Tuesday, January 16, 2007

untung rem masih ampuh

seandainya, salah satu syarat dalam ujian SIM dan beli kendaraan adalah penerapan-etika-berkendara-di-jalan (aduh mak bahasa gw Orde Baru banget), kayanya 75% pengendara di Jakarta ga lolos ujian SIM dan ditolak beli kendaraan. tapi bener deh, berkendara di Jakarta bikin cepet tua.

dear motoris, kalo mau belok kiri, tolong ambil lajur kiri ya. jangan ambil lajur kanan trus potong kompas gitu aja. bener siy kamu kasih sign, tapi kan posisi motor kamu di BELAKANG kami. ya jelas ga nampak begitu. untung rem motor kami masih sip, kalo ga....duh.

dear motoris, tolong ya diingat bahwa trotoar yang baru diperbaiki (+diperluas) di sekitar Sudirman BUKAN UNTUK DILALUI MOTOR (apalagi sambil ngebut). jadi maaf yah kalo Jum'at lalu aku iseng berhenti pas tengah-tengah dan bikin kalian ga bisa kesulitan lewat. salah sendiri ambil jalur orang.

dear motoris, iya aku tahu klaksonmu baru. kok tahu? ya iya lah. lha wong bunyi klaksonmu ngalahin bunyi bus patas. THOEEENNNG. kalo aku jadi mbak-mbak yang kamu bonceng, aku bakal turun. malu la gih, di jalan perkampungan padat gitu kok klaksonnya sekenceng bus.

dear motoris, iya aku tahu kamu hobi modifikasi motor. kok tahu? bunyi knalpotmu edhek-edhek ga keruan plus asap luar biasa item. aku jadi bertanya-tanya lho, kamu tuh hobi modifikasi motor ato emang ga punya duit buat servis? soale kok kecepatan segitu pelan, suaranya membahana na na na

dear angkot drivers, tolong ya kalo ngetem, jangan pas di:
1. pintu keluar gang/ujung pertigaan
2. tikungan, apalagi kalo tikungan itu di jalan menurun
3. jalan rusak bolong ga keruan (mosok lupa kalo jalan tuh diaspal hanya saat menjelang kampanye demi menjaring massa?)

dear angkot drivers, tolong juga kalo nurunin penumpang, ambil posisi ngirii banget. jangan kaya kmaren, ngiri nggak, nganan juga ga. untung pintumu ga ditabrak.

dear pengemudi mobilers, tolong kalo suatu saat Anda terinspirasi mengikuti jejak Schumi, pastikan Anda sedang di sirkuit. bukan di jalan umum. itu polisi tidur dibikin buat antisipasi pengemudi kesambet macam Anda.

dear pengemudi mobilers, meski di jalanan kompleks yang sepi, tolooong banget kalo nurunin penumpang tuh minggir kiri dulu. bukannya pas TIKUNGAN dan MENANJAK lantas Anda berhenti tengah jalan, nurunin penumpang, membiarkan pintu kiri terbuka sambil terus ngobrol. ntar kalo pintunya ketabrak, protes. ngedumel.

dear pengemudi bus patas ac 44 yang aku naiki tadi pagi, bener siy aku penumpangmu. tapi menurutku, wajar kalo tadi para motoris mukul body bus mu. lah udah jelas abis perempatan, jalan menanjak, kok ya berenti di lajur kanan-ga-kiri-ga cuma buat ambil satu penumpang. penumpang sampeyan itu udah buanyak banget. saking banyaknya, sampe sesaaak. ya mbok bagi-bagi penumpang lah ama bus lain. berbagi rezeki gitu. skali-kali lupakanlah itu motto bersatu-di-pangkalan-bersaing-di-jalanan. dan juga, jangan mentang-mentang gede trus sak penake dhewe gitu. ora ilok. btw, emang tadi pas narik, semua kru baru bangun ya? kok kompakan mata-merah-belekan-kucel-rambut-awut_awutan gitu?

pertanyaan ga penting dari cewek yang ga bisa nyetir mobil+dilarang bawa motor: apakah cewek segitu parahnya dalam mengemudi?

5 comments:

Atniga Tayadih said...

Kapan ya Jakarta bisa jadi "rumah" yang nyaman dan manusiawi buat penghuninya? Moga-moga bukan sekedar mimpi ya.

Luky said...

Am..seandainya pemilu tahun depan aku terpilih jadi ibu presiden, dikau kuangkat jadi Kapolri ya....dan tolong tegakkan hukum dan aturan di negara kita...he.he..he.h.e..

nYam said...

@Atniga: ga tau dee...abis kalo ngeliat kondisi skarang, jadi pesimis

@Luky: males ah...ntar di dor ama mafia n preman. atuuuttt

mel@ said...

say... tapi beneran bukan kamu yang nyetir kan?... ntar malah terjadi tragedi seperti saat 4 tahun lalu... :P

the i.d.E.p said...

Itulah contoh 'korupsi-korupsi' kecil...