Posts

Showing posts from January, 2008

Gara-Gara Putar Balik

Rabu sore. Pulang kantor. Hujan. Duh, mana mulai pusing lagi. Bener aja, begitu keluar kantor kena air hujan, langsung nyut-nyutan. Walah ga bisa maksa jalan kaki ke stasiun. Ga pake payung pulak. Ya sut, terpakailah duit terakhir buat cegat taksi.

Lumayan lancar juga meski sempat kena macet di Gandaria. Nah begitu nyampe Tanah Kusir, aku dah mikir kalo gerbang STAN pasti udah ditutup. Jadi aku berencana lewat Bintaro Jaya, trus tembus kompleks PJMI, keluar dah Ceger. Eh waktu telpon Fath, dia nyaranin aku lewat Ulujami. Ya sut, istri yang baik manut.

Begitu belok kanan abis Tanah Kusir, OMG macetnyaaa. Ini sih parkir, bukan macet. Dan aku di taksi gitu loh, argonya kan muter terus. Ga tahan sama macet, aku suruh sopir taksi puter balik. Mumpung belum jauh dari pertigaan.

Ndilalah ada serempetan antara mobil kijang yang mundur abis parkir ama metromini. Persis di depan kami. Pake adegan pengemudi kijang meninju wajah kenek metromini. Begonya, orang-orang sekitar ada yang melerai ada yang…

Dongeng Resep

Ankaa udah punya banyak buku. Ankaa juga udah punya rak buku sendiri. Sayangnya, sebagian buku Ankaa tidak memiliki teks, hanya gambar-gambar besaaaar. Karena Ummi lagi suntuk mengarang cerita, jadilah Ummi membacakan.....RESEP MASAKAN ^_^

Ambil satu majalah, pilih resep dengan hasil masakan yang paling berwarna warni dan fotonya paling besar. Lalu bacakan bahan dan cara pembuatannya.

Hasilnya? Ummi ngapalin resep dan Ankaa ngoceh sambil ketawa-tawa nunjuk hasil masakan. Ternyata ada gunanya juga tumpukan majalah resep yang selama ini (belum) berguna itu. Maklum, Ummi Ankaa kan buta dapur gagap bumbu.

Bagaimana dengan Abi? Huh, kalau dia sih jangan disuruh bacain resep. Ngaco sengaco-ngaconya. Gini nih contohnya:

Satu buah paprika potong dadu 1 cm...jadi Nak, kamu ke dapur bawa penggaris ya. Kalo ga satu cm, nanti masakannya ga jadi
1/4 sendok teh garam...nah kalo ini, bacanya begini. Kalo lagi kaya, pakenya empat. Kalo lagi melarat, pakenya satu
Gula pasir secukupnya. Kamu ambil gulanya, n…

Buat Ankaa: Episode Kereta Merah

Ankaa sayangku, tadi pagi waktu Ummi di Stasiun Pondok Ranji, ada ibu-ibu gendong adik bayi. Masih merah, persis kaya Ankaa waktu baru lahir dulu. Ummi tanya pada ibu itu, berapa hari usia adik bayi. Katanya baru seminggu. Adik bayi mau diajak ke pasar beli pisang.

Buat siapa? Ternyata pisang itu untuk disuapkan pada adik bayi. Kata ibunya, atas suruhan sang bapak yang tak tahan mendengar rewelnya adik bayi.

Ummi, Tante Tya (yang kebetulan ketemu), dan satu ibu lagi refleks melarang ibu itu memberi pisang. Cukup ASI ASI dan ASI saja sampai adik bayi usia enam bulan. Ibunya setuju, tapi enggan berdebat dengan sang bapak.

Setelah itu kereta datang. Ummi dan Tante Tya segera naik. Ummi kira ibu itu juga naik kereta, ternyata tidak. Ankaa tahu dia naik apa? Ibu dan adik bayi naik kereta ekonomi. Kereta merah. Yang hanya berani Ummi naiki waktu masih lajang dulu. Kereta yang penumpangnya berjejal persis ikan asin. Bukan kereta ekspres dengan tempat duduk empuk dan berpendingin udara seperti y…

Kostum Baru

Chatting sama Johan:
nYam: emang kenapa Jo?
johan firmansyah: apaan???
nYam: itu busana muslim
johan firmansyah: oooo
johan firmansyah: hari ini jatah 8000 tiket tetap akan di ambil oleh aremania
johan firmansyah: kita sepakat berangkat jam 1 siang ini
johan firmansyah: baju yg kita kenakan..BEBAS asal tidak menggunakan atribut aremania
nYam: *LOL*
nYam: maksute opo iku????
johan firmansyah: khan aremania kena hukuman 3 tahun gak boleh masuk stadion toh
johan firmansyah: gak tau yaa???
nYam: iya tau
nYam: cuma ga tau kalo ga boleh pake atribut
johan firmansyah: ya segala bentuk tulisan (atribut) aremania gak boleh
johan firmansyah: itu konsekuensi dari hukuman itu
nYam: termasuk boneka singa itu juga ga boleh????
johan firmansyah: yup
nYam: *LOL*
nYam: *LOL*
nYam: *LOL*
nYam: *LOL*
johan firmansyah: S E M U A N Y A ...
nYam: sekalian aja SEMUA TOKO BONEKA DILARANG MENJUAL BONEKA SINGA
johan firmansyah: koq malah ketawa???
nYam: ya aneh gitu looooh
nYam: hareee gheneeee
nYam: paranoid amat sih orang2 itu
nYam: nt…

Iya Aku Cemburu

Selama pacaran+nikah sama Fath, ga sekali dua aku cemburu. Tapi ga parah-parah amat. Paling bete beberapa saat, trus setelah dirayu-rayu, ilang deh. Yang aku cemburui juga ga jauh-jauh. Yang satu ex cinta pertamanya Fath yang ga lain ga bukan adalah temen sekelas dia pas SMP yang juga temen sebangkuku waktu SMA. Atau mantan pacar dia semasa SMP yang juga musuh bebuyutanku. Dunia sempit yah.

OOT bentar: adik Fath sempat pacaran sama adik si cinta pertama Fath. Kebayang kan kalo mereka merit? Aneh banget besanan sama orang yang dulu sempat ditaksir hihihi. Trus si cinta pertama ini kalo ga salah satu kantor sama sobat kentalnya Fath. Jadi Windy sayangku, ini nih yang bikin aku males ke Kediri. Lah kalo ke sana, ntar kudu ketemuan lagi ama si cinta pertama ini. Biasa, cemburu gituh xixixi

Back to the topic.

Karena Fath tinggal garap skripsi aja, dia jadi lebih banyak di rumah. Lebih banyak waktu bersama Ankaa. Kalau dulu aku lebih mahir dalam hal mengurus dan menerjemahkan keinginan Ankaa,…

Ken Harmawan Reflexiology

Nyambung ama posting kemarin, waktu long wiken 1 Muharram, kami (aku-Fath-Anung-Iva) rame-rame pijat refleksi di Ken Harmawan Reflexiology. Ceritanya aku dah pengeeen pijat sejak balik Jakarta. Cape perjalanan Malang-Jakarta, ngurusin ini itu bikin badan rasanya kaya diinjek kuda nil. Puncaknya waktu libur Natal-Idul Adha, bukannya hepi-hepi malah tumbang karena flu. Ga asik bangeeet sakit waktu liburan. Jadi aku niat mau pijat biar badan seger lagi.

Salah satu temen Fath merekomendasikan Ken Harmawan Reflexiology ini. Berbekal ancer-ancer lokasi (yang ternyata ga jauh dari rumah Iva), sekitar jam sepuluh pagi kami nyampe di sana. Sialnya, kami mengira ruangannya terpisah cowo-cewe. Ternyata campur bo. Iya sih dipisah, pake selembar gorden. Sama aja boong.

Akhirnya kami pesen ruang VIP, tapi lagi dipake dan baru tersedia jam 12 siang. Ya sud, pulang dulu sambil ninggal deposit. Eh ga ninggal deposit gpp seh, cuma kita aja yang takut diserobot.

Jam 12 siang teng kami nyampe. Trus ganti sa…

Masalah Tukang Pompa

Mompa ASI kadang ga semudah yang dibayangkan. Yang paling sering nih: ASIP nya cuma dapet dikit. Aku sempat ngalami ASIP dikit. Penyebabnya macam-macam. Yang aku inget tuh antara lain:

1. Belum biasa mompa/merah
Awal-awal merah pake tangan, haduw cuma dapat 20 ml. Mana cukup? Akhirnya liat video cara memerah ASI. Alhamdulillah bisa dapat 80 ml. Tapi begitu nyampe Jakarta, langsung drop. Mungkin karena adaptasi lagi ama Jakarta. Sempet maksa pake tangan dan hasilnya PD lecet sampe berdarah lagi T_T Akhirnya pake pompa.

Pake pompa pun ga langsung banyak. Awal-awal cuma dapat 40-50 ml. Sampe mikir, kalo kaya gini, apa bedanya ama merah pake tangan? Tapi coba teruus. Alhamdulillah berhasil sampe sekali pompa bisa dapat 150 ml. Fheww....

Emang sih, kudu membiasakan diri pake metode apa pun yang dipilih. Kalo ga nyaman, ya dapatnya dikit juga.

2. Pasang target
Waktu dah nyaman pake pompa, aku pasang target harus dapat minimal 100 ml tiap kali pompa. Rencana semula di kantor mompa tiga kali. Ujung…

Konspirasi?

Aku ga terlalu paham sepakbola. Tapi haqqul yakin gol Mbamba itu sah, ga offside. Trus kenapa dianulir?

Iya Aremania salah karena ngamuk. Tapi tolong lihat juga gimana ga fair-nya kepemimpinan wasit. Seharusnya Arema dapat dua penalti. Kok ya ga dikasih?

Dan lagi, kok cepet amat ya kasih hukuman larangan menonton laga Arema tiga tahun? Kayanya memutuskan hukuman Persebaya dulu ga secepet itu deh. Dan jauh lebih lama ketimbang hukuman untuk Bonek, yang dengan ga tau malunya masih nawar minta keringanan. Kenapa buat bonek ada diskon hukuman?

Kabar dari temen di Malang, sepanjang jalan Aremania pulang ke Malang, lampu jalanan dimatikan dan bus mereka dilempari. Was it a trap? Dalam gelap dilempar, siapa yang bisa yakin bahwa perusak rumah warga adalah Aremania? Bisa jadi orang yang ga suka Aremania kan? Trus temen itu juga kasih tau, ada pemain Persiwa membocorkan bahwa sejak awal Arema dirancang untuk kalah. Dunno why.

Trus kenapa itu manajer Persiwa bisa bawa pestol, meski dengan alasan me…

RS Melati Husada

Image
Menjelang mudik, aku mulai nanya-nanya sana sini minta rekomendasi RS+DSOG yang sip. Kok ya semua yang aku tanya mengajukan usulan yang sama. RS Melati Husada dan dr Nuke.

Begitu nyampe Malang, malamnya aku langsung kontrol. Begitu masuk RS, wuaah....ini RS keren euy. Homy sekali. Ga ada bau karbol blas, yang ada bau wangi sedap malam. Agak merinding juga siy, abis aku kontrol pas hari Jum'at he he he

Hampir semua perabotnya dari kayu. Trus ga ada sekuntum pun bunga plastik. Semua bunga segar yang diganti tiap hari. Kayanya sih mereka punya petugas khusus bunga deh. Mulai dari melati, sedap malam, ampe kastuba udah pernah dipajang.

Yang paling menyenangkan adalah....kamarku!!! Guede, kira-kira 4x4 meter. Tempat tidurnya cukup lah buat empat orang. Ada TV-lemari es- daan...meja rias ^_^ Tau aja nih kalo ibu-ibu suka dandan. Cermin riasnya gede bo. Fath ampe bilang, coba kalo nempatin ni kamar bukan pas aku melahirkan. Hunimun deh ^_^ Kamar mandinya di luar siy, tapi persis di sebelah …

Tempe

Konon, tempe itu makanan asli Indonesia. Tapi kedelenya impor. Jadi rancu. Asli Indonesia tapi bahan baku impor.

Pantes jadi susah dicari.

Gimana bisa dapet gizi murah meriah kalo gini caranya?

Mitos ASI Paling Menyebalkan

Pertama: Jangan makan makanan/minuman panas, nanti lidah bayi jadi putih

Aduh bude-bulik tercintah, putihnya kan karena ASI. Lagian apa hubungannya panas makanan ama suhu ASI? Emangnya suhu makanan ga disesuaikan dulu ama badan kita? Heran deh.

Tapi gara-gara aku sedang berada di antara bude-bulik tercintah, aku terpaksa makan bakso dalam kondisi sudah dingin. Kebayang kan rasanya, udah berlemak eneg ga enak. Selama cuti melahirkan, aku berada di kota yang terkenal dengan baksonya. Dan ironisnya, bakso itu harus kunikmati dalam kondisi dingin. Sebaaaaalll. Untung dah balik Jakarta.


Kedua: Jangan makan cabe, nanti keluar biji cabe waktu bayi pup

Wah bagus dong. Ambil aja pupnya, sebarin ke tanah. Kali-kali bisa tumbuh jadi pohon cabe. Kan lumayan buat persediaan waktu harga cabe membubung tinggi. Udah komplit ama pup-uknya pula ^_^ Kalo perlu, kita makan semua versi cabe. Jadi ada persediaan cabe merah besar, cabe keriting, sampe cabe rawit.

*jawaban kurangajar yang mohon jangan ditiru ya. …

Ankaa Tiga Bulan

Belakangan ini Ankaa makin pinter cari trik supaya Ummi ga cepet-cepet ngantor. Kemarin, waktu Ummi udah siap berangkat, eh dia pup. Berhubung asisten masih di dapur dan Abi masih ngeluarin motor, apa daya. Hayo deh beresin pup nona kecil.

Jum'at lalu, waktu Ummi lagi mau mandi, Ankaa rewel minta mimik. Eugh, sudah jam berapa ini? Ya udah, telat lagi lah. Biasanya mimik paling banter 15 menit, eh pagi ini sampe hampir setengah jam. Masih mending kalo cuma mimik. Tangannya mencengkeram baju Ummi, seperti tidak mau lepas.

Jadwal tidurnya juga berubah. Biasanya ba'da Maghrib Ankaa sudah lelap dan baru bangun sekitar jam sembilan malam. Begitu Ummi ngantor lagi, baru mau bobo setelah Ummi pulang, jam berapa pun itu. Pokoke nunggu Ummi pulang, mimik dan bercanda dulu, baru mau bobo.

Ya dinikmati saja. Lima hari dalam seminggu aku ketemu Ankaa cuma pagi-malam.

Apalagi setelah kembali ngantor, aku baru sadar betapa Ankaa sudah tumbuh dan berkembang. Satu per satu baju harus pensiun karen…

Welcome, Chise

Alhamdulillah telah lahir Caressa Chise S, putri pertama dari Windy-Yayan. BB 3,4 kg, panjang 51 cm. Lahirnya di Palembang, 3 Januari 2008 jam 5.55 pagi.

Selamat ya Say. Semoga Chise jadi anak sholehah yang membawa keberkahan bagi umat.

Duh kapan ya dua bintang kita bisa ketemuan? Kangeeen deh ama kamu