Posts

Showing posts from March, 2013

Ankaa Mendongeng

Tadi malam, tumben-tumbenan Ankaa ga mau didongengin. Katanya gantian dia yang mau mendongeng. Ini summary sebagian dongengnya.
Anak kelinci yang ikut belanja ayam dan batuk-batuk Anak kelinci diajak ibunya ke pasar untuk beli ayam. Di pasar, anak kelinci ikut memilih ayam. Waktu pulang, anak kelinci batuk-batuk dan bersin. Lalu demam. Ibu kelinci memberi obat demam. Keesokan harinya, demamnya belum turun. Besoknya lagi, mulai turun. Besoknya lagi, demamnya sembuh.
Ibu kelinci lalu memasak ayam. Anak kelinci makan ayam. Lalu batuk-batuk lagi. Ibu kelinci lalu membawa anak kelinci ke dokter kelinci. Setelah diperiksa, kata dokter kelinci, anak kelinci tidak boleh makan ayam lagi karena alergi.
Dan seterusnya. Total Ankaa mendongeng selama sekitar 45 menit dengan alur yang lumayan runtut untuk ukuran bocah 5,5 tahun.

Dalam dongengnya, dia sudah memasukkan unsur RUD, tatalaksana demam, dan alergi. Meski dia lupa bahwa kelinci itu herbivora yang jelas nggak bakal makan ayam :D

Law, Not Justice

Kemarin saya baca berita tentang seorang bapak yang memperkosa anak kandungnya hingga hamil. Yang bikin gregetan, ancaman hukumannya maksimal cuma lima belas tahun penjara.

Si bapak melakukan perkosaan selama sepuluh tahun. Katakanlah hukumannya lima belas tahun. Berarti pukul rata, tiap tahun tragedi itu terjadi, si bapak cuma kena 1,5 tahun.

Si anak sekarang dalam kondisi hamil. Seumur hidupnya dia akan menanggung trauma fisik dan psikis akibat perbuatan bapaknya sendiri. Kepercayaan diri dan semua nilai yang pernah dia pelajari, rusak selamanya. Belum lagi nanti setelah dia melahirkan anak sekaligus adiknya sendiri.

Sesuai hukum? Mungkin. Adil? Tidak.


Monopoli

Kemarin, karena satu dan lain hal, pas pulang jalan kaki saya mampir ke warnet 24 jam. Warnetnya merangkap tempat game online. Pas masuk, ada tiga cowok lagi main game, yang mana bikin saya heran. Lha arloji saya menunjukkan jam 8.15. Dari jam berapa mereka di situ kok mainnya heboh bener?

Yang heboh cuma dua cowok sih, satu cowok di sebelah saya cool gitu. Diem aja maksudnya. Sekilas saya lihat kayanya main game FPS gitu deh.

Nah karena dua cowok lain superheboh, lama-lama saya penasaran dong game apa sih yang mereka mainkan? Saya noleh ke belakang dan tampaklah game superseru yang membuat mereka heboh sampai teriak-teriak.

Itu adalah....


MONOPOLI




Gimana kalo mereka main scrabble ya?