Thursday, September 11, 2008

Beragam Gaya Ankaa Membaca

Neng kecil paling suka ngegeratak buku atau koran. Kalo lagi rewel, daripada kasih mainan, mending kasih buku. Udah deh diem. Oia, aku ga ngajarin Ankaa baca yah. Ga ada yang mengharapkan anak balita bisa baca. Yang pengen aku en Fath tanamkan itu kebiasaan membaca dan mencintai buku. Ntar kalo udah seneng, ngajarin baca itu seharusnya mudah. Bisa baca lancar di usia dini itu bonus.

Nih beberapa pose neng Ankaa lagi baca ngegeratak.

Ini waktu Ankaa sakit dulu itu. Tetep aja maunya ambil buku.

Hore...bisa buka flip flap nya....

Kalo bukunya ditepok, siapa tahu binatangnya keluar

Ini di pameran buku di Istora.
Baca ini atau itu yah?

Di lapangan samping gedung F kampus STAN

Jieee.....baca koran pagi euy. Di rerumputan, disinari cahaya mentari pagi.

Abi dan Ankaa membaca bersama


Di Pizza Hut PIM 2 waktu ketemuan ama Oom John, Tante Chandra, en Naila

Ankaa, the methingkrang girl, lagi milih menu

Di rumah, lagi bongkar buku baru oleh-oleh Abi waktu magang

Ada manual nglepasin plastik ga sih?

Di rumah, ngegeratak Harpot lagi. Btw, Harpotku ada yang udah diselotip sana sini. Disobek Ankaa huhuhu
Mana ya mantra buat manggil benda? Yang diajarin Flitwick itu looh


Huaah.....ga ketemu. Avada Kedavra!!! Eh, tongkatnya mana?

Gaya mana favorit Anda?

Tuesday, September 02, 2008

Dilema Stroberi

I have to admit this.

I hate strawberry.

Ga tahan baunya. Mbak Luky jangan ketawa yah.

Iya itu buah lucu nan imut nan menggemaskan. Warnanya merah gonjreng lucu sekali. Tapi baunyaaaa......

Ga tau deh sejak kapan aku ga suka stroberi. Yang jelas anti banget ama buah satu itu. Kalo ada cake enak dikasih garnish stroberi, buatku nilainya langsung turun jauuh. Singkirin dulu stroberinya, baru aku mau deket-deket.

Waktu kuliah, aku pernah sampe muntah gara-gara ga sengaja makan es krim stroberi. Ceritanya satu cup berdua temen. Ga tau kalo itu es krim stroberi, namanya juga minta he he he.

Masalahnya, apa yang aku suka blom tentu Ankaa suka. Vice versa. Jadi ketidaksukaan dan ketidaktahananku atas stroberi bukan lantas jadi pembenaran Ankaa ga pernah ngerasain stroberi kan?

*btw, itu ga berlalu buat rokok dan teman-temannya yah. sekali tidak, tetap tidak*

Wiken kemarin, aku beli stroberi buat Ankaa. Waktu milih stroberi di Hero, aku udah pusing karena baunya. Kalo ga inget sayang anak, ga bakal aku ambil tu buah merah-merah imut.

Sampe rumah, aku siapin makan Ankaa: oatmeal stroberi. Bikin oatnya gampang. Giliran motong-motong stroberi, hoeeekkk. Pusing banget. Hampir muntah. Akhirnya aku ambil solusi praktis: pake masker!!! Jadi kalo chef pake topi chef biar ketombenya ga jatuh ke makanan, aku motong stroberi pake masker biar ga muntah.

Hari ini, aku bikin pancake buah plus stroberi. Ditambah agar-agar nanas stroberi. Plus nyuapin Ankaa stroberi, yang (sialnya) dilahap dengan sangatlah nikmatnya.

Stroberi segar? Abis tiga biji. Agar-agar? Abis satu potong. Pancake? Abis empat ato lima potong. Pokoke dari satu resep, cuma sisa dikit.

Kayanya aku harus mulai berdamai ama stroberi. Apa ini berarti aku juga harus mulai nonton Jalan Sesama?

Nduk sayang, mungkin Ummi ga pinter masak. Tapi percayalah Nak, demi variasi makananmu, Ummi rela beli stroberi. Kalo ga ada kamu, keknya sampe mati pun ga bakal Ummi beli tu buah.

Foto: ambil dari sini dan hasil agar-agar stroberi made by Ummi

Cemal Cemil

Ga tau turunan ato gimana, Ankaa tuh badannya kecil banget. Sampe bikin aku sering senewen. Mbok ya, Umminya dah ampe resign, ya badan tu digedein dikit gitu lo. Kadang pengen deh Ankaa tuh montog dikit. Tapi ya tetep segitu-gitu aja. Padahal makannya gampang lo. Ga banyak pilih-pilih. Porsinya juga mayan gede. Pisang yang dulu ditolak sekarang udah mulai mau. Buah juga apa aja hayo. Dicoba kasih makaroni malah nambah. Lha terus itu kabur ke mana ya segala makanan?

Udah gitu, kan mau mudik nih. Mulai dah aku kena sindrom ibuibuparnoitis. Ntar dibilang ga kasih makan cukup lagi kalo liat si eneng mungil kaya gitu. Mana di growth chart, selaluuuu di bawah garis. Grafiknya naik terus, tapi mbok ya sekali-kali di atas persentil 5 napa seeeh?

Tapi lama-lama ya sudah deh, mau gimana lagi. Badanku kecil (turun 2 kg lagi hix hix hix). Fath juga ga bisa dibilang gede. Eyang-eyangnya Ankaa juga mungil bin kurus. Buyutnya apalagi. Jadi ntar dalih genetika bisa lah aku pake buat ngeles.

Eh tadi mau nulis apa ya? Ah iya, cemilan. Biasanya Ankaa ngemil 1-2 kali sehari. Cemilannya macam-macam. Seringnya buah, mulai dari semangka, melon, jeruk (bisa abis satu biji sendirian), blewah, dll. Ato yang rada hi-calorie, biar skalian nambah lingkar perut, macam ubi, waluh alias pumpkin, ato kentang.

Ceritanya, aku sempat mati gaya soal MPASI nya Ankaa. Nasi tim plus kuah-kuahan mulu, meski lauknya udah variatif. Ankaa ga sampe GTM seh, cuma kok rasanya porsi makannya rada turun. Abis dikasi pencerahan, mulai deh aku obrak abrik lagi Nakita en buku resep di rumah. Resep makanan orang dewasa ada yang aku otak atik dikit biar bisa dimakan Ankaa. Biasanya aku skip gula garam penyedap en cabe nya he he he.

Oia, ini salah satu cemilan kesukaan Ankaa. Resep asli dari Nakita, aku otak atik dikit
Pancake buah
Bahan:
  • 150 g kentang, kupas, kukus, haluskan (aku pake kentang ukuran sedang, ga tau berapa gram. Ga ada timbangan bo)
  • 1 sdm tepung beras (jarang pake, seringnya aku skip ^_^)
  • 1 butir telur, kocok lepas (sebelumnya pastiin bebi ga alergi telur yah)
  • 2 sdm sufor (nah ini ga pake karena di rumah ga ada sufor. Mosok pake ASI?)
  • 50 ml jus wortel (kadang ta ganti wortel parut he he he)
  • 50 ml jus jeruk (aku suka pake jeruk medan ato pontianak)
  • 50 ml jus nanas (diparut aja pake parutan food maker, udah alus ko)
  • 50 ml jus stroberi (aku jadiin stroberi cincang...dengan ekstra perjuangan *di posting tersendiri*)

Cara bikinnya:
  1. Campur semua bahan, diamkan 15 menit
  2. Panaskan wajan antilengket, oles dengan mentega (aku pake butter Orchid)
  3. Masak hingga matang

Nah di foto di Nakita, itu pancake bentuknya bisa lucu banget. Tapi yang bikinanku... mmm.....ga layak foto deh. Yang jelas baunya enak. Jus buahnya aku pake apa yang ada. Kalo ga ada stroberi, ya diskip aja. Beres toh?

Seringnya lagi Ankaa ta bikinin agar-agar buah. Pake agar-agar biasa, yang bening yah, trus pas udah mateng ta campur buah. Entah dijus ato cincang. Mayan adem-adem seger. Bisa dipegang juga ama si eneng. Emaknya juga mau he he he

Kalo ada resep MPASI, bagi yah....pliz.

1429 H

Hari pertama puasa Ramadhan.

Tahun lalu, di hari pertama puasa, aku en Fath jauh-jauhan coz mau lahiran di kampung halaman. Ankaa masih di perut en gerak dengan begitu lincahnya sampe aku curiga kalo yang di dalem perut ni ikan lumba-lumba ^_^

Tahun ini, untuk pertama kalinya aku bisa bikinin ta'jil buat suami tercinta. Meski ga bisa tarawih bareng coz kudu jaga neng kecil di rumah. Ankaa? Hmm....saking lincahnya, kemarin bibirku dibentur sampe sobek T_T Kepala bebi keras juga yah.

Met puasa semua.

*dan selamat datang program Ramadhan on TV yang.....ya gitu deh (kecuali PPT yah). *