Friday, January 06, 2006

Shattered Glass


Sinopsis:

Film produksi tahun 2003 ini diangkat dari kisah nyata Stephen Glass, wartawan di majalah The New Republic. Dia mengarang 27 dari 41 berita yang ditulisnya untuk TNR. Mengarang dalam hal ini berarti mereka kisah, tokoh, fakta, dan lain-lain.


Kecurangannya terbongkar saat wartawan Forbes Digital, Adam Pennenberg, menemukan kejanggalan dalam kisah Hack Heaven yang ditulis Stephen. dari situlah, Chuck, editor Stephen, mulai menelusuri setiap kisah mencurigakan yang pernah ditulis Stephen.


Film ini menggambarkan kurun tahun 1998 kala kecurangan Stephen terbongkar.

Pemain:
Hayden Christensen, Peter Sarsgaard, Chloe Sevigny, Melanie Lynsky, Steve Zahn, Hank Azaria,

Sutradara:
Billy Ray

Pendapatku:


jalan ceritanya datar, bisa ditebak, tapi mengesankan. yang jelas, aku terbawa emosi hingga sebal pada tokoh si stephen glass. dia menggunakan lapis demi lapis kebohongan untuk menutupi kebohongan lainnya. dan di atas semua itu, ia menggunakan sikap manis sok innocent untuk merebut hati orang-orang sekitarnya.


usai menonton film ini (dari dvd), aku langsung mencari artikel tentang stephen glass dan jayson balir. nama terakhir adalah versi terbaru stephen glass. aku membaca cukup banyak sumber dan makin sadar bahwa kita tak bisa sepenuhnya mempercayai media.


di pekerjaanku sebelum ini, aku sempat mengedit buku yang antara lain berisi kecurangan media demi mendukung pemerintah. dalam hal ini amerika serikat. beberapa nama dan beberapa media disebut di dalamnya.



busuk juga ternyata..............


apa yang kita lihat, tak pernah sesederhana penampakannya



kritis itu harus
paranoid itu jangan

No comments: