Monday, March 27, 2006

PESAT 5 Sesi III: part two

ini lanjutannya

kalo tentang peran suami dalam pemberian ASI, yah jelas gede lah. bapaknya anak-anak gitu loh. so cowo-cowo sedunia, dukunglah istri kalian memberi ASI eksklusif selama 6 bulan pertama, dan dilanjutkan hingga usia anak mencapai kurleb 2 tahun. coz belum tentu keluarga mendukung kan? kmaren juga dijelasin tentang berbagai posisi menyusui de el el.


kalo tentang ibu bekerja, emang susah ya kalo punya baby sementara musti kerja. nah bagi yang baru punya baby, coba bicara ama perusahaan supaya ada ruangan untuk memerah ASI. masa memerah ASI di toilet? dan FYI, hak bagi ibu menyusui tercantum loh di UU Ketenagakerjaan. kalo g salah nomer 13 tahun 2003. tapi pertama, si ibu harus punya komitmen kuat untuk memberi ASI eksklusif bagi bayinya.


kmaren juga dijelaskan tentang teknik memerah, menyimpan, dan memeriksa apakah ASI masih layak pakai atau nggak. pake ada slide nya lagi.


dan ditayangkan film pendek yang menunjukkan beda antara bayi yang pas lahir langsung diserahkan pada ibunya untuk menyusu (setelah dilap tentunya) dengan bayi yang dimandiin dulu baru diserahkan pada sang ibu. bayi pertama tuh refleks bergerak mencari ibunya dan langsung menyusu. sementara bayi kedua ogah-ogahan gitu. subhanallah, daku sampe berkaca-kaca pas ngeliatnya.

banyak banget yang aku pelajari kemaren. merawat bayi kan ga bisa learning by doing. emangnya bayi buat eksperimen? ada hal-hal yang bisa dipelajari lebih awal kan?


oia, ga tau kenapa mendadak kmaren inget lirik lagunya jamrud - kau dan ibumu. potongannya ada yang kaya gini nih:

Tapi harus janji setelah dapat ibu

Kau minum susumu dari botol plastik

Karena "punya ibu" hanya untuk aku



mustinya tu lagu di-banned aja ya. ato minimal diprotes lah. ko ga mendukung program ASI eksklusif gitu.


*yangsedangbertanyatanyabakaljadiibusepertiapa*

No comments: