Giant, the worst hypermarket

semalam, habis sudah kesabaranku belanja di Giant Ciledug. setelah empat kali belanja di sana, dan empat kali juga sebal, akhirnya kuputuskan untuk TIDAK LAGI BELANJA DI GIANT CILEDUG!!!

belanja pertama, 17 Desember lalu. pas aku dan Fath masih baru banget tinggal di Jurang Mangu. kami belanja rak TV+rak buku+beberapa sayur+daging ayam. berhubung aku beli daging ayam+ikan, wajar dong kalo minta supaya tu daging+ikan dikasih es. apalagi saat itu kami belum beli dapat kado lemari es. eh si mas-mas di counter ikan bilang gini:
emang harus dikasih es? belinya seberapa banyak sih?
OMG, itu ngadepin konsumen yang notabene BAYAR, bukannya MINTA!!! saat itu masih kucuekin sambil bilang:
saya masih perlu belanja banyak barang, jadi tolong kasih es
dan tahu ga seh, tetep aja tu ayam+ikan ga dikasih es. uuuuuggghhhh........

trus abis itu, aku beli kelengkapan kotak P3K. kebetulan aku rada fanatik soal isi kotak P3K, jadi isinya harus kumplit. si Mbak petugas bukannya ngelayanin aku malah ngobrol ama temennya yang lagi NIMBANG DAGING AYAM DENGAN HARGA DISKON!!! kebetulan di counter obat itu ada timbangan ato apa gitu lah. setelah ditunda dan kupanggil-panggil, akhirnya aku diladenin juga sambil teteup ngobrol. tapi plis deh ah, masa Panadol biru aja ga ada? kalo dia ga punya kasa steril, aku masih bisa maklum.

belanja kedua, sekalian nyari Pak Qodir, petugas Giant yang berbaikhati bantu kami ngirim+ngerakit rak. ceritanya mau minta tolong dia ngerakitin lemari pakaian, kado dari kantor ^_^

karena miskomunikasi, kami ga ketemu dia dan belanja buat makan malam. Fath mendadak pengen ayam goreng tepung di counter siap saji. lah kok petugasnya asik-asik becanda? dipanggil-panggil malah saling lempar. akhirnya ada satu petugas nyamperin dan nanya:
mau ngapain?
buset, dikira kita manggil buat nyicip tu ayam goreng kali ya. ya jelas mau beli dong Mbak, piye toh? dan dengan cueknya dia nyuruh kami milih sendiri dengan separo ngelempar penjepit makanan. duh sabar...sabar....

belanja ketiga, sambil nunggu Fath jemput. aku beli tahu dan beberapa barang lain. sampe di kasir, ditolak dengan alasan:
di tahu ini tidak ada barcode, jadi ga bisa dibeli
alasannya bagus banget yah? aku cuek aja dan batal beli tahu. padahal yang ingin kukatakan pada si Mbak kasir adalah:
ada barcode atau tidak itu bukan urusan saya. itu urusan kalian sebagai penjual. yang saya inginkan adalah beli barang ini. yang saya butuhkan barangnya, bukan barcode-nya. kalo gitu rugi dong tahu setumpuk ga bisa dijual cuma karena ga ada barcode
belanja keempat, semalam. sambil nunggu Fath jemput juga. kebetulan lagi pengen bikin sayur lodeh dan aku ga punya santan. jadi beli kelapa sekalian minta diparutin. toh udah baca cara ngawetin santan ^_^ setelah milih, kusodorkan tu kelapa ke petugas di counter timbangan. di counter itu ada mesin parutan kelapa.

bener sih petugasnya cuma satu, tapi mbok yao. aku kan yang minta dia marut kelapa duluan. masa dia mendahulukan nimbang segitu banyak barang punya orang lain yang datang setelah aku? lamaa banget sampe akhirnya kutegur:
pak, saya kan duluan. bisa ga diparutin dulu? suami saya nunggu di bawah nih
dengan cemberut, dia marutin kelapa itu TANPA DIKUPAS!!!! saat kutanya kenapa tidak dikupas, dia jawab:
kan kulitnya otomatis ilang, bu
ilang matamu!!! ga liat apa itu kulit kelapa coklat-coklat pada ngumpul? OMG, kalo ga inget butuh santan buat masak, kutinggalin tu orang. sabar....sabar....

pas antre di kasir, aku menuju kasir keranjang yang emang ditutup. walhasil, antre di kasir biasa. herannya ya, sejak pertama kali belanja ke Giant Ciledug ini, kasir keranjang selalu tutup. padahal ada dua kasir keranjang dan ga sedikit loh yang belanja cuma dikit. akhirnya antre luamaa banget sampe Fath sebel. pas di kasir, aku tanya ke petugasnya tentang kasir keranjang itu. jawaban dia:
itu emang mesinnya rusak bu, belum dibenerin udah lama banget
lah udah tau rusak, dicuekin. kubilang aja ama dia:
kasihan kan orang belanja dikit tapi antre lama
dan setelah lihat struk belanja, OMG mahalnya ini kelapa. harganya Rp 4950!!! dua hari sebelumnya, aku lihat harga kelapa di Alfa Bintaro Rp 3500. sedangkan di pasar Bintaro Jaya Sektor 7, Rp 2500 per butir. itu udah dikupas bersih+diparut. pas wiken kmaren, di pasar pas udah abis (gara-gara aku kesiangan) dan mesin parutan di Alfa lagi rusak.

oia, satu lagi yang bikin aku sebel ama Giant, tampang petugasnya tuh asem banget. kaya ga pernah diajarin senyum gitu. ga di kasir, ga di counter. ya paling yang ramah si Pak Qodir itu. tapi kan ga tiap hari aku beli rak buku ato lemari? yang sering aku datengin kan bagian sayur+buah+ikan. eh petugasnya suka asik ngobrol sendiri dan nyuekin pelanggan. sebeeelll. petugasnya musti dikasih pelatihan soal kepuasan pelanggan.

GIANT HYPERMARKET CILEDUG, THE WORST HYPERMARKET

update: barusan manajer Giant nelpon, namanya Edi S(omething, sorry I forgot). minta maap en minta aku ga kapok belanja di sono hihi....critanya kmaren malem, aku masukin dua lembar komplain, A4-verdana 8pt-1 spasi ^_^ mayan lah, sebelku terdiskon 30%

Comments

mel@ said…
sabar say... orang sabar ntar disayang tuhan... moga-moga amal kamu diterima di sisinya... hah!!!... hehehe...
semuacinta said…
tulis aja ke koran gih. biar tau rasa sekalian!

gw jarang bgt sih ke giant. jadi nggak tau persis deh gimana pelayanannya.
JengMayNot said…
Kayaknya loe kudu nulis ke media massa tuh! Atau ke YLKI.. :) Setidaknya ke manajemen Giant!

Bukan mau ghibah, tapiii.. ini masalah servis. Kelapa gak dikupas kok diparut! Emangnya konsumennya siamang?
Ni'am said…
@mela: emangnya daku mau ke mana say?

@woro: biasa, gw suka malas kirim. tadi temen nyaranin kirim ke detik ajah he he he

@Mbak Maya: kmaren tuh dah mau nyamperin meja CS nya...tapi inget Fath udah nunggu lama di parkiran, lagi kurang enak body pulak. tadi dah buka websitenya, en cari bagian kontak. halamannya ga ada....
Irma said…
Sabar nYam... sabar. Wah klo udah berkali2 pelayanan nya tetep ndablek mending dilaporin aja. Klo di Gyant Jurong East Sg, disedia-in kasir khusus belanjaan below 10 items. Mayan bgt klo belanja dikit ga perlu antri luama.
Anonymous said…
ke giant cimanggis aja nYam, manager nya step-mom gw and para anak buahnya telah dilatih terseyum pepsoden sepanjang hari sambil beramah-tamah... gw udah membuktikan sendiri waktu liburan kemaren, setiap ke sana kena silau gigi2 putih yg tersenyum manis... hehehe :p
Anonymous said…
"update: barusan manajer Giant nelpon, namanya Edi S(omething, sorry I forgot). minta maap en minta aku ga kapok belanja di sono hihi....critanya kmaren malem, aku masukin dua lembar komplain, A4-verdana 8pt-1 spasi ^_^ mayan lah, sebelku terdiskon 30%"


Halo Mbak nYam,
Indeed, we take your complaint very seriously. Beberapa tindakan kami lakukan sehubungan kasus ini. Kami juga sedang terus melakukan langkah-langkah untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan karyawan kami di toko - bukan cuma di Ciledug tp jg di lokasi lain.
Semoga sebelnya terdiskon 100% ya :)
Jadi, jangan sungkan untuk datang lagi ke GIANT ya. Kami nantikan kunjungan Anda lho.

Andre DM
Customer & Media Relations
GIANT Hypermarket Indonesia
SMS: 0856 1678 701, ketik [nama][lokasi toko][isi pesan]
E-mail: layanan_giant@hero.co.id
Anonymous said…
hmmm...jangan marah...nabi muhammad pernah bilang seperti itu...
Anonymous said…
kalo giant sich ga seberapa...tapi saya cukup jeli dlm soal harga..kdg yg diklan kan di koran ga sama.
tapi menurut saya the worst is carrefour mt haryono. bayangpun...petugasnya malah asyik beli barang diskonan. sampai2 untuk konsumen ga kebagian.
ck ckc ck..kalau mau diskonan sabar donk...tunggu hingga mau tutup toko. dan seharusnya pihak carrefour menyediakan diskon untuk para petugas tokonya...

Popular posts from this blog

iwan fals di minggu pagi

Dear Manajemen Plaza Bintaro Jaya,

RS Melati Husada