Wednesday, April 18, 2007

dedemitos

orang Indonesia emang punya banyak mitos ya. waktu ikutan pengajian RT malming lalu, sekitar dua jam aku dijejali segala mitos kehamilan oleh salah satu ibu-ibu. berikut ini beberapa "saran" yang aku masih inget:

Ibu E: ngidam apa aja?
aku: ga aneh-aneh, kalo pas ada ya diturutin, kalo ga ada, ya ga maksa. kecian suami.
Ibu E: waaah, jangan gitu. ntar pas bayinya lahir, ileran lho

heee??? emang ada bayi yang ga ileran? bukannya salah satu fungsi oto ya buat antisipasi iler berlebihan itu? jangankan bayi, kita aja ngiler pas bobo xixixi

Ibu E: kalo ke kantor naik apa?
aku: kereta
Ibu E: duh, kok naik kereta? kenapa ga diantar suaminya aja? kan kasihan bayinya dibawa-bawa naik angkutan

aduh Ibu, kalo maksa Fath nganter, dia bisa ga kuliah dong.

Ibu E: kalo ke mana-mana, bawa Qur'an kecil sama gunting, yang kecil aja. kata orang-orang tua, ya kita ikut aja ya, bagus buat jagain anak. nanti begitu bayi lahir, guntingnya taruh di baju bayi
aku: kalo bawa gunting, ntar dirazia satpam dong :D

heee??? bawa gunting? lha wong aku bawa (tiruan) swiss army aja udah dipelototin temen, apalagi gunting yax. lagian buat apa coba taro gunting di baju bayi. kalo Baby ketusuk, gimana? kalo Qur'an, OK laah. buat dibaca-baca sepanjang jalan juga.

Ibu E+Ibu N: yang sering minum air kelapa sama kacang ijo. biar bayinya mulus. kalo kacang ijo, biar rambutnya subur
aku: kalo itu, ya udah sering. kebetulan emang suka kacang ijo.

sebenernya aku ga ngeh hubungan air kacang ijo sama rambut subur. bukannya kenapa-kenapa, sampe umur empat tahunan, rambutku tuh supertipis. saking tipisnya, boleh lah dibilang botak. dan Ummi bukannya ga usaha menumbuhkan rambutku. udah segala kacang ijo-urang aring-lidah buaya-merang dicoba, teteup aja ni rambut gagal tumbuh. akhirnya berhasil tumbuh setelah dikasih ramuan dari bisa kalajengking.

herannya, ga ada satu pun shampoo (yang ngakunya) penyubur rambut, yang pake bisa kalajengking :D

ah iya, ini soal mitos juga dari Mbak Lita

UPDATE:
pagi-pagi dapet tambahan mitos dari bumil ini. katanya dari ibunda tercinta. dan sama kaya aku, blio juga bingung cari korelasi mitos ama kehamilan. jadi mari dicari-cari....mariii

1. jangan merendam baju kalo mau nyuci selama semalaman ato seharian
berdasarkan pengalaman pribadi, kalo ngerendem baju semalaman ato seharian, yang ada tu baju jadi bauu. proses mencuci jadi lebih berat. padahal bumil kan sebaiknya ga kerja terlalu berat. itu juga kenapa diciptakan alat bantu yang namanya......MESIN CUCI dan tenaga bantuan berwujud.....SUAMI

2. jangan duduk di tengah2 pintu

ga hamil juga sering banget dibilang gini. eh Ummi ga perna ding ngelarang. tapi dipikir-pikir, pintu kan tempat orang keluar masuk. kalo duduk di tengah pintu, ntar dikit-dikit ketabrak. ato lebih gawat lagi, ketabrak daun pintu. kan bisa benjol

3. habis makan langsung cuci piring. dan jangan dibiarkan piring kotor menumpuk dalam waktu lama
kalo piring kotor dibiarin numpuk, bisa ngundang tikus+kecoa+semut. jadi penyakit toh? gaswats tuh kalo bumil ampe sakit. lagian kalo nyuci piring segunung, kan lebih cape. balik lagi ke penjelasan nomer satu. eh ga tau lagi deng kalo punya mesin cuci piring ato tugas nyupir dilimpahkan ke suami ^_*

7 comments:

dian said...

itulah indahnya idup diendonesiah, banyak hal 'ajaib', yg kalo ditanya kenapa, mereka ngga bisa jawab..seperti halnya bulan lalu sempet 'disemprot' ama ma2 mertua gara2 pergi nyelawat, padahal waktu dakyu konfirmasi ke nyokap, jawaban beliau enteng ajah 'halah, ora popo'..emak ogut emang cincai deh...hehehe

tukang ketik said...

[...]jangankan bayi, kita aja ngiler pas bobo[...]

berarti yang nulis blog, dulu kalo ibunda ngidam, ga diturutin sama ayahanda dunks ...
hehehe...
just joking

good writing

nYam said...

@Mbak Dian: emang enjoy kalo dah denger segala dedemit mitos itu. bikin dunia lebih berwarna. misuaku geleng-geleng kepala pas aku cerita soal ceramah ibu-ibu itu

@Tukang ketik: hayo disurvey, berapa banyak orang dewasa yang ga ngiler pas tidur.........miring :D

Luky said...

Eh tau g ngalamin sendiri lho Am...Sewaktu hamil Alya aku kepengen banget makan sayur lodeh + tempe made in si embok (asisten nyokap di Tulungagung), jelas aja gak kesampean. Tau gak siy..Alya ngecesnya berlebihan....he.hehe..air liurnya bisa terjepret kamera lho..saking banyaknya..he.he.he.. Tapi sembuh sendiri tuh.

NiLA Obsidian said...

kalo makan harus pake piring kecil, biar pas melahirkan, ga robek gede hehe...
ada2 aja ya org jadul....
yah...yg logic diikutin yg ga logic?
terserah deh...hehe

nYam said...

@Luky: aduh, padahal selama hamil tiap hari pengen mamam masakan Ummi. gaswats neh :D

@Mbak Nila: apanya yang robek Mbak? *sok polos*

Anonymous said...

ha..ha..ha...
tulisannya kocak, tapi begitulah tipikal kaum ibu di negeri kita.
Tapi mitos ibu hamil itu nyaris ada dimana-mana...

Oh..ya...soal lumpur lapindonya juga lucu...