Tuesday, December 30, 2008

Selalu Bersama

Suatu siang di sebuah percetakan kecil, sepasang suami istri antri untuk memesan stempel. Sang istri iseng melihat hasil cetakan yang dipajang di dinding kios. Salah satunya berupa foto empat cowok dua cewek lengkap dengan tulisan:
ALWAYS WITH IN LIKING AND SORROWFUL

Istri: "Mas, itu kira-kira maksudnya apa ya?"
Suami: "Dari tadi aku juga bingung maksudnya apa"
Istri: (mikir lagi) "Ah aku tau, maksudnya pasti selalu bersama dalam suka dan duka. Tapi kok gitu ya? Maksa banget pake bahasa Inggris ngaco he he he"
Suami: (senyam senyum)

Sembari membicarakan pesanan stempel dengan si petugas kios, diam-diam si istri mengamati wajah si petugas yang tampak tidak asing. Ya Allah ...ternyata si petugas adalah salah satu cowok di foto itu. Moga-moga dia ga denger dibilang bahasa Inggrisnya ngaco yah.

Tapi bener deh, tebakanku maksud kalimatnya itu ya selalu bersama dalam suka dan duka. Menurut kamu gimana?


*dan ini kejadian keempat dalam minggu ini setelah Trough di sampul majalah musik, Wringkle di spanduk Ristra dan Anti Wringkle salah satu gerai di Sogo. Ga termasuk Trough yang ini he he he*

Friday, December 26, 2008

Sikat Gigi


Gigi Ankaa udah 4,5. Yang setengah lagi nongol malu-malu di atas. Heran juga sih, abis katanya gigi tuh sekali muncul barengan dua biji. Kok ini sodaranya males nongol. Tapi ya sudahlah, kali-kali masih dandan di dalam gusi biar tambah cakep.

Si gigi pertama muncul bulan Agustus, ketauan waktu abis makan siang di Bandar Djakarta. Ah tambah semangat deh sikat gigi.

Alhamdulillah Ankaa ga ada masalah ama sikat gigi. Awal-awal emang ga mau. Boro-boro disikat, liat sikat gigi aja mingkem rapet. Tapi masa seh aku kalah sama bocah umur setahun? Malu bo.

Ini sedikit trik bodoh yang manjur buat bujuk Ankaa sikat gigi.

  • Jadi contoh. Anak meniru orangtua. Kalo ortunya ga sikat gigi, mana mau si anak sikat gigi kan? Jadi sebelum menyikat gigi Ankaa, aku duluan sikat gigi. Begitu selesai, tunjukin hasilnya sambil bilang: Nih, giginya Ummi bersih segar sehat. Gantian ya....Alhamdulillah Ankaa mau, malah waktu aku sikat gigi, dia geli sendiri liat busanya ha ha ha. Emang jadi rada boros pasta gigi seh kalo malam. Abis kan jadi sikat gigi dua kali hihihi.
  • Kasih penjelasan pentingnya bersihin gigi. Kayanya emang aneh ya, ngomong panjang lebar soal bersihin gigi sama bocah yang ngomong aja blum jelas. Tapi percaya deh, kemampuan pemahaman mereka seringkali melebihi perkiraan kita. Jelasin aja sambil nyikatin gigi. Cerewet dikit gpp lah, ibu mana sih yang ga cerewet?
  • Pake nyanyi. Ini lagu resmi sikat gigi Ankaa
Gigi putih dan bersih bagaikan mutiara
Kusikat bersih-bersih dua kali sehari
Malam sebelum tidur pagi sesudah makan
Gigi sehat cemerlang senyum cerah gembira*
Kukunyah makanan dengan gigiku
Bicara kugunakan gigiku
Kalau tertawa ha ha ha tampaklah gigiku
Syalalala mutiaraku

Ada yang inget lagu itu ga? Perasaan waktu SD sering deh dinyanyiin, terutama kalo lagi sikat gigi berjamaah di sekolah.

  • Konsisten. Jangan hari ini sikat gigi, besok nggak. Ritual Ankaa sebelum tidur malam adalah cuci kaki-cuci tangan-cuci muka-sikat gigi. Itu udah wajib, ga bisa ditawar lagi. Waktu mandi juga sikat gigi.
  • Kasih mainan pengalih perhatian. Terutama kalo awal-awal kan suka bingung dia ada benda aneh masuk mulut. Nah aku kasih sikat gigi bekasku, biar deh dia masukin ke mulutku. Biar impas ha ha ha. Sekarang sih udah ga perlu lagi. Kan udah biasa

Ah iya, saking biasanya, waktu nangis pun tetep sikat gigi. Kan kadang waktu mandi, tau-tau nangis, entah karena air kena mata ato apa lah ya. Kadang udah ngantuk, tapi blom sikat gigi, nangis deh di kamar mandi. Nah si eneng nduk, lagi nangis gitu liat sikat gigi, langsung berenti deh nangisnya. Ntar kelar sikat gigi, ya lanjut nangis lagi hua ha ha ha.

Oia, satu lagi. Ga usah pake pasta gigi dulu. Apalagi kalo anak blum bisa berkumur dan meludah waktu diminta. Kalo ketelen kan udah masalah lagi tuh. Berdasarkan salah satu artikel dari Nakita yang aku baca, selama cara menyikat giginya benar, ga pake pasta gigi pun ga masalah.

*: benernya ga yakin liriknya seperti itu, tapi udah lah cuek aja

Foto: finger toothbrush kaya yang dipake Ankaa. Maap ga ada poto gigi Ankaa, abis susah moto dia. Bawaannya ngambil kamera mulu. Ada sih, waktu lagi nangis. Tapi ntar aku dibilang kezem lagi hihihi

Thursday, December 25, 2008

Kacamata Kuda

"You are beautiful, but you are empty," he went on. "One could not die for you. To be sure, an ordinary passerby would think that my rose looked just like you-- the rose that belongs to me. But in herself alone she is more important than all the hundreds of you other roses: because it is she that I have watered; because it is she that I have put under the glass globe; because it is she that I have sheltered behind the screen; because it is for her that I have killed the caterpillars (except the two or three that we saved to become butterflies); because it is she that I have listened to, when she grumbled, or boasted, or ever sometimes when she said nothing. Because she is my rose"

The Little Prince


Salah satu resolusi 2009: pake kacamata kuda.

Windy ama Ratih kayanya udah sampe eneg deh kalo aku dah mulai parnoan soal Ankaa. Lha gimana ga parnoan? She's small for her age. Imut banget. Blum bisa jalan juga. Sempat anemia. Saking parnonya, kapan itu aku cek feses Ankaa buat cek ada cacing ato ga. Habis heran aja gitu, makan buanyak kok badan imut.

Belum lagi tau ndiri kan ada aja yang komentar anaknya kurus amat lah, blum jalan lah, ini lah itu lah. Meski dah coba cuek, tapi tetep aja ada lah yang masuk ke kuping. Bener-bener bikin senewen. Ankaa dah pernah dibilang tetanggaku kena TBC lah, badannya kecil melempem kaya kerupuk lah, macam-macam. Ibu mana coba yang ga panas denger omongan kaya gitu?

Alhamdulillah Allah kasih aku temen-temen yang baik bin sabar. Yang ga males balas sms kalo aku dah ngadu hihihi. Padahal abis-abisin pulsa juga yak ^_^ Fath juga ga kurang-kurang ngingetin, tiap kali aku mulai senewen gara-gara ini itu, Ankaa pasti bad mood. Entah makannya jadi dikit ato cranky ga jelas.

Sampe akhirnya aku tiba aku di satu titik di mana aku ga peduli lagi sama omongan orang. Aku coba lupain titah dokter yang mewajibkan Ankaa naik BB 2 kg dalam dua bulan plus ini itunya. Udah cukup aku ngalamin Ankaa mogok makan karena menolak Pediasure.

Kalo terus-terusan bandingin sama anak orang, aku jadi luput mengapresiasi anakku sendiri. Padahal kurang beruntung apa coba aku ini? Di saat beberapa temenku mengeluh anaknya susah makan, Ankaa apa aja hayo deh. Dikasih daging mau, tempe ga nolak. Jambu biji oke, mangga doyan. Ubi mau, roti juga ga masalah.

Di saat ada yang ngeluh susah punya anak, kami dikaruniai anak lucu banget, meski dua DSOG dah bilang mustinya aku susah hamil.

Ankaa bisa menunjukkan di mana ikan besar, ikan kecil, ikan biru merah kalo lagi baca Franklin. Dia bisa menyamakan warna kue dengan bajuku (sama-sama coklat gitu). Malah entah kapan dia ngeliat aku dandan, tau-tau lipstikku udah ancur aja ditusuk pake pulpen. *Kata Mbak Yanti, jadi alasan beli lagi, which I did yesterday hua ha ha ha*

Dari yang sebelumnya super-jijikan (nginjek tanah aja ga mau), kapan itu malah mau pegang ulat ijo hiiii. Bocah cilikku juga makin peka ama irama. Kepalanya geleng-geleng ga cuma waktu denger musik, tapi juga kalo denger bunyi motor. Heran juga sih, irama motor di mana coba?

Benar-benar anak yang tidak merepotkan.

Kurang beruntung apa coba? Perkara blum bisa jalan, badannya imut, well mungkin udah waktunya aku belajar bahwa tugasku adalah memenuhi kebutuhan nutrisinya. Perkara BB nya naik berapa, biar Allah yang mutusin. Kaya aku aja deh, udah kurang rakus apa coba hari ini, timbangan malah turun.

Ankaa nak nduk neng bebe ku sayang, maaf ya kmaren-kmaren Ummi suka senewen ngurus kamu. Maaf ya Nduk....

Foto: neng Ankaa lagi ngaduk adonan seharusnya-serabi

Saturday, December 20, 2008

Senyum

2008 hampir habis.

Semoga tahun depan, dua kekasih hati ini makin bahagia

Foto waktu jalan-jalan ke Ragunan

Friday, December 19, 2008

Semoga Ga Beracun

Ga tau kesambet apa, belakangan bawaannya pengen masak mulu. Jadi deh majalah resep jadul dibuka lagi. Biar ga sekedar numpuk debu aja gitu.

Kemarin bikin donat. Ya secara rasa sih donat, tapi secara wujud, ga tau deh. Ga difoto, takutnya bikin mimpi buruk. Kata Fath sih enak, buktinya minta dibikinin lagi. Tapi ntar dulu deh, pegel juga nguleni.

Trus hari ini, gara-gara liat catetan resep jaman masih kerja, jadi deh bikin serabi kancing. Ya harusnya serabi, cuma pas udah jadi, kok malah kaya poffertjes ya? Ga ada lubangnya samsek. Hix hix....gagal deh. Ga ada cakep-cakepnya lagi huhuhuhu.....Sampe ada yang bener-bener ta jadiin bulet kaya poffertjes. Trus karena dah ilfil ama wujudnya, aku ga bikin kuah serabi. Itu seharusnya-serabi cuma aku kasih taburan keju parut (buat Ankaa) dan gula halus+coklat bubuk. Ankaa mau sih. Btw, resepnya pake garam, cuma aku kurangin dikiiit. Soale kan Ankaa ikut makan. Gini deh kalo udah toddler, suka melanggar aturan no salt en sugar hihihi. Resep liat di sumber aslinya aja ya, soale aku copy tanpa izin *maap Bu Ine....* Kasih poto aja yah....mempermalukan diri sendiri ceritanya ^_*

Abis itu, atas nama males, bikin menu buat orang rumah sekalian buat Ankaa. Nyomot dari menu sebulannya sedap sekejap jaman kapan tau (beli 5 ribuan di pameran). Ga sesuai resep seh, lha banyak bahan yang diskip hihihi. Trus mumpung Ankaa dah ga alergi telur puyuh lagi. Dulu waktu coba kasih, langsung bentol-bentol. Aku tunda barang beberapa bulan, alhamdulillah skarang dah ga bentol-bentol lagi. Nih resepnya:

Otak-otak tahu goreng
Bahan:
  • 15 butir telur puyuh, direbus
  • 300 gram tahu, haluskan (pake tahu biasa, ga ada stok tofu lagi *ngelirik Maknya Aya yang bikin Ankaa demen tofu....T_T*)
  • 100 gram ikan tenggiri, haluskan (ga punya, jadi ya ga pake. skip)
  • Daun bawang, iris halus (ga punya juga, lupa ga beli. skip)
  • 1/4 sdt garam (punya Ankaa ga dikasih garam. skip)
  • 1/2 sdt merica
  • 2 siung bawang putih cincang
  • 2 sdt kecap ikan (ga pernah beli kecap ikan, ga tau wujudnya juga...skip)
  • 1 butir telur
  • Wortel parut (ini modifikasi sendiri, biar rada cakep gitu warnanya)

Caranya:
  1. Aduk semua bahan kecuali telur puyuh
  2. Sendokkan ke cetakan kue mangkok
  3. Kasih telur puyuh rebus di atasnya
  4. Kukus sampe mateng
  5. Goreng sampe kecoklatan

Note:
  • Aku cuma punya cetakan pie, beli atas nama cetakannya lucu padahal ga punya oven
  • Punya Ankaa ga digoreng, lha dikukus aja dia udah mau
  • Wujudnya tetep ga bagus. Huaaa.....syediiiiiihhh
Huh, gini ya jadi ibu rumah tangga. Lama ga posting, sekalinya posting resep ga mutu ha ha ha. Maafkeun....

Wednesday, December 10, 2008

Hanya Isyarat

Bukan lagunya Dewi Lestari ya.

Ini dimulai waktu duluuuu baca posting Mbak Lita tentang bahasa isyarat. Setelah Ankaa makin gede, mulai deh muncul senewen karena ga ngerti dia maunya apa. Lha bisanya aah uuh....baaaaaa....nuding-nuding ke arah mana juga ga jelas. Aku senewen, dia cranky.

Akhirnya aku coba bikin bahasa isyarat sendiri. Lha ga baca buku apa pun selain postingan Mbak Lita itu. Yang penting aku tau ni bocah maunya apa. Jadi kalo Ankaa mulai ah uh cranky ga jelas, aku tanya sambil tanganku bikin gerakan tertentu. Yang penting kan aku dan Ankaa sama-sama paham. Perkara ga sesuai ama buku, ya sut lah. Bahasa ibu dan anak gitu hihihi

Sejauh ini bahasa isyarat yang paling kepake tuh tiga.

Nenen: tangan ditepokin ke dada. Awalnya aku tanya: Ankaa mau nenen? Sekarang dia udah ngerti, kalo mau nenen, tangannya ditepokin ke dada. Enaknya kalo lagi ada tamu. Dia kasih isyarat nenen ga mencolok he he he. Sialnya, sekarang suka dipake buat jailin aku. Tepok-tepok dada, eh tujuannya buat ngecek, apa sumber susunya masih kumplit ato ga. Huh.

Makan: tangan dikepal, ayun setinggi dagu. Sama kaya nenen, awalnya juga aku tanya: Ankaa lapar? Mau makan? Lucunya, kadang dia lapar tapi mau nenen juga. Jadi suka kebalik. Tangannya dikepal, tapi mulut bilang nenen. Ato dada ditepok, mulut bilang mamam. Ampun.

Minum: mirip kaya makan, cuma diayunnya di depan dada. Dulunya kaya gerakan mau ngenyot jempol, tapi ga sukses he he he. Sekarang dia nemu cara baru: nunjuk gelas di atas meja sambil satu tangan diayun. Iya deh, gelasnya selalu di lokasi yang sama he he he.

Cuma tiga bahasa isyarat, tapi sangat sangat menolong buat memahami keinginan si neng genduk cilik.

Mbak Lita, makasih postingannya yaa.....berguna sekali.

Pampe Bampu

Baca cerita Maknya Aya, jadi inget pas Idul Adha kmaren. Waktu siap-siap berangkat shalat Ied, tau-tau Ankaa ambil diaper trus ngomong Pampe...Pappe....

Heh? Perasaan ni anak jarang deh dipakein diaper. Kok tau-tau bilang Pampe? Dan ya salah istilah sih ya. Pampers kan merk. Tapi apa daya, sebagaimana kita bilang Teflon untuk semua jenis alat masak anti lengket he he he. Pampers udah jadi istilah generik buat semua pospak.

Trus kelar shalat Ied, yang mana Ankaa menghabiskan waktu dengan nguber kucing dan Gilang (dituntun Eka), kami keluar ke Bintaro Plaza. Gini deh, lebaran bukannya di rumah bikin sate malah ngukur mall ha ha ha. Alesannya sih ke Gramedia, beliin buku buat Ankaa. Ujung-ujungnya ke Pizza Hut (lagi).

Di PH, ini bocah kok adaaa aja ya. Isi tas dikeluarin, dibuang-buang. Dia seneng gitu liat aku ngambil barang-barang pake kaki. Abis itu, maunya ngumpet di kolong meja. Tau deh ngapain. Sampe pas mau pulang, aku bujuk-bujuk biar mau keluar dari persembunyian. Begitu keluar, digendong, mendongak sambil ngoceh Bampuu...Bampuu....

Heh? Lampu? Horee....ada tambahan kata baru. Setelah Meima (Jemima Puddle-Duck), awawak (Biawak), Miii, mamam, nenen, babababa (kacamata...soale ngomong gitu sambil pegang kacamata).

Tinggal Abi nih yang blum dilafalkan. Hayu Nak, jangan bikin Abi cemburu yah hihihihi....

Oia, one big question yang belum terjawab. Kenapa sekarang Ankaa lebih suka buku gede tanpa gambar? Waktu di Gramedia, ga mau dia ambil Franklin. Malah deketin kamus yang tebel ato buku persiapan UN. OMG.......Belum waktunya Naak....

Friday, December 05, 2008

Udah hampir jam sebelas malam....

....dan Fath blom pulang juga dari Senayan.

Itu piala AFF kapan kelarnya seh?

duh jadi pengen ikut nonton juga. Kapan ya bisa bawa Ankaa nonton pertandingan olahraga?

Akhirnya....

Rada malu juga sih sebenernya. Kerja beberapa tahun, ga pernah ikut Qurban. Padahal kalo mau, kalo niat, udah bisa dari kapan tau. Dulu rasanya ribet aja gitu, ntar gimana kambingnya dll dll. Padahal di rumah Malang ada kenalan ortu yang emang spesialis kambing. Jadi ga masalah.

Tahun lalu Fath udah Qurban, untuk yang kesekian kalinya. Tahun ini, kata Fath giliranku. Berhubung tabunganku dah abis dan sekarang ga kerja, jadi deh dibayarin Fath. Buat yang satu ini, aku harus belajar banyaaaak dari Fath.

Ya wajar seh, namanya juga suami. Cuma ga enak ati aja. Kmaren-kmaren kemana gitu duitku kabur?

Kemarin udah setor via tebar hewan. Qurban pertamaku. Ahuhuhu...terharu. Apalagi pas ditelpon Ummi, ditanya mau Qurban ga? Aku jawab udah di sini. Padahal yakin tuh, kalo aku bilang blum, pasti ditawarin kambing yang di Malang.

Suamiku sayang, makasih ya udah bantu istrinya Qurban. Moga-moga barokah. Moga-moga tahun depan kita bisa Qurban bareng bertiga. Yes, the three of us. You, me, Ankaa ^_^

Tuesday, December 02, 2008

Dua Tahun

Sayangku cintaku,

Met dua tahun pernikahan yaaa.

Tambah sayang buanget sama kamu.

Eniwei, maap ga ada menu spesial buat makan malam. Salahkan si kucing yang dengan tega ngembat (calon) menu spesial.

*masih gondok*