Friday, December 14, 2007

Menyerahkah?

Sejak Ankaa baru umur tiga minggu, aku dah melatih dia minum ASIP pake sendok. Yang nyuapin kalo ga adikku, ya ibuku ato mertua. Biar dia ga bingung aja, sama Ummi kok masih pake sendok. Alhamdulillah mau, meski paling banter 40 ml per dua jam.

Dua hari pertama masuk kerja, kata Fath Ankaa cuma mau mik 80 ml. Pake sendok+sloki. Padahal aku tinggal kerja dari jam 7.30 sampe 16.30. Minggu pertama ini aku dapat izin pulang cepat dengan dalih adaptasi Ankaa.

Sedih banget. Apalagi Ankaa mik lumayan kuat. Begitu aku pulang, langsung dua kendi kanan kiri dihabisin. Pertanda dia lapar sekali.

Hari Kamis kemarin, aku izin ga masuk. Fath sakit. Ankaa sempat mik ASIP sekitar 60 ml.

Hari Jum'at pagi, aku coba pake dot bawaan pompa. Thanks to Mbak Luky atas kadonya. Ankaa langsung habis 60 ml..... dan masih minta nambah. Akhirnya aku susui, sekalian cari tahu apakah dia bingung puting atau tidak. Alhamdulillah mau.

Jadi ngenes. Aku sendiri trauma dengan dot karena Ankaa sempat menolak menyusu langsung setelah di RS kecolongan susu formula 30 ml. Sebel ga seh udah diwanti-wanti bakal IMD+ASI eksklusif, ndilalah kecolongan 30 ml dengan dalih sang ibu pendarahan. Heh, sebelum pendarahan Ankaa dah mimik ASI. Tega nian si perawat huhuhu....

Walhasil aku begadang semalaman demi "memaksa" dia minum langsung dariku. Tapi mana tega melihat anak cuma minum ASIP 80 ml sehari sementara dengan dot dia bisa 60 ml sekali minum? Sedih banget liat stok ASIP di kulkas cuma berkurang satu botol sehari. Duh Nak, Ummi dah nyiapin segitu banyak mbok ya dihabisin. Itu freezer dah penuh lo Nak.

Moga-moga Ankaa ga bingung puting. Moga-moga tetep mau mik ASIP pake sendok dan jumlahnya terus bertambah. Moga-moga Ankaa tambah sehat.

PR berikutnya, cari dot yang resiko bingung putingnya minimal. Thanks to Mamanya Fatih

ps: baru aja nelpon rumah, sampe siang ini Ankaa abis 200 ml

1 comment:

Irma said...

Ayo ummu... tetep semangat! Mudah2an Ankaa mimik ASIP nya tambah banyak... titip sun buat nduk keciil