Wednesday, January 16, 2008

RS Melati Husada


Menjelang mudik, aku mulai nanya-nanya sana sini minta rekomendasi RS+DSOG yang sip. Kok ya semua yang aku tanya mengajukan usulan yang sama. RS Melati Husada dan dr Nuke.

Begitu nyampe Malang, malamnya aku langsung kontrol. Begitu masuk RS, wuaah....ini RS keren euy. Homy sekali. Ga ada bau karbol blas, yang ada bau wangi sedap malam. Agak merinding juga siy, abis aku kontrol pas hari Jum'at he he he

Hampir semua perabotnya dari kayu. Trus ga ada sekuntum pun bunga plastik. Semua bunga segar yang diganti tiap hari. Kayanya sih mereka punya petugas khusus bunga deh. Mulai dari melati, sedap malam, ampe kastuba udah pernah dipajang.

Yang paling menyenangkan adalah....kamarku!!! Guede, kira-kira 4x4 meter. Tempat tidurnya cukup lah buat empat orang. Ada TV-lemari es- daan...meja rias ^_^ Tau aja nih kalo ibu-ibu suka dandan. Cermin riasnya gede bo. Fath ampe bilang, coba kalo nempatin ni kamar bukan pas aku melahirkan. Hunimun deh ^_^ Kamar mandinya di luar siy, tapi persis di sebelah kamar. Udah gitu, kamarku dempetan ama kamar bayi.

Ruangan yang bener-bener a la RS ya cuma kamar bersalin en kamar bayi. Bahkan kamar operasi pun pintunya dibikin sedemikian rupa jadi ga keliatan kalo itu buat operasi.

Petugasnya juga ramah-ramah. Sabar banget ngadepin aku yang banyak maunya he he he. Mungkin saking bawelnya ni pasien, waktu kontrol Ankaa pas umur sebulan, mereka masih apal namaku hihihi. Asiknya lagi, seragam petugasnya ga kaya seragam perawat putih-putih melati itu. Diliat sekilas, bakal dikira CS bank kali ya.

Biayanya juga ga mahal, kalo ikut standar Jakarta. Apalagi mereka terima Askes dan mau ngurusin. Ada sih yang terima Askes, tapi kita kudu reimburse sendiri. Ribet kan.

Buat kamar nyaman kaya gitu plus persalinan de el el, aku bayar ga sampe 3 juta. Eh itu dah dipotong Askes ya. Jadi kalo ga pake Askes, ga tau deh. Soale Askesku kan kelas II, sementara aku minta "naik" jadi kelas I. Kalo kelas II, rada ga enak sekamar berdua. Soale yang jagain aku kan orang sekampung, ntar pasien lain terganggu lagi he he he. Ada sih paket melahirkan normal, kalo di kelas I sekitar 4,5 juta untuk 3 malam, persalinan normal.

Sayangnya, di RS ini ga ada kantin. Jadi kalo kelaparan malam-malam, silakan ngeluyur sepanjang Jl. Kawi. Sayang ya, Pecel Kawi yang legendaris itu cuma buka siang. Udah gitu, berhubung (tampaknya) RS ini dulunya adalah rumah tinggal, jadi suka berasa sesak kalo pas pasien penuh. Waktu imunisasi, duh yang nunggu ampe di halaman. Kecian kan.

Hayu ada yang mau ngelahirin di sana? Mela? Ato Mbak Maya)

Update:
Maap ada yang kelupaan.
- Di RS ini ada kelas Melati (VIP), Kelas I, kelas II en kelas III. Jumlah pasien emang jadi ga banyak. IMHO, aku lebih suka kamar kelas IB yang aku tempati coz di pojokan, lebih tenang, deket beranda tempat keluarga bisa nunggu, trus ga deket jalan Kawi yang rame itu. Jendela kamar yang gede itu (hampir 3/4 dinding) menghadap ke Jl. Taman Slamet yang rumahnya keren-keren.

- Kamar yang dilengkapi box bayi hanya kamar kelas I dan Melati.

- Biaya persalinan cesar di kelas I, kalo ga salah skitar 11-12 jutaan, buat tiga hari stay. Kalo perlu info lebih detil, japri aja yaaa...ntar aku liat daftar harganya di rumah.

- Di sini bisa minta inisiasi dini. Bilang aja ama dokter en perawatnya, ntar mereka bantuin. Aku bisa IMD sampe 1,5 jam sebelum pendarahan itu. Tapiii.....kudu diwaspadai soal susu formula-nya. Meski dah dikasih tau ASI Eksklusif, kadang masih bisa kecolongan, terutama kalo perawat kamar bayi ganti shift. Suka misinformasi gitu. Ankaa kecolongan 30 ml bo. Udah gitu, waktu pulang kami dioleh-olehi Nutrilon satu kaleng. Mending kalo gratis, di-charge!!! Tu susu aku kasih ke anak tetangga he he he. Secara umum, di sini mendukung ASI Eksklusif, meski kayanya blom 100%.

11 comments:

cahyo said...

nek operasi caesar piro mbak disana?

Anang said...

wah enak ya kayaknya

nYam said...

@Mas Cahyo: skitar 12 jutaan, cesar 3 hari nginep ya di kelas I

@Anang: enak lo. deket pula dari surabaya kan he he he

yasiin said...

Assalam alaikum...
terima kasih infonya mba ^^;
insyaAllah istri saya bulan September akan melahirkan di Malang. sekarang masih mencari RS bersaling yg cocok 0_0

salam kenal.

Anonymous said...

sama aku jg nglairin di melati husada, rumah sakit serasa ky rumah sdiri jd lebih nyaman, dl aku pk kelas jasmine di lt 1, sengaja g mau yg lante 2 soalnya kan cesar, enak bener emang kamarnya dege bgt, harga lumayan sih tp sebandinglah sm pelayanannnya seep deh

Arlini said...

Assalamualaikum,
terimakasih infonya ya mbak...
kebetulan saya rencananya mau lahiran di Malang lebaran ini, suami saya merekomendasikan RSB Melati Husada.
Sepertinya Melati Husada mendukung program2 yang saya harapkan, IMD, ASI Ekslusif dan bisa Rooming In... ^_^

bunda nurul said...

mba kl klas 3 berapa operasi cesar biayanya?
trus berapa hari bisa pulang?


bunda nurul

Anonymous said...

mbak...boleh tanya?
proses IMDnya kemarin habis lahir bayi belum dibersihkan langsung diletakkan di dada ibu nya ga?? kl di melati husada???

makasih ya....
nb: pingin banget bisa IMD nanti pas lahiran

ummunadhillah

ngalam said...

di melati husada ada waterbirth ngga mbak?mohon infonya dong.. :)

Devi Ulinuha said...

mbak.. bisa tolong carikan info utk melahirkan cesar kelas 2 brp, ya mbak? coz skrg saya sedang ada di denpasar, tp rencana pgn melahirkan di malang spy dkt ortu, hehe..
makasih, mbak.. :)

nYam said...

@bunda nurul, anonymous, ngalam, dan devi ulinuha: maaf ga tau info terbaru ya. ini kan lahiran 4 tahun lalu ya...mungkin dah beda.

regards

:)