Wednesday, May 03, 2006

satpam paling tolol

kalo kamu sedang berada di lokasi yang asing, dan kamu ga yakin harus menuju ke mana, maka ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

1. terus berjalan dan berusaha mencari. modal nekat dan rela nyasar
2. celingak celinguk mencari orang yang tampak tahu lokasi dan bertanya, harus ke mana untuk mencapai tempat yang kamu tuju.


kemarin, aku melakukan poin ke-2 itu dua kali. pertama di kantor Depdiknas cipete (atau Depdikbud?). dan kedua di Depdiknas Senayan. keduanya dalam rangka mengurus surat rekomendasi mutasi untuk ayahku, mutasi yang sebenarnya sudah terjadi lebih dari tiga tahun silam tapi urusan administrasinya terhambat oleh sistem Depdiknas yang carut marut.


di kantor Cipete, aku bermaksud bertemu Ibu D. setelah tanya satpam, aku sampai di salah satu gedung. pas masuk, lho kok kosong? aku coba masuk salah satu ruangan dan dapat informasi bahwa Ibu D sekarang berkantor di Senayan.

aku: kalau boleh tahu, beliau di gedung yang mana?
staf A: ya mbak dateng aja ke senayan, terus tanya Bu D di mana
aku: maksud saya, kantor Diknas di senayan itu kan terdiri dari beberapa gedung. seingat saya, kalau kita masuk di sisi kiri ada perpustakaan, dan ada beberapa gedung lain. nah pertanyaan saya: di gedung yang mana Ibu D berkantor?
staf A: ya mbak cari aja, masa nanya aja ga bisa?
aku: ya maaf, saya kan ga tahu makanya saya nanya (dalam hati aku ingin nabok tuh orang pake The Broker yang sedang kubawa).
staf B: kalo ga salah, ibu D sekarang di gedung E lantai 14. mbak ke sana aja
aku: makasih


babak pertama usai


di kantor senayan, sedang ada upacara Hardiknas. bagus lah, berarti ada kemungkinan si Ibu D ini ada. pas masuk, lho kok peserta upacara pada lesehan di rumput? sementara siswa SD-SMP-SMA yang ikut upacara harus berdiri tegak. curaaaaangg...

back to the story. aku bertanya pada salah satu bapak-bapak yang sedang santai, di mana gedung E gerangan? dia menyuruhku ke satpam yang lagi duduk-duduk sambil ngobrol. di sinilah kesialan kedua dimulai.
aku: maaf pak, saya mau ke gedung E. itu di sebelah mana ya?
satpam: (sambil terus ngobrol dengan rekan di sebelahnya, hanya mengacungkan telunjuk seperti sedang tahiyat)
aku: (bengong) maksudnya?
satpam: (tetap mengacungkan telunjuk, persisnya ke arahku)
aku: pak, gedung E di mana ya?
satpam: ya mbak lurus aja
aku: begini, sekedar memperjelas, acungan jari bapak tadi bagi saya bukan petunjuk arah yang baik. dari sini, saya melihat ada jalan, dan beberapa gedung. jadi maukah bapak berbaikhati memberitahu saya, untuk mencapai gedung E, dari sini saya harus ke kanan atau ke kiri? atau lurus dan belok-belok?
satpam: ya mbak lurus aja, ntar ada kok nama gedungnya. tuh kelihatan dari sini.
aku: mana? saya ga lihat ada huruf E di gedung-gedung sini
satpam: ada, di bagian bawah (OMG, maksud lo, gw musti mengerahkan segenap kemampuan mata minus gw biar bisa melihat menembus gedung-gedung ini demi mencari tulisan GEDUNG E begitu??? dasar dodol!!!!)
aku: ya sudah, saya cari sendiri. tapi bener lho pak, bagi saya, ngacung kaya gitu tadi sama sekali bukan petunjuk arah


setelah itu aku pergi, mencari sendiri gedung E. dan tahu ga seeehhh....gedung E itu dari tempat aku nanya tadi, harus jalan lurus lalu belok kiri!!!!!! dan di mana nama gedungnya? bener-bener di bagian bawah, paling cuma sepinggangku. ga mencolok pulak!!!!


aku tahu Depdiknas adalah departemen yang paling korup di Indonesia. aku juga semakin yakin bahwa Depdiknas adalah departemen dengan birokrasi paling njelimet di Indonesia. tapi sekarang aku juga jadi tahu, bahwa Depdiknas adalah departemen yang memiliki satpam paling tolol di Indonesia, yang bahkan tidak bisa menunjukkan arah dengan benar.


*hardiknas=hari saat sebaiknya menghardik seseorang itu diizinkan*

7 comments:

Di said...

hiyahhahahhahhhhhahahhahahahhahah


aseliii sumpeee dah lucu bangeeetttt hahahhaha

keling said...

Hahahaaa... ono2 ae....

~dhia~ said...

hehe..ada yg lagi emosi jiwa niyyh..kabur aaahhhh

.n.a.n.a.t.e.r.b.a.n.g. said...

sabar mbak.. sabar mbak.. hihihi
untung satpam di kantor saya gak keq gt. Org yg nganter pesenan delivery aja pasti dianterin ampe ketemu orngnya.
btw,saya stuju nih ama arti hardiknas :P

CacingKepanasan said...

wah sabar ya mbak Nyam, tapi kok gitu banged ya? pantesan Indonesia kagak maju2 soalnya ngasih tau arah bangunan aja susah, apalgi ngasih tau arah bangsa he..he.. :P

nYam said...

@all: yah begitulah...aku binun tu orang nuding ke mana. ada tiga bangunan di arah tudingan dia getooo...ampun deh


bikin pelatihan penunjukan arah khusus satpam yuuu

Nurul said...

say..aku jadi langsung ngebayangin tampangmu waktu nanya ama satpam itu..khas banget dah..hi..jadi kangen