Wednesday, December 14, 2005

2046


Sinopsis:

seorang penulis, Chow Mo Wan, pindah ke Hongkong gara-gara cintanya ditolak oleh seorang wanita. dia pindah ke Oriental Hotel. kamar 2047, meski sebenarnya ia mengincar kamar 2046.


film ini menggambarkan kehidupan Chow, hubungannya dengan wanita-wanita di sekitarnya, dan pencarian jawaban atas pertanyaan: kenapa wanita itu dulu menolaknya.

2046 adalah judul novel yang ditulis Chow. tentang tahun 2046, yang dituju semua orang yang ingin mengumpulkan serpihan kenangan yang terserak. karena di sana, tak ada yang berubah. namun benar atau tidaknya stagnasi itu, tak seorang pun yang tahu. karena tak seorang pun yang pernah kembali dari sana. dan dalam novel itu, Chow menceritakan seorang pria yang kembali dari 2046. alasan kembalinya? entah.

Pemain:

Tony Leung, Gong Li, Takuya Kimura

Asal:


China/Hongkong


Pendapatku:


pertama, saking bingungnya dengan alur cerita ini, aku sempat tertidur. jadi komentar pertamaku: film ini membingungkan. diawali dengan adegan kereta yang kembali dari 2046, takuya kimura (yang tak mengucapkan satu patah kata pun sepanjang film). lalu melompat ke tahun 1966 di hongkong. dan muncul tokoh lulu entah siapa yang hanya muncul sebentar lalu dikisahkan tewas di kamar 2046. dan Chow yang mupeng tinggal di 2046, tapi akhirnya settle di 2047. lantas bergerak ke hubungan ga jelas antara Chow dengan begitu banyak wanita. termasuk hubungan antara Jing, putri pemilik hotel, dengan pria jepang. berputar-putar. menurutku, inti film ini adalah pencarian Chow atas pertanyaan: kenapa wanita itu menolaknya. dan sebenarnya itu sudah terbaca sejak awal. bahkan pertanyaan yang sama juga diajukan oleh sang pria jepang pada Jing.


kedua, ada banyak tokoh yang ga jelas apa gunanya, bagaimana karakternya. misalnya, takuya kimura. dia digambarkan ada di kereta 2046. dan dia tidak melakukan apa pun selain berdiri seolah sedang berpose untuk pemotretan majalah. oh iya, takuya nangis saat dia ngintip android kecengannya lagi make love sama cowo bertato di punggung yang bikin aku ingat bekas kerokan. tokoh ga jelas lainnya, misalnya si pria jepang pacar Jing itu. siapa namanya, bagaimana dia, itu ga jelas. dialognya hanya saat menanyakan bagaimana perasaan Jing padanya, karena hubungan mereka ditentang ayah Jing. dan Jing hanya menangis. maksudku, apakah harus pria asal jepang??? apa bedanya kalau diganti dengan pria cina tapi musuh ayah Jing??? lalu tokoh Lulu. entah siapa dia ga jelas sampai akhir film. kalau dari penuturan Chow, mereka teman. dan tahu-tahu Lulu terbunuh. begitu saja.


ketiga, banyak adegan yang ga jelas. misalnya adegan flashback Chow dengan wanita yang dulu menolak dia. itu baru ditampilkan di akhir film, dengan pemberitahuan nama sang wanita. Black Spider. OMG, what a name!!! maksudku, apa pengaruhnya seandainya adegan itu dihilangkan? dan saat tahu nama sang wanita, aku hanya berpikir: oh tuh cewe punya nama, lucu amat. trus???


dan adegan make love nya banyak amat. dan menurutku ya, eksplisit. kalau pun ga ditampilin, cuma ditunjukin ala film barat yang mereka pake selimut doang abis begituan, kayanya ga ada bedanya.


dan lagi, ada tokoh cewe namanya Bai Ling yang sempat jadi pacar Chow. tapi siapa dia, di mana kerjanya, ga jelas. tokoh Danbo yang dikisahkan jadi pacar baru Bai Ling pun hanya tampak dua kali, masing-masing ga sampai 5 detik. trus ada android yang jatuh cinta dan dijatuhi cinta sama tokoh entah siapa dalam kereta 2046. walah walah......mungkin suatu saat akan ada android yang canggih. tapi punya perasaan dan bisa diajak make love??? wait a minute...make sense ga seh???


terakhir, sampai film usai, aku bingung dengan profesi Chow. katanya sih penulis. tapi adegan dia menulis dan apa yang ditulisnya ga jelas. kebanyakan adegan adalah dia pesta, make love, jalan, minum. itu aja.


2046, katanya judul novel yang ditulis Chow. dan film ini lompat-lompat antara adegan Chow dengan adegan novel itu. jadi bingung. mana sempat ada adegan pacaran ama android pula. OMG.


anyway, kalo ada keunggulannya:

1. Takuya Kimura emang keren
2. model baju chang-i emang keren. jadi mupeng
3. kutipan dialognya, pertanyaan-pertanyaannya, ada yang bagus. kalau kita merasa menjadi someone special for someone, yakin gitu kalo kita emang special buat dia? sepanjang film yang ada adalah keraguan tentang posisi tokoh terhadap tokoh lainnya.


apa artinya aku bagimu?


dan tentang 2046, tahun yang dituju orang-orang yang ingin mengumpulkan kenangan yang hilang, memory are traces of tears


No comments: