Thursday, November 02, 2006

Idul Fitri 1427 H

ikut Idul Fitri 1427 H hari Senin atau Selasa?
itulah pertanyaan wajib tamu kami dan tuan rumah yang kami kunjungi dalam Idul Fitri kali ini.

sebelum mudik, aku terima email berisi hisab PP Muhammadiyah tentang penetapan 1 Syawal 1427 H. di sana ditetapkan bahwa 1 Syawal 1427 H akan jatuh pada hari Senin, 23 Oktober 2006.

keluarga Fath mengikuti keputusan itu. sementara keluargaku menunggu hasil rukyat. selama ini, kami memang lebih memilih hasil melihat hilal daripada hisab.

Minggu malam, Departemen Agama mengadakan sidang isbat. hasilnya: 1 Syawal 1427 H jatuh pada hari Selasa, 24 Oktober 2006. kalo ada yang mau lebaran satu hari lebih awal, ya monggo kerso.

sekitar pukul 22.00, pihak takmir masjid, yang meminta Ayah jadi imam+khatib Shalat Ied, datang ke rumah untuk menanyakan Ayah ikut lebaran yang mana. berhubung hasil sidang isbat sudah keluar, Ayah jawab Selasa.

eh kok masjid sekitar rumah mulai takbiran? padahal mereka ga bakal takbiran kalo belum ada berita dari MWC NU. karena penasaran, sekitar pukul 23.00 ayah nelpon ke teman-temannya. dan didapatlah berita bahwa sekitar pukul 17.30, di Bangkalan sudah tampak hilal.

akhirnya tengah malam Ayah nyetir ke arah Armed (kalo ga salah ini Yonif Brawijaya) en minta mereka siap-siap Shalat Ied besok. untung mereka semua tentara, jadi cepet disuruh-suruhnya he he he

malam itu ga ada yang tidur. cuma aku en Hasnia aja yang dengan tenang memeluk guling sampe menjelang subuh. kecapean abis beberes dari pagi.

konon, laporan tampaknya hilal di Bangkalan tidak ditanggapi oleh pihak yang mengikuti sidang isbat di Jakarta. duh.....

Shalat Ied ini kami dijemput pake kijang ijo militer yang dikit-dikit mati mesin. yuhuu...bapak Pangab, ini ada bawahan Anda minta dana perawatan kendaraan ditambahin niih. masa mau belok aja musti matiin mesin. btw, dua tentara yang jemput kami (pak Agus dan pak Susanto) masih single en minta dicariin jodoh he he he. ada yang mau? tapi ga sempet difoto T_T

2 comments:

Riana said...

Selamet bronis kukusnyaaaaa...
Aku lebarannya hari senin, muterrrr nyari mesjid gak ada yang lebaran hari Senin, huhuhu.. bener2 deh nih pasar minggu basisnya gus dur :)

nYam said...

@Mbak Riana: sama dunx, kami senin juga. tamu yang dateng disuguhin brokus itu, en kalo liat wajahnya, kayanya mereka berusaha yakin kalo tu brokus ga beracun ^_^