Tuesday, April 11, 2006

gonta ganti

note: posting ini dibuat setelah bengong melihat infotainment tentang pernikahan seorang artis yang setahuku sudah menikah. eh ternyata dah cerai toh??? *kuper*

scene 1:

nyonya X datang ke kantor kelurahan buwat urus KTP.


nyonya X: "pagi, Pak"
petugas: "pagi, Bu. ada yang bisa dibantu?"
nyonya X: "saya mau urus perubahan data di KTP dan KK"
petugas: "data apa yang mau diubah ya?"
nyonya X: "ini, agama"
petugas: "mau diganti jadi apa?"
nyonya X: "jadi agama A"
petugas: "begini Bu, beberapa tahun lalu, Ibu ke sini buwat ganti dari agama A jadi B. terus sekarang ganti lagi dari B ke A. kira-kira dalam beberapa tahun mendatang, ibu bakal ganti lagi ga? "
nyonya X: (bengong)
petugas: "saran saya, mending Ibu putusin dulu deh, Ibu mau menganut agama apa seumur hidup. kalau ganti-ganti terus, yang pusing saya. masa ngganti-ngganti terus. bisa dijitak sama atasan ntar. bisa-bisa saya dituding boros bahan baku KTP. kalo dah mantep, Ibu ke sini lagi deh. ya ya ya"
nyonya X: (masih bengong)


scene 2:

tuan Y datang ke kantor kelurahan juga.

tuan Y: "pagi, Pak"
petugas: "pagi, Pak. ada yang bisa dibantu?"
tuan Y: "saya mau urus perubahan data di KTP dan KK"
petugas: "data apa yang mau diubah ya?"
tuan Y: "ini, data keluarga dan status"
petugas: "mau diganti jadi apa?"
tuan Y: "jadi di sini, saya mau ganti nama istri dan di KTP, status jadi Menikah"
petugas: "begini Pak, beberapa bulan lalu, Bapak ke sini buwat bikin KK. nama istri nyonya A dan KTP status jadi Menikah. trus ga lama, Bapak ke sini lagi, ganti status KTP jadi Duda. trus sekarang ke sini lagi, ganti nama istri dan status KTP jadi Menikah. kira-kira dalam beberapa bulan mendatang, Bapak bakal ganti status dan nama istri lagi ga? "
tuan Y: (bengong)
petugas: "saran saya, mending Bapak putusin dulu deh, Bapak mau status nya apa, trus mau nama istri siapa. biar gampang di data kependudukan. kalo udah mantep, Bapak ke sini lagi. gimana?"
tuan Y: (masih bengong)


aku ga tau bener apa ga prosedurnya. so far sih aku ga perna ganti-ganti macem-macem di KTP. ngurus KTP juga cuma ke kelurahan dan kecamatan. dan lom perna urus KK. dan aku juga ga yakin petugas bakal ngomong kaya gitu. hal-hal itu kan terlalu pribadi untuk diusik-usik. tapi aku terusik juga melihat mudahnya public figure (atau setidaknya yang mengaku dan merasa public figure) berganti komitmen.


agama dan pernikahan. dua hal yang perlu komitmen kuat agar tak mudah berpaling. kalau dalam hal yang penting itu saja mudah berpaling, bagaimana dengan hal lain yah?

4 comments:

~dhia~ said...

Jeng...di KTP terbaru sekarang gak ada nyantumin status menikah lagi.....Jadi scene 2 nya batal...kekekekek

nYam said...

walah, kok di KTP ku masih ya? padahal baru ngurus loh akhir tahun lalu.

jadi ga bisa ngaku jomblo wekekekekek...

tapi agama masih kan?
*penasaran dengan perkembangan ktp*

windx said...

hmmm....
my parents are commited.
they both commited on BOTH religion
and mariage.

but somehow, for most people. that is still be a problem....

WindY said...

Status di KTP?? Hehehee dah ga ada bu jaman ktp baru mah..ktp nya masih yang kertas gitu yah? KTP yang baru kan tebal gitu kayak ATM, nah tak ada lagi soal status gituu..kecuali di KK.

Nah utk agama harus ada dunk, dan emang ada kok..

Btw tempat km bikin KTP adanya stok lama tuh hehe..soalnya kayaknya di PLG dah pake yang baru semua...ga ada status..en tebel..