Posts

Showing posts from April, 2008

Legging Don't

OK, aku tau emang lagi musim ni pakaian sejuta umat. Legging superketat plus baju oversize yang bergelembung kaya balon sampe sepaha plus ikat pinggang (optional) plus sepatu flat sejuta umat itu.

Tapi tolong ya mbak-mbak ibu-ibu sekalian, kalow lagi pake legging, jangan pake baju SEPINGGANG apalagi baju superketat pres body apalagi sampe keliatan udel!!! Iya iya body kalian bagoooosss...kereeen......sangat ideal deh pokoknya. Tapi kalow pake legging plus atasan ketat, kok kaya orang mau senam yah? Masih untung tu baju ga mengilap.

Duh mak, ga sadar yah kalow itu lipetan paha plus garis pakaian dalamnya keliatan teramat sangat jelas.

Kalow bajumu oversize, kan lipetan yang tak nyaman dilihat itu bisa ketutup. Lah kalow kaya tadi pagi? Yang ada kamu dikira kesasar waktu mau ikutan aerobik.

*posting sok-sok fashion police setelah melihat cewe berlegging abu-abu plus blus putih sepinggang yang menampakkan lipetan paha dan celana dalam plus belt coklat dan kalung sepanjang jalan tol .....doh*

Kue Labu Kuning

Image
Masih ngelanjutin otak atik ini. Tiga hari lalu, berturut-turut, Ankaa dapet MPASI labu parang alias pumpkin. Dan tahu lah ya betapa si labu ini cuma musim waktu bulan puasa. Tukang sayur langgananku menyerah waktu aku nitip cariin si labu. Ada siy dijual di supermarket, tapi alamak....gede bener. Bisa beli potongan, tapi kok ya paling kecil aja beratnya udah hampir sekilo.

Daripada dibuang, aku bikin kue labu kuning. Sisa labu aku bikin kolak labu-pisang kepok. Resep kuenya nyontek dari buku resep Nova yang aku beli atas nama niat-mulia-bikin-kue-seminggu-sekali-setelah-nikah. Lha bukunya aja aku beli jaman dulu, yang mana boro-boro mikir nikah, mikir pacaran aja nggak ha ha ha.....

Eniwei, karena ga ada timbangan, takaranku ngaco yah. Tenang aja, di sini aku tulis takaran yang benernya. Ada yang mau nyumbang timbangan? Atow mixer gitu?

Kue Labu Kuning

Bahan:
400 gram labu kuning, dikukus lalu haluskan (aku pake entah berapa, pokoke separo dari labu yang dibeli)
200 gram gula pasir (ga ngi…

Otak Atik "Ampas" MPASI

Image
Ini hari ketiga Ankaa dapat MPASI jagung manis. Resep MPASI menyusul yaah *lirik Mommy Alya-Asha*

Dari MPASI Ankaa, selalu ada leftover berupa ampas jagung. Biasanya seh aku jadiin bakwan jagung. Tapi kan bosen yah. Mosok tiga hari lauknya bakwaaan mulu. Akhirnya tadi pagi aku jadiin seharusnya-lemet jagung. Kenapa pake kata seharusnya? Coz jadi benyek hihihi. Lha wong resepnya juga ga jelas. Improvisasi sendiri ajah. Lagian aku kan newbie di dapur *berdalih*

Ini nih yang bisa dibuat dari ampas MPASI jagung manis.

Note: cemilan leftover ini dimakan sama kita-kita aja yah, bukan dimaksudkan untuk diberikan pada bayi!!! Bayi cukup MPASI+ASI saja.

1. Bakwan jagung
How: campur ampas jagung dengan bumbu halus (bawang merah-bawang putih-cabe merah-kencur-garam-gula secukupnya). Trus digoreng deh sesendok demi sesendok. Kalo mau, bisa dikasih telur biar rekat. Oia, bisa juga ditambah udang ama daun bawang/kucai.

Btw, kalo pake ampas MPASI, jadinya alus banget. Aku lebih suka bakwan jagung yang nga…

Kenapa ASI?

Sepintas kelihatannya ribet ya. Tiap hari aku bawa tas kantor-tas bekal makan (penghematan bow)-tas ASI yang lumayan gede. Tiga tas aku bawa naik turun kereta+metromini. Kok kayanya payah banget bawa segitu banyak demi ASI? Kok mau?

Hmm....setelah Ankaa lulus ASIX, rasanya bisa deh nemu jawaban versiku.

1. Ada perintahnya di Al Qur'an, Al Baqarah: 233.

2. ASI jelas makanan terbaik bagi bayi. Ga ada yang ngalahin dari segi kualitas plus harga he he he. Apalagi di saat duit seribu cuma dapet bayam seiket kecil gini. Dan bekerja tetep bisa kasih ASI kan? Modalnya dijamin lebih murah ketimbang beli susu formula tiap bulan. Secara harga sufor merk terkenal paling ga udah 85 rebu ukuran 400 gram. Duit segitu kan udah dapet facial plus potong rambut di salon kmaren sepatu balerina lucu buat Ankaa plus baby book tiga biji di Mae Bebe atow buat nambah-nambah tabungan si krucil.

3. Aku cuma bisa kasih ASI untuk Ankaa sampe dua tahun. Ya lebih-lebih dikit deh, nunggu dia menyapih dirinya sendiri…

Catatan ASIP

Image
OK, call me kurang kerjaan or whatever you want. Ini tabel data mimik ASIP oleh Ankaa. Catatan dimulai dari 4 Januari 2008 sampai 18 April 2008. Aku punya data detilnya jam berapa dia mimik dan berapa ml yang dimimik. Kurang kerjaan banget kan?

Tapi dari catatan ini aku jadi tahu kalo tiap kali menjelang ulang bulan, porsi mimik ASIP berkurang cukup jauh. Bisa sampai 40-50% dari biasa. Trus aku juga tahu bahwa pertama kalinya Ankaa berhasil menembus angka 500 ml bukan di tanggal 5 Maret melainkan 25 Februari. Trus aku juga tahu kalo belakangan ini, kecenderungan Ankaa mik ASIP adalah mimik banyak di pagi hari (bisa sampai 160 ml) dan berkurang di sisa hari itu. Ga kaya dulu yang pagi hari paling banter 70 ml. Kok bisa tau? Karena yang dicatat bukan hanya berapa ml tapi JAM BERAPA Ankaa mimik he he he

Dan yang paling penting, catatan ini berguna untuk mengetahui apakah porsi ASIP yang diminum Ankaa setelah MPASI berkurang atau tetap, bahkan bertambah. Coz namanya juga MPASI. ASI tetap ya…

21 April Katanya

....penumpang wanita diistimewakan. Kata temen kantorku, mulai dari stasiun udah ada woro-woro dari PT KAI supaya para penumpang wanita diberi tempat duduk. Nah kalo di Sudirman Ekspres tadi, kondekturnya meriksa karcis sambil bawa tas isi suvenir untuk penumpang yang ultah tanggal 21.

Eh sebelnya, pas udah di Palmerah, kan sebagian penumpang turun tuh. Sebelahku jadi kosong. Eh ada bapak-bapak sooo gede maksa duduk situ. Iya sih kayanya muat, tapi kan penumpang sebelumnya tu bapak-bapak yang kurus. Udah tau ga muat, dia maksa banget sampe aku kedesek. Sialnya, di sebelah kiriku tu penumpang cowo juga.

Pas turun Sudirman, aku rada anarkis juga lama-lama. Aku turunin tas ASI+tas bekal makan dengan gaduh en dengan sengaja aku tabrakin ke bapak itu. Biar tau rasa. Huh...sebeeel.

Sadar diri dong kalo bangkunya ga muat. Ato sengaja biar bisa mepet-mepet? Dasar cowo ga tau diri.

Chef Hudas

Seperti yang pernah aku ceritain ke Bundanya Aya, aku tuh rada binun kalo nanti Ankaa dah masuk masa MPASI dua kali sehari. Sekarang kan baru sekali sehari, tiap pagi abis mandi. Jadi MPASI nya selalu aku yang siapin. Lha ntar kalo dah dua kali gimana? Mau aku bikinin frozen atau Eka yang bikinin biar selalu segar?

Abis gimana ya. Kok jadinya satu-satunya hal yang masih bisa aku monopoli adalah menyusui secara langsung. Cuci + setrika baju Ankaa udah digarap Eka. Mandi udah bisa ditangani Fath. Susu bisa pake ASIP. Kok ndak becus banget gitu loh.

Tadi pagi, iseng-iseng mengajukan usul ke swami supaya dia yang bikin MPASI Ankaa. Kebetulan jadwal hari ini bubur oatmeal. Kupikir ya latihan mental buat aku sendiri lah. Jadi lah aku mandiin Ankaa sementara Fath bikin bubur.

Ternyata menyerahkan urusan bikin MPASI ke Fath menimbulkan banyak celetukan garing. Nih contohnya:

Persiapan
nYam: "Yakin mau bikin bubur?"
Fath: "Huh ngeremehin....HUDA GITU LOH"
nYam: *senyam senyum*
Fath…

Rambut Baru

Ada dua hal yang aku rindukan dari masa kehamilan:
1. Privilege buat mengklaim bangku ibu hamil di kereta
2. Rambut yang kuat, mengilap, antirontok

Kalo nomer 1, ya sudahlah. Berikan pada yang berhak. Lagian perjalanan kereta dari Stasiun Sudirman sampe Pondok Ranji ga sampe satu jam. Gembolan tas ASI en bekal makan bisa aku taro di rak kereta. Sambil berdiri, bisa baca or denger radio. Aku masih muda *dilarang protes!!!*. Masih kuat berdiri sampe tujuan. Emangnya aku bapak-bapak tinggi gede yang segitu napsunya dapet tempat duduk sampe mendorong jatuh seorang cewe? *masih dendam*

Tapi yang kedua, duh sungguh mati aku rindu. Dari sononya rambutku emang ga terlalu kuat. Apalagi sejak dulu aku terbiasa potong cepak. Begitu merit, mulai deh manjangin rambut. Dan ternyata ga kuat. Rontoknya serem. Eh pas hamil, yang konon katanya bisa bikin rambut rontok, rambutku malah kuat gagah perkasa. Seneeeng banget.

Sampe beberapa bulan pascamelahirkan, rambutku masih kuat. Eh sekarang mulai deh rontok …

Ya ya ya

Udah turunan. Ga adik ga kakak. Tapi plis deh, ngomong gitu di depan orang tua. Ga tega gw liat wajah sang orang tua.

Maaf, tapi gw ga respek lagi ama kamu. Ga ngefek mau pake embel-embel kamu ikhwan-akhwat kek, alim banget kek, ato apa lah terserah. Gw lebih percaya ama kelakuanmu yang udah-udah en omongan yang kmaren.

Jadi dilema.

Campur Aduk [2]

1. Selamat ya Mel...udah lahiran. Btw, nama bebi na rada susah ditulis. Jadi ntar sms-in aja yak. Eniwei, anak Mela en anakku ga bole merit coz Jumat kmaren secara resmi aku dah jadi ibu susu si bebi he he he. Kan Mela telpon karena bebinya ga mau nenen. Ya sut, dengan semangat '45 aku meluncur ke Manggarai. Sampe sana, ASIP hasil pompaan hari itu aku tinggal en aku coba menyusui si bebi. Walhasil, aku pulang dengan tangan hampa tanpa setetes pun ASIP buat Ankaa. Alhamdulillah barusan Mela telpon, bebi na dah mau nenen. Gut lak ya Say

Btw, becandaan aku ama Mela sih, aku nih menyelamatkan masa depan anak-anak kami. Ga tega deh Ankaa punya ibu mertua kaya Mela en baby boy na punya mertua macam aku ha ha ha

2. Ankaa demen banget ama beras merah en kacang ijo. Lahap aja gitu mamamnya. Dan setelah penantian selama tiga hari, akhirnya Ankaa pupi juga. Baunya? Jangan ditanya. Heran deh ni bebi. Baru mamam bubur susu aja baunya sungguhlah amat dahsyat semerbak mewangi. Gimana kalo ntar dia…

Tepung Beras a la Ummi Ankaa

Tiga hari menjelang Ankaa dapet makan, aku mulai bikin tepung-tepungan. Dari hasil baca-baca dan tanya-tanya, sebaiknya MPASI pertama tu dari serealia coz resiko alerginya rendah. Jarang banget kan kita denger orang alergi nasi? Nah perkenalan MPASI ini satu jenis aja dulu tiap kali makan selama tiga atau empat hari berturut-turut. Gunanya sebagai "alat uji alergi". Kalow makan pertamanya dah campur aduk antara beras-wortel-ayam dll, trus tau-tau bentol-bentol alergi, kita kan ga tau alerginya karena si beras, si wortel, ato si ayam. Lagian baby selama ini dapet ASI doang, kalow dikasih banyak macam ntar binun lagi dia. Dikasihnya juga sekali sehari dulu dengan konsistensi mendekati ASI. Kan namanya juga Makanan Pendamping ASI. Jadi ASI tetep makanan utama.

Selama tiga hari pertama, Ankaa dapet bubur susu tepung beras putih. Trus tadi pagi, Ankaa lahap banget pas dikasih bubur susu tepung beras merah. Tepung beras putihnya sih dapet dari Uni Sisi. Kalow tepung beras merah plu…

Gembok

Waktu tau berita ini, aku pengen tanya sama pencetus ide itu: gimana kalo penis pelanggannya digembok sekalian?

Boleh deh pake dalih ini itu demi mencegah tindakan asusila bla bla bla. Tapi apa sang pencetus ide ga perna denger h**d j*b or b**w j*b yak? Apa perlu sekalian tangan en mulut si pemijat digembok juga?

Ga ada asap tanpa api. Kalo emang pelanggannya bener-bener datang untuk dipijat atas nama kesehatan, ga bakal muncul ide gembok menggembok itu. Ide gembok celana dalam hanya membuktikan kalo pelanggan pijat datang ke situ dengan tujuan lebih dari sekedar dipijat.

Apa lom cukup ya Tangerang dulu menerapkan Perda yang saking kebacutnya sampe perempuan baik-baik pun disangka pelacur?

Iya memang tindakan asusila dicegah, biar ga tambah ancur aja ni bangsa. Tapi kok jadi kebablasan ya penerapannya?

Tadi pagi aku lihat papan iklan di deket bunderan HI. Jadi mikir, itu kalo cowo liat paha mulus sang model, apa ndak mupeng ya?

Fhew, mau cuek itu mikir: ini dunia yang bakal dihadapi Ankaa n…

Ankaa Ditatur

Udah sebulanan lebih Ankaa jarang pipis malam. Biasanya trakhir pipis menjelang bobo, trus baru pipis lagi. Ga tau juga kenapa. Yang jelas hal ini sempet bikin Ummi kuatir pipisnya kurang. Lah semalaman nenen tiga sampe empat kali, kok ya ga pipis gitu.

Saking kuatirnya, Ummi sampe nanya ke milis asiforbaby. Dan jawabannya oh sungguhlah melegakan hati. Ankaa jarang pipis malam coz udah bisa kontrol pipis. Mungkin dia ga nyaman kali ya celana basah sementara Abi Ummi lagi tidur pules kaya kebo.

Trus kapan itu Ummi telpon Eyang Uti, cerita soal pipis ini. Eh Eyang menyarankan buat mulai ditatur. Udah deh mulai niat tatur. Apalagi Mommy-nya Alika udah sukses men-toilet training Alika.

Percobaan pertama, blom bisa. Ummi dah mangku Ankaa di kamar mandi, eh dia ga pipis juga. Ndilalah pas sampe kamar langsung mancuuurrr.

Percobaan kedua, tadi pagi. Kebetulan Ankaa bobo pules banget sampe ga ikut Ummi belanja. Pas Ummi pulang, Ankaa baru bangun en celananya masih kering. Ya sud, hayu ke kamar ma…

MPASI Pertama Ankaa

Image
Kapan?
Hari ini, 8 April 2008. Dimulai jam 07.30 dan diakhiri jam 07.45.

Apa?
Bubur tepung beras putih+ASI.

Skenario?
Ankaa mandi pagi sama Abi sementara Ummi menyiapkan MPASI. Jadi Ankaa mamam pas badan udah seger.

Ternyata?
Ankaa cuma mau dikiit banget. Udah gitu banyak dilepeh-lepehnya. Ankaa mogok ga mau makan lagi. Dilanjut dengan bersihin gusi+lidah pake sikat gusi, minum air putih satu sendok teh, dan nenen Ummi selama kurleb 10 menit.

Ada catatan untuk evaluasi?
Ada dong.Nih:
Air untuk masak bubur kurang. Gara-gara Ummi takut buburnya keenceran, eh malah nggumpal. Lagian ada banyak versi resep. Yang di kemasan Gasol, ditulisnya 40 gram tepung beras+400 ml air. Di buku resep bubur susu, 50 gram tepung beras+200 ml air. Nah lo. Dan itu blom termasuk ASI buat ngencerin. Gini deh kalo ga perna bikin bubur T_T
Coba pake panci lain, jangan teflon dulu. Pas campuran tepung+air dimasukin, langsung nggumpal aja gitu. Ummi jadi inget pancake he he he. Apa karena si teflon cepet banget panas ya? En…

Ankaa Enam Bulan

BB: 5,13 kg (per 29 Maret 2008). Mungil yah?
TB: 61 cm
Imunisasi terakhir: 29 Maret 2008 (DPT 3 dan HiB 3-Hepatitis B 3-Polio 3 sekaligus)

Ankaa punya hobi baru: narik kacamata. Awalnya sekedar narik aja, tapi kok lama-lama makin membahayakan? Kacamata Abi Ummi diplintir-plintir. Huaa....ntar kalo patah gimana? Ya wes coba dicegah. Eh triknya makin canggih. Pipi Abi Ummi dielus-elus dulu, seneng dong kita. Habis dielus, dicakar. Otomatis kepala makin deket dong yah. Saat itulah kacamata diambil. Atau rambut Ummi ditarik kenceng-kenceng. Pas Ummi kesakitan, udah deh kacamata Ummi disamber. Akhirnya wiken kemarin Ummi beli kacamata cengdem khusus buat dipatahin Ankaa.

Nah kebiasan remas-remas kertas masih berlanjut dong. Demi menjaga keutuhan buku-buku, Abi Ummi sengaja ke pameran komputer buat ngumpulin brosur. Tau kan kalo brosur pameran tu kertasnya warna warni cakep gitu. Awalnya Ankaa seneng banget, tapi karena brosur cuma selembar, ga puas kali ya. Jadi sekarang Ankaa remas-remas kata…

Menjelang Dimadu

Tiga hari lagi Ankaa lulus ASI Eksklusif. Alhamdulillah. Setelah hari-hari menggembol tas ASI yang lumayan gede, naik turun KRL Ekspres (thanks God, ga kebayang kalo harus kereta ekonomi). Setelah masa-masa kebal kuping dengan semua komentar yang ga jauh dari "ASI Eksklusif itu susah apalagi buat ibu bekerja jadi mendingan kasih sufor biar bayinya biasa ama susu formula". Setelah melalui puting lecet, baju basah karena banjir, plugged duct yang sampe bikin demam sehari semalam. Setelah berhasil cuek sama pertanyaan "kok belum dikasih makan?". Setelah bisa mematahkan kalimat "IMD dan ASI Eksklusif buat ibu bekerja itu cuma teori".

Senang dan bangga sekali rasanya. Ga nyangka aja gitu. Meski ga sampe tahap pesimis, tapi ada masa-masa di mana aku malas banget mompa ASI. Rasanya cape banget menggerakkan jari ke arah pompa meski baju dah basah kuyup. Untung Abinya Ankaa selalu support, bahkan marah kalo aku sampe stres mikir ASI hihi. Duh stres kok dimarahi ya?…

Selalu Yang Terbaik

Masih lanjutan yang ini.

Obrolan lengkap dengan ibu-ibu itu adalah sebagai berikut:

Ibu-ibu: "Wah bayinya lucu. Cewe atau cowo?"
nYam: "Cewe bu"
Ibu-ibu: "Berapa bulan?"
nYam: "Lima setengah"
Ibu-ibu: "Ini anak saya delapan bulan. Cakep ya. Duh diem aja, lagi ngantuk ya?"
nYam: "Iya lagi ngantuk. Biasanya waktu pulang udah bobo. Oia, namanya siapa?"
Ibu-ibu: "Widi. Namanya siapa?"
nYam: "Ankaa"
Ibu-ibu: "Duh ini bangun tidur aja cakep. Ga kaya anak saya nih. Widi cemong-cemong mukanya. Jelek bener. Tuh kan jelek"
nYam: *mulai ga enak*"Eh nggak lah....tu cakep Widinya"
Ibu-ibu: "Ih ni anak mah jelek bener. Apalagi bangun tidur gini"
nYam: *buru-buru permisi* "Oh....Duluan ya Bu...ditunggu suami"Pertama, gw pengen kasih cermin ke tu ibu. Itu juga kalo rela dibilang impolite.

Kedua, mau jelek mau cakep, itu ANAKMU!!! Bayangin dong perasaan anak, yang meski baru umur delapan bulan, di…

Mimpi

Kalau mimpi itu datang tiga tahun lalu, mungkin aku akan menganggapnya mimpi indah. Tapi sekarang, hanya akan membuatku merasa bersalah.

Seandainya saja ada memory shredder

Getting Older

Dari lima lift di gedung ini, cuma dua yang beroperasi. Ini bukan kejadian pertama. Tapi ini kejadian pertama yang bikin aku sampe lewat tangga.

Ya ya ya, dulu sih sebelum merit dah sempet naik lewat tangga. Itung-itung pengencangan kaki menjelang MP gitu xixixi. Tapi sekarang?

Tadi makan siang ama Mela di gedung sebelah. Pas turun, kok ya lama amat ini lift? Begitu ada lift, duh penuuuuh bangeeet. Udah gitu, ada bapak-bapak mulutnya kaya comberan. Orang mau masuk dikomentarin. Segala-gala dikomentarin dengan gaya yang oh-so-nyebelin banget. Pas aku lirik, jadi setengah maklum. Bayangin ye. Bapak-bapak ga tinggi-tinggi amat (ga tega bilang pendek) dengan dandanan a la Ruhut Sitompul. Kumplit ama anting. Doh....

Kelar maksi, aku ke bank dulu setor tabungan. Pas mau naik, inget kalo tadi di lobi yang antre lift meni panjang kaya ular kobra. Tunggu punya tunggu, kok ya ga muncul-muncul ni lift? Ampe ditinggal ke toilet loh.

Ga sabar, aku lewat tangga aja deh. Lantai dua....tiga...empat....li…

Cewe Ato Cowo Part II

Lanjutan yang ini.

Sabtu lalu Ankaa imunisasi DPT 3- HiB 3- Hepatitis B 3- Polio 3. Banyak yah. Tenang aja, Insyaallah gpp kok. DSA nya Ankaa meski setuju, sempet mispersepsi juga. Dikiranya aku minta Hepatitis B aja. Jadi lah ada jeda antara suntikan Hep B ama Tetract HiB nya, sekitar 10 menit gitu. Ankaa, yang udah bete karena disuntik pas baru bangun dan blom nenen, jadi tambah bete.

Nangis meraung-raung ga mau diem. Dinenenin pun ga mau. Maunya gendong tegak. Digendong tidur ga mau, ditaro ga mau karena mengira bakal disuntik lagi.

Dialog berikut antara Fath en ibu-ibu di ruang tunggu RS.

Ibu-ibu: "Siapa tu yang nangis?"
Fath: "Anak saya. Habis disuntik kanan kiri, jadi nangis kejer"
Ibu-ibu: "COWO ya???"
Fath: "Cewe"
Ibu-ibu: "Oh kirain COWO. Abis SUARANYA KENCENG BENER"

Ya ya ya....kalo kamu punya ibu yang suaranya stereo macam aku, kayanya suaramu juga bakal kenceng.