Sunday, July 30, 2006

PESAT part I

skali ini beda ah postingnya. aku posting soal woro-woro seminar PESAT 6 yaa....berhubung aku ikutan jadi panitia juga gitu hihihi. btw, ini ga khusus ortu aja yah. namanya juga belajar. lagian di mana lagi gitu cari tahu soal kesehatan anak dan keluarga komplit ^_^ kan katanya anak itu ujian, sebelum menjalani ujian, belajar dulu dunx. kali-kali ga ada kesempatan nyontek. untuk mekanisme pembayaran, di posting setelah ini yax. hayu hayu hayu...ikutan.

Dear All,

Menjadi orangtua adalah anugerah terindah dari Sang Pencipta, sekaligus merupakan tantangan terbesar dalam hidup. Terlebih bila buah hati tercinta sakit. Pengetahuan yang komprehensif tentang kesehatan anak merupakan salah satu bekal bagi orangtua untuk mampu berpikir dan bertindak secara rasional.

Untuk itu, Yayasan Orangtua Peduli kembali mengadakan Paket Edukasi Orangtua Sehat 6 di Jakarta (PESAT 6 Jakarta). Kegiatan ini dibawah bimbingan dr. Purnamawati, SpAk, MMPed dan didukung oleh WHO (World Health Organization) Indonesia.

Adapun rincian acaranya, sebagai berikut :

Sesi I – 12 Agustus 2006 (09.00 – 13.00 WIB)

Topik 1 : Best Health Care (dr. Purnamawati, SpAk, MMPed )

Bagaimana mewujudkan partnership antara tenaga medis dan konsumen kesehatan? Temukan bahasan lengkapnya di sini.

Topik 2 : Apa yang orangtua perlu tahu tentang tata laksana bayi baru lahir (newborn)? (dr. Davide Manissero – WHO Indonesia)

Tes apa saja yang dilakukan oleh dokter pada newborn? Perlukah bayi yang baru saja dilahirkan dimandikan? Bagaimana tata laksana early latch-on? dll

Diskusi ini akan menambah pengetahuan Anda tentang serba-serbi bayi baru lahir.

Topik 3 : Imunisasi dan Penyakit yang Dicegahnya (Lydia Iswara) Bagaimana kerja vaksin dalam melindungi tubuh? Apakah imunisasi ada efek sampingnya? Apa yang dimaksud dengan catch-up immunization? Apa itu imunisasi simultan? dan banyak lagi. Semuanya akan dikupas tuntas di sini.


Sesi II – 9 September 2006 (09.00 – 13.00 WIB)

Topik 1 : ASI/KLASI (Luluk L. Soraya, Iwan.)

ASI adalah makanan terbaik bagi bayi. Mengapa ASI eksklusif 6 bulan? Apa saja kiat untuk sukses ASI eksklusif? ASI eksklusif dan ibu bekerja. Mungkinkah? Apa saja problema seputar ASI dan menyusui? Anda akan menemukan jawabannya dalam diskusi seru di sesi khusus ini. Simak juga pengalaman seorang breastfeeding father.

Topik 2 : Feeding/MPASI (Dewi Joris)

Bagaimana sih cara yang paling baik untuk memperkenalkan solid food? Bingung, anak GTM (Gerakan Tutup Mulut)? Puyeng, anak sedikit atau susah sekali minum susu? Seperti apa sih konsep pemberian makan yang baik pada anak? Bagaimana menerjemahkan piramida makanan dalam pola makan anak sehari-hari? dll

Topik 3 : Menilai Pertumbuhan Anak (Pudji Yulianti Sukri)

Orangtua cenderung menghabiskan banyak pikiran dan energi untuk urusan BB anak. Apakah anak gemuk itu pasti sehat? Dan anak yang cenderung langsing/kurus itu pasti kurang gizi? Bagaimana cara membaca growth chart yang benar? Apa itu Body Mass Index dan apa fungsinya? Mari kita menilai pertumbuhan anak dengan bijak.

Sesi III – 11 November 2006 (09.00 – 13.00)

Topik 1 : Demam dan Kejang Demam (dr. Astrid Saraswati)

Tuhan menciptakan mekanisme demam, pasti ada maksudnya. Tahukah kita? Kapan saat yang tepat untuk memberikan obat penurun demam? Berbahayakah kejang demam? Apakah tiap kali anak demam perlu diberi obat anti kejang? Agar tak selalu bingung dan panik ketika anak demam, ikuti penjelasan tentang demam dan kejang demam, berikut tata laksana penanganannya.

Topik 2 : Seputar Kesehatan Gigi Anak (drg. Suzanty)

Kapan sebaiknya anak mulai dibawa ke dokter gigi? Bagaimana membersihkan gigi anak yang baik? Kapan ya anak perlu pasta gigi? Tahukah Anda bahwa kesehatan gigi susu mempengaruhi gigi tetap anak kelak? Temukan jawabannya di sini.


Topik 3 : Kuning Pada Bayi Baru Lahir (dr. Purnamawati, SpAk, MMPed)

Apa yang menyebabkan kuning pada bayi baru lahir? Berbahayakah itu? Apakah tes bilirubin mutlak dilakukan pada setiap bayi baru lahir? Apakah untuk menghilangkan jaundice in newborn mutlak dilakukan penyinaran? Diskusikan pada sesi ini.


Sesi IV – 2 Desember 2006 (09.00 – 13.00)

Topik 1 : Antibiotika (AB) (Prof. Amin Soebandrio)

Ingus anak sudah berwarna hijau. Apakah itu pertanda ia perlu diberi antibiotik? ”Kalau diresepkan antibiotik, harus dihabiskan....”. Benarkah? Temukan penjelasan tentang Antibiotika, saat tepat untuk mengkonsumsi dan tata laksana konsumsi antibiotika, dalam sesi khusus tentang AB ini.

Topik 2 : Common Problems in Children dan Peran AB (dr. Purnamawati, SpAk, MMPed)

Common colds (batuk+pilek), diare, muntah, infeksi telinga adalah beberapa penyakit yang sering diderita anak-anak. Kebanyakan penyakit langganan anak-anak disebabkan oleh infeksi virus. Sudah tahukah kita tata laksana yang tepat untuk itu? Does my child really need drugs? Diskusikan di sini.

Sesi V – 6 Januari 2006 (09.00 – 13.00)

Topik 1 : Penggunaan Obat Secara Rasional (dra. Rina Mutiara, dr. Purnamawati, SpAk, MMPed)

Apakah setiap gejala penyakit harus diobati (a pill for an ill)? Perlukah kita mengetahui efek samping dari obat? Apa beda obat paten dengan obat generik? Apa itu polifarmasi? dll. Jangan sampai ketinggalan diskusi ini agar kita dapat lebih bijak dan rasional menggunakan obat.

Topik 2 : Seputar Kesehatan Kulit Anak (dr. Farian Sakinah)

Milia, nappy rash (ruam popok), cradle cap (kerak topi), biang keringat adalah beberapa masalah kulit yang sering dijumpai pada bayi, tapi cukup membuat pusing kepala orangtua. Bagaimana membedakan bercak merah roseola dengan campak? Temukan penjelasan tentang segala hal yang berkaitan dengan kulit bayi dan anak di sini.


Sesi VI – 27 Januari 2007 (09.00 – 13.00)

Topik 1 : Perkembangan Anak (Hanni Armansyah)

Seorang anak tidak hanya bertambah BB dan TB-nya tetapi ia juga mengalami perkembangan emosi dan intelektualnya. Bagaimana menilai perkembangan anak dengan bijak dan obyektif? Bagaimana memberikan stimulasi dini yang baik dan tepat pada anak? Bagaimana sebaiknya menangani perilaku tantrum (temper tantrum) anak? Dan masih banyak lagi yang dapat Anda diskusikan bersama narasumber pada sesi ini.

Topik 2 : TBC Pada Anak (dr. Davide Manissero, Gendi Jatikusumah)

Flek di paru-paru = TBC, benarkah demikian? Tahukah kita bahwa menegakkan diagnosa TBC pada anak itu sangat sulit? Overdiagnosed of TB berkonsekuensi anak harus rutin minum obat anti TBC yang akan berefek pada hatinya. Temukan penjelasan yang sebenarnya tentang TBC pada anak pada sesi ini.


Mekanisme pendaftaran dan pembayaran Pesat 6 Jakarta akan disampaikan secara terpisah.

Salam SEHAT,

Panitia Pesat 6 Jakarta


maap kopi-paste. biar cepet gitu

4 comments:

ARS CooL said...

"..Topik 1 : ASI/KLASI (Luluk L. Soraya, Iwan.)

ASI adalah makanan terbaik bagi bayi. Mengapa ASI eksklusif 6 bulan? Apa saja kiat untuk sukses ASI eksklusif? ASI eksklusif dan ibu bekerja. Mungkinkah? Apa saja problema seputar ASI dan menyusui? Anda akan menemukan jawabannya dalam diskusi seru di sesi khusus ini. Simak juga pengalaman seorang breastfeeding father..."

Ini ada contoh prakteknya ga? Qeqeqeqeqe... :D

nYam said...

@ARS: diajarin tip tip memerah ASI. kan ada pilemnya ^_^. dijamin ga bakal kena RUU pornografi apalagi sampe digugat FPI ^_^

*kabur*

ARS CooL said...

Pinjem donkz.... :p~

nYam said...

@ARS: ha ha ha...ikutan dong, baru dipinjemin

*napsu promosi lagi meluaph-luaph*