Posts

Showing posts from 2008

Selalu Bersama

Suatu siang di sebuah percetakan kecil, sepasang suami istri antri untuk memesan stempel. Sang istri iseng melihat hasil cetakan yang dipajang di dinding kios. Salah satunya berupa foto empat cowok dua cewek lengkap dengan tulisan:
ALWAYS WITH IN LIKING AND SORROWFUL

Istri: "Mas, itu kira-kira maksudnya apa ya?"
Suami: "Dari tadi aku juga bingung maksudnya apa"
Istri: (mikir lagi) "Ah aku tau, maksudnya pasti selalu bersama dalam suka dan duka. Tapi kok gitu ya? Maksa banget pake bahasa Inggris ngaco he he he"
Suami: (senyam senyum)

Sembari membicarakan pesanan stempel dengan si petugas kios, diam-diam si istri mengamati wajah si petugas yang tampak tidak asing. Ya Allah ...ternyata si petugas adalah salah satu cowok di foto itu. Moga-moga dia ga denger dibilang bahasa Inggrisnya ngaco yah.

Tapi bener deh, tebakanku maksud kalimatnya itu ya selalu bersama dalam suka dan duka. Menurut kamu gimana?


*dan ini kejadian keempat dalam minggu ini setelah Trough di sampul…

Sikat Gigi

Image
Gigi Ankaa udah 4,5. Yang setengah lagi nongol malu-malu di atas. Heran juga sih, abis katanya gigi tuh sekali muncul barengan dua biji. Kok ini sodaranya males nongol. Tapi ya sudahlah, kali-kali masih dandan di dalam gusi biar tambah cakep.

Si gigi pertama muncul bulan Agustus, ketauan waktu abis makan siang di Bandar Djakarta. Ah tambah semangat deh sikat gigi.

Alhamdulillah Ankaa ga ada masalah ama sikat gigi. Awal-awal emang ga mau. Boro-boro disikat, liat sikat gigi aja mingkem rapet. Tapi masa seh aku kalah sama bocah umur setahun? Malu bo.

Ini sedikit trik bodoh yang manjur buat bujuk Ankaa sikat gigi.

Jadi contoh. Anak meniru orangtua. Kalo ortunya ga sikat gigi, mana mau si anak sikat gigi kan? Jadi sebelum menyikat gigi Ankaa, aku duluan sikat gigi. Begitu selesai, tunjukin hasilnya sambil bilang: Nih, giginya Ummi bersih segar sehat. Gantian ya....Alhamdulillah Ankaa mau, malah waktu aku sikat gigi, dia geli sendiri liat busanya ha ha ha. Emang jadi rada boros pasta gigi seh k…

Kacamata Kuda

Image
"You are beautiful, but you are empty," he went on. "One could not die for you. To be sure, an ordinary passerby would think that my rose looked just like you-- the rose that belongs to me. But in herself alone she is more important than all the hundreds of you other roses: because it is she that I have watered; because it is she that I have put under the glass globe; because it is she that I have sheltered behind the screen; because it is for her that I have killed the caterpillars (except the two or three that we saved to become butterflies); because it is she that I have listened to, when she grumbled, or boasted, or ever sometimes when she said nothing. Because she is my rose"

The Little Prince

Salah satu resolusi 2009: pake kacamata kuda.

Windy ama Ratih kayanya udah sampe eneg deh kalo aku dah mulai parnoan soal Ankaa. Lha gimana ga parnoan? She's small for her age. Imut banget. Blum bisa jalan juga. Sempat anemia. Saking parnonya, kapan itu aku cek feses An…

Senyum

Image
2008 hampir habis.

Semoga tahun depan, dua kekasih hati ini makin bahagia

Foto waktu jalan-jalan ke Ragunan

Semoga Ga Beracun

Image
Ga tau kesambet apa, belakangan bawaannya pengen masak mulu. Jadi deh majalah resep jadul dibuka lagi. Biar ga sekedar numpuk debu aja gitu.

Kemarin bikin donat. Ya secara rasa sih donat, tapi secara wujud, ga tau deh. Ga difoto, takutnya bikin mimpi buruk. Kata Fath sih enak, buktinya minta dibikinin lagi. Tapi ntar dulu deh, pegel juga nguleni.

Trus hari ini, gara-gara liat catetan resep jaman masih kerja, jadi deh bikin serabi kancing. Ya harusnya serabi, cuma pas udah jadi, kok malah kaya poffertjes ya? Ga ada lubangnya samsek. Hix hix....gagal deh. Ga ada cakep-cakepnya lagi huhuhuhu.....Sampe ada yang bener-bener ta jadiin bulet kaya poffertjes. Trus karena dah ilfil ama wujudnya, aku ga bikin kuah serabi. Itu seharusnya-serabi cuma aku kasih taburan keju parut (buat Ankaa) dan gula halus+coklat bubuk. Ankaa mau sih. Btw, resepnya pake garam, cuma aku kurangin dikiiit. Soale kan Ankaa ikut makan. Gini deh kalo udah toddler, suka melanggar aturan no salt en sugar hihihi. Resep liat…

Hanya Isyarat

Bukan lagunyaDewi Lestari ya.

Ini dimulai waktu duluuuu baca posting Mbak Lita tentang bahasa isyarat. Setelah Ankaa makin gede, mulai deh muncul senewen karena ga ngerti dia maunya apa. Lha bisanya aah uuh....baaaaaa....nuding-nuding ke arah mana juga ga jelas. Aku senewen, dia cranky.

Akhirnya aku coba bikin bahasa isyarat sendiri. Lha ga baca buku apa pun selain postingan Mbak Lita itu. Yang penting aku tau ni bocah maunya apa. Jadi kalo Ankaa mulai ah uh cranky ga jelas, aku tanya sambil tanganku bikin gerakan tertentu. Yang penting kan aku dan Ankaa sama-sama paham. Perkara ga sesuai ama buku, ya sut lah. Bahasa ibu dan anak gitu hihihi

Sejauh ini bahasa isyarat yang paling kepake tuh tiga.

Nenen: tangan ditepokin ke dada. Awalnya aku tanya: Ankaa mau nenen? Sekarang dia udah ngerti, kalo mau nenen, tangannya ditepokin ke dada. Enaknya kalo lagi ada tamu. Dia kasih isyarat nenen ga mencolok he he he. Sialnya, sekarang suka dipake buat jailin aku. Tepok-tepok dada, eh tujuannya buat n…

Pampe Bampu

Baca cerita Maknya Aya, jadi inget pas Idul Adha kmaren. Waktu siap-siap berangkat shalat Ied, tau-tau Ankaa ambil diaper trus ngomong Pampe...Pappe....

Heh? Perasaan ni anak jarang deh dipakein diaper. Kok tau-tau bilang Pampe? Dan ya salah istilah sih ya. Pampers kan merk. Tapi apa daya, sebagaimana kita bilang Teflon untuk semua jenis alat masak anti lengket he he he. Pampers udah jadi istilah generik buat semua pospak.

Trus kelar shalat Ied, yang mana Ankaa menghabiskan waktu dengan nguber kucing dan Gilang (dituntun Eka), kami keluar ke Bintaro Plaza. Gini deh, lebaran bukannya di rumah bikin sate malah ngukur mall ha ha ha. Alesannya sih ke Gramedia, beliin buku buat Ankaa. Ujung-ujungnya ke Pizza Hut (lagi).

Di PH, ini bocah kok adaaa aja ya. Isi tas dikeluarin, dibuang-buang. Dia seneng gitu liat aku ngambil barang-barang pake kaki. Abis itu, maunya ngumpet di kolong meja. Tau deh ngapain. Sampe pas mau pulang, aku bujuk-bujuk biar mau keluar dari persembunyian. Begitu keluar, di…

Udah hampir jam sebelas malam....

....dan Fath blom pulang juga dari Senayan.

Itu piala AFF kapan kelarnya seh?

duh jadi pengen ikut nonton juga. Kapan ya bisa bawa Ankaa nonton pertandingan olahraga?

Akhirnya....

Rada malu juga sih sebenernya. Kerja beberapa tahun, ga pernah ikut Qurban. Padahal kalo mau, kalo niat, udah bisa dari kapan tau. Dulu rasanya ribet aja gitu, ntar gimana kambingnya dll dll. Padahal di rumah Malang ada kenalan ortu yang emang spesialis kambing. Jadi ga masalah.

Tahun lalu Fath udah Qurban, untuk yang kesekian kalinya. Tahun ini, kata Fath giliranku. Berhubung tabunganku dah abis dan sekarang ga kerja, jadi deh dibayarin Fath. Buat yang satu ini, aku harus belajar banyaaaak dari Fath.

Ya wajar seh, namanya juga suami. Cuma ga enak ati aja. Kmaren-kmaren kemana gitu duitku kabur?

Kemarin udah setor via tebar hewan. Qurban pertamaku. Ahuhuhu...terharu. Apalagi pas ditelpon Ummi, ditanya mau Qurban ga? Aku jawab udah di sini. Padahal yakin tuh, kalo aku bilang blum, pasti ditawarin kambing yang di Malang.

Suamiku sayang, makasih ya udah bantu istrinya Qurban. Moga-moga barokah. Moga-moga tahun depan kita bisa Qurban bareng bertiga. Yes, the three of us. You, me, Ankaa ^_^

Dua Tahun

Sayangku cintaku,

Met dua tahun pernikahan yaaa.

Tambah sayang buanget sama kamu.

Eniwei, maap ga ada menu spesial buat makan malam. Salahkan si kucing yang dengan tega ngembat (calon) menu spesial.

*masih gondok*

Kacamata

Image
Note: posting ini dibuat dengan teramat sangat sengaja mempermalukan diri sendiri.

Ankaa paling seneng ambil kacamata. Mungkin dia pikir, Abi Ummi pake kacamata, kok aku nggak ya? Masalahnya, kalo sekedar ngambil masih ga masalah. Lha ini gagang kacamata ditarik-tarik ga keruan. Udah kacamataku jadul, waktunya ganti, eh dioyak-oyak.

Ceritanya, aku en Fath mencoba mengalihkan sasaran dengan membeli kacamata murahan buat dimainin Ankaa. Tau kan kacamata sepuluh ribuan itu? Nah tu dah. Awalnya dia ga mau. Ya sut, si kacamata imitasi ngumpet dulu.

Eh ndilalah belakangan dia mau tu kacamata. Bukan buat dipake ato dimainin, tapi BARTER. Aku ato Fath disuruh pake tu kacamata item sepuluh ribuan, dan kacamata kami diambil. Ya konsep barternya bener seh, tapi plis deh. Kacamata item norak gonjreng gitu loh.

Berhubung aku yang selalu di rumah, ya aku deh yang jadi sasaran barter kacamata. Udah segala cara dipake, teteup maunya barter. En kayanya dia seneng gitu liat aku pake kacamata nan norax itu.

Jiffest

Dulu, pulang hampir mitnait abis nonton Jiffest juga cuek aja. Inget ga Say?

Sekarang? Even nonton yang pemutaran siang aja mikir dua kali.

Lucunya, yang dulu rame-rame nonton sekarang udah pada punya anak satu. Eh satu lagi baru merit ding.

Ya ya ya.....selamat tinggal masa lajang ^_^

DVD bajakannya dijual ga yah? *teteup....*

Ngemut

Image
Udah tiga harian ini Ankaa nemu cara baru buat protes kenyang: ngemut makanan. Kalo dulu geleng-geleng, trus memalingkan kepala, ato nyembur makanan. Ngemutnya lamaaa banget.

Awalnya bete juga, haduh ni anak yaaah. Sampe sempat tuh aku paksa keluar makanan yang diemut. Tapi dari hasil ngobrol ama Mamanya Mas Fau en Maknya Aya, ga lagi deh dipaksa. Ntar trauma. Ini aja Ankaa sempet mogok sikat gigi.

Akhirnya aku biarin. Ntar kalo udah capek kan dikeluarin sendiri. Sempet tuh dia lagi ngemut, trus laper minta nenen. Ya aku bilang aja:
Ankaa mau nenen? Boleh. Bisa ga nenen tapi mulut penuh kaya gitu? Kalo bisa, silakan. Tapi kalo ga, ya yang diemut dilepeh dulu yaSampe mewek dia gara-gara mau nenen tapi ga mau ngelepeh. Akhirnya dilepeh juga seh, dikit-dikit. Sambil nenen, keluar deh segala nasehat Ummi. Haduh itu ya, kaya ngomong sama anak 13 tahun, bukan 13 bulan ha ha ha.

Tadi pagi juga ngemut oatmeal, padahal baru suapan pertama. Biasa lah, maunya ikut Abi makan puagi, jam 5.45. Aku biar…

Nugget Wortel

Image
Ini dibuat atas nama keinginan impulsif bikin nugget. Sehari sebelumnya, aku pesen fillet ayam ke Mbak Sri, tukang sayur langganan. Makasih deh kalo harus nyleletin sendiri. Cari resep, akhirnya memutuskan pake resep dari sini. Aku tambah wortel biar lebih sehat bin cantik.

Chicken Nugget
Bahan :
300 gr daging ayam giling (cuma pesen seperempat... ya sudahlah)
50 gr keju cheddar parut (ga tau deh berapa gram, pokoke ada berapa keju di rumah, ya itu yang dipake)
2 butir telur dikocok lepas
¼ sendok teh garam (ga pake garam coz buat Ankaa juga)
¼ sendok teh merica bubuk (ga pake juga soale ga punya merica bubuk. Ngalusin sendiri? lagi males hihihi)
4 siung bawang putih, haluskan
Wortel

Bahan panir :
100 gr tepung roti
2 butir telur kocok lepas
minyak untuk menggoreng


Cara membuat :
1. Aduk rata daging ayam giling, keju parut, telur, garam, merica, dan bawang putih.
2. Tuang ke dalam loyang persegi bunder 20 cm yg diolesi minyak mentega kemudian dialasi plastik.ga punya plastik bo...jadi langs…

Cermin

Image
...sebuah posting yang sangat terlambat, diketik saat jarum jam menunjukkan pukul 01.30 dini hari.



Cermin...cermin....siapa yang paling cantik?




Eh?


Mi...katanya Ankaa yang paling cantik


Ya ya ya, aku tahu SEMUA ibu akan mengatakan anak perempuannya sebagai yang tercantik. But that won't stop me to say: yes my dear, you are.

Tiga belas bulan. Baru saja aku iseng buka-buka koleksi foto Ankaa sejak newborn. Dan aku baru sadar, dia memandangku tetap dengan pandangan yang sama seperti dulu. Campur aduk rasanya. Senang sekaligus takut, bisakah aku membahagiakan pemilik mata indah itu?

Ikan Mas Kemangi

Ini menu yang jarang ditolak Ankaa, even dia lagi GTM he he he.......

Ikan Mas Bumbu Kemangi
Bahan:
Ikan mas (aku biasa pilih yang setengah kilo seekor. Durinya lebih gampang diambilin. Buat Ankaa ama orang serumah sekalian *ngirit dot com*)
Bawang merah
Bawang putih
Daun kemangi
Tomat (ini ga ada di resep, cuma aku tambahin ajah biar seger)
Wortel (idem ama tomat)
Brokoli (idem juga)

Cara bikin:
Bawang merah-putih dirajang, daun kemangi dipetikin, ikan mas, tomat, wortel dipotong.
Taro ikan mas en semua bumbu di wajan ato panci, tuang air.
Masak sampe mateng

Btw, isinya ga melulu ikan mas. Aku pernah coba pake tongkol, patin, udang, tahu, ati. Enak juga. Kalo buat orang dewasa, tinggal tambah rajangan cabe ijo-merah ama kasih garam. Udah deh jadi. Oia, kadang aku kasih jahe, mengingat cuaca Jakarta lagi rada adem.

Maknya Aya, yang ini gampang kan? Jadi ga ada acara ancur pas ngebalik yah hihihi. Eh btw, gw lupa resep bakso ikan. Ntar tolong diposting yaaa

Pertanyaan Hari Ini

Kenapa ya ada aja orang yang cuek aja meski fotokopi KTP mereka burem ato gelap? Itu kan nyiksa yang kudu meriksa atu-atu. Kalo ntar nomer KTP salah, jangan salahkan aku. Dan ini kenapa motong KTP pas di bagian nomer?

Kenapa ya nomer KTP itu ga standar? Ada yang puanjang banget, ada yang pendek buanget. Ya mbok dibikin standar gitu lo. Kaya KTP beda negara aja.

*yang masih ngadepin entah berapa lagi KTP........begadang yuuu*

Fhew

Menjelang akhir Oktober, Ankaa GTMPK*. Mingkem semingkem-mingkemnya. Mau buka mulut kalo disodorin roti ajah. Ya lumayan deh, sehari dapet tiga lembar plus makaroni dikit. Nasi? Boro-boro.

Ternyata dia teething. Dua gigi atas mulai nongol malu-malu. Tambah semangat deh sikat giginya. Ankaa seneng sikat gigi.....dan menyikat gigiku ha ha ha. Sampe tu sikat gigi bekas aku kasih dah buat mainan dia. Dijadiin sisir segala ^_^

Pas lagi doyan-doyannya makan, lagi lahap-lahapnya, BB lagi naik tinggi, eh ndilalah.....mencret. Ya ya ya ini penyakit pancaroba. Tapi tetep aja, ini pengalaman pertama dealing with mencret gitu. Mulai hari Jum'at GTMPK nya kambuh. Blas ga mau makan. Maunya nenen mulu. Trus gara-gara dia mau main tapi ga ada energi, jadi cranky abis. Segala-gala salah. Duh Gusti.....nyuwun diparingi sabar. Itu paha yang mulai ada lipetan lemaknya, perut yang mulai belipet, pipi yang udah chubby, leher yang mulai nyimpen lemak, ilang dalam tiga hari huhuhuhu.....

Untung hari ini uda…

Nasib Orang Anak Kecil

Image
Beginilah nasib jadi orang anak kecil.

Pertama, disuruh beresin mainannya sendiri.


Terus merapikan rak buku


Kemudian merapikan stok celana di kamar


Kemudian membersihkan kipas angin



Setelah itu merapikan tempat tidur



Jangan lupa memastikan diameter cotton bud sama ya


Ah iya, stok cotton buds juga harus dihitung ya


Terakhir, bereskan meja perintilan.


Fhew capeknya jadi orang anak kecil

Bamboe

Waktu si Eka mudik, haduh duh duh. Fath blom masuk kerja aja udah ribet banget. Begitu Fath masuk kerja, waaah dobel. Bangun jam 3, langsung rendem cucian *mesin cuci ngadat!!!*, masak sarapan en makan ankaa, cuci piring. Abis itu nyuapin-mandiin-boboin. Waktu Ankaa bobo, sambil berdoa moga-moga bobonya lama, nyapu-ngepel-nyuci baju. Kalo Ankaa keburu bangun, ya mari taro dia di bak, trus ajak main busa sambil nyuci bareng. Dan seterusnya dan seterusnya sampe malam. Ampun.

Untung ada bumbu Bamboe. Jadi soal masak rada ketolong. Tumis bentar, masukin apa gitu biar tambah sedep, masukin ke slow cooker ama bahan lain, tunggu 3 jam, beres.

Pas puasa, Fath yang terkesan ama sedapnya soto Bamboe, borong ada kali 10 macam. Itulah kenapa kami bisa makan opor ayam waktu Lebaran.

Btw, suamiku sayang, kalo dikau baca ini, cepet pulang yah. Itu gule udah jadi. Baunya enak banget. Bikin pengen makan lagi.

Ankaa Hari Ini (2)

21 Oktober 2008

Berdiri pegang meja kecil. Eh tau-tau pegangannya dilepas, trus balik pegang aku. Iyay senaaang. Meski sedetik dua detik, neng kecil dah bisa berdiri sendiri ga pake pegangan. Maunya dititah mulu pula. *elus-elus pinggang dan berharap ga encok*

Tapi itu tolong yaaa.....kok stimulasi berdiri-rambatan-jalan favorit dia adalah.....ngegeratak lemari pakaiannya. Kelar ngeluarin kaos-celana pendek-jilbab-sepatu di rak kedua, pindah ke rak atas buat bongkar rok-jins-celana panjang-stoking-kaos kaki. Padahal udah dibeliin kontainer sendiri buat dia main. Kecian Eka, beresin lemari tiap hari.

Apa karena si kontainer aku isi boneka yah? Ankaa sekarang ga seneng boneka. Padahal lucu-lucu. Kayanya seisi kebun binatang ada deh. Buat aku aja kali ya hihihi. Ketauan MKKB* ^_^

Kesenengannya Ankaa?
Rambut Ummi *moga-moga ga gundul. ada yang tau gimana cara melarang batita jambak rambut?* Kacamata Ummi *moga-moga Fath ada rejeki lebih buat kacamata baru. udah ada yang aku taksir di Melawai. …

Krisis Air

URGENT!!!

Tolong info toko di seputar Bintaro-Ceger-Jurangmangu yang punya stok Aqua!!!

Duh coba ya, udah dari puasa krisis mulu. Awalnya kirain si Aquanya ikut lebaran, biar tetep murni. Trus waktu stok udah ada (meski dikit banget), harganya naik. Huaa.....aku kan manajer keuangan. Kenaikan harga tiga rebu kan bikin itung ulang.

Hari ini aku telpon dua toko langganan, semua bilang kosong. Di Alfamidi, kosong. Di toko Kembang, kosong. OMG....tolong dong kalo penggede-nya Aqua baca ini: itu jalur distribusi produk kacau balau tuh. Masa blom murni juga lebaran dah lewat dua minggu gini?

Sampe aku beli Aqua literan. Masalahnya, yang kosong bukan cuma stok Aqua, tapi juga Vit dan teman-temannya. Mau pake air isi ulang buat minum? Aku mungkin tahan setelah si air direbus. Tapi ga deh ambil resiko buat neng kecil Ankaa.

Padahal kan sekarang lagi panas-panasnya. Bawaannya minuuum mulu. Ankaa aja sehari bisa abis segelas lebih. Gelasku yah, bukan gelas dia. Ankaa udah enggan minum pake botol spou…

Ankaa Hari Ini

20 Oktober 2008

06.45
Merangkak sana sini, lihat wadah cotton buds di meja. Setelah beberapa kali coba, yep dapet. Tapi berantakan dong. Lha jatuh.

Ummi: "Nak, cotton buds nya masukin lagi ya. Kalau di lantai, nanti kotor. Masa Ankaa mau bersihin telinga pake yang kotor-kotor?"

Eh beneran loh. Dia masukin lagi itu cotton buds. Well, ga semua ding. Tapi dia dah ngerti. Iyay...senangnya.

07.15
Aku lagi nyiapin sarapan Ankaa. Sup tuna asam. Biar praktis, Ankaa aku taro di bak mandinya trus kasih wadah ikan hias. Kami piara ikan dua ekor di wadah kotak bening gitu.

Tutup ikan sengaja aku buka. Wes sekalian dia main basah-basahan trus mandi-maem-bobo. Sebagai bonus, aku kasih labu siam imut-imut.

Apa yang terjadi? Labu siam dimasukin dong dua biji ke wadah ikan. Kok pas dua biji yah? Tau aja ikannya ada dua.

Sisa labu siam? Dibuang ke luar bak. Ga lulus seleksi keknya he he he

Sepuluh?

Buset, masih musim ya Say timpukan gini? Gpp deh, berhubung aku cinta kamu *ampun Yan, becanda kok...Windy tetep istrimu ha ha ha*, ta kerjain juga lah. Mumpung lagi bengong ga tau musti ngapain.

Sepuluh apa nih ya?

Males dandan. Dan ga bisa dandan. Aku tuh bisa bangun pagi, wudhu, shalat, trus langsung ganti baju nebeng Fath belanja tanpa peduli muka beminyak bin kucel. Pertama kalinya make blush on sendiri juga setelah diajarin Windy (dengan susah payah sepertinya). Inget ga Say, betapa kamu geregeten ngeliat aku malah main-main pas milih lipstik di Plangi? Itu lipstik pertamaku, setelah....25 tahun ha ha ha. Fath malah pernah komentar, awal-awal nikah, dandananku kaya topeng monyet. Huhuhu...kejamnya suamiku.
Berantakan. Untung nikah ama Fath, jadi sedikit lebih teratur. Catet ya, sedikit. Fath masih sering ngomel gara-gara aku naro baju sembarangan, koran ga dilipet lagi, buku bertebaran dll dll. Lah dia, duit di dompet aja rapi jali. Aku? Duit...mmm...di selipan buku ada, di kantong…

Cerita Lebaran

Kami udah pegang tiket mudik buat tanggal 20 September. Udah tiketnya masih murah, kereta juga masih sepi. Kok ga pake pesawat aja? Ga ada duit. Titik. Eh ada ding, cuma ga dianggarkan buat tiket pesawat. Kan abis lebaran masih harus bayar duit kontrakan rumah. Kita kan masih kontraktor ^_^

Trus pas Windy maen ke rumah. Aduh dasar sayah ibu yang tidak baik yah, masa Windy bisa notice kalo Ankaa ada sesuatu yang missed gitu. Mungil, iya. Tapi kaya gimana gitu. Trus disaranin cek ke klinik tumbuh kembang RSCM. Walah, jauh juga yak. Ya sut, ntar abis mudik deh.

Menjelang mudik, konsul ke dsa di Bintaro. Btw, ni dsa punya blog juga. Di link ga yah? *niad jahad*

Kata si dsa, Ankaa sehat, silakan kalo mau mudik pake kereta. Nah dia bilang gitu cuma pencet-pencet stetoskop aja dikit. Ditimbang aja nggak. Trus pas aku tanya, BB nya kecil, baru deh ditimbang. Keluar deh komentarnya: wah ini sih kurang gizi Bu.

Makjleb, barusan lo bilang sehat, skarang kurang gizi? Abis itu, si dsa nulis resep puan…

Pantesaaan

Kalo kapan-kapan sodara ke Ceger, itung deh ada berapa minimarket di sana. Dari mulai pertigaan Cipadu aja yah, ada Harmony-Indomart-Alfamidi-Ahadmart. Buanyak bo. Blom lagi toko kelontong.

Kami biasanya ke Ahadmart karena petugasnya ramah. Trus begitu Alfamidi buka, ternyata isinya lumayan lengkap (meski awal-awal diwarnai episode AC-ga-nyala-jadi-black-campaign). Lagian Ahad-Alfamidi-Indomart cuma 15 menit jalan kaki dari rumah (dengan kecepatan jalanku yah).

Ke Harmony? Males. Even di sana ada batagor yang lumayan enak plus harganya lumayan miring juga, males aja belanja ke sana.

Pernah aku mau beli kentang beku. Kan ada banyak merk tuh. Udah gitu, daftar harganya ditempel di satu lembar kertas pake kode dan nama yang ga bikin mudeng konsumen. Nah berhubung bingung, wajar dong sayah nanya ke mbak-mbak SPG yang ada di sana.
nYam: "Mbak, kentang yang ini harganya yang mana ya?"
SPG: "Tuh" *sambil nuding kertas di tembok tanpa mau repot even sekedar ngangkat kepala*
nYam…

Beragam Gaya Ankaa Membaca

Image
Neng kecil paling suka ngegeratak buku atau koran. Kalo lagi rewel, daripada kasih mainan, mending kasih buku. Udah deh diem. Oia, aku ga ngajarin Ankaa baca yah. Ga ada yang mengharapkan anak balita bisa baca. Yang pengen aku en Fath tanamkan itu kebiasaan membaca dan mencintai buku. Ntar kalo udah seneng, ngajarin baca itu seharusnya mudah. Bisa baca lancar di usia dini itu bonus.

Nih beberapa pose neng Ankaa lagi baca ngegeratak.

Ini waktu Ankaa sakit dulu itu. Tetep aja maunya ambil buku.

Hore...bisa buka flip flap nya....

Kalo bukunya ditepok, siapa tahu binatangnya keluar

Ini di pameran buku di Istora.
Baca ini atau itu yah?

Di lapangan samping gedung F kampus STAN

Jieee.....baca koran pagi euy. Di rerumputan, disinari cahaya mentari pagi.

Abi dan Ankaa membaca bersama


Di Pizza Hut PIM 2 waktu ketemuan ama Oom John, Tante Chandra, en Naila

Ankaa, the methingkrang girl, lagi milih menu

Di rumah, lagi bongkar buku baru oleh-oleh Abi waktu magang

Ada manual nglepasin plastik ga sih?

Di rumah, n…

Dilema Stroberi

Image
I have to admit this.

I hate strawberry.

Ga tahan baunya. Mbak Luky jangan ketawa yah.

Iya itu buah lucu nan imut nan menggemaskan. Warnanya merah gonjreng lucu sekali. Tapi baunyaaaa......

Ga tau deh sejak kapan aku ga suka stroberi. Yang jelas anti banget ama buah satu itu. Kalo ada cake enak dikasih garnish stroberi, buatku nilainya langsung turun jauuh. Singkirin dulu stroberinya, baru aku mau deket-deket.

Waktu kuliah, aku pernah sampe muntah gara-gara ga sengaja makan es krim stroberi. Ceritanya satu cup berdua temen. Ga tau kalo itu es krim stroberi, namanya juga minta he he he.

Masalahnya, apa yang aku suka blom tentu Ankaa suka. Vice versa. Jadi ketidaksukaan dan ketidaktahananku atas stroberi bukan lantas jadi pembenaran Ankaa ga pernah ngerasain stroberi kan?

*btw, itu ga berlalu buat rokok dan teman-temannya yah. sekali tidak, tetap tidak*

Wiken kemarin, aku beli stroberi buat Ankaa. Waktu milih stroberi di Hero, aku udah pusing karena baunya. Kalo ga inget sayang anak, ga bakal a…

Cemal Cemil

Ga tau turunan ato gimana, Ankaa tuh badannya kecil banget. Sampe bikin aku sering senewen. Mbok ya, Umminya dah ampe resign, ya badan tu digedein dikit gitu lo. Kadang pengen deh Ankaa tuh montog dikit. Tapi ya tetep segitu-gitu aja. Padahal makannya gampang lo. Ga banyak pilih-pilih. Porsinya juga mayan gede. Pisang yang dulu ditolak sekarang udah mulai mau. Buah juga apa aja hayo. Dicoba kasih makaroni malah nambah. Lha terus itu kabur ke mana ya segala makanan?

Udah gitu, kan mau mudik nih. Mulai dah aku kena sindrom ibuibuparnoitis. Ntar dibilang ga kasih makan cukup lagi kalo liat si eneng mungil kaya gitu. Mana di growth chart, selaluuuu di bawah garis. Grafiknya naik terus, tapi mbok ya sekali-kali di atas persentil 5 napa seeeh?

Tapi lama-lama ya sudah deh, mau gimana lagi. Badanku kecil (turun 2 kg lagi hix hix hix). Fath juga ga bisa dibilang gede. Eyang-eyangnya Ankaa juga mungil bin kurus. Buyutnya apalagi. Jadi ntar dalih genetika bisa lah aku pake buat ngeles.

Eh tadi mau …

1429 H

Hari pertama puasa Ramadhan.

Tahun lalu, di hari pertama puasa, aku en Fath jauh-jauhan coz mau lahiran di kampung halaman. Ankaa masih di perut en gerak dengan begitu lincahnya sampe aku curiga kalo yang di dalem perut ni ikan lumba-lumba ^_^

Tahun ini, untuk pertama kalinya aku bisa bikinin ta'jil buat suami tercinta. Meski ga bisa tarawih bareng coz kudu jaga neng kecil di rumah. Ankaa? Hmm....saking lincahnya, kemarin bibirku dibentur sampe sobek T_T Kepala bebi keras juga yah.

Met puasa semua.

*dan selamat datang program Ramadhan on TV yang.....ya gitu deh (kecuali PPT yah). *

Baby On Board

Mengingat.....kondisi finansial yang belum memungkinkan beli mobil ato naek taksi kapan aja

Menimbang....kondisi lalu lintas yang makin MENGERIKAN ditambah lagi makin muda usianya pengendara motor sekarang ini (minggu lalu aku lihat anak SD asyik boncengan tanpa helm!!!)

Memutuskan.....untuk meminta pendapat sodara-sodara sekalian....gimana kalo kita bikin aja tanda Baby On Board khusus untuk pengendara motor yang lagi bawa bayi ato balita?

Yang pake jelas ibunya ato siapa pun yang duduk di boncengan dengan membawa bayi, karena aku menentang keras ada motoris yang dengan pedenya bawa motor dengan satu tangan dan tangan lain megangin bayi. Mau cari mati apa?

Harapannya, itu motoris edun yang seenaknya nyelip sana sini sadar kalo keugal-ugalan mereka bisa mencelakakan pengguna jalan lain.

Tanda baby on board khusus motor tentunya tidak diharapkan dipakai supaya siapa pun yang lagi bonceng si bayi bisa berlaku seenaknya. Malah harusnya dia ingat, kalo lagi bonceng bayi, harus lebih ati-ati.

Ak…

Ankaa Sekarang

Hobi nenen a la IMD. Jadi tengkurep di dadaku gitu. Mending kalo diem kaya pas newborn dulu. Lha ini tangan jambak-jambak, kaki nendang-nendang. Ampun.Sempat GTM gara-gara bosen. Untung segera dapet pencerahan (thanks to maknya Aya), jadi skarang macam-macam deh makannya.Suka banget ama tembok. Ditepok, dielus segala macam. Termasuk digaruk. Aduh itu bunyi garukannya....bikin ngiluKalo makan, maunya ikutan masukin tangan ke piring. Solusinya, sediain satu wadah khusus diisi ama sedikit makanan Ankaa. Udah deh biarin aja dia remet-remet di sono.Sisa kebiasaan jaman aku masih ngantor masih ada. Kalo siang, mau bobo asal digendong Mbak Eka. Umminya? Bisa leha-leha baca ha ha ha. *maap*Ga mau mandi air anget lagi. Udah keenakan ama air dingin. Kapan itu ujan deres, dimandiin pake air anget malah jerit-jerit. Giliran diganti air dingin, malah ketawa-ketawa. Konon, harusnya Ankaa udah bisa masukin barang. Dia malah pinternya ngeluarin, nglepasin puzzle, ama buka buku flip flapnya. Ya ya yaB…

Olimpiade

Ya ya ya aku tahu TVRI dulu ga boleh terima iklan. Jadi mungkin blom fasih-fasih amat mengelola tayangan biar sisipan iklan ga mengganggu. Tapi plis deh, itu tulisan Supermi Gobang dkk ganggu banget sampe ga ketauan negara mana yang lagi defile. Udah tau urutan negara ga urut abjad "biasa", tapi abjad Cina. Abis A bisa Z.
Kayanya yang banyak ditayangin ama TVRI cuma renang (Pheeellppss!!!...sayang Thorpe ga ada yah), tinju, angkat besi, senam. Abis tiap kali nyalain TV, cabangnya itu-itu mulu. Aku kan pengen skali-skali liat cabang berkuda ato anggar gitu.
Kalo liat jadwal acara, harusnya pagi ini semifinal bulutangkis. Indonesia main. Tapi ga ada tayangan coz diganti ama pidato kenegaraan di DPR. Hmm....ini usul usil, gimana kalo itu pidato geser jadi Sabtu? Jadi orang se Indonesia bisa dukung jarak jauh. Skali-skali biar deh itu DPR lembur, biar kaga pelesir mulu hihihi. Tapi kata Fath ya ga salah dong. TVRI kan punya pemerintah. Lagian masih bagus TVRI mau nyiarin Olimpiade…

Alim, Bukan Aleman

Keknya ini dampak nyebelin dari booming what-so-called sinema religius macam Ayat-Ayat Cinta. Itu sinetron yang tokohnya pada pake jilbab jadi banyak yah.

Eh jangan salah sangka dulu. Meski sekarang udah jadi stay-at-home mom, aku ga nonton sinetron yah. TV aja jarang banget nyala. Mendingan ngabisin buku hasil buruan.

Yang bikin sebel:
Pengambilan gambarnya tuh looo....kok sering banget close up wajah. Iyaa saya tahu itu VJ Rianti cakep banget, mulus, idungnya bangir, matanya indah bersinar. Tapi mbok yaooo....akting ga melulu tampang cantik jendral!!! Gimana dengan bahasa tubuhnya???Gaya bicara tokoh cowo protagonis (sapa tuh namanya??? lupa aku..ga penting deh pokoke) yang sooo lambat. Lambat bin pelan bin menye-menye!!! Kaya orang lemes gara-gara ga makan seminggu.
Tolong ya, orang alim belum tentu bicaranya lambat macam gitu. Itu mah gaya bicara orang ngantuk. Itu mah bukan tanda orang alim, tapi ALEMAN!!!

Karir

Ada yang masih inget Anthony Jomma Ballah? Ex pemain Arema itu. Nah kalo ga salah info, doi ga dipake ama Janu, trus ke Persebaya, trus brantem, trus di blacklist ama PSSI.

Karir terbarunya???

Kapten Fajar FC yang sore nanti berlaga di pertandingan semifinal JurTim Cup.

Yep bener ga salah baca. Pertandingan tarkam sodara-sodara, yang tiket masuknya cuma 4000 perak. Diadakan di lapangan depan SD Jurangmangu Timur, 10 menit jalan kaki dari rumah.

Perubahan karir yang drastis yah.

Berisiiikkk!!!!

Plan A: udah ada internet 24 jam di rumah paling telat akhir Juli.

Realisasi: udah ke Mangga Dua, cek toko online, plus ngerecokin Rito dengan endless questions about IM2. Ternyata......laptie tercintah ada masalah huhuhu. Kudu diservis dulu. Dan sampe skarang lom kelar huaaa......Rencananya besok mau ke MangDu lagi.

And here I am......trapped di warnet yang seharusnya nyaman. Kenapa seharusnya? Warnet 24 jam, ber AC, koneksi lumayan cepet, 10 minutes away dari rumah dengan berjalan kaki.

Tapi di siang hari Jum'at ini, dipenuhi ABG dari segala penjuru yang bau ketek, sebagian masih pake peci en sarung kelar Jum'atan, en saling berteriak waktu main game online. Sialnya, semua komputer lantai 1 penuh. Terpaksalah aku make komputer di lantai 2 yang monitornya amburadul saking seringnya dipake nge-game.

Duh Gusti, anak jaman sekarang ini uang sakunya brapa seh sampe mereka bisa ngegame online berjam-jam??? Dari sekilas aku liat, keknya mereka ke warnet cuma buat buka Friendster ama …

Ragunan

Salah satu enaknya jadi FTM en suami baru beres magang (plus nunggu penempatan) adalah...bisa jalan-jalan di hari kerja. Yang mana itu berarti objek wisata di Jakarta lagi sepi pengunjung.

Hari Rabu kemaren, sekeluarga main ke Ragunan. Kalo kata Fath, dia mau cari yang mirip aku. Kalo kataku, aku mau meyakinkan bahwa Fath emang udah paling ganteng he he he.

Berangkat dari rumah jam 9 teng pake taksi Pak Ibrahim *Ya Allah, lancarkan rezeki biar kami bisa cepet punya mobil*. Ampun dah, padahal kalo lewat tol tuh deket yah ke Ragunan. Tetep aja itu argo mayan nyesek. Ga pa pa deh, udah janji ke Ragunan sejak bulan apa tuh. Lagian biar Ankaa sadar bahwa di dunia ini ada banyak binatang yang lebih menarik ketimbang....KUCING!!!! Hih, coba ya ini kutukan siapa kok anakku suka banget liat kucing. Aku kan takut kucing huhuhu...

Nyampe Ragunan, puter-puter. Haduh cape juga yah. Ankaa mah enak, tinggal nemplok gendong ato selonjor di keretanya. Lah kita, dorong plus jalan di jalanan naik turun git…

MPASI Ankaa

Ya ya ya, gini deh udah jadi FTM. Bikin posting kok ya ga jauh-jauh dari bebi hihihi.

Mulai umur 8 bulan, Ankaa mulai kenalan ama ikan. Awalnya niru resep Bunda na Aya. Trus lama-lama diotak atik sendiri deh.

Tambahan kenalan baru di MPASI nya Ankaa adalah:
Ikan bawalIkan mujairIkan masIkan tongkolIkan patinIkan selam (ato salem ya???)TunaKeju (aku pake keju ricotta merk Yummy)Kembang kolNanas (dimamam seger en dibikin agar-agar nanas....yummy)Spageti (pake Honig, saosnya acak adul kombinasi bawang putih-merah-bombay-wortel-kaldu he he he)

Bumbu yang udah dikenalin:
Bawang merahBawang putihBawang bombayDaun salamSeledriDaun jerukEmpon-empon, semacam lengkuas, jahe, kencur (dikit banget)Daun bawangSerehPala bubukKayumanis (tes alergi dulu ya...olesin kayu manis bubuk ke pipi bebi...*inpo dari wholesomebabyfood*)

Duh mau lanjut ngetik tapi kok dah sore yah? Si eneng blom mamam. Ntar disambung lagiii.....

*moga-moga minggu depan itu internet udah available 24 jam di rumah*

Di Resepsi Seseorang

Satu siang di Pondok Gede. Pulang kondangan, lagi tunggu Fath yang lagi cari taksi. Di halaman gedung tempat resepsi terparkir mobil RI 33. Mobil dinas menteri agama, salah satu undangan di sana juga. Ada dua cewek ABG mendadak menghampiri mobil itu. Dan.....foto-foto pake kamera HP dengan latar si mobil nan mengkilap. Tentunya dengan memperlihatkan nomor mobil.

Gimana kalo itu mobil RI I ya? Jangan-jangan mereka bawa handycam lagi. Eh iya, kok mereka ga sekalian foto-foto di depan karangan bunga kiriman si Kumis ya?

_______________________________________

Seminggu kemudian, resepsi yang lain lagi. Antrian untuk bersalaman dengan pengantin mengular sampai pintu masuk. Akhirnya seorang petugas menyarankan untuk makan dulu, baru salaman. Iya deh, udah laper ini hihihi.

Antrian sate ayam lumayan panjang. Tau-tau persis di belakangku terdengar kalimat:
Udah bu, kita sela aja deh. Kelamaan antriRefleks aku menoleh. Yang mengatakan itu bapak-bapak setengah baya berjas-dasi. Tampak intelek nan ka…

The Last Day

Pagi ini di kereta, ga sengaja aku nguping obrolan dua bapak-bapak di sebelahku. Setelah puas ngobrolin renovasi rumah (segala pelur, aci, cat, sampe posisi kamar mandi dibahas), obrolan mereka beralih ke sepakbola. Tepatnya Euro 2008.

Bapak A: "Nonton ga semalam?"
Bapak B: "Wah nggak. Saya malah main badminton"
Bapak A: "Saya nonton setengah main aja terus ketiduran. Waktu skornya 1-1"
Heee....perasaan semalam skor 1-0 buat Spanyol deh. Kapan Jerman bikin gol? Mau ngakak itu ko ga sopan, tapi ga ngakak itu gimana. Abis tu bapak-bapak udah salah, pede, suaranya kenceng pula.

*sedih Jerman kalah tapi rada terhibur karena yang bikin gol pemain Liverpool kesayanganku...Torres ^_^.....keknya abis ini dituduh ga setia deh ama Mbak Maya.....*

Aku pasti bakal kangen adegan nguping-ga-sengaja seperti tadi.

Bakal kangen apa lagi ya?
Jalan kaki dari dan ke stasiun sambil mikirin segala persoalan dunia dan kenapa itu Pak Dirman digambarkan memakai mantel panjang nan tebal? …

Habibah (2)

Ini beberapa hal yang baru aku ingat lagi setelah aku mulai tenang usai kejadian kemarin.

- Waktu membalikkan Habibah, aku sempat mengatakan: Sayang, balik badan yuk biar bobonya lebih enak.

Aku ga tau kalau saat itu dia sudah berpulang. Aku masih sempat memeriksa nafas baik dari hidung maupun mulut, detak jantung, dan denyut nadi sebelum panik memanggil Asih.

- Status anak di sana ada dua: titipan atau serahan. Kalau dititipkan, berarti keluarga si anak masih berhak menengok. Anak masih bisa diambil lagi setelah keadaan membaik, entah masalah ekonomi atau kasus kekerasan rumahtangga atau perceraian.

Kalau diserahkan, seperti dalam kasus Habibah, berarti hubungan orangtua dengan anak putus. Orangtua tidak berhak lagi menengok si anak. Itu satu hal yang bikin aku makin ngenes, karena ingat bahwa tak satu pun yang akan ziarah ke makam Habibah. Orangtuanya juga ga bakal tau kalo anak mereka sudah tiada.

- Nama panti asuhannya:
Panti Asuhan Tunas Bangsa
Jalan Bina Marga No 79 Cipayung Jakarta Ti…

Habibah

Tadi pagi, kami sekeluarga ikut Iva n fam ke panti asuhan khusus bayi&balita di daerah Cipayung. Niatnya dalam rangka syukuran ulang tahun Qiqi, putri mereka.

Setelah bertemu dengan pengurus panti, ngobrol sedikit, kami menuju ruang bayi. Hanya boleh dua tamu yang masuk bersamaan, jadi aku dan Iva masuk duluan. Kami ngobrol sedikit dengan petugas di kamar bayi (Kristi dan Asih). Kami boleh membantu memegang botol susu dan menyendawakan, tapi tidak boleh menyusui.

Tak lama, aku pengen ajak Fath masuk ke dalam. Kebetulan Iva mau keluar juga. Saat menuju pintu, aku agak heran melihat seorang bayi yang tidur di boks paling ujung. Posisinya tampak tak nyaman di mataku. Sepertinya dia sulit bernafas.

Setelah membukakan pintu untuk Fath dan Ankaa, aku meminta izin untuk mengubah posisi tidur bayi itu supaya lebih nyaman.

Saat itulah aku merasa kondisi bayi itu aneh. Hidungnya sudah makin pesek tertekan guling yang cukup keras. Tangannya dingin. Buku-buku jarinya putih pucat dan di beberapa t…

Final

Tuh kan udah dibilang.....

Final Euro Jerman vs Spanyol!!!


Awas kalo ada yang nanya voor berapa yah. Ga terima pertanyaan gituan.

Yang menang? Jerman dooong *melambai-lambaikan poster Ballack ke Mbak Maya*

Lolos

Setelah jantung turun ke usus 12 jari karena gol pertama Turki.

Setelah jantung naik lagi ke tempatnya usai gol anak cucu peternak babi.

Setelah ngomel-ngomel sampe ketiduran karena RCTI-TPI-GlobalTV gagal dapet gambar tayangan langsung.

Setelah jantung turun lagi gara-gara Turki menyamakan kedudukan.

Setelah gol pamungkas Philipp Lahm di menit-menit akhir yang menekuk sang raja menit akhir.

Akhirnya.

Jerman lolos ke final.

Turki, kalah dengan kepala tegak. Salut untuk tim yang hanya punya 13 pemain fit tapi bisa merepotkan tim dengan 23 pemain fit. Tim dengan posisi acak adul tambal sulam. Tim spesialisasi menit akhir. Hail Terim ^_^

Setidaknya, separo tebakanku udah bener. Iyay.