Friday, February 15, 2013

No-Rice Breakfast Deal

Nggak tahu gimana ceritanya, Ankaa ga mau sarapan atau bekal nasi. Jadilah sejak masuk TK, sarapannya ga jauh-jauh dari roti (entah dioles coklat atau jadi sandwich dengan beragam isi), pancake, spaghetti, mi, atau skotel. Untungnya Fath udah lama ga sarapan nasi, atas nama diet gitu. Jadi kalo pagi, Fath cuma makan oatmeal atau roti gandum. Plus kopi tentu.

Nah buat bekal Ankaa ya ga jauh-jauh dari variasi sarapan. Kadang bikin pastel tutup kilat, cuma ngukus kentang, dialusin, campur sayur, blue band, dan keju, trus dioven. Berhubung Ankaa makan dua kali di sekolah, buat snack time biasanya saya bawain buah. Pilihannya kalo ga apel, jeruk, anggur, atau mangga. Kadang juga bawa waluh kukus yang dikasih keju.

Saya juga nyetok bikin bola-bola sayur. Udah dipanir, taro di freezer atau chiller. Ntar kalo butuh tinggal nggoreng. Atau beli fillet ayam dan ikan, trus dipanir juga. Alternatif lain, beli daging giling (entah ayam atau sapi, boleh juga nggiling sendiri), trus dijadiin saus bolognese dan bola-bola daging. Kalau butuh tinggal diolah.

Bener sih anak satu, tapi pagi hari kan selalu hectic. Saya nggak mau repot berjam-jam hanya karena urusan sarapan dan bekal. Kalau ada cara memudahkan hidup, why not? Bisa lebih lama jalan pagi dan bikin baju kan?

Bola-bola sayur: 

Bahan:
Sayuran sesukanya (wortel, buncis, kembang kol, dll), dirajang alus
Bawang putih dua siung
Terigu
Susu UHT putih
Keju
Telur dan tepung roti untuk panir

Caranya:
Tumis bawang putih sampe wangi, masukin sayur, aduk-aduk. Trus kasih terigu 1-2 sdm, aduk sampe berbutir. Trus tuang susu UHT, aduk sampe jadi ragut. Setelah itu bentuk jadi bola-bola, isi pake keju. Habis itu dipanir dan digoreng deh.

* Sebenernya ini versi ngaconya bitterballen :D
** Kalo mau lebih lengkap, tambahin aja udang/ayam cincang.

Bola-bola daging:
Bahan:
Bawang bombay satu butir
Daging giling500 gram

Caranya:
Cincang bawang bombay, trus ditumis sampe harum. Angkat. Masukin cincangan bawang bombay ke daging, aduk rata. Bentuk bola-bola. Didihkan air, trus rebus bola daging sampe mengapung (mirip kaya bikin bakso). Kalau udah mengapung, berarti udah mateng.

* IMO, lebih enak kalo dagingnya yang ada lemaknya dikit.
** Bola dagingnya dicampur kacang panjang dan ditumis, enak loh :D 

Saos bolognese sesat a la saya
Bahan:
Bawang bombay satu butir
Daging giling, kurleb 300 gram
Oregano
Tomat satu butir, buang bijinya
Saus tomat
Merica hitam

Caranya:
Tumis bawang bombay sampe harum, trus masukin daging giling. Aduk sampe berubah warna. Masukin tomat yang sudah dicincang, aduk rata. Masukin saus tomat, merica hitam, oregano. Biasanya saya tuang air atau kaldu dikit biar bumbu lebih meresap.

* Saya suka kasih sayuran macam jamur merang, wortel, atau buncis biar ada variasi tekstur dan rasa.

Yak demikian sharing stok buat bekal dan sarapan Ankaa. Semoga bermanfaat yah.

Wednesday, February 13, 2013

Back To Normal

After days of laziness, I get back to my routines.

Nggak tahu kenapa, habis kena cacar air, bawaannya malas mulu. Itu virusnya punya efek samping kali ya? Masak menu yang gampil-gampil. Nyentuh mesin jahit juga malesnya ampun dah. Jalan pagi juga sempet stop karena malesiwati. Untung inget ada yang minta tolong bikin backpack plus messenger bag. Jadi sedikit banya kedorong lah buat melakukan sesuatu.

Sekarang sih udah balik ke kehidupan sedia kala :D Udah jalan pagi lagi, udah mulai susun menu lagi, dan sudah belanja kain lagi dong...horeee.....

Ini beberapa yang dihasilkan setelah kehidupan kembali seperti sediakala.


celemek Ankaa. dibikin karena celemek lama udah kekecilan
celemek yang sama. i love reversibles :D

baju kain kiloan. nemu katun jepang kiloan. not bad for 12.000 rupiahs, eh?


beberapa grocery bag buat bazar



dapat kiriman kain dari Mbak Oni dan jadi rok buat Ankaa. she loves it!
messenger bag dan backpak pesenannya Arum
backpack buat Ankaa. yang lama udah buluk aja gitu :(
wadah minum bertali, dipake waktu Ankaa ke Ragunan. 30 minutes project :)
wrap skirt, which I found not so comfy :( kayanya abis ini mau dirombak total

Dan beberapa hal yang dihasilkan dapur setelah sekian hari malas memasak

bola-bola sayur keju buat bekal Ankaa

poffertjes di minggu pagi, plus teh anget


spaghetti with homemade meatballs buat sarapan

Jalan pagi terus lanjut meski ganti rute. Biasanya lewat PJMI sekarang langsung ke kampus lewat gerbang belakang. Udaranya lebih sejuk dan kendaraan lebih sepi.

Trus bulan kemarin juga udah menyempatkan diri ke Pesta Buku Murah. Lucunya, Ankaa kan kami kasih bujet buat beli buku. Duitnya dia bawa sendiri, biar bayar sendiri ke kasir. Nah waktu terima duit dari Fath, masa dia bilang kurang dan langsung jebol celengan. Jadi ngeri juga ngebayangin lima tahun lagi ngajak Ankaa ke toko buku.

Minggu ini juga Ankaa dapat tambalan gigi permanen. Ya benar, giginya ada yang bolong. Saya sempet ngerasa ga becus jadi ibu. Anak satu kok pake bolong gigi segala. Alhamdulillah dapat dokter yang baik. Pelayanan kliniknya juga bagus. Sebenernya di Puskesmas deket rumah bisa, murah pulak. Cuma 10 ribu rupiah. Tapi harus ambil nomer subuh-subuh. Itu juga belum tentu dapat.

Waktu cek gigi, Ankaa langsung semangat karena ruang tunggunya dilengkapi meja kursi kecil dan BUKU! Ada salah satu buku kesayangannya pulak. Trus waktu diperiksa, diputerin Pooh n Friends biar ga takut. Anteng deh. Selesai periksa, dikasih stiker keberanian dan boleh pilih hadiah. Persis kaya cerita di buku :D