan tiga negara (maruk yah....). Belanda, Italia, Jerman. yah asal bukan Brasil deh......^_^

jadi semalam, rasanya hatiku terbelah dua *halah*

salut untuk pemain-pemain Jerman yang telah berjuang sekuat tenaga. balas di Piala Eropa 2008 yah....

dan Italia, siapa pun pemenang semifinal antara Portugal dan Prancis dini hari nanti, kalahkan mereka.........ga peduli meski itu si Cristiano Ronaldo minum Extra Joss satu tangki.

jadi tambah cinta sepakbola...........

*usap airmata Ballack*

Monday, July 03, 2006

wiken super cape

pas ngetik ini, rasanya tulang-tulang masih belum kembali ke tempat semula. cuape pol.

jum'at malam, aku nemenin mas irwan ke pasaraya blok m. beli kertas buat kartu ucapan di suvenir nikahan dia. H-5 niii....*lirik meja sebelah* eh balik dari blok m, super macet. satu jam lebih berdiri. mana penumpang cowo sebelah aku super-ga sopan pulak. saking telernya, minta iwan jemput pake motor di gelael. ga sanggup jalan. lha wong di bus aja aku dah sempat jongkok.

sabtu, pagi-pagi jam 6, pintu kamar dah diketok windy. hayoo...kita berangkat seminar. bawa barang buanyak. doorprize peserta plus beberapa barang lain. yah hari ini aku peserta seminar, tar sesi berikutnya, jadi panitia deh.
seminar sampe siang, trus rapat panitia. abis itu nemenin windy ketemuan ma dr Ian en dr Astrid. farewell gitu. sampe rumah, tewas dengan sukses. inggris aja cuma kutonton pas bagian adu penalti. maaf ya Fath, M Alf, en M Budi, sepertinya 2010 kalian harus mencoba lagi. btw, ada ide boikot extra joss tuh he he he

minggu, jam 6 dah cabut ke kos iwan. bungkus kado buat windy. abis itu, bantu windy packing. sampe jam setengah dua bo.....padahal paginya...
iwan: ntar ada berapa banyak bawaannya?
windy: dua kardus ama dua tas
siangnya....enam kardus (dua kardus super gede), satu koper, dua tas jinjing, dua tas belanja
jam 15.15, windy meninggalkan cikoko dorm untuk terakhir kali. menuju bandara diantar aku, Fath, iwan, m alf dan mobil m alf tentu. meski sempat diwarnai adegan serempetan ama fortuner tamu tetangga, kami sampai dengan selamat di bandara.

jam 17.25, say goodbye. hix....tuh kan, aku nangis beneran. udah tau sih, di bandara bakal nangis. hix hix hix......

abis dari bandara, anter Fath ke bintaro bcoz mau farewell juga ama murobbi-nya. jam 9 nyampe kos. langsung tewas lagi..................................

foto-foto di bandara menyusul yax, lom dikirim ma owner camdig nya