Friday, April 07, 2006

Aides Oges


pernah makan anduk tebal? atau oges maya api-api. atau gol agit amil, es josuwa, lecep, penghijauan, hedol, indosiar, dan sederet menu "aneh" lainnya.


sebenernya ga aneh sih. salah satu "kekhasan" malang adalah bahasa walikan alias dibalik. mobil jadi libom, arek jadi kera, sego alias nasi jadi oges. tapi pas pertama aku melihat warung ini, aku sempat bingung. selain dibalik-balik, ada istilah aneh-anehnya juga.


penasaranku terbayar saat liburan nyepi kemarin. aku dan fath makan siang di sana. aku bingung ama menunya. tapi ternyata gampang euy. anduk tebal itu maksudnya babat. oges maya api-api mungkin nasi plus ayam bakar. es josuwa itu es plus extra joss plus susu. indosiar maksudnya ikan. kalo gol agit amil, itu maksudnya gule kambing. kenapa agit amil? kalo dibalik kan tiga lima tuh. angka 35 konon katanya kode judi buntut untuk menyebut kambing. OMG. dan kasop pecut ipas? oh itu sop buntut ^_^


dari segi pelayanan, ramah dan cepat. rupanya warung ini sudah punya pelanggan tetap, jadi kalau ada langganan yang datang, si ibu haji plus asistennya udah hapal ni orang mau pesen apa.

tempatnya juga bersih. ada dua tempat makan, yang satu di depan dengan bangku panjang kaya di tenda nasi goreng gitu dan satu lagi di dalam. yang di dalam kaya ruang makan di rumah. ya wajar sih, lha wong warung ini juga bagian dari rumah. antara ruang dalam dan depan dipisah oleh dapur. rumah ini udah lama, mungkin sejak jaman belanda. kalo dari depan sih, kayanya warungnya sempit. tapi di dalam...gede banget.


oia, penggunaan menu bukan hanya secara tulisan tapi juga lisan. jadi pas ada yang dateng, langsung diteriakin: es josuwa siji. he he he


kalo lagi ke malang, coba makan di sini deh. alamatnya di Jl. KH Ahmad Dahlan. kalo binun ini di mana, cari aja alun-alun malang, trus mitra 1. nah dari mitra 1 lurus aja. nyampe deh. dari pasar besar juga bisa, lewat jalan apa tuh ya namanya...pokoke samping altara lurus aja, belok kiri udah ahmad dahlan deh.


hayo nang ngalam ker

No comments: