Posts

Showing posts from June, 2012

Topeng Monyet

Entah kenapa, Ankaa takut banget sama yang namanya topeng monyet (TM). Bukan takut monyetnya, tapi sama suara tetabuhan. Padahal kan ya, mana ada TM tanpa tetabuhan?

Dulu-dulu sih ga pernah ada tukang TM lewat depan rumah. Tapi seiring perkembangan jaman *halah*, yang mana tanah kosong di sisi barat rumah sudah berubah jadi tigabelas rumah tinggal(!), itu TM jadi rajin lewat. Gimana ga rajin, lha konsumen dia kan mostly anak-anak. Nah duabelas KK tetangga baru saya itu masing-masing punya balita minimal satu. Belom termasuk yang udah di bangku SD.

Setiap kali tetabuhan TM terdengar, Ankaa bakal langsung lari ke kamar belakang, ngegabruk di kasur palembang sambil tutup kuping rapat-rapat. Tambahan lagi, saya harus muter Surat Ar Rahmaan dari hape dengan volume maksimal buat nutupin bunyi tetabuhannya.

Tadi pagi, waktu lagi antre tahsin di masjid, ndilalah kok ya lewat itu TM. Awalnya kirain bunyi bedug, eh tau-tau mulai deh neng nong neng nong. Langsung deh Ankaa minta peluk, tutup kup…

A Simple Puzzle

Image
Ankaa tuh suka banget sama puzzle. Kalo pas mudik ke Malang, puzzle tuh item wajib bawa. Di pesawat biar dia ga bosen (padahal ya perjalanan cuma satu jam). Di rumah Malang biar bisa lomba pasang puzzle lawan Eyang-Kakung-Uti. Dan jelas saja, Ankaa is the winner.


Pas mudik Mei lalu, saya iseng nyari buku masa kecil. Alhamdulillah masih ada (sebagian) meski udah berdebu. Pilah pilih, beberapa saya bawa balik ke Bintaro. Ada buku Katak dan Kodok, Cendawan dan Jamur, Batuan dan Mineral, dan ga lupa buku Belajar Menjahit. Nah salah satunya buku terbitan tahun 1979 ini (saya belom lahir, lha ortu aja belom merit je).

Trus saya coba ngikutin contohnya. Gampang banget, cukup ambil kertas origami (kalo di bukunya malah disaranin pake kertas bekas biar hemat :D). Gunting kertas jadi empat bagian berbeda dan minta anak menyusun kembali ke bentuk semula.

Akhirnya untuk pertama kalinya Ankaa kesulitan ha ha ha....Puzzle sederhana murah meriah :D

Btw, tahun terbit buku-buku yang saya bawa rata-ra…

Aneh

Kadang kita tuh aneh. Ga mau pembelian BBM dibatesin, tapi juga ga mau hemat. Coba aja lihat sore-sore, ababil-ababil keluyuran pake motor matic biar keliatan dah bisa naik motor (menurut kartun Mice di Kompas Minggu). Emangnya keluyuran gitu ga ngabisin bensin?

Ga mau pasokan listrik byar pet, tapi juga ga mau hemat listrik. TV tetep nyala meski ga ditonton, lampu nyala meski ga kepake.

Iya emang kewajibannya pemerintah (in this case Pertamina and PLN) buat memastikan pasokan lancar jaya. Tapi mbok ya kita yang konsumen juga mau berhemat. Kalau bisa hemat, kan bisa mengurangi beban, setidaknya beban pengeluaran rumahtangga buat beli bensin dan bayar tagihan listrik.