Tuesday, August 22, 2006

pitulasan holiday: day I

16 Agustus 2006
pagi-pagi dah nebeng Iwan sampe kantor. bawa satu ransel plus koper (pinjeman). gara-gara Hani minta dibawain buku-buku kuliah dulu. dia kan diterima di IF UIN Malang, jadi buku yang seabreg itu dibawa pulang deh. ya itung-itung nyicil pindahan.

rencana berangkat jam 16.00, dianter Fath. eh dia ga bisa bawa motor bcoz lagi kurang sehat. ya wes, naik kendaraan umum. tappii...sampe jam 15.45, dia masih di RSPP. huaaa....mana kata Mas Irwan:
macet banget. mending brangkat sekarang

akhirnya aku langsung panggil taksi. dan bener, macet di menteng sampe gambir. sejam euy. eh Gajayana telat berangkat juga. jam 18.00 berangkatlah daku meninggalkan Jakarta. c u.....

17 Agustus 2006
di stasiun kereta pukul setengah dua
duduk aku menunggu tanya loket dan penjaga
kereta tiba pukul berapa
biasanya.....kereta terlambat
dua jam itu biasa


kalo menurut tiket, seharusnya nyampe Malang jam 08.18. eh ternyata baru datang jam 09.15. Ayah-Ummi-Hasnia dah "ngentang" saking lamanya nunggu. udah gitu, ga bisa langsung keluar parkir gara-gara kehalang becak. huhuhu, jadi pengen naik becak.

sampe rumah, langsung cuci tangan-ambil piring-sendok nasi-ambil mendol-rawon. makaaan. abis itu ngobrol-ngobrol ama Ummi sambil leyeh-leyeh. mulai mengira-ngira berapa orang yang akan diundang, plus mikir katering, perkiraan susunan acara dll. Wak To, asisten Ummi urusan sawah, udah usul beli sapi aja. jadi ga perlu beli daging untuk hari H. blio juga udah menyanggupi nyembelih tu sapi. huee...menu aja lom jelas mau apaan. dan lagi, pas denger urutan acara dari Ummi, kok aku jadi mumet ya? duh ini efek train-lag. tidur dulu aah.

sore-sore Hani datang dari asrama. oia, peraturan UIN mengharuskan mahasiswa baru di ma'had selama setahun. Hani muncul dengan kalimat:
masa ngecharge HP aja musti bayar lima ratus?
masih untung boleh bawa HP. lah kalo dulu pas aku jadi panitia OSPEK, boro-boro HP, arloji aja ga boleh ^_^

malamnya kami ke syukuran nikahan Mas Andi, sepupuku. mendadak banget, sesuai sifat Mas Andi yang sa'dheg sa'nyeg. berhubung calon istrinya di Solo, jadi malam itu juga mereka ke Solo, sewa bus, soale akad tanggal 18 Agustus. ah iya, Mbak Lis (kakak Mas Andi), ngomel-ngomel gara-gara Mas Andi manut permintaan pihak wanita supaya ijab kabul pake bahasa Indonesia. padahal secara default, dalam keluarga, itu tuh pake bahasa Arab, meski pihak besan pake bahasa Indonesia/Jawa, tetep aja keluarga bakal pake bahasa Arab. apalagi kalo dipikir-pikir, kalimat akad pake bahasa Arab lebih singkat daripada bahasa Indonesia.

malam itu ditutup dengan pelatihan ijab kabul bahasa Arab dari ayahku kepada Mas Andi. semua versi keluar, mau versi paling singkat (cuma bilang: qabiltu dzaalik) atow versi lebih panjang dikit. nah versi panjang ini yang aku lupa. lha wong ga bakal ngucapin je....

pertanyaan: kenapa tiap kali aku mudik, pangsit wandiasih tutup?

No comments: