Wednesday, January 11, 2006

privacy please


mari bicara sejenak tentang privasi.


asal katanya privacy. menurut kamus (online) yang saya rujuk, privacy berarti right of, the right to be left alone without unwarranted intrusion by government, media, or other institutions or individuals.


singkat cerita, definisi yang jamak diterima untuk kata privasi adalah hak untuk menyendiri tanpa gangguan dari siapa pun.


dan saya yakin, hak itu melekat pada diri tiap manusia. bagi saya, privasi adalah hak bawaan sejak lahir, bukan hak pemberian.


dan tentunya, wajar jika saya terganggu saat ada yang nyelonong masuk begitu saja ke area privasi saya, dalam hal ini, kamar


ada kejadian di tempat kos saya yang cukup mengganggu. karena sebelum ini saya pernah menulis tentang beberapa teman kos, mari gunakan istilah yang sudah saya lekatkan sebelumnya.


kejadian ini seputar nona topan_badai. seingat saya, setidaknya sudah tiga kali dia nyelonong masuk tanpa permisi ke kamar saya.


yang pertama, beberapa bulan lalu. saya sedang tidur, dan dia masuk begitu saja untuk meminjam buku. oh tidak, kata meminjam kurang tepat. jauh lebih tepat jika gunakan kata mengambil. karena meminjam berarti seizin saya. dan bagaimana bisa saya memberikan izin selagi terlelap di dunia mimpi.


kejadian kedua, tiga malam lalu. dia meminjam setrika milik saya, dan mengembalikannya saat saya sudah terlelap dengan alasan, supaya saya tidak bingung kalau mau nyetrika pagi-pagi.


dan kejadian ketiga, dua malam lalu. sama juga. setrikaan.


tentang kejadian pertama, saya sudah memberitahu nona topan_badai kalau saya sangat tidak suka ada makhluk tak dikenal masuk ke kamar saya begitu saja. apalagi kalau saya lagi tidur. dan tentunya, dengan kecerdasan yang dimiliki nona topan_badai, saya mengira dia memahami maksud saya. intinya: kalau mau masuk kamarku, ketuk pintu. kalau tidak ada jawaban, jangan masuk.


tapi tentang kejadian kedua dan ketiga? OMG....again??? dan alasannya itu loh.


pertama, kalau emang dia ga mau saya bingung pagi-pagi, kenapa ga diletakkan saja di depan pintu kamar (dengan kondisi tidak tersambung ke steker tentunya) dan letakkan pesan di pintu kamar saya. selesai kan urusannya?


kedua, saya tidak terkena amnesia begitu parahnya hingga lupa siapa yang meminjam setrika itu. kalau saya butuh, akan saya ambil langsung pada sang peminjam. dalam hal ini nona topan_badai. dan kapan saya mau setrika, suka-suka saya dong.


ketiga, semua kejadian itu saat saya sedang lelap. bagaimana jika, saya lagi iseng karena kegerahan lantas tidur telanjang? apa dia tidak tambah shock? atau bagaimana jika ada barang saya yang hilang? wajar kan kalau saya menuduh dia? ya untungnya belum terjadi. dan semoga jangan pernah terjadi.



ufh......saya ingin dia:

1. mengetuk pintu sebelum masuk

2. masuk kamar setelah saya persilakan

3. tidak memporakporandakan kamar saya yang sedang dalam proses "perapian kembali"


dan catatan untuk diri sendiri: jangan lupa kunci kamar tiap malam. sebelum ini, saya nyaris tak pernah mengunci kamar. tapi setelah tiga kejadian itu, sepertinya saya perlu beli gembok.



*buat fath: ada hal-hal yang mungkin selamanya akan jadi privasiku, bahkan dari kamu*

3 comments:

WeenDee said...

Survey :
Jika anda mengetuk kamar orang lain dan tidak ada jawaban dari orang tersebut, apakah anda :
a. Tetap masuk
b. Kembali lagi dilain waktu
c. Ga perlu ngetuk lagii masuk aja

a. Pliiss, ask your parent, mama apakah saya diajarkan etika tata tertib sopan santun pas kecil?
b. Ohh mama, I Love you, mama mengajarkan saya menjadi anak yang beretika
c. Pliss, ini kamar bukan kandang

nYam said...

jawaban survey:

B. balik lagi...soale g lucu banget ngobrol ma windy kalo lagi bobo.....



jawaban buat yang kedua:


B juga....


n ps: kandang bisa jadi komentar orang tentang kamarku loh...."ini kamar cewe ko kaya kandang ayam..." he he he[canda ween......he he he]

alf said...

Hmm... seru juga baca posting ini.. ^_^

Emang kalo ada teman yg salah, wajib mengingatkan yaaa... tapi kalau udah sering diingatkan?? (Bebal?) hm.. ga ada salahnya marah langsung.. (complaint/ngomel/ngedumel didepannya, asal jangan main fisik) Xixixi...

IMHO, privasi adalah hak qt.. dan itu juga bermula dari kemampuan qt sendiri untuk menuntut dan menjaganya. Kalau qt tidak berusaha juga untuk itu, kan bisa aja dijadikan kesalahan qt.. coba seandainya bukan teman yang masuk... orang yg berniat jahat misalnya.. bagaimana tuh?? syeereem..

Halah koq pake gembok segala? kuncinya sudah tak berfungsi?

Seperti contoh di hotel, biasanya ada gantungan digagang pintu yang menandakan kalau kamar sedang dipakai atau si penghuni tidak mau diganggu..

cheers,
# Let us have faith that Right makes Might, and in that faith let us to the end dare to do our duty as we understand it.
~ Abraham Lincoln ~