Monday, February 27, 2006

PSSI...apa yang kau lakukan pada AREMA???

November 2005 silam, tepatnya tanggal 19, aku, Nia, Anung, Junaedi, dan Fath bersorak sorai bersama ribuan suporter lain di Senayan kala menonton Arema menaklukkan Persija.


aku ingat jelas, bahwa saat itulah aku mulai memperhatikan sepakbola Indonesia. selama ini, setiap kali buka media olahraga apa pun, jika sampai di bagian sepakbola, pasti yang kulihat tak jauh dari Liga Italia, Liga Inggris, atau Liga Spanyol.


masih terngiang jelas seru terompet yang kami bunyikan. pijar kembang api di tribun. lemparan botol aqua oleh suporter yang tak puas.


sabtu lalu, Fath memberitahuku bahwa Arema dan Persipura didiskualifikasi dari Liga Champions Asia. ajang yang berhak mereka ikuti sebagai pemenang Liga Indonesia dan Copa Dji Sam Soe. dan penyebab diskualifikasi itu sangat sepele: keterlambatan PSSI menyerahkan formulir pendaftaran kedua klub itu.


aku tak percaya alasannya begitu remeh. terlambat menyerahkan formulir adalah alasan yang begitu tak masuk akal. sebuah liga tentunya harus disikapi dengan profesional. bukan dengan sikap acuh tak acuh seperti itu.


begitu sibuknya kah pengurus PSSI hingga melewatkan tenggat waktu penyerahan formulir? begitu abainya kah mereka terhadap citra sepakbola Indonesia?


ini bukan pendaftaran Indonesian Idol atau ajang kompetisi sejenis yang kalau pun formulir terlambat diserahkan, tidak akan mempengaruhi nasib begitu banyak orang.


pertimbangkan semangat menyala pemain kedua tim yang telah mengerahkan kemampuan terbaik mereka demi tiket Liga Champions. bayangkan perasaan ratusan ribu suporter yang mengharapkan tim kesayangan mereka berjaya. menorehkan citra baik di sisi kebopengan olahraga kita.


keterlambatan penyerahan formulir itu bukan keteledoran. itu sebuah SKANDAL!!!!!!!!! cuilan gunung es dari ketidakprofesionalan PSSI. apa susahnya sih menset reminder di handphone sebagai alarm pengingat? apa susahnya sih minta sekretaris mengingatkan?


di telingaku masih terngiang keriuhan Senayan November silam. tapi kini keriuhan itu diselingi isak tangis..........................


PSSI: apa yang kau lakukan pada tim yang seharusnya kau dukung?


*ada orang yang berusaha berjaya. dan ada orang yang begitu mudah mematahkan usaha itu*

1 comment:

fath said...

kesalahan fatal.jd inget"Bola"no.1598.disitu disorot manajemen PSSI yg tdk profesional.ada cerita lucu(skaligus memalukan),ketika pemaparan Vision Asia d Jkt oleh AFC(Asian Football Confederation),Nugraha Besoes-Sekjen PSSI-mmperkenalkan pengurus teras PSSI yg bkerja tanpa pamrih dan tdk digaji.apa tanggapan Peter Velappan(Sekjen AFC)?menyayangkan dan kecewa."kontraprestasi"merupakan salah satu tolak ukur dari profesionalitas.
maunya pamer,malah bikin malu.....
"AREMANIA.......we don't go anywhere..we're everywhere..."