Friday, August 10, 2007

orang kita

siang, busway
dalam rangka kopdar ama Mila, aku naik busway dari Dukuh Atas sampe Sarinah. deket kan yah? sesuai tebakan, busway penuh meski ga sampe desak-desakan. nah di depan aku berdiri, ada dua cewe. mereka langsung bisik-bisik sambil liat perutku. selintas kedengeran kata hamil. tapi tetep wae, ga ada yang kasih duduk xixixi. tapi cuek aja lah, Sarinah kan cuma tiga halte lagi. koprol tiga kali juga nyampe ^_*

lucunya, persis di belakang dua cewe itu, ada stiker buat kasih bangku untuk bumil, penyandang cacat, en manula. ada seh bapak-bapak yang sama-sama berdiri. dia ngeliatin aku-stiker-trus dua cewe itu. trus geleng-geleng.

pas mau turun, baru deh aku iseng nanya ke petugas busway soal fungsi tu stiker. si petugas minta maaf karena ga ngeliat kalo ada Baby di perut plus embel-embel kalimat: "mau gimana lagi Bu, udah dasarnya orang kita"

siang, halte Sarinah
saking lamanya ga ke Sarinah, aku ga tau kalo dari halte busway bisa pake lift. kuper banget yax. nah pas turun busway, pas ada lift turun. tapi kok udah mau naik lagi? walah ga nguber nih. tau-tau ada cowo lari demi-mengejar-lift. mungkin saking semangatnya, dia nabrak aku. ga sampe jatuh siy, cuma kena lengan aja. toh berkat dia lari, aku jadi ga ketinggalan lift.

di dalam lift, tu cowo berkali-kali minta maaf karena udah nabrak. doh, sampe udah aku bilang ga pa pa, toh berkat dia lari, kami bisa pake lift+yang ketabrak cuma lengan, tetep aja minta maaf. sampe ga enak ati. pas nyampe atas, tu cowo mempersilakan aku keluar duluan sambil tangannya nahan pintu lift. pas mau jalan, dia permisi plus minta aku ati-ati.

sore, KRL Sudirman Ekspres
alhamdulillah dapet duduk. lucunya, aku ampe apal ama bapak yang kasih duduk saking seringnya dia merelakan bangkunya buat aku. eh kok ada satu bumil lagi? walah tempatnya dah penuh. iseng aku ngomong ke bapak-bapak di sebelahku:
nYam: "Pak, maaf, itu ada ibu hamil. kasihan berdiri terus. gimana kalo dikasih duduk?"
si Bapak: "ga bisa Bu, emangnya saya ga capek? saya kerja terus dari semalam. saya juga capek"
nYam: *bengong* "yah tapi kasihan kan Pak, ibu itu bawa anak di perut. Bapak kan ga hamil"
si Bapak: "pokoknya ga bisa. saya capek"

abis ngomong gitu, si Bapak langsung merem. entah pura-pura ato beneran, pokoke merem ajah. buset, badan doang digedein.

akhirnya istri si Bapak yang kasih aku duduk lah yang berdiri. di Tanah Abang, eh Mbak Tari naik. Mbak Tari tu sesama bumil yang ternyata temen seangkatan Fath. kami kenal waktu senam hamil. untung ada bapak-bapak yang mau kasih duduk, meski setelah ditegur xixixi. abis Mbak Tari kan pake baju model gamis+badannya kecil. jadi ga terlalu keliatan kalo kehamilannya udah masuk bulan ketujuh (ato kedelapan ya?).

malamnya, aku keinget ucapan si mas petugas busway: udah dasarnya orang kita. hmm....ya antara iya dan nggak sih. orang kita yang kaya apa dulu.

yakin deh kalo sebenernya orang kita tuh etikanya bagus. cuma emang ada beberapa yang perlu ditampol dulu sebelum sadar he he he

baidewe, aku nih terlalu bawel soal etiket sederhana macam itu ga sih?

10 comments:

ibunyaima said...

Nggak, nggak terlalu bawel!
Emang "orang kita" harus dibawelin!

*untung loe cuma bawel, kalo gw suka pakai nyilet segala dengan kata2 yang sinis dan tajam.. HAHAHA.. *

chandra wright said...

aku juga mau komen kalo itu gak bawel..orang yang punya kepedulian terhadap sekitar pasti akan komen begitu.
"memang orang kita yang kayak apa dulu?"
dan sayangnya orang yang gak peka itu kali juga dah gak peka telinganya, gak peka hatinya dan gak peka matanya..
nothing but himself aja.titik.
ditampol?? silahkan...
(wah jadi sadis ini ya, mudahan gak sampai ke jabang bayi :D )

Vina Revi said...

waduh, kok tega-teganya, ya?

Anang said...

sialan banget sih tu orang

tukang ketik said...

wah, kalau ada gue disitu, gw tampar bolak balik tuh cowo...

NiLA Obsidian said...

duh....miris bgt ya....
seperti semua org pasti tau etika nya utk mendahulukan ibu hamil, manula dan anak2....

tp ego ngalahin semuanya...

take care ya nyam....

Anonymous said...

duh...kpn sih org indonesia tu sadar ma yg kyk gtuan?????
jngnkan jakarta....
di sini niy,salatiga,kota yg kecil gini,ada juga org yg kyk gitu
sebel bngt deh
q cm bs pesen
TAKE CARE YA bumil yg imoetzzz ini
hehehe....
lam kenal dari cah salatiga

nYam said...

@Mbak May: fheww....abis rasanya neh, tiap kali "ngusir" bapak-bapak dari bangku berstiker bumil, kok diliatin ama penumpang laen yah? dikira gw preman kali yaaa

@Mbak Chan: tu dia Mbak. udah tampak jelas loh kalo ibu itu lagi hamil. pas aku cerita ke misua, dia bilang kalo tu cowo pasti lom merit he he he

@Bu Dokter: ya gitu deeh....

@Mas Anang: jangan kaya cowo kaya gitu ya. ada karmanya ^_^

@Tukang Ketik: yang bikin aku rada gondok+heran, nada penolakannya tuh pake marah gitu. lah kalo ga mau, ya udah bilang aja ga mau. ga usah marah gitu loh he he he

@Mbak Nila: semua orang yang tau etikanya kali Mbak

@Anonim: makaci makaci...insyaallah selalu dijaga ^_^

yanti said...

si bapak bener2.. cape deee..

kesannya kyk mo bilang, "sapa suruh hamil?".. atau "kalo hamil suruh laki lo jemput" gitu.. ARRRRRGHHHHHHHHTTTT

NoorIntan said...

itu bapak2 upa kali kalo dulu dikandung dan dilahirkan seorang ibu, mungkin merasa lahir dari batu yg membelah dua :p