Thursday, December 01, 2005

nebeng

sudah sekitar sebulan ini gw pulang-pergi nebeng temen kantor. kebetulan dia bawa mobil. hanya jika di saat-saat tertentu - dia atau gw yang ga masuk - acara tebeng menebeng berubah.


jadi, berakhirlah kisah menanti bis P41 yang lebih jarang lewat ketimbang meteor. berakhirlah kisah bangun superpagi demi mengejar busway murah dan antidesak-desakan. berakhirlah sudah cerita jalan kaki lumayan jauh dari halte menuju kantor. berakhir, meski mungkin hanya sementara.


seneng juga sih nebeng. dari sisi mana pun, jelas nebeng itu menguntungkan. bebas desak-desakan, bebas copet, yakin dapat tempat duduk, mobil ber-AC, nyaman, full music, kadang ada makanan, hemat, dan numpang keren dunx.....^_^


tapi gw kehilangan beberapa hal. gw kehilangan keasyikan mengejar bus. gw kehilangan nuansa desak-desakan sama orang yang status: UDAH MANDI nya diragukan, gw kehilangan acara

"memegang-tas-erat-erat-demi-mencegah-hilangnya-survival-kit-dalam-hal-ini-dompet-dan-hp",
gw kehilangan keasyikan dilihatin orang (entah karena gw norak ato gw keren, tapi biasanya gw mikir karena gw manis sih....gw geto looo), dan yang terpenting, gw kehilangan keasyikan mempelajari raut sesama penumpang.


gw suka kalo lagi mau jalan-jalan, trus pas naik bis, ada penumpang yang dikit-dikit curi pandang, baik cewe maupun cowo. ada tiga kemungkinan: gw salting, gw cuek, gw ge er.


salting karena kadang gw mikir: apa bedak gw ketebelan? apa gw BB? apa dandanan gw norak?


cuek karena: ih lu ngapain si liat-liat. bete tau. tapi seringnya sih gw sok cuek. sok dingin. padahal hakkul yakin tampang gw kalo lagi cuek tuh judes banget. ha ha ha...


ge er kalo hari itu gw lagi pake kostum andalan yang gw tau bikin gw kereeen banget (kalimat narsis tingkat tinggi......antara pede ama narsis emang bedanya tipis). apalagi kalo yang ngeliatin cowo cakep.....cucucuiiii.....jarang-jarang kan ada cowo cakep naik bis desek-desekan. tapi think positive: dia orang kaya yang lagi nyamar buat cari calon istri. think negativenya: cakep-cakep ko kere...ha ha ha


dan lebih spesial lagi kalo yang ngeliatin tuh cewe. apa dia mikir: dimana gw beli blus keren kaya gini ya? ato ko paduan warnanya keren ya? dan mikir ga pedenya: duh tu cewe bedaknya ngaco ha ha ha....wajar kaaann...masa cewe ngeliatin cewe seeh....


nah soal acara terpenting, gara-gara gw suka ngerasa diliatin, gw jadi suka ngeliatin orang lain juga. kalo ada penumpang, gw suka ngira-ngira mulai dari umur, suku, pekerjaan, status, kebiasaan, gaya hidup, sampe udah berapa lama dia pake tu sepatu. coz dulu pas di bandung, gw perna iseng nebak kalo sepatu penumpang depan gw tuh masih gres. alasannya: kinclong banget putihnya boo.....kaya baru keluar toko


gw suka ngebayangin kehidupan mereka. menebak-nebak apa yang kira-kira melintas dalam
pikiran mereka selama perjalanan. nebak-nebak di mana mereka turun. dan dari mana asal mereka.


itu acara yang mungkin bagi banyak orang ga mutu banget, tapi buat gw: asyiikk.....


btw, gw juga suka nebak-nebak tentang orang yang gw temuin sepanjang jalan. maksud gw sesama pejalan kaki.


pagi ini ada yang cakep booo....tapi pas gw lihat jaketnya, halah kok ya ga jauh-jauh. temen kantor temen gw juga kayanya. kmana aja gw ampe ga liat tu orang sebelumnya??? ooo.........doi ngeliatin gw juga seh....mungkin karena gaya jalan gw yang kaya serdadu kebelet pipis. langkah tegap satu dua satu dua. kostum tak resmi kaya mau ngantor non-formal, apalgi bawa ransel. dan pake sendal. walah...pantes aja. lha wong dia pake jaket yang resmi gitu. sepatu mengilap. tapi tebakan gw, staf apaa getu....he he he.....dan meski ga ada hubungannya, matanya bagus coy.....


*ps: jangan cemburu ya.......*

No comments: