Tuesday, December 19, 2006

kulit kentang

ada yang tersisa dari acara resepsi lalu. noda bekas luka di tanganku.

ya benar, kulitku sensitif banget sama logam atau bahan kulit. pas resepsi kemarin, tahu lah ya kalo pengantin wanita tuh dipasangin berbagai asesoris. jadi lah segala gelang, cincin, kalung, bros dll nemplok. dan itu semua dari ibu perias. asesorisnya dipasang sekitar jam delapan pagi, dan dilepas sekitar jam 3 sore.

walhasil, di pergelangan tanganku muncul bentol-bentol merah. di jari yang dipasangi cincin juga. untung aku pake dalaman, kalo ga, di leher juga muncul tuh. guatel buanget.

usai resepsi ngunduh mantu, seminggu kemudian, hal yang sama terjadi lagi. padahal kali ini semua gelang+cincin udah ga dipake. bentol-bentolnya muncul di leher, tapi bukan karena kalung. tahu kan jilbab jaring warna emas yang biasa dipake perias? nah ada sedikit jilbab yang kena kulit leher, jadi lah merah-merah ga keruan. padahal itu jilbab bow.

kejadian itu bukan kali pertama. inget kan pas SD dulu lagi heboh anting-anting imitasi? yang dari plastik lucu-lucu tuh. namanya juga pengen, aku coba lah. cuma sampe pulang sekolah, hanya satu hari, dan telingaku sampe memborok 3 bulan lamanya istilah jawanya, nyenyek. T_T mustinya siy ga sampe gitu. tapi karena gatal, jadi kugaruk terus.

pas SMA, aku ganti jam tangan. sebelumnya pake jam tangan hadiah Ayah pas aku kelas 6 SD. pengen ganti jam tangan kulit, biar beda. eh baru sehari dipake, merah-merah ga keruan. dasar tukang garuk, akhirnya membekas sampe lulus SMA T_T

pas kerja, pinjem jam tangan temen buat catat jam terbang kurir. cuma dua jam kupake. tapi bentol-bentol juga. dan si temen berkeras bahwa jam tangan dia asli, bermerek, mahal, dll. aduh bo, aku ga peduli tu jam tangan asli ato aspal. yang jelas jam tangan kamu bikin pergelangan tanganku bentol.

itulah kenapa udah hampir 10 tahun ini aku ga pake jam tangan T_T bukannya ga mau, tapi semua yang kucoba, mulai asli sampe aspal, tetep meninggalkan jejak merah T_T

masalahnya bukan hanya pada bentol-bentol merah itu. tapi juga fakta bahwa proses pemulihan kulitku tuh luamaa banget. misalnya aku jatuh ato kegores, bekasnya tuh bisa bertahan sampe hitungan BULAN!!! bentol-bentol di tangan ini dah sembuh, tapi noda warna cokelatnya masih ada entah sampe kapan. usai alergi-resepsi kemaren, Ayah-Ummi cuma bisa geleng-geleng. yah namanya lagi sibuk, pada lupa deh kalo aku sensitif sama benda-benda itu.

Ayah pernah bercanda:
kulitmu itu kulit kentang. ga bisa dilukai dikit, bekasnya ga ilang sampe lama. udah gitu, biaya tinggi lagi. ga bisa kena barang palsu atau yang kualitasnya ga bagus. moga-moga nanti kamu dapat suami yang ga keberatan dengan istri berkulit sensitif. plus bisa bantu membiayai kamu beli barang asli he he he
kira-kira ucapan Ayah itu dah terkabul belum ya? oia, pengennya gaji bulan ini aku pake beli jam tangan. ada usulan merk tertentu yang dijamin ga bikin bentol-bentol?

10 comments:

Irma said...

Usul nYam... gimaana klo pake jam bandul aja, itu tuh yg ada rantainya terus jam nya bisa dikantongin *jadul bgt siy* hehhe, jd kan ga usah nempel dikulit tangan ^_^

nYam said...

@Mbak irma: udah ada Mbak yang usul gitu. Ayahku sendiri he he he...malah blio usul bawa aja jam weker ato jam dinding ke mana-mana. saking sensinya, sempet aku pake jam tangan tuh di atas manset. tetep aja alergi. ternyata kulitku ga bisa kena model baju ketat. musti ada udara ngalir, kalo ga, ya merah-merah deh.

yanti said...

huhuhu... iya itu mah susah Nyam. udah, ngantongin jam weker aja lah...

surti said...

"kulitmu itu kulit kentang. ga bisa dilukai dikit, bekasnya ga ilang sampe lama. udah gitu, biaya tinggi lagi. ga bisa kena barang palsu atau yang kualitasnya ga bagus"
==> katanya walaupun barangnya asli juga tetep gitu? susah dong :)

Kalo alergi ama kulit & logam, coba jam yang talinya pake karet aja *bukan jam karet lho*..

nYam said...

@Mbak Yanti: skarang ngandelin jam HP he he he

@Surti: ya gitu deh, ga tau gimana ceritanya. tetep aja bentol-bentol. apa emang dah takdir ga bole pake barang logam ya?

NoorIntan said...

kalo logamnya emas murni ??? masih bentol2 juga???
*takjub akan kesensitifan kulin mu nYam*

nYam said...

@Mbak Noor Intan: ya bisanya cuma emas itu, sama perak murni. dan itu pun cuma buat anting-anting, coz ga terlalu suka perhiasan ^_^ perna coba pake cincin perak tapi ga murni, bentol juga. pake cincin lucu-lucu yang dijual di emperan Bandung, bentol juga. asal udara masih bisa lewat kulit, biasanya ga terlalu bentol.

*mengingat koleksi cincin yang sekarang ga kepake T_T*

PennyLane said...

Nyam! Baru sempet baca2 lagi neh.
Hiyaaaaaaaaaaa.... udah gak perawan!!!
Cieeeeeeee... suami-an ni jreeeng...

MaIDeN said...

Slamet ya ...

Btw, kalimat "usai resepsi ngunduh mantu,"
kalo dibikin jadi gini "usai resepsi DOWNLOAD mantu," ...

Looks weird hehehe ...

mel@ said...

say... pake jam matahari aja napa?... kayaknya ga bakal bentor2 de... hehehe...
oh ya... truss... cincin kawinan kamu itu... dikasi ke aku aja kalo bikin bentol2... aku terima dengan tangan terbuka ko... hehehehe