Thursday, October 23, 2008

Nasib Orang Anak Kecil

Beginilah nasib jadi orang anak kecil.

Pertama, disuruh beresin mainannya sendiri.


Terus merapikan rak buku


Kemudian merapikan stok celana di kamar


Kemudian membersihkan kipas angin



Setelah itu merapikan tempat tidur



Jangan lupa memastikan diameter cotton bud sama ya


Ah iya, stok cotton buds juga harus dihitung ya


Terakhir, bereskan meja perintilan.


Fhew capeknya jadi orang anak kecil

Bamboe

Waktu si Eka mudik, haduh duh duh. Fath blom masuk kerja aja udah ribet banget. Begitu Fath masuk kerja, waaah dobel. Bangun jam 3, langsung rendem cucian *mesin cuci ngadat!!!*, masak sarapan en makan ankaa, cuci piring. Abis itu nyuapin-mandiin-boboin. Waktu Ankaa bobo, sambil berdoa moga-moga bobonya lama, nyapu-ngepel-nyuci baju. Kalo Ankaa keburu bangun, ya mari taro dia di bak, trus ajak main busa sambil nyuci bareng. Dan seterusnya dan seterusnya sampe malam. Ampun.

Untung ada bumbu Bamboe. Jadi soal masak rada ketolong. Tumis bentar, masukin apa gitu biar tambah sedep, masukin ke slow cooker ama bahan lain, tunggu 3 jam, beres.

Pas puasa, Fath yang terkesan ama sedapnya soto Bamboe, borong ada kali 10 macam. Itulah kenapa kami bisa makan opor ayam waktu Lebaran.

Btw, suamiku sayang, kalo dikau baca ini, cepet pulang yah. Itu gule udah jadi. Baunya enak banget. Bikin pengen makan lagi.

Tuesday, October 21, 2008

Ankaa Hari Ini (2)

21 Oktober 2008

Berdiri pegang meja kecil. Eh tau-tau pegangannya dilepas, trus balik pegang aku. Iyay senaaang. Meski sedetik dua detik, neng kecil dah bisa berdiri sendiri ga pake pegangan. Maunya dititah mulu pula. *elus-elus pinggang dan berharap ga encok*

Tapi itu tolong yaaa.....kok stimulasi berdiri-rambatan-jalan favorit dia adalah.....ngegeratak lemari pakaiannya. Kelar ngeluarin kaos-celana pendek-jilbab-sepatu di rak kedua, pindah ke rak atas buat bongkar rok-jins-celana panjang-stoking-kaos kaki. Padahal udah dibeliin kontainer sendiri buat dia main. Kecian Eka, beresin lemari tiap hari.

Apa karena si kontainer aku isi boneka yah? Ankaa sekarang ga seneng boneka. Padahal lucu-lucu. Kayanya seisi kebun binatang ada deh. Buat aku aja kali ya hihihi. Ketauan MKKB* ^_^

Kesenengannya Ankaa?
  • Rambut Ummi *moga-moga ga gundul. ada yang tau gimana cara melarang batita jambak rambut?*
  • Kacamata Ummi *moga-moga Fath ada rejeki lebih buat kacamata baru. udah ada yang aku taksir di Melawai. tapi kok mahal ya? warna orens bo*
  • Apa pun yang lagi dipegang Ummi.

Dan sekarang sedang sangat sangat sangat suka dengan Jemima PuddleDuck dan Johnny the Town Mouse. Apalagi setelah aku iseng googling gambar-gambar Jemima dan Johnny trus nunjukin kalo gambar di buku sama kaya yang terpampang di layar laptop. Huah...seneng banget dia. Dipikirnya keren banget bukuku ada dua ha ha ha.

Btw, aku cari seri Peter Rabbit di Gramedia kok ga ada yah? Udah ga terbit lagi kah? Secara aku dapet ni dua buku juga jaman lom merit, harga supermurah pula.

Oia satu lagi. Aku dan Fath dikalahin sama...biawak. Ankaa bisa nuding gambar biawak di buku sambil bilang AWAWAK...Manggil Mi ato Bi? Boro-boro.

Tapi tetep seneeeng bangeeeettt.




* : masa kecil kurang bahagia

Krisis Air

URGENT!!!

Tolong info toko di seputar Bintaro-Ceger-Jurangmangu yang punya stok Aqua!!!

Duh coba ya, udah dari puasa krisis mulu. Awalnya kirain si Aquanya ikut lebaran, biar tetep murni. Trus waktu stok udah ada (meski dikit banget), harganya naik. Huaa.....aku kan manajer keuangan. Kenaikan harga tiga rebu kan bikin itung ulang.

Hari ini aku telpon dua toko langganan, semua bilang kosong. Di Alfamidi, kosong. Di toko Kembang, kosong. OMG....tolong dong kalo penggede-nya Aqua baca ini: itu jalur distribusi produk kacau balau tuh. Masa blom murni juga lebaran dah lewat dua minggu gini?

Sampe aku beli Aqua literan. Masalahnya, yang kosong bukan cuma stok Aqua, tapi juga Vit dan teman-temannya. Mau pake air isi ulang buat minum? Aku mungkin tahan setelah si air direbus. Tapi ga deh ambil resiko buat neng kecil Ankaa.

Padahal kan sekarang lagi panas-panasnya. Bawaannya minuuum mulu. Ankaa aja sehari bisa abis segelas lebih. Gelasku yah, bukan gelas dia. Ankaa udah enggan minum pake botol spout nya. Kalo pun mau, si spout kudu dilepas. Minumnya pinter euy, ga tumpah loh. Target berikutnya: minum pake sedotan. Soale dia udah sering gigit-gigit sedotan susu UHT, tapi kayanya kesel isinya ga keluar. Pundung deh hihihihi.....

Eh kok jadi ngomongin Ankaa.

Balik ke masalah air. Aku kan pake juga air isi ulang buat masak non-menu Ankaa. Tapi mbok yaaa itu depot air isi ulang depan kompleks bikin senewen. Aku telpon jam delapan pagi minta anter air. Dia kan pake motor yah, mustinya cepet dong nyampe. Lha aku jalan kaki aja paling lama sepuluh menit *maknya Aya jangan bilang aku kurang kerjaan jalan kaki yah...go green bo*

Tau ga si air dianter jam berapa? Pertama jam sebelas. Telat tiga jam. Yang kedua, sampe jam satu siang blom dianter. Yang nyebelin, pas aku telpon buat pesen, si mas yang nerima nanya sengak banget:

Ibu beli berapa galon sih? Lima?

HEH....aku tuh beli ya. Bukannya minta. Dan dengan rela bayar ongkos ekstra buat antar air. Syabar syabar. Mau beli satu kek, sepuluh kek, suka-suka dong. Tapi tetep aja, pas jam satu siang blom dianter, aku telpon lagi ga pake basa basi langsung semprot. Akhirnya ownernya minta maaf. Alesannya yang nerima telpon pesenanku masih newbie.

Ya mbok dilatih dulu gituuu. Sampeyan kan jadi menghambat pelaksanaan rutinitas kegiatan rumah tangga.

Ntar dilihat ya, kalo aku pesen lagi masih lelet, ganti vendor aja deh. Sebel. Toh harganya juga sama.

Btw, harga galon Aqua kosong sekarang berapa yah? Jadi kepikiran stok Aqua dobel. Daripada krisis air mulu.

Fyuh fyuh, mesin cuci lom beres (Sanyo siaul, call centernya ga beres!!!). Sekarang air pula. Huah, ternyata jadi wanita karier rumah tangga ribet juga yak.

Monday, October 20, 2008

Ankaa Hari Ini

20 Oktober 2008

06.45
Merangkak sana sini, lihat wadah cotton buds di meja. Setelah beberapa kali coba, yep dapet. Tapi berantakan dong. Lha jatuh.

Ummi: "Nak, cotton buds nya masukin lagi ya. Kalau di lantai, nanti kotor. Masa Ankaa mau bersihin telinga pake yang kotor-kotor?"

Eh beneran loh. Dia masukin lagi itu cotton buds. Well, ga semua ding. Tapi dia dah ngerti. Iyay...senangnya.

07.15
Aku lagi nyiapin sarapan Ankaa. Sup tuna asam. Biar praktis, Ankaa aku taro di bak mandinya trus kasih wadah ikan hias. Kami piara ikan dua ekor di wadah kotak bening gitu.

Tutup ikan sengaja aku buka. Wes sekalian dia main basah-basahan trus mandi-maem-bobo. Sebagai bonus, aku kasih labu siam imut-imut.

Apa yang terjadi? Labu siam dimasukin dong dua biji ke wadah ikan. Kok pas dua biji yah? Tau aja ikannya ada dua.

Sisa labu siam? Dibuang ke luar bak. Ga lulus seleksi keknya he he he

Saturday, October 18, 2008

Sepuluh?

Buset, masih musim ya Say timpukan gini? Gpp deh, berhubung aku cinta kamu *ampun Yan, becanda kok...Windy tetep istrimu ha ha ha*, ta kerjain juga lah. Mumpung lagi bengong ga tau musti ngapain.

Sepuluh apa nih ya?

  1. Males dandan. Dan ga bisa dandan. Aku tuh bisa bangun pagi, wudhu, shalat, trus langsung ganti baju nebeng Fath belanja tanpa peduli muka beminyak bin kucel. Pertama kalinya make blush on sendiri juga setelah diajarin Windy (dengan susah payah sepertinya). Inget ga Say, betapa kamu geregeten ngeliat aku malah main-main pas milih lipstik di Plangi? Itu lipstik pertamaku, setelah....25 tahun ha ha ha. Fath malah pernah komentar, awal-awal nikah, dandananku kaya topeng monyet. Huhuhu...kejamnya suamiku.
  2. Berantakan. Untung nikah ama Fath, jadi sedikit lebih teratur. Catet ya, sedikit. Fath masih sering ngomel gara-gara aku naro baju sembarangan, koran ga dilipet lagi, buku bertebaran dll dll. Lah dia, duit di dompet aja rapi jali. Aku? Duit...mmm...di selipan buku ada, di kantong tas ada, dompet berantakan. Berantakan vs rapi. Itu bukti kalo aku dan Fath saling melengkapi toh?
  3. Tidur pake kacamata. Biar kalo ngimpi lebih jelas. Kidding. Fath ga bisa bobo lelap kalo lampu nyala, sedangkan aku kesulitan kalo malam-malam ngurus Ankaa sambil gelap. Ga masalah siy lampu mati, tapi mana enak nyari anak sambil meraba-raba? Komprominya: pake lampu tidur. Tetep aja, berasa rabun. Ya sut, kacamata dipake terus. Itulah kenapa gagang kacamataku ga pernah bener. Terkait sama nomer 2 di atas, aku suka lupa di mana kacamataku. Tau-tau di meja dapur. Kadang di tempat sabun. Tuh kan?
  4. Sering bilang "butuh beli baju baru" tapi tiap kali ke mall, ga beli baju. Nyasarnya selalu di Gramed, meski ga beli apa-apa juga ha ha ha.
  5. Ga suka anak-anak. Makanya aku heran juga bisa merit en punya anak. Naluri keibuan kali ya? *kalo Ivan baca ini, keknya dia ketawa guling-guling deh*
  6. Kalo kesel, suka diem-diem ngayal jadi James Bond. License to kill gitu. Kalo cewek, jadi Jemima Bond kali ya?
  7. Nggak suka susu putih. Eneg.
  8. Nggak bisa minum obat dalam bentuk pil tanpa bantuan pisang. OK, you may laugh now. Kalo pilnya gede, kudu diparo dulu. Pisangnya sekedar buat nelen obat, abis itu ogah nyentuh. Sebodo amat sisa 90%. Boros ya?
  9. Kalo lagi di tempat umum, suka diem-diem ngeliatin alas kaki orang trus mengira-ngira tu alas kaki udah dipake berapa lama-ke mana aja-merknya apa-kok dia milih model itu ya?
  10. Suka senewen liat billboard ato plang apa aja yang bahasanya sok keminggris. Kita di Indonesia gitu....huh
Udah ah. Lunas toh?

Cerita Lebaran

Kami udah pegang tiket mudik buat tanggal 20 September. Udah tiketnya masih murah, kereta juga masih sepi. Kok ga pake pesawat aja? Ga ada duit. Titik. Eh ada ding, cuma ga dianggarkan buat tiket pesawat. Kan abis lebaran masih harus bayar duit kontrakan rumah. Kita kan masih kontraktor ^_^

Trus pas Windy maen ke rumah. Aduh dasar sayah ibu yang tidak baik yah, masa Windy bisa notice kalo Ankaa ada sesuatu yang missed gitu. Mungil, iya. Tapi kaya gimana gitu. Trus disaranin cek ke klinik tumbuh kembang RSCM. Walah, jauh juga yak. Ya sut, ntar abis mudik deh.

Menjelang mudik, konsul ke dsa di Bintaro. Btw, ni dsa punya blog juga. Di link ga yah? *niad jahad*

Kata si dsa, Ankaa sehat, silakan kalo mau mudik pake kereta. Nah dia bilang gitu cuma pencet-pencet stetoskop aja dikit. Ditimbang aja nggak. Trus pas aku tanya, BB nya kecil, baru deh ditimbang. Keluar deh komentarnya: wah ini sih kurang gizi Bu.

Makjleb, barusan lo bilang sehat, skarang kurang gizi? Abis itu, si dsa nulis resep puanjaaaaaaanggg. Mulai dari obat-segala-sakit, penambah nafsu makan, antibiotik, trus apa lagi ga tau deh. Trus dia bilang, berhubung BB Ankaa masih di kisaran 6-7 kg, ya makannya sesuaiin ama anak 6-7 bulan. Kasih aja bubur susu ato Pediasure ato Farley. Aku jawab dong, Ankaa ogah kalo makanannya terlalu alus. Eh dia bilang: ya jangan kasih yang anak Ibu mau aja dong. Ntar abis lebaran, ketemu saya lagi ya Bu. Saya juga ahli kesehatan anak kok.

Dia ahli kesehatan anak lulusan mana sih?

Aku en Fath cuma bisa melongo. Pas nanya-nanya lagi, si dsa malah asik mainin handphone sambil ketik sms. Ngusir secara alus gitu. Udah deh kita permisi pulang.

Pagi itu, kami sedekah ke dsa 150 rebu rupiah. Sial.

Akhirnya, besoknya kami ke RSCM, ke dokter Damayanti. Beda banget penanganannya. Ditanya detiill banget meski ampun mami, galak juga ya hihihi. OK, Ankaa BB nya rendah, sehat. Tapi mana tau dalamnya, jadi periksa darah en kultur urin juga. Trus pola makan diatur ulang. Si dokter nyuruhnya ke lab di Hermina Jatinegara. Minggu depannya suruh balik. Denger-denger, lab-nya emang lebih akurat yah? Info dong.

Nah gimana dong nasib tiket mudik kami kalo disuruh ketemu dokter lagi minggu depan? Pas kita cerita mau mudik, ditanya deh tujuan plus naik apa. Udah abis didebat. Huaaa.....akhirnya....ga jadi mudik he he he. Tiket balikin di H-2 mudik. Padahal koper udah dipak.

Eka? Tetep mudik lah. Secara kita dah janji gitu ma dia.

Seminggu kemudian, hasil lab keluar. Anemia. Dikasih suplemen zat besi 0,6 ml selama 90 hari, makanannya harus hi calorie, ada daging merah ato ati di menu harian, plus kasih Pediasure 400 ml ato UHT 600 ml per hari. Dokternya juga separo ngomel bilang kalo di Indonesia ini Pediasure salah kaprah dijual di supermarket. Lha itu harusnya pake resep.

Dan dimulailah perjuangan baru. Ngurus rumah tanpa Eka, mesin cuci ngadat, ngatur maemnya Ankaa, nyicil masukin Pediasure. Cape bangeeet. Itu Pediasure ditolak mentah-mentah. Aku akalin dengan dicampur alpukat. Dari target 400 ml, bisa masuk 100 ml aja udah sujud syukur. So far lumayan masuk kalo dijadiin puding ato milkshake.

Menunya Ankaa aku ambil serba hi calorie. Mulai dari es krim (untung udah toddler), daging, kaldu, roti. Tapi kok ya susah amat ya naiknya BB si eneng kecil?

Iya sih, sekarang motoriknya udah meningkat pesat dibanding sebulan lalu pas menjelang mudik. Dari yang Ankaa males merangkak en lebih suka merayap, seharian ini minta titah en berdiri mulu. Merayap udah ga jaman, gantian balapan merangkak. Trus udah paham perintah sederhana macam pegang kepala-tepuk tangan-cium pipi-salaman. Meski belum bisa berhenti dilarang jambak rambutku huhuhu

Untung Eka dah balik. Mayan berkurang cape en stresnya. Soale sempat tuh empat hari aku single fighter. Fath masuk kantor empat hari sebelum Eka balik. Duh Gusti, itu seprai baru ganti kok kena pup??? Huaaa.......

Gitu deh lebaran kita. Sepi di kompleks. Terima titipan motor en rumah tetangga. Plus jasa merawat burung dan tanaman.

Btw, kok ya Ankaa memilih sekarang untuk susah makan ya? Dari Ankaa yang bisa ngabisin makaroni sepiring jadi Ankaa yang bisa-masuk-sepuluh-suap-udah-bagus. Duh Nak sayang, maem yang lahap ya. Biar cepet naik beratnya.

Kemaren aku sampe buka buffet cemilan. Di satu piring guede, ta sediain telur rebus, kentang goreng, brokoli saus keju, puding susu, alpukat. Ankaa pinter juga. Dia tuding apa yang dia mau. Kalo aku suapin yang dia ga tuding, pundung deh dia.

Perjuangan baru dimulai. Masa aku sekolah bertahun-tahun kalah perang lawan anak yang nginjek halaman sekolah aja belum?

Browsing cari menu makan Ankaa dulu yaaa.....Maap kalo ceritanya loncat-loncat ga keruan.

Thursday, October 16, 2008

Pantesaaan

Kalo kapan-kapan sodara ke Ceger, itung deh ada berapa minimarket di sana. Dari mulai pertigaan Cipadu aja yah, ada Harmony-Indomart-Alfamidi-Ahadmart. Buanyak bo. Blom lagi toko kelontong.

Kami biasanya ke Ahadmart karena petugasnya ramah. Trus begitu Alfamidi buka, ternyata isinya lumayan lengkap (meski awal-awal diwarnai episode AC-ga-nyala-jadi-black-campaign). Lagian Ahad-Alfamidi-Indomart cuma 15 menit jalan kaki dari rumah (dengan kecepatan jalanku yah).

Ke Harmony? Males. Even di sana ada batagor yang lumayan enak plus harganya lumayan miring juga, males aja belanja ke sana.

Pernah aku mau beli kentang beku. Kan ada banyak merk tuh. Udah gitu, daftar harganya ditempel di satu lembar kertas pake kode dan nama yang ga bikin mudeng konsumen. Nah berhubung bingung, wajar dong sayah nanya ke mbak-mbak SPG yang ada di sana.
nYam: "Mbak, kentang yang ini harganya yang mana ya?"
SPG: "Tuh" *sambil nuding kertas di tembok tanpa mau repot even sekedar ngangkat kepala*
nYam: "Iya saya tau, tapi di situ kan ada banyak item. Item ini harganya yang mana?"
SPG: "Ini lo bu, masa ga liat sih? Di sini kan jelas kentang jenis ini ukuran segini harganya segini"
nYam: *dalam ati: lah secara tabel itu ditulis pake bahasa kode internal elu....asyem*
Akhirnya, aku batal beli kentang. Ogah.

Kalo diinget-inget, buanyak deh episode nyebelin di sono. Tapi ya adakalanya harus ke sana kalo kepepet.

Paling anyar nih, kira-kira tiga hari lalu. Episode lucu tapi menyingkap tabir kenapa staf Harmony begitu nyebelin.

nYam: "Mas, di sini jual pakan ikan ga?"
SPB: "Pakan ikan apaan ya Bu?"
nYam: "Makanan ikan"
SPB: "Makanan ikan apa ya bu?"
nYam: "Ya ikan hias lah Mas, masa ikan hiu?"
SPB: "Oh di sebelah sini Bu"

Tahu ga dia ngarahin aku ke lorong apa? Lorong yang dipenuhi obat nyamuk-pengharum ruangan-pengharum pakaian-kapur barus. Lo kira ikan piaraan gw nyamuk????

Kelar urusan beli di lantai satu, aku ke lantai 2 buat beli sandal jepit. Iseng-iseng waktu bayar, aku tanya ke si mbak kasir.

nYam: "Mbak, di sini ada customer service ga?"
Kasir I: "Customer service?"
nYam: "Iya, customer service"
Kasir I: "Kita ada customer service ga sih?"
Kasir II: "Maksudnya saran kritik Bu?"
nYam: "Iya. Ada nggak?" *sambil siap-siap merancang surat omelan panjang lebar*
Kasir I&II: "Ga ada Bu"

PANTESAAAAAAAAANNNN