Posts

Showing posts from 2009

Sepeda Ankaa

Nazar Abi: kalo Ankaa bisa ngomong (ga cuma ah uh plus bahasa isyarat), Ankaa dibeliin sepeda.

Well, benernya blom lancar bener. Tapi frekuensi penggunaan ah uh dan bahasa isyaratnya dah berkurang. Jadi ya marilah kita beli tuh sepeda.

Dari awal, aku dah ga mau beli sepeda plastik. Tau kan sepeda yang mana anak tinggal duduk trus didorong? Abis kalo pake sepeda plastik gitu, kan dia ga belajar mengayuh. Ditambah lagi pernah ada kejadian anak temen kakinya kejepit ban sepeda plastik. Hiii......Udah beli aja sepeda roda empat, ntar tinggal copot roda tambahan, jadi deh roda dua.

Alhamdulillah dapat tambahan rezeki, jadi wiken lalu bisa memenuhi janji. Masuk ke toko sepeda, lihat kanan kiri, tanya ini itu. Yang bikinan Cina, 350 rebu, yang merk Wim Cycle, 690 rebu. Mak jleb, mahal juga yak? Duh duit di dompet kok rasanya jadi langsung tiris yah? Setelah ditimbang-timbang, diambil lah yang bikinan Cina itu. Pertimbangannya, Ankaa toh ga bakal pake selamanya. Paling ntar umur lima tahun dah m…

I Love You, Mom

Saat pertanyaan tentang kapan nambah anak mulai bermunculan*, ibuku memberi komentar yang sangat enak di telinga dan hati (translated from javanese):

Nanti saja, nggak usah buru-buru. Ankaa masih kecil, biar siap dulu

See why I love her so much?

I love you, Mom

*: yang beberapa diantaranya dengan nada mendesak, bahkan agak memerintah. hey, it's my womb anyway he he he

3rd Anniversary

Image
Waktu belum pacaran dulu, kencan kedua dengan Fath adalah nonton final Copa Dji Sam Soe, Arema vs Persija.

Jadi atas nama nostalgi(l)a, dan dalam rangka ultah pernikahan, kami memutuskan untuk nonton pertandingan LSI Persitara vs Arema. Romantis kan?

Dari pagi tuh udah adaaa aja kejadian yang kayanya bikin gagal acara. Lutut kiriku yang emang pernah geser, mendadak ngaco lagi cuma gara-gara turun kasur. Trus sampe waktunya berangkat, lauk buat Ankaa belum siap. Fath ketiduran habis pijat refleksi. Do oh....

But the show must go on. Alhamdulillah nyampe Pasfes sesuai jadwal. Disambut tawaran rokok dari sana sini dan MC nan garing. Langsung beli tiket, foto-foto, beli makan siang, trus njagong di mushalla. Niatnya begitu masuk waktu Ashar, langsung shalat trus cabut ke stadion. Oia, kesialan masih berlanjut. Saking semangatnya nguber bis pemain Arema, kami lari dari Wendy's sampe parkiran. Hasilnya? Tali sandalku copot huhuhu....Tapi ada hasilnya kok, dapet foto-foto pemain lumayan bag…

Akhirnya Kembaran

Image
Aku orang Jawa, tapi ga punya batik. Koreksi: batik yang sengaja beli sendiri. Beberapa potong baju batikku semuanya hasil nyamber sana sini he he he. Nah sebelum puasa, aku beli selembar kain batik murmer di Mayestik. Beli tanpa tahu mau dijadikan apa. Pas udah puasa, baru kepengen bikin rok kembaran sama Ankaa. Yah dasar niat tinggal niat, sampe Lebaran belum juga tersentuh itu kain.

Beberapa minggu lalu, dah mau menggarap tuh kain atas nama mau dipake jalan-jalan. Udah bikin pola dll dll, eh keburu Ankaa demam gara-gara teething. Hiks.....

Akhirnya niat muliaku *halah* terlaksana pas mau Idul Adha. Bikin rok kembaran sama Ankaa (beda model) plus blus putih buat si eneng. Si blus putih digarap sampe pagi Idul Adha karena Ankaa lagi nempel banget sama emaknya. Ga sebagus yang aku harapkan, tapi ga jelek-jelek amat juga. Yah namanya menjahit dengan mata cuma 5 watt gituh *alesan*

Btw, ini rok pertama yang aku bikin untuk diri sendiri. Plus percobaan pertama nyoba nge-som pake mesin jahit…

Bedtime Stories

Ceritanya, aku mau menyapih Ankaa. Nah mulai lah si eneng sering-sering diajak ngobrol soal berhenti nenen. Dikasih tahu kalo udah besar, kalo nenen itu cuma buat adik bayi yang belum dua tahun, kalo susu sapi itu juga enak. Sampe sering nunjukin gambar sapi perah plus anak sapi yang lagi nenen ke induknya.

Nah Ankaa iya iya ajah kalo dibilang berhenti nenen. OK, step 1 done. Siang hari masih bisa mengalihkan nafsu nenen. Belakangan ini dia minta nenen siang tuh kalo lagi super duper bosan saja. Jadi ya gimana pinter-pinteran emaknya ngajak main. Sampe pernah tuh, aku menjahit sambil mangku Ankaa gara-gara dia minta nginjek pedal mesin jahit. Boleh deh ikutan, asal ga pegang meja. Soale di meja kan ada bantalan jarum plus gunting.

Yang lebih sulit waktu malam. Ankaa kebiasaan nenen sebelum tidur. Ya ya ya....bagi sebagian orang, itu kesalahan atau apa pun lah istilahnya. Nah aku coba kasih dongeng sebelum tidur. Mulai dari dongeng nyontek sampe dongeng karangan sendiri. Dongengnya juga …

Bekal Suami

Image
Atas nama niat berhemat-apa-yang-bisa-dihemat, inilah langkah berikutnya: bawa bekal ke kantor. Dengan pengecualian hari Jum'at (yang mana suami tersayang terlanjur cinta sama gudeg deket masjid) atau lagi ada rapat (di mana makan siang [seringkali] dijamin hihihi), ya suamiku bawa bekal. Bela-belain dah beli lunch box yang lucu (kata Fath: harus ada tasnya dan ga mau pink!!!).

Kalo lagi untung, dia bawa bekal lumayan. Dan apes lah dia kalo istrinya nan pemalas ini lagi mati ide. Bekalnya keringan mulu, ayam goreng dan teman-temannya.

Pagi ini, rasanya seneng deh lihat bekal Fath. Lucu sekali. Boleh dong sesekali memuji diri sendiri. Ini dia....jreng jreng jreng.....taraaa.....



Kentang goreng, chicken steak (boongan, soale beberapa bumbu di-skip karena ga punya :D), brokoli dan wortel rebus, plus mangga. Dan dasar perut Jawa, ga puas kalo ga ada nasi toh?

Kayanya hari ini suamiku berdoa semoga besok penyakit moody-ku ga kambuh. Kalo ga, alamat bawa bekal tak-menggiurkan lagi hihihi...…

Bye Bye Diapers

Belanja bulanan yang menyenangkan. Banget.

Pertama, udah nemu toko yang jual susu UHT dengan harga grosir. Lumayan, hemat lima ribu per kardus. Bisa diantar tanpa charge tambahan pula. Tinggal telpon, dateng lah dia.

Kedua, udah ga perlu beli diapers lagi. Iyay syenangnyaaah.....Per hari ini, udah seminggu Ankaa tidur malam tanpa diaper. Dan ga ngompol. Jalan-jalan ke mall pun dah ga pake diaper lagi. Lha meski dipakein, tetep aja dia minta pipis di toilet. Walhasil sampe pulang pun diapernya kering ring. Lumayan, hemat banyak tuh. Tau sendiri berapa harga diaper sekarang. Bye bye P*****s, bye bye M**y P**o.......

(Bukan Juga) Rumah Untuk Kami

Sudah tiga tahun kami jadi kontraktor. Ya sepanjang usia pernikahan :D Namanya manusia, udah pengen banget punya rumah sendiri. Yang bisa dibenerin tanpa mikir ini-kan-bukan-rumah-gw. Tempat aku bisa punya dapur yang nyaman buat masak *menjadikan kondisi dapur sebagai pembenaran malas masak* Yah yang pernah ngontrak, tau lah gimana rasanya.

Rumah kontrakan kami sih benernya lokasinya enak, airnya bagus, tetangga juga baek, ga banjir, ke mana-mana dekat. But still, it's not our own house. Bu Neni, sang owner, sempet mengisyaratkan mau menjual rumah ini pada kami. Udah sempat seneng banget tuh. Udah membayangkan di sini jadi taman, di sini jadi dapur, di sini mushalla, di sampingnya ada perpustakaan kecil. Yah gitu-gitu lah.

Akhir bulan depan, batas sewa rumah ini habis. Kami sudah niat mau memastikan jadi tidaknya rumah ini dijual, dan semoga dengan harga miring. Secara kami dah ngerasa jadi kontraktor yang baik. Saking baiknya sampe mengganti plafon bocor tanpa minta kompensasi hihi…

Cerita Mudik II: Lesehan Pak Sholeh

Image
Namanya perantauan, sekalinya mudik maunya ada acara apa gitu lah. Udah diniatin nih, mau makan bareng-bareng semua kudu wajib harus ikut. Sampe beli kaos motif dan merk seragam buat bapak-bapak.

Sampe Malang, pertanyaan makan di mana itu terutama ditujukan buat Mama. Kan Mama nih yang sekarang menu makannya paling terbatas, abis stroke itu. Eh kok ya semua setuju ke Pak Soleh. Kalo dari kalender Pak Soleh, adanya tuh di Pandaan trus buka cabang juga di Karangploso sama Probolinggo. Ya sut, yuk mari ke sana rame-rame.

Pas berangkat, haduh ini jalanan rame sekali. Kayanya Lebaran tuh orang wajib ke daerah Batu deh, sepanjang jalan penuh mobil yang platnya aja bukan N. Jadi brasa ga mudik, lha dikit-dikit ketemu plat B. Ini Jakarta ato Malang seeh?

Sampe Pak Soleh, buset parkiran penuh. Untung dapet pas dua tempat tersisa.

Di bagian depan, isinya untuk pengunjung yang ogah lesehan. Nah di belakang baru saung-saung gitu. Ukurannya sama semua, kayanya ga mengantisipasi kalo suatu saat bakal a…

Ankaa dan Shalatnya

*moga-moga ga ditimpuk Mbak Asma Nadia karena judulnya kaya artikel dalam buku blio*

Dari kecil, kami membiasakan ngajak Ankaa shalat. Meski cuma duduk ngeliat, tapi tetep diajak. Alhamdulillah begitu bisa jalan, dia mulai ikut shalat. Yang paling mahir ya sujud. Satu kali shalat sujudnya bisa entah berapa kali. Yang terakhir ya belajar ruku'. Mulai dari posisi headstand sampai sekarang bisa posisi yang benar. Urutannya juga udah benar, plus salamnya meski suka kebalik toleh kiri dulu baru kanan. Bacaannya juga masih nggeremeng ga jelas, tapi kalo Amiin....lancar sekali.

Yang bikin bangga, waktu diajak shalat ke masjid, Ankaa ya ikut shalat. Ga nangis ga jejeritan ga ganggu jamaah lain. Insiden paling parah tuh waktu pertama ikut, dia pup hihihi. Untung Ankaa sadar kalo pup jangan langsung duduk, daripada jelebret ke mana-mana. Jadilah dia berdiri setengah nungging selama 1,5 rakaat. Abis itu diem-diem dan tenang-tenang aku ajak keluar. Pake diaper kok, jadi Ankaa ga trauma dan masj…

Cerita Mudik I: Gigi Tambah Tiga

Tanggal 10 September, aku dan Ankaa dah nyampe di Malang. Alhamdulillah dapet Garuda dengan harga murmer. Tiga hari pertama di tempat Mama-Papa, trus di rumah ortuku sampe Fath datang. Salah satu keuntungan merit ama orang sekampung, deket he he he.

Ankaa sueneng gitu di Malang. Udah ga jaim or takut lagi sama eyang atau tante atau ami-nya. Ngider keliling rumah (yang mana kalo di Jakarta dikit-dikit udah ketemu pintu keluar). Nyiram tanaman, mandiin burung, kasih makan ayam, lihat kambing, sampe bikin kue. Puwas lah pokoke. Emaknya ya pasrah aja liat si bocah basah kuyup kedinginan plus bonus lumuran tanah.

Akunya seneng dobel. Makan jadi enak banget. Bener-bener ya, ga ada yang bisa ngalahin masakan ibunda hihihi. Kayanya hanya ada dua cara supaya berat badanku nambah: hamil dan mudik. Nambah dua kilo bow selama 23 hari di Malang. Yah impas juga seh, lha wong selama puasa turunnya juga segitu *sigh*

Herannya, udara dingin gitu Ankaa tetep ga mau pake selimut. Sekali-kalinya dia mau tuh…

Ankaa Dua Tahun

Alhamdulillah hari ini Ankaa Nadia Saajidah genap dua tahun. Udah tambah gede (selama di Malang nambah setengah kilo, padahal di Jakarta belum tentu dapat segitu dalam dua bulan). Tambah pinter (termasuk pinter jailin ortunya). Tambah sehat, lucu, cerdas.

Selamat ulangtahun Sayang. Semoga hari-harimu selalu diberkahi Allah.

Dan maaf kalo kado dan kuenya dibeli mendadak di menit-menit terakhir he he he....

Tawuran

Ya pantes aja lagi puasa gini masih ada yang tawuran. Lha waktu sahur, tayangannya ada yang pake adegan pukul-pukulan *lirik RCTI*

Ga ada acara lain apa ya? Grrrhhh...

Bener deh kata penceramah di masjid kapan itu. Ramadhan terasanya cuma di rumah, di luar kok ga blass ya?

Btw, kapan itu katanya ada intel di masjid kompleks kami. Intelnya masih sangat junior kali ya, kok sampe ketauan hihihi. Kalo ga salah empat orang, ketauan lo pake baju apa hihihi....

Gempa

Lagi enak ibadah tidur, kok tau-tau kasur goyang. Kirain Ankaa iseng nggerecokin tidur emaknya. Tapi eh si nduk lagi di depan. Eh gempa yah?

Entah cuek entah nglamun, yang aku lakuin cuma meluk Ankaa sambil tiduran. Gempa ilang, ya tidur lagi. Capek bo abis belanja bulanan, pake bonus diare pula.

Turut berdukacita bagi para korban gempa. Semoga tetep ikhlas dalam menerima ujian-Nya.

Yang teroris tuh sapa?

Nonton berita kemarin siang bikin gregetan. Saking gregetannya, sampe sekarang aku lupa TV mana yang nyiarin. Cuma inget potongan beritanya. Cuma yakin 75% kalo itu disiarin ama tv pemilu he he he.

Di pesantren Abu Jibril, diajarkan latihan laskar, namun pihak pesantren membantah bahwa itu pelatihan teroris.

Abis itu, diwawancawa lah salah sati santri, katanya latihannya itu ya gerak badan sama baris berbaris.

Sumpah abis itu aku ngakak. Itu reporternya terlalu mendramatisir deh. Emang kenapa gitu kalo di pesantren diajarkan baris berbaris dan bela diri? FYI yah pak reporter, in case panjenengan belum tau, itu TNI juga diajarin bela diri dan pake senjata loh, tapi ga lantas berarti mereka dilatih jadi teroris kan? Dan itu Paskibraka, mereka dilatih baris berbaris juga loh. Trus gimana dengan ekskul bela diri atau Paskibra di sekolah-sekolah? Apa lantas itu berarti sekolah mengajarkan latihan terorisme?

Apa pesantren ga boleh mengajarkan sesuatu di luar ilmu agama? Misalnya di situ diajark…

Ramadhan Bersama Ankaa

Ramadhan tahun lalu, aku cuma puasa sekitar seminggu. Ga kuat abis menyusui Ankaa.

Ramadhan tahun ini, harus bisa, meski Ankaa belum mau disapih. Yah jadi dobel makan gpp lah, excuse for being gembul he he he.

Trus aku dah niat mau ajak Ankaa rutin ke masjid untuk shalat jamaah sepanjang Ramadhan ini. Ga sampe tarawih, karena kasihan Ankaa. Lha Isya' aja sebenernya udah masuk di jam tidurnya Ankaa. FYI, ini bocah biasa tidur dari jam 19.30 an sampe jam enam pagi. Kasihan kan kalo tau-tau diajak tidur dua jam lebih lambat karena ngikut emaknya Tarawih? Toh aku bisa Tarawih di rumah.

Hari pertama, Ankaa masih malu-malu. Biasa, pengamatan dulu. Habis selama ini kalo ke masjid, dia kan selalu kebagian jadi penonton. Ga pernah masuk sampe ikut shalat. Di tengah pengamatan, tetep ada yang komentar: anaknya kurus ya, ga doyan makan ya? Emh, untung di masjid yah. Ini tangan udah gatel mau jejelin sajadah :D

Pas shalat, alhamdulillah Ankaa anteng. Banget. Ya aku ngeliatin dong, lha wong dia pe…

Neng Ankaa

Image
Lagi belanja. Tuh lihat, trolinya dah penuh. Tapi itu gaya bawa tas ala ibu-ibu, sapa yang ngajarin ya?



Duitnya cukup, Neng?



Pulang belanja, bikin pola baju. jangan mau kalah sama Ummi ya....



Fhew, lantai kotor. Hayo Neng. disapu sampe bersih ya. Jangan lupa pojokannya juga



Kelar nyapu, beresin setrikaan yah. Ntar ga ada baju ganti lho



Itu cabe jangan lupa disiramin....
(baju basah? ya ganti lagi, resiko ngajak anak nyiram halaman toh?)



Yang udah merah dipetikin ya.



Kalo udah, baru deh perawatan diri. Scrubbing, komplit ama minyak zaitunnya juga hihihi




*waktu pengambilan foto tidak teratur, sekenanya. dan moga-moga KPAI ga menindak aku dengan tuduhan child abuse ^_^*

Hasil Hiatus

Image
Udah lama ga posting hasil eksperimen.Pertama, bikin lagi itty bitty dress, tapi kali ini reversible, ngikutin tutorial di sini. Hasil akhirnya agak messy, mungkin lain kali pake pola yang biasa aja kali ya. Untung pake kain murmer nan gratis (meski tetep sebel soale renda putihnya lutu T_T)

Trus akhirnya baju Fath selesai juga. Fhew, kemeja cowok pertama nih. Tapi kelupaan ga dipoto. Ntar deh kapan-kapan, kalo lagi dipake.

Yang ketiga, bikin sundress ngikutin pola di buku Jepun (hasil fotokopi buku Bu Ita). Aaarrgghh....aku benci pasang bis berisi. Tapi di baju inilah akhirnya aku bisa bikin lubang kancing. Norak yah hihihi....Tapi bener lo, selama ini lubang kancing bikinanku berantakan mulu. Gini deh kalo suka males liat manual book ^_*
Oia, itu legging coklat sebenarnya hasil menggunting stoking lama Ankaa yang udah kekecilan. Digunting plus tambah pita merah kecil (ga keliatan ya?). Tapi tetep kependekan.

Kelar sundress, nyoba memanfaatkan kain sprei hasil belanja iseng di Cipadu. J…

Penjahit Cilik

Image
Kalau Ummi lagi menjahit, Ankaa ngapain?Bikin pola, ngukur pita, main benang (sorry, no pic :D).

B(e)adak

Waktu PBJ 2009, kami beli poster buat Ankaa. Tau kan poster binatang, sayuran, dll. Belinya ga jauh-jauh, stan Gunung Agung. Habis di stan yang lain, isinya cuma poster dalam bahasa Inggris.

Sampe rumah, pasang beberapa poster (dinding rumah mungil kami ga muat buat nampung semua yah). Ankaa seneng banget. Semua dituding. Apalagi gambar kuda, langsung niru gerakan kalo dia terlonjak-lonjak waktu naik delman.

Sampe lah di gambar Badak. Ini binatang yang baru dikenal Ankaa. Jadi aku sebutin namanya dengan jelas: BADAK. Eh dia usap-usap pipi. Huaa...bukan BEDAK. Tapi BADAK.

Tapi ya dasar anak-anak, tetep aja diulang adegan usap pipi tiap kali kata BADAK disebut. Eugh, ini kali ya efek keseringan ikut Ummi dandan?

Nah kemarin siang, kejadian lagi tuh. Ankaa lagi mainan drum murah meriah hasil buruan Fath di pasar kaget. Drum gambar Pooh dan teman-teman seharga sepuluh ribu. Dari sekian gambar, cuma Eeyore yang belum dikenal Ankaa. Aku sebut deh itu nama Eeyore. Eh si genduk langsung pegang…

Ubud

Ini cerita peninggalan lomba seminggu lalu.

Jadi ya, atas nama paling junior di RT, aku kena timpuk suruh ikutan lomba Isra' Mi'raj di masjid. Dan coba ya, pas hari H, yang dateng cuma empat, yang mana empat-empatnya ikut lomba.

Pas lomba cerdas cermat, halah lawannya guru-guru SDIT semuah. Malah ada yang ustadzah, hafidzhah segala macam. Yah sut lah, kita jadi pom pom girls aja, alias peserta penggembira.

Babak rebutan.
MC: coba dites belnya
Tim A&B: tes
Tim C (a.k.a tim gw): hmm.....(ekspresi ngeliat bel kaya ilmuwan ngeliat makhluk asing).....teeeeeeettttt....lancar bu...yakin deh (syapa syuruh nyuruh ekeh ikut lomba....)

MC: Di perang ini, Rasul mengalami luka dan kehilangan gigi depannya
Gw: (mencet bel dan menjawab gagah) Perang Ubud
Juri: Yang bener Uhud bu, Ubud mah di Bali sono
Gw: Ya maap, namanya juga keinginan terselubung

Kayanya lain kali ibu-ibu RT bakal mikir ulang kalo mau nyuruh aku ikut lomba.

Grrrrr

Tim sukses kampanye JK-Win ama Mega mengkritik pidato SBY soal bom. Taoi kayanya mereka lupa ga mengkritik pernyataan paling nyebelin.

Pernyataan infotainment yang menghubung-hubungkan angka 7 dan bom, serta itu omongan ga jelas si Mama Lauren.

Do oh, pengen nampol Silet ama si Mama Lauren deh. Tolong ya tu mulut dijaga. Asap bom aja blom lagi ilang.



Turut berduka cita atas terjadinya (lagi) tragedi pengeboman di JW Marriot dan Ritz-Carlton.

Dan buat suamiku: refund tiketnya buat aku ajah *wink*

So Sweet......

Kadang di tengah keasikannya main, Ankaa berhenti sebentar hanya untuk cium pipi kiri pipi kanan bibir plus cium tangan.

Kadang tau-tau dia ambil minyak zaitun dan baby oil, trus mijit kakiku dengan gaya tukang urut jempolan.

Jujur aja, kadang aku juga ilang sabar ngadepin Ankaa. Apalagi kalo lagi rewel. Tapi kalo inget sentuhan kecil gitu, jadi ilang keselnya.

*posting yang diketik usai dipijit Ankaa*

Ni'am Cell

Image
Ayahku bilang, tulisan tanganku jelek banget. Worse than a doctor (padahal dr Ian tulisannya bagus loh).

Fath bilang, tulisanku kaya cakar ayam.

Yang jelas, kalo ada yang butuh catatan pelajaran, ga ada yang bakal minjem catatanku. Cakar ayam ga keruan.

Tapi meski jelek, ternyata bisa dibisnisin loh.


Inilah dia, Ni'am Cell. Menerima layanan penulisan ijazah (TK, SD, SMP) dan.......MC untuk berbagai acara.



Yang sampe sekarang aku ga paham, siapa sih Ari ini? Kok dia bikin bisnis pake nama Ni'am Cell? Kenapa ga pake nama dia sendiri aja ya? Trus pake kata Cell. Apa sebelumnya dia bisnis HP trus gagal? My secret admirer-kah?

Foto diambil saat pulkam bulan Mei lalu. Lokasi usahanya sih kaya rumah baru dibangun gitu, masih kosong. Rumah untuk kami? *ngarep*

Maunya Begini Jadinya Begitu

Image
Maunya tuh, bikin itty bitty dress kaya gini. Pertama dah coba donlot pola dari sumbernya. Gagal. Haduh ini koneksi kenapa ya? Donlot yang lain lancar kok giliran donlot pola gagal ya? Akhirnya setelah dua jam gagal sementara nafsu menjahit sudah menggelegak *halah*, nyoba deh bikin sendiri. Bismillah, moga-moga jadi.

Malamnya, pas mau jahit (nunggu Ankaa tidur nih), kok yaa bisa donlot dengan lancar. Yah gimana dong, kain dah terlanjur digunting huhuhuhu. Ya sut lah, dijahit saja. Mau gimana lagi dong? Tapi teteup di tengah proses menjahit, dikit-dikit ngintip laptie buat ngecek apakah step-by-step-nya udah bener. Alhamdulillah lancar.

Nah besoknya pas mau obras, ternyata hari pemadaman listrik se-Jurangmangu. Huaaa.....Terpaksa ditinggal di Omura. Tertunda sehari deh.

Hari ketiga, mulai pasang bisban. Pelan-pelan biar rapi. Fath ngeledek mulu, katanya ribet amat mending dilem pake Alteco. Grrr......

Alhamdulillah meski ditingkahi celaan, jadi deh. Tapi aku kurang puas ama hasilnya. Bisb…

Rumah Durian? Mengecewakan

Tadi siang akhirnya kami ke Rumah Durian (RD). My birthday lunch. Dan kecewa banget.

Bibit kekecewaan udah terasa sejak langkah pertama aku ayun melewati pintu masuk. Jadi pintu masuknya ada dua (udah dikonfirm ke pegawai RD). Pintunya susah banget didorong. Dari luar aku lihat para pegawai RD lagi ngeriung di meja deket pintu itu. Kirain lagi meeting or something. Habis mereka ngelihat aku kesulitan mendorong pintu sambil menggendong Ankaa, eh boro-boro bantuin. Cuma nengok trus lanjut ngeriung lagi. Dan ternyata tau ga "meeting" itu apa? Rujakan!!!

Aku masuk sambil kesulitan nahan pintu karena satu tangan gendong Ankaa. Dan tak satu pun pegawai yang menyapa Selamat Datang atau Silakan ato apa lah. Mengangguk dan senyum aja nggak.

Duh udah mulai ngerasa nggak enak. Waktu Fath datang habis parkir motor (kami datang berempat, Eka naik ojek), aku udah mau batalin rencana kendurian ini. Tapi ga deh, masa udah niat makan durian berbulan-bulan harus batal hanya karena sambutan kuran…

Tantangan Fear Factor Untuk Suami

Waktu Ankaa 16 bulan, kami beli kolam renang plastik sebagai hadiah bisa jalan sendiri. Ga taunya, tu kolam susah banget dipompa. Beneran deh, mompa kolam sekali bisa bakar kalori hasil makan sepuluh piring (hiperbola). Berhubung aku yang kebagian mompa, Fath janji makan-makan ultahku di....RUMAH DURIAN!!!

Iyay senaaaang. Rumah Durian itu resto khusus durian yang baru buka. Aku cuma lewat aja di depannya dan udah ngiler ama bau durian yang oh-so-yummy-sekali. Fath tau aku pengen banget, makanya "upah" mompa kolam ya durian itu.

Masalahnya, Fath benci durian.

Jadi buah simalakama kan? Mau membatalkan janji, udah terlanjur sejak kapan tau. Mau nerusin janji, bisa-bisa tampangnya asem seharian.

Fath bukannya ga usaha membatalkan janji tuh. Pertama dia nanya Eka, kali-kali Eka ga suka durian juga. Cari dukungan gitu. Ternyata Eka suka durian. Horeee.....Trus nyoba bujuk aku biar ganti lokasi makan. Mulai steak, pizza, sate, candle light dinner, ampe dituker ama ekstra bujet buat di

Ikan Ketigabelas

Tahun lalu, kami beli kotak plastik mungil untuk wadah ikan. Benernya ini ide Fath. Janjinya sih dia yang ngurus ikan. Tapi ujung-ujungnya ya siapa yang sempat deh.

Awalnya dua ekor ikan yang agak gede. Trus mati entah karena dimakan kucing(!!!) atau karena udah ajalnya he he he. Beli lagi, mati lagi. Akhirnya beli ikan selusin lima ribu. Di dalamnya termasuk seekor ikan superkecil. Ikan ketigabelas. Saking kecilnya, aku sempat yakin dia bakal mati duluan karena kalah saingan dapet makan. Lha ukurannya aja ga sampe seperempat teman-temannya.

Ternyata aku salah. Ikan itu justru bertahan hidup kala keduabelas rekannya berguguran. Lama juga sih dia sendirian. Dan tanpa kami sadari, ukurannya jadi sebesar almarhum rekan-rekannya.

Atas nama kasihan, kapan itu kami beli ikan gede buat jadi "ortu ikan". Ndilalah pada mati entah kenapa. Ya sut lah, beli lagi yang ukurannya sama, biar jadi teman sepermainan. Tapi si ikan ketigabelas udah keenakan jadi ikan tunggal. Galak banget. Dua tem…

Profesi Baru Ankaa

Image
update 16 juni: sambungan profesi ini ya


Tukang ikan bakar



Babe Lili, bersiaplah menghadapi pesaing barumu. Baronang Bakar, anyone?

Juragan jagung

Jagung manis, yang ngupas lebih manis ^_^

Montir mobil (mainan)

Hmm....kayanya remnya ini yang masalah


Test drive

Guru (atau dosen ya? kok nerangin Java?)


Jadi bentuknya begini lalu....


Ada yang belum dimengerti?

Model (khusus baju bikinan Ummi)


Kata Abi sih ini piama, kata Ummi semi-kimono. Tapi kok jadi kaya baju orang Pakistan ya?


Roknya kegedean nih, jaitannya teteup berantakan huhuhuhu......

Nah jadi Ankaa cocoknya jadi apa nih?

BB lagi BB lagi

...di ketinggian entah berapa ribu kaki

Penumpang sebelah: "itu anaknya ga kurang tuh beratnya?"
Jadi pengen panggil pramugari minta parasut buat si penumpang itu. Grrrrrr

Lagi terima tamu
Tamu: "Ibunya kurus sih, makanya anaknya ikut kurus."
Oh jadi salah gw nih nurunin gen kurus?

Masih nerima tamu, tapi tamunya lain lagi
Tamu: "Anaknya ga mau makan ya? Kasih vitamin aja"
Padahal ya, saat itu Ankaa lagi makan dengan lahap. Lha kalo kaya gitu dibilang susah makan, yang bener-bener GTM dikasih saran apa ya?

Waktu di Malang, aku dikasih lihat foto Mama waktu seumur Ankaa. Persis banget. Ya kecilnya, ya imutnya, ya ekspresinya. Ankaa tuh kaya gabungan semua orang di keluarga kami. Dan dari empat eyangnya, yang punya gen badan mayan gede tuh cuma Papa. Ayahku kurus tinggi kaya tiang listrik. Ummiku juga kecil mungil. Tiga lawan satu. Aku dan Fath juga ya segini-gini aja. Trus mau ngarepin anak sayah segede T-Rex?

Kalo lagi dikomentarin, aku jawab simpel aja: yang penti…

Manooo

TV: "Presiden SBY menyatakan telah berbicara dengan PM Malaysia mengenai"
Nyam: "Manohara?"
TV: "...Ambalat"
Nyam: "Oh kalo gitu ga usah ganti channel"

Coba ya kalo masalah penyiksaan TKI juga diperlakukan sama kaya si Mano samwan ini. Tentunya devisa dari TKI lebih banyak ketimbang duit mahar si Mano kan?

*sudah sampe tahap mluko-mluko denger kata Mano....*

Mendadak Pulkam

Dua minggu lalu, hari Jum'at pagi, Fath dapet telpon. Mama stroke. Tensi 210/110. Langsung telpon Papa, dan bener deh. Mama masuk RS lagi, padahal baru juga keluar RS karena tipus. Mama stroke mendadak, separo badan bagian kanan mati rasa. Ga bisa gerak, ga bisa ngerasa apa-apa. Saat itu juga keputusan diambil: pulkam.

Alhamdulillah dapat tiket pesawat langsung ke Malang. Packing seadanya, bawa ini itu sekedarnya. Yang penting buat Ankaa cukup. Naik Sriwijaya siang, eh ga bisa langsung landing di ABD karena hujan deras dan jarak pandang terbatas. Haduh mana baru tragedi Hercules kan? Deg-deg banget. Pesawat sementara transit di Juanda. Alhamdulillah pas Maghrib udah di Malang. Legaaa........

Sampe Malang, kondisi Mama sudah membaik. Kayanya sih saking kangennya sama Ankaa. Habis Mama kan rencana mau nengok Ankaa pas long wiken bulan lalu, eh ternyata harus bed rest karena tipus.

Lha waktu Mama dikasih tau kalo Ankaa mau datang, tensi langsung turun jadi 170. Begitu ngeliat batang hid…

Es Teler

note: untuk mencegah asumsi yang ga keruan, aku tegaskan kalo aku lagi gak hamil dan gak berencana untuk hamil :D

Yang jelas, sekarang lagi pengen banget es campur atau es teler di kedai es Sinar Garut. Tapi yang di seberang Wong Solo Fatmawati. Ga mau dari tempat lain. Pokoke harus dari situ. Banyak yang pakai nama Sinar Garut, tapi aku mau yang dari situ. Btw, kedainya masih buka ga ya?

Dan pengen rujak cingur dari warung apa tuh namanya lupa, pokoke di ujung Cipete Raya, seberang martabak Fatmawati. Pokoke mau itu.

Tidak Takut Lagi

Image
Waktu masih hamil tua dulu, aku borong boneka di Malang. Lagi sale. Mana tahan boneka lucu-lucu nan lembut dilego cuma dengan harga paling banter 15 ribu? Pokoke pulang-pulang bawa sekitar selusin boneka nan lucu.

Sampe usia enam bulanan, Ankaa masih mau main boneka. Favoritnya dulu Nana Banana. Trus begitu mulai MPASI, ndilalah ga mau lagi ama boneka. Dan boneka pertama yang dia tolak ya si Nana Banana.

Sampe awal bulan April lalu, jangan kata main boneka. Lihat wujudnya aja dia udah nangis jejeritan. Jadilah selama sekitar setahun tu boneka ngendon di kontainer. Sayangnya, kado ultah Ankaa mayoritas boneka. Haduh jadi ga enak sama yang ngasih kado.

Somehow, tau-tau Ankaa minta bonekanya dikeluarin dari kontainer. Awalnya diliatin dari jauh. Makin hari makin dekat. Akhirnya setelah dua minggu, dia mau megang sebentar.

Sekarang? Bonekanya udah dipeluk, dicium, dipijit, disayang-sayang. Dan dibanting tentu. Waktu aku kurang enak badan, Ankaa mengirim semua boneka ke kasur buat nemenin aku …

Ngledek Kamu Yaaa.....

Pinggulku lagi sakit ampun-ampunan. Kayanya efek pegel gotong mesin di stasiun Tanahabang plus keasikan menggauli barang baru. Udah dioles Counterpain, tetep sakit. Waktu tukang urut langganan datang, yang diurut cuma leher. Lha dia udah mijit Ankaa dan Fath, lagian aku keburu ada undangan pengajian *ahem*

Akhirnya coba peregangan deh, kali-kali reda sakitnya. Sok-sok kaya gerakan yoga, angkat kaki, tekuk sana sini. Dan Ankaa ngeliat dong.

Namanya anak lagi seneng niru, langsung deh gerakanku ditiru. Sambil pegangan, dia coba angkat kaki ke belakang sambil badan didoyongin ke depan. Trus bungkuk-bungkuk. Semua itu dilakukan kompli dengan ekspresi kesakitannya.

Sebenernya proses menirunya ga masalah, asal ga dilakukan sambil pegangan mukenaku dan waktu aku lagi shalat. Langsung ilang deh konsentrasi. Lha gimana bisa shalat dengan tenang, dia pegangan mukena trus bungkuk-bungkuk di depanku?

My New Baby

Image
Suamiku sayang,

Makasih ya kado ultahnya (yang diberikan sebulan lebih awal). Bikin aku susah tidur karena keasikan menggauli kadomu. I love you....

Btw, janji deh itu semua celana yang bolong di tempat yang tidak semestinya dijahitin sesegera mungkin.

Foto: mesin jahitku (akhirnya....akhirnya....). I got Singer 2250.

So far udah jadi celana panjang dan rok buat Ankaa (again!). Hasilnya? Boleh deh dapet angka 6 dari skala 10 he he he. Masih berupaya menggauli dan memahami.

Cipadu....Mayestik....I'm coming!!!!

Rok Baru

Image
Dari sisa kain daster, Ankaa dapet rok baru. Iyay, akhirnya jadi deh rok pertama Ankaa. Selama ini Ankaa dapetnya rok terusan. Habis di toko, kalo ga kependekan ya pinggang kebesaran. Pernah tuh pengen banget beliin Ankaa rok jeans, tapi pas diliat, ni bocah ga punya pinggang dan pantat. Ntar jatohnya jelek pula.

Btw, waktu jahit rok ini, jarumnya dengan sukses nusuk jariku. Dan patah. Ternyata tanganku lebih keras ya ha ha ha.

Satu pelajaran lagi: mending jahit lengan baju Ankaa ketimbang pasang elastik. Aku benci pasang elastik. Berarti tantangan berikutnya adalah cari cara mudah cepat benar untuk pasang elastik.

Pulang kursus, belanja kain ke Cipadu buat bikin celana pendek Fath. Ya masak penyandang dana ga dapet apa-apa? Beli kain kiloan aja yang murmer. Biar kalo salah ga sakit ati he he he. Tapi ya namanya kain kiloan, ngubek-ngubeknya kudu sabar. Kain yang aku incer malah kebanyakan di bagian bawah tumpukan. FYI, tumpukannya itu rata-rata setinggi satu meter lebih. Kasihan deh ma…

Tawuran

Sabtu siang, aku dan Fath motoran lewat kampus STAN. Waktu lewat deket ujung gang Sarmili, aku lihat anak SD banyak banget. Pikirku mereka baru pulang, trus pada jajan es degan dan pempek yang mangkal di situ. Tapi lho kok salah satu bawa roda gigi sepeda yang dikasih tali ya?

Baru ngebatin heran gitu, di lapangan futsal STAN (di seberang gang) ada anak SD bawa celurit. Pikirku mau cari rumput buat kambing, tapi kok wajahnya gahar banget ya? Aku segera minta Fath berhenti di depan lapangan futsal. Habis aku curiga mereka mau tawuran. Lha si bocah roda gigi sepeda udah mulai muter-muter senjatanya di atas kepala.

Ternyata bener, ga lama mereka mulai perang batu. Langsung kami teriakin. Seorang pejalan kaki juga teriak karena dia hampir kesambit batu. Denger ada yang teriak, mereka bubar.

Ga mau ambil resiko, aku suruh Fath puter balik ke pos satpam. FYI, TKP itu ga jauh dari pos satpam tapi juga ga keliatan dari pos karena jalannya agak berkelok. Sampe pos satpam, kami lapor, trus satpamn…

Yang Keempat

Image
Maksudnya hasil praktek. Yang pertama jadi dasterku. Ga dipajang soale sekseh kekekek. Rada ketat bin pendek gitu hihhi. Trus bikin blus, yang salah bahan. Lah baru belajar, eh beli bahan yang tipis nan licin. Duh boro-boro jahit, motongnya aja udah senewen sendiri. Trus abis itu bikin rok buat Eka. Beli korduroy kiloan di Cipadu.

Nah ini yang keempat, jadi rok Ankaa. Bahannya udah ada dari dulu, cuma ga digarap aja. Bukan kain mahal, namanya buat percobaan. Berhubung Ankaa susah diukur, pake patokan baju yang udah ada. Sengaja bikin panjang biar bisa dipake rada lama.

Waktu jahit baju ini, aku baru sadar kenapa baju anak itu mahalnya ampun-ampunan. Jahitnya ribet!!! Masang lengan sekecil-kecil gitu, haduh. Blom lagi waktu pasang renda leher, aku salah strategi. Jadi rada kaku, ga jatoh gitu lo.

Alhamdulillah Ankaa suka. Ya udah dijahit dengan cucuran keringat dan darah gitu lo (darah dari jari ketusuk jarum T_T). Dan ini baju ga diobras sama sekali. Belajar pake setik balik yang kudu ku…

Ibu Satu Anak

Image
*mumpung lagi lumayan lancar akses internetnya, dipuas-puasin posting. dan ya, ini posting rada senewen sekaligus supernarsis. *

Kejadian 1
Beberapa bulan lalu, di KRL. Aku janjian ketemu Fath di kantornya. Kencan sambil ke pameran gitu. Di kereta, ngobrol sama ibu lagi bawa anak. Yah namanya ibu-ibu, nyambung aja ngobrolnya. Awalnya sih aku ngobrol karena naksir sepatu boot si anak. Lucu banget, jadi penasaran di mana bisa beli boot itu buat Ankaa.

Waktu dia tahu aku udah punya anak, komentarnya:
Kirain singleHyee...mana ada single bisa ngobrolin di mana DSA yang okeh dan komunikatif dan gimana ribetnya minta imunisasi simultan plus di mana cari lokasi rumah yang harganya terjangkau, lokasi strategis, aman, dan bebas banjir.

Kejadian 2
Waktu daftar kursus jahit, kenalan sama Bu Rika. Ngobrol punya ngobrol, basa basi nanya keluarga. Waktu tau aku udah punya Ankaa, komentarnya:
Kirain mahasiswaBuset, iya aku telat satu semester. Tapi ga segitu abadinya kalee.

Kejadian 3
Benernya rada malu-malui…

Just Not Into It

Bulan ini adalah bulan kesepuluh aku resmi jadi stay-at-home-mommy. Bulan kesepuluh ga jadi orang gajian lagi. Dan bulan keempat aku bisa berdamai dengan kenyataan bahwa aku ga bergaji.

Aku sempat ngerasa ga bergaji itu identik dengan tak bergigi. Rasanya gemes pengen ikut nyumbang. Itulah kenapa aku bikin tokonyankaa.

Tokonyankaa sekarang? Abandoned he he he. Lha gimana dong, koneksi nyaris ga ada. Dan entah kenapa, somehow aku ga nyaman dengan mencoba bisnis. It's just not so me. Iya memang katanya semua pasti bisa. Tegantung mindset bla bla bla. Tapi selama ini kok aku ngerasa lebih sukses promosiin dagangan temen ketimbang dagangan sendiri ya?

Dan alih-alih mikir tokonyankaa (yang untungnya ga rugi karena modal dengkul doang), yang ada aku malah mengejar semua keinginan yang belum kesampaian dulu.

Dulu waktu belum nikah, pengen belajar setidaknya satu bahasa asing lagi. Pengen belajar ini itu. Dan ga terlaksana. Di kantor lama, karena keuangan ga memadai. Yang bener aja ikut les…

Tetangga Gaul

Been a while ga nyambung ama dunia maya. Awalnya gara-gara koneksi lelet. Mau ganti, eh ngurus ke provider lain meni ribet pisan. Ah ya sut, ditunggu aja janjinya bahwa lelet ini karena lagi mau ditambah kapasitasnya.

Jujur aja, selain lewat internet, aku nyaris ga kontak dengan temen-temen lama. Paling sms Mamanya Chise. Tapi entah kenapa, ini hape ngadat juga. Terpaksa pake hape warisan Fath, yang mana ga ada nomor kontak temen-temen. Jadi maaf banget ya, bukannya sombong. Hapeku mati total. Duh moga-moga phonebook dan sms kenangan* bisa diselamatkan. Amiiin.

Walhasil, aku jadi "dipaksa" cari jalan supaya ga mati gaya. Nyari apa aja biar ga mutung. Kursus jahit seminggu dua kali. Trus diajak ngaji tajwid lagi, seminggu dua kali juga. Dan atas nama belajar-jadi-tetangga-yang-baik, ikut deh pengajian ibu-ibu RT seminggu sekali. Alhamdulillah dijamin bebas acara nggosip he he he.

Sepertinya ini cara Allah buat memberi aku kesempatan mencari teman baru. Biar ga melulu berkutat de…

Hiatus

Akhirnya nyentuh laptie lagi, setelah entah berapa lama ngambek ama internet. Masih lambretta. Jadi pengen nuntut IM2.

Ngapain aja selama libur internetan? Ya kursus (baju buat Ankaa hampir jadi), ngaji (ahem...jangan diketawain), nyoba kenal sama tetangga sekitar (biar ga kuper), sama ngabisin stok DVD he he he.

Nah lo, bingung mau nulis apaan. Padahal waktu ga pegang laptie, rasanya gatel mau cerita. Eh iya, gimana Pemilu nan pilu di daerah sodara? Di tempatku lancar jaya, meski undangan DPT baru nyampe H-1. Ngeliat hasil pemilu, kok bener-bener bikin pilu ya? Yang stres lah, kisruh lah, ini lah, itu lah. Apa ga usah pemilu aja kali ya?

Ankaa udah 18 bulan. Minggu lalu abis imunisasi ulangan DPT-HiB-Polio. Dapet bonus dibikinin asuransi pendidikan juga, biar Abi-Umminya ga empot-empotan kalo si neng mau masuk sekolah. Trus udah berani ama boneka. Iyay. Seminggu ini, mau lah megang boneka sebentar. Dulu kan ngeliat aja udah nangis jejeritan.

Trus Ankaa juga makin tidy. Kalo mau shalat, s…

Gintung

Tadi siang diajak temen nganter beberapa barang ke posko di Situ Gintung. Tepatnya di salah satu kampus di sana. Sesampai di sana, ternyata ada aja yang bikin geleng kepala.

Ga lama setelah nyampe, ada serombongan ibu-ibu minta tolong difoto oleh tentara yang ada di situ. Kalimat yang nyampe di telingaku:
Keliatan kan mas tulisan posko gintungnya?
FYI, ibu-ibu itu berfoto dengan latar belakang spanduk bertulisan posko bencana situ gintung or samting gitu deh. Ampun deh ibu....

Abis dari posko utama, nganter temen ngecek ini itu, balik ke salah satu posko. Ga sengaja lewat di samping ibu-ibu (again) yang mengajukan pertanyaan-paling-ga-penting-of-the-day:
Mas, yang ancur ini rumah Kak Seto ya?
Kalo pun iya, emang nape Bu? Mau nyampein salam si Syekh Puji Pedofil?

Menjelang hujan, kami ngeliat ada sekumpulan pemuda entah dari organisasi mana. Kalo ngeliat bajunya yang masih kinclong dan mukanya masih seger bugar dan sepatu tanpa noda lumpur, kayanya sih mereka baru nyampe. Tapi tolong ya, itu…