Tuesday, January 08, 2008

Mitos ASI Paling Menyebalkan

Pertama: Jangan makan makanan/minuman panas, nanti lidah bayi jadi putih

Aduh bude-bulik tercintah, putihnya kan karena ASI. Lagian apa hubungannya panas makanan ama suhu ASI? Emangnya suhu makanan ga disesuaikan dulu ama badan kita? Heran deh.

Tapi gara-gara aku sedang berada di antara bude-bulik tercintah, aku terpaksa makan bakso dalam kondisi sudah dingin. Kebayang kan rasanya, udah berlemak eneg ga enak. Selama cuti melahirkan, aku berada di kota yang terkenal dengan baksonya. Dan ironisnya, bakso itu harus kunikmati dalam kondisi dingin. Sebaaaaalll. Untung dah balik Jakarta.


Kedua: Jangan makan cabe, nanti keluar biji cabe waktu bayi pup

Wah bagus dong. Ambil aja pupnya, sebarin ke tanah. Kali-kali bisa tumbuh jadi pohon cabe. Kan lumayan buat persediaan waktu harga cabe membubung tinggi. Udah komplit ama pup-uknya pula ^_^ Kalo perlu, kita makan semua versi cabe. Jadi ada persediaan cabe merah besar, cabe keriting, sampe cabe rawit.

*jawaban kurangajar yang mohon jangan ditiru ya. cukup aku aja yang dipelototin bulik-bulik tercintah*

Pup bayi ASI Eksklusif emang bisa berbiji-biji (seeded). Dan itu bukan berarti biji cabe. Kalo emang bener itu biji cabe, kenapa aku masih boleh makan terong dan tomat? Kan terong+tomat juga ada bijinya. Kalo dari hasil baca-baca, makan makanan pedas bisa membuat pup bayi berbuih. Pup Ankaa kadang berbuih, dan menurut DSA-nya itu bisa juga karena posisi latch on yang kurang tepat atau kurang disendawakan.

Ada usulan mitos ASI yang ga bener tapi nyebelin lainnya?

6 comments:

Nabilla said...

maaf sebelumnya jangan sering
pake alat pompa kata dr
bisa kena kangker
payudara

Dulu sempat pake gituan pas konsultasi ke dr malah kena marah dak tahu juga pendpt dr itu benar atau tidak karena yg ngomong dr jadi tak jadi main pompa

mila said...

ini percobaan komentar yg ketiga. klo gagal ya.... capek deh!

mitos ASI yg kutahu:
jangan minum es ntar bayinya pilek.

yeah, rite! yg bener aja..

Anang said...

belum punya istri jadi nda tau... hehe makasih diberi tahu.. dapat info baru lagi...

The Sweeties said...

Aku di sini justru dinasihatin (sama dokter, bidan, mertua, ipar, dll) supaya selama menyusui jangan makan bawang bombay, bawang merah, bawang daun, dan yang pedas-pedas. Soalnya ntar rasa ASI-nya terlalu pedas buat bayi dan berakibat sama kerewelan atau sakit perut.

Mungkin ada benarnya, tapi...nggak boleh makan pedas? Mana tahan...!

Eh iya, udah lama nggak mampir, udah banyak yang terjadi, ya? Hihihi...

Reny payus said...

Ini yg paling gile,neh.Jangn pake u can see/baju tanpa lengan /tank top,ntar asi nya masuk angin.Asi nya dingin.
Gile aje loe,asi bisa masuk angin.

Anonymous said...

-katanya jangan makan youghurt atau yg asam2, nanti ASInya ngga enak!
*yuuk mariii.. emangnya udah pernah ngerasain gimana rasanya ASI??

-kalau anak pilek atau batuk, ibunya yang minum obat biar obatnya diminum anak lewat ASI..
*omg.. masih aja ada ibu2 yg ngga ngerti & ngga mau belajar tentang ASI.