Thursday, December 15, 2011

Tujuan dan Manfaat

Just wondering, apa sih manfaat aksi bakar diri Sondang?

Mungkin (sekali lagi: mungkin) aku bisa menangkap tujuannya, tapi nggak ngerti juga apa ada manfaat aksi bakar diri itu.

Bagi dirinya sendiri, yah dia mati karena luka bakar. Dan aku yakin itu sakit sekali. Lha kapan itu tanganku kena cipratan minyak panas aja suakit minta ampun, apalagi ini langsung kena api.

Bagi keluarganya, ga ada keluarga yang mau ditinggal anggotanya seperti itu. Belum lagi lulus kuliah, belum lagi bisa membalas jasa orangtua, eh meninggal. BTW, yang nanggung biaya pengobatan siapa ya? Hayo itu yang koar-koar menyatakan Sondang adalah pahlawan, tolong ya bayarin biaya RS. Bapak Sondang sopir taksi, dan tau sendiri berapa sih penghasilan sopir taksi.

Bagi teman-temannya? No comment deh kalo itu. 

Bagi bangsa ini, hmmm kayanya nggak deh kalo mendadak semua masalah bangsa bisa dipecahkan dengan satu aksi bakar diri.

Indonesia bukan cuma Jakarta. Kalau pandangan cuma diarahkan ke carut marut Jakarta (dengan semua intrik di dalamnya), kayanya memang bangsa ini ga terselamatkan lagi. Tapi coba lihat orang-orang yang melakukan aksi nyata untuk perbaikan. Coba lihat anak muda yang mau terjun ke pelosok lewat Indonesia Mengajar. Coba lihat orang-orang yang tetap kukuh mewariskan tradisi supaya tidak terlindas jaman. Bangsa ini masih punya harapan dan impian. Harapan dan impian yang tidak akan terwujud jika anak mudanya memilih membakar diri sebagai sarana ekspresi.

Satu tindakan kecil yang tampak sepele tapi membawa manfaat jelas lebih baik ketimbang tindakan yang (tampak) besar tapi tidak membawa manfaat bagi siapa pun juga. Bukankah manusia terbaik itu adalah yang paling bermanfaat bagi lingkungannya?

Sunday, December 11, 2011

Crossing Fingers

Udah lamaa sekali ga ikutan kuis eh lomba eh apa sih istilahnya? Ya itu deh intinya. Trus pas barusan berhasil "merebut" laptie dari Ankaa, buka-buka blog craftster. Wah ada giveaway. Sebagai penggemar barang gratisan *ngaku juga*, nyoba ikut aaah.

Moga-moga menang *crossing fingers*. Lagi butuh pendorong semangat sekali ini *apaseh?*

Kalow mau ikut, lihat di : http://www.myinnocentia.com/2011/12/sweet-holiday-treats-giveaways-from.html

Selamat meluncuuur...and wish me luck yaaa.

ps: disney junior, The Hive tayang lagi dong. Ada yang addict neh di sini...:(

Thursday, December 08, 2011

Blouse Kembar Tiga :)

Waktu nonton Julie & Julia, ada kalimat kurang lebih begini:

I'm probably the only American I know in Paris who thinks shopping for food is as much fun as buying a dress.

Dan bener banget. Eh maksutna bukannya saya lagi di Paris *ngarep*. Dulu aku menikmati belanja belenji urusan cewek ya pas belum merit ajah. Itu juga jarang. Sampe pernah sekali-kalinya beli make up sama Windy, ada ibu-ibu yang geleng-geleng karena aku pake jaket gombrong ga jelas gitu dah. Nggak cewek banget pokoknya. Duit gaji banyaknya jadi buku dan beli TV karena mau Piala Dunia ha ha ha....

Begitu mulai belajar menjahit, baru sadar bahwa belanja kain, kancing, dan teman-temannya itu menyenangkaaaan sekali. Bener-bener menyenangkan sampe harus kekep dompet erat-erat dan meninggalkan ATM di rumah biar ga main gesek aja. Pernah sekali waktu abis dari Mayestik, aku bilang ke Fath:
Kalau kelak aku ditakdirkan masuk surga, bisa nggak ya perlengkapan jahit kubawa dan toko kancing di mayestik dibikin juga di sana?

Nah ini produksi dari 3,5 meter kain hasil hunting di mayestik kapan itu. Beli kainnya sekalian banyak biar ga cape di jalan. Bener sih dari sini ke mayestik cukup naik angkot sekali, cuma ya dari ujung ke ujung. Kainnya yang diskonan, dari harga sekitar 55 rebu semeter jadi cuma 20 rebu. Udah gitu, kainnya tinggal 3,5 meter lebih, hampir 4 meter lah. Ya sut, kata mbak pramuniaganya cukup bayar 3,5 meter aja....huraaa....

Blus ini pake pola yang sama dengan blus ungu di sini, cuma lengannya dipanjangin. Kalo blus Ankaa yang lengan panjang, pake pola kaya baju ungu bersulam juga, cuma bagian bawahnya dibikin berkerut dan dikasih tali pinggang. Sedangkan yang berlengan pendek, idenya dari blus Miiko di komik Hai Miiko! nomer 22. I looooove Miiko n friends. Bajunya lucu-lucu. Cuma ya gitu, yang gede gambar kepalanya aja. Sejauh ini aku uda nandain beberapa baju di Hai Miiko! lagi untuk dijahit.

Baru nyadar, self portrait itu susah juga, apalagi kalo ada bocah yang maunya megang kamera melulu



Entah kenapa Ankaa kalo difoto maunya unjuk gigi atas melulu :(




Oven juga nyala kok. Bikin cake keju, harusnya dikasi stroberi. Tapi lha aku ga tahan bau stroberi, dadaah stroberi. Lembyut sekalih pokokna si cake ini. Sempet bikin cupcake coklat pake vla keju yang statusnya Nyaris Bencana. Nyaris karena margarinnya nyaris ga cukup, kurang 10 gram aja gitu. Dan bencana karena putih telor dikocok terpisah dan ga ngembang blas. Mubazir deh tiga putih telor. Aku selalu senewen ama resep yang mewajibkan putih telor dikocok terpisah. Selain banyak sekali kemungkinan gagal, aku ga punya mixing bowl lagi he he he...Untung cupcake nya enak, kalo nggak kan dobel senewen.

cake keju



Trus minggu lalu entah kenapa pengeeen banget bubur sumsum. Nggak pernah bikin bubur sumsum sebelumnya jadi nyoba resep dari Saji. Lumayan juga rasanya, cuma lain kali bikin kuahnya pake gula merah aja deh biar lebih sedep. Yang jelas, saking sakaw bubur sumsumnya, tertulis di Saji resepnya untuk 7 porsi dan aku habisin sendirian (sharing dikit sama Ankaa ding :p).




Si kucing mainan Ankaa...:D