Sunday, November 23, 2008

Kacamata

Note: posting ini dibuat dengan teramat sangat sengaja mempermalukan diri sendiri.

Ankaa paling seneng ambil kacamata. Mungkin dia pikir, Abi Ummi pake kacamata, kok aku nggak ya? Masalahnya, kalo sekedar ngambil masih ga masalah. Lha ini gagang kacamata ditarik-tarik ga keruan. Udah kacamataku jadul, waktunya ganti, eh dioyak-oyak.

Ceritanya, aku en Fath mencoba mengalihkan sasaran dengan membeli kacamata murahan buat dimainin Ankaa. Tau kan kacamata sepuluh ribuan itu? Nah tu dah. Awalnya dia ga mau. Ya sut, si kacamata imitasi ngumpet dulu.

Eh ndilalah belakangan dia mau tu kacamata. Bukan buat dipake ato dimainin, tapi BARTER. Aku ato Fath disuruh pake tu kacamata item sepuluh ribuan, dan kacamata kami diambil. Ya konsep barternya bener seh, tapi plis deh. Kacamata item norak gonjreng gitu loh.

Berhubung aku yang selalu di rumah, ya aku deh yang jadi sasaran barter kacamata. Udah segala cara dipake, teteup maunya barter. En kayanya dia seneng gitu liat aku pake kacamata nan norax itu.

Mau liat tampilanku pake tu kacamata norak gonjreng?

Scroll ke bawah.........



































Teruuusss.................



























Nah










So, my dearest friends, how do I look?

Wednesday, November 19, 2008

Jiffest

Dulu, pulang hampir mitnait abis nonton Jiffest juga cuek aja. Inget ga Say?

Sekarang? Even nonton yang pemutaran siang aja mikir dua kali.

Lucunya, yang dulu rame-rame nonton sekarang udah pada punya anak satu. Eh satu lagi baru merit ding.

Ya ya ya.....selamat tinggal masa lajang ^_^

DVD bajakannya dijual ga yah? *teteup....*

Tuesday, November 18, 2008

Ngemut

Udah tiga harian ini Ankaa nemu cara baru buat protes kenyang: ngemut makanan. Kalo dulu geleng-geleng, trus memalingkan kepala, ato nyembur makanan. Ngemutnya lamaaa banget.

Awalnya bete juga, haduh ni anak yaaah. Sampe sempat tuh aku paksa keluar makanan yang diemut. Tapi dari hasil ngobrol ama Mamanya Mas Fau en Maknya Aya, ga lagi deh dipaksa. Ntar trauma. Ini aja Ankaa sempet mogok sikat gigi.

Akhirnya aku biarin. Ntar kalo udah capek kan dikeluarin sendiri. Sempet tuh dia lagi ngemut, trus laper minta nenen. Ya aku bilang aja:
Ankaa mau nenen? Boleh. Bisa ga nenen tapi mulut penuh kaya gitu? Kalo bisa, silakan. Tapi kalo ga, ya yang diemut dilepeh dulu ya
Sampe mewek dia gara-gara mau nenen tapi ga mau ngelepeh. Akhirnya dilepeh juga seh, dikit-dikit. Sambil nenen, keluar deh segala nasehat Ummi. Haduh itu ya, kaya ngomong sama anak 13 tahun, bukan 13 bulan ha ha ha.

Tadi pagi juga ngemut oatmeal, padahal baru suapan pertama. Biasa lah, maunya ikut Abi makan puagi, jam 5.45. Aku biarin aja. Nah pas pulang belanja, masih diemut kan tuh ya si oatmeal nan malang. Aku suruh Eka kupas pepaya. Ngiler dong dia. Akhirnya pepayanya dikerokotin daaan....ngemutnya berenti.

Sambil Ankaa kerokotin pepaya, aku bikin bakso ikan nyontek resep mamanya Bita. Ga ada tuna jadi pake lele hihihi. Ankaa suka takut ama suara blender. Jadi waktu ngalusin ikan dll dll, dia minta pangku en peluk. Tapi begitu liat adonan bakso dah jadi, haduh semangat 45 bantu bulet-buletin. Ujung-ujungnya, itu adonan bakso masih mentah dimakan!!!! Huaaa......

Pagi ini Ankaa sarapan bakso. Abis ludes. Masih nambah pepaya setengah iris. Ga pake acara ngemut. Oalah Nduk....kalo bosen ya mbok ga pake ngemut napa sih???

Itu tomat motongnya gede-gede soale ga telaten hihihi. Maap. Pake piring gede soale neng Ankaa suka ogah piring en sendok bebi.

Udah ga sabar...laper

15 menit kemudian.....abis. Wortel kurang empuk, jadi nyisa deh T_T

Sunday, November 16, 2008

Nugget Wortel

Ini dibuat atas nama keinginan impulsif bikin nugget. Sehari sebelumnya, aku pesen fillet ayam ke Mbak Sri, tukang sayur langganan. Makasih deh kalo harus nyleletin sendiri. Cari resep, akhirnya memutuskan pake resep dari sini. Aku tambah wortel biar lebih sehat bin cantik.

Chicken Nugget
Bahan :
300 gr daging ayam giling (cuma pesen seperempat... ya sudahlah)
50 gr keju cheddar parut (ga tau deh berapa gram, pokoke ada berapa keju di rumah, ya itu yang dipake)
2 butir telur dikocok lepas
¼ sendok teh garam (ga pake garam coz buat Ankaa juga)
¼ sendok teh merica bubuk (ga pake juga soale ga punya merica bubuk. Ngalusin sendiri? lagi males hihihi)
4 siung bawang putih, haluskan
Wortel

Bahan panir :
100 gr tepung roti
2 butir telur kocok lepas
minyak untuk menggoreng


Cara membuat :
1. Aduk rata daging ayam giling, keju parut, telur, garam, merica, dan bawang putih.
2. Tuang ke dalam loyang persegi bunder 20 cm yg diolesi minyak mentega kemudian dialasi plastik. ga punya plastik bo...jadi langsung ajah
3. Kukus nugget selama 20 menit. Angkat. Setelah dingin potong 2 x 2 cm.
4. Celupkan potongan nugget ke dalam telur lalu gulingkan di tepung roti. Lakukan 2 kali.
5. Goreng dalam minyak panas sampai matang.


Calon nugget baru dikukus

Baru dibedakin

Siap disantap

Btw, waktu ngalusin daging, aku campur ama wortel en bawang sekaligus di chopper. Malas ngulek bo. Lagi ujan pula *apa hubungannya?*

Nah pas lagi ngukus, ada insiden kecil. Rupanya air kukusan terlalu sedikit sampe akhirnya....asat ha ha ha. Jadi bau sangit dikit deh. Trus rupanya Ankaa ga sabar aja gitu nunggu si nugget di"bedakin". Jadi kelar ngukus, tunggu rada dingin, potong, langsung suapin. Itu sih jadinya ayam kukus wortel keju yak?

Eh Ankaa abis sepotong gede plus nasi en kuah jahe. Lumayan. Waktu makan berikutnya, abis dua potong gede lagi. Ga pake ukuran 2x2 cm. Sapa juga mau bawa penggaris ke dapur? Kata Fath masih kurang asin, cuma kejunya berasa banget. Wortelnya bikin si nugget berbintik cakep banget.

Iyay....bisa bikin nugget.

Cermin

...sebuah posting yang sangat terlambat, diketik saat jarum jam menunjukkan pukul 01.30 dini hari.



Cermin...cermin....siapa yang paling cantik?




Eh?


Mi...katanya Ankaa yang paling cantik


Ya ya ya, aku tahu SEMUA ibu akan mengatakan anak perempuannya sebagai yang tercantik. But that won't stop me to say: yes my dear, you are.

Tiga belas bulan. Baru saja aku iseng buka-buka koleksi foto Ankaa sejak newborn. Dan aku baru sadar, dia memandangku tetap dengan pandangan yang sama seperti dulu. Campur aduk rasanya. Senang sekaligus takut, bisakah aku membahagiakan pemilik mata indah itu?

Saturday, November 15, 2008

Ikan Mas Kemangi

Ini menu yang jarang ditolak Ankaa, even dia lagi GTM he he he.......

Ikan Mas Bumbu Kemangi
Bahan:
Ikan mas (aku biasa pilih yang setengah kilo seekor. Durinya lebih gampang diambilin. Buat Ankaa ama orang serumah sekalian *ngirit dot com*)
Bawang merah
Bawang putih
Daun kemangi
Tomat (ini ga ada di resep, cuma aku tambahin ajah biar seger)
Wortel (idem ama tomat)
Brokoli (idem juga)

Cara bikin:
Bawang merah-putih dirajang, daun kemangi dipetikin, ikan mas, tomat, wortel dipotong.
Taro ikan mas en semua bumbu di wajan ato panci, tuang air.
Masak sampe mateng

Btw, isinya ga melulu ikan mas. Aku pernah coba pake tongkol, patin, udang, tahu, ati. Enak juga. Kalo buat orang dewasa, tinggal tambah rajangan cabe ijo-merah ama kasih garam. Udah deh jadi. Oia, kadang aku kasih jahe, mengingat cuaca Jakarta lagi rada adem.

Maknya Aya, yang ini gampang kan? Jadi ga ada acara ancur pas ngebalik yah hihihi. Eh btw, gw lupa resep bakso ikan. Ntar tolong diposting yaaa

Tuesday, November 11, 2008

Pertanyaan Hari Ini

Kenapa ya ada aja orang yang cuek aja meski fotokopi KTP mereka burem ato gelap? Itu kan nyiksa yang kudu meriksa atu-atu. Kalo ntar nomer KTP salah, jangan salahkan aku. Dan ini kenapa motong KTP pas di bagian nomer?

Kenapa ya nomer KTP itu ga standar? Ada yang puanjang banget, ada yang pendek buanget. Ya mbok dibikin standar gitu lo. Kaya KTP beda negara aja.

*yang masih ngadepin entah berapa lagi KTP........begadang yuuu*

Fhew

Menjelang akhir Oktober, Ankaa GTMPK*. Mingkem semingkem-mingkemnya. Mau buka mulut kalo disodorin roti ajah. Ya lumayan deh, sehari dapet tiga lembar plus makaroni dikit. Nasi? Boro-boro.

Ternyata dia teething. Dua gigi atas mulai nongol malu-malu. Tambah semangat deh sikat giginya. Ankaa seneng sikat gigi.....dan menyikat gigiku ha ha ha. Sampe tu sikat gigi bekas aku kasih dah buat mainan dia. Dijadiin sisir segala ^_^

Pas lagi doyan-doyannya makan, lagi lahap-lahapnya, BB lagi naik tinggi, eh ndilalah.....mencret. Ya ya ya ini penyakit pancaroba. Tapi tetep aja, ini pengalaman pertama dealing with mencret gitu. Mulai hari Jum'at GTMPK nya kambuh. Blas ga mau makan. Maunya nenen mulu. Trus gara-gara dia mau main tapi ga ada energi, jadi cranky abis. Segala-gala salah. Duh Gusti.....nyuwun diparingi sabar. Itu paha yang mulai ada lipetan lemaknya, perut yang mulai belipet, pipi yang udah chubby, leher yang mulai nyimpen lemak, ilang dalam tiga hari huhuhuhu.....

Untung hari ini udah mulai mau makan. Sementara nasinya aku jadiin bubur. Lauknya pake sup ikan bumbu kemangi, yang jarang ditolak. Lumayan deh makannya. Ga terlalu lemes kaya sebelumnya. Dan mungkin bener ya kata orang-orang tua, sakit tu pertanda bakal pinter. Setelah ke mana-mana mau gendong mulu, sekarang minta jalaaan mulu. Berhubung jalannya masih harus dipegangin, ya mari siapkan punggung yang kuat untuk membungkuk.

Nak nduk sayang gigi empat, ayo makan yang banyak kaya sebelumnya yah. Hari ini mau makan apa? Ayam tomat? Ikan mas kemangi? Dadar ati? Pancake tahu jagung? Pancake susu keju? Sebut deh.

*GTMPK: Gerakan Tutup Mulut Persis Kerang