Monday, February 11, 2008

Ankaa Empat Bulan

Akhirnya nona kecil mau juga tidur. Taro di perlak, tutupi pake tudung kelambu, beres. Ummi keluar kamar, ngobrol sama Abi. Eh kok ga lama ada bunyi ah uh ah uh? Buru-buru Ummi tengok ke kamar. Astaghfirullah....genduk sayang. Kamu tidur ato latihan karate?

Udah ga jelas perlak di mana, badannya di mana, bantalnya di mana, tudungnya di mana. Begitu dibalikkan, nona kecil langsung nyengir tanpa dosa. Bener-bener deh, sang nona udah ga bisa lagi ditinggal waktu bobo. Kudu sering ditengok. Daripada resiko SIDS.

Ankaa udah beres imunisasi DPT2-HiB2-Polio 3. Alhamdulillah tante dokter Heraldine mau imunisasi simultan, jadi Ankaa ga perlu sering-sering dateng. Selain resiko kuman di RS+trauma, resiko kantong bolong juga bo. Dan imunisasi DPT kali ini ga pake acara demam. Suhu badannya naik cuma sampe 37,8 derajat, lebih rendah ketimbang DPT1-HiB1 yang sampai 38,5 derajat. Sanmol pun masih utuh bersegel tak terpakai.

Sialnya, waktu Ankaa lagi demam, eh ada fogging di kompleks. Akhirnya Ankaa diungsikan ke rumah Tante Iva-Om Anung. Itulah perjalanan Ankaa naik motor pertama sampai keluar kompleks.

Yang bikin Ummi agak kuatir ya BB Ankaa yang termasuk mungil. Cuma 4,6 kg dengan panjang 57 cm. Batas bawah bo. Tapi dilihat lagi, Ankaa bayi ASI Eksklusif yang (katanya) memang cenderung lebih mungil ketimbang bayi sufor. Trus melihat perawakan Abi-Ummi dan eyang-eyang yang semua mungil, mosok mengharapkan Ankaa guede sekaleee. Ntar Ummi dicurigai lagi xixixi. Lagian kemampuan motorik+emosi Ankaa juga berkembang cukup baik. Ya sudah lah, ngapain terlalu dipusingin. Masa mau menyamaratakan perkembangan tiap anak, yang sudah jelas beda-beda.

Ankaa juga mulai bisa ngambek pake acara jerit-jerit kalau kebutuhannya tidak segera terpenuhi. Misalnya Ummi telat kasih mimik, udah deh nangis kuenceeeng sampe sesenggukan. Dan kalau udah gitu tiada cara lain selain nenen terbang.

Apa itu nenen terbang? Ummi gendong Ankaa (tanpa selendang) dan Ankaa nenen. Pegel banget. Pernah sampai tangan Ummi kram. Moga-moga Ankaa ga sampe jatuh. Serem bo. Ummi ga fasih pake gendongan samping sih.

Ankaa juga mulai dibawa jalan-jalan. Awalnya pake stroller untuk menemani Ummi belanja di "pasar" tukang sayur di depan kompleks. Pakai stroller ini hanya di akhir pekan, sedangkan di hari kerja Ankaa gendong depan naik motor. Abi emang baru berani bonceng Ankaa setelah lewat tiga bulan. Lucunya, waktu pertama kali belanja pake stroller, Ankaa jadi mengundang fans. Adaaa aja yang ngajak ngobrol sepanjang jalan. Malah saking perhatiannya, Ankaa dikira udah lima bulan. Trus ada juga yang nyaranin kasih kopi dan susu formula. Walah, kalo dikasih sufor, trus stok ASIP Ummi dikemanain?

Ah iya, Ankaa juga udah digundul. Prosesnya dua tahap. Waktu mandi pagi dan menjelang mandi sore. Walhasil seharian Ankaa gundul separo karena udah keburu berontak waktu dicukur. Siapa yang cukur? Abi dong ah.

Met empat bulan Sayang Ummi.....Tambah gede tambah sehat tambah cantik tambah shalihah tambah lincah tambah kuat tambah pintar tambah cerdas.

Mmmmuuuaaahhh

UPDATE:
Berhubung ada yang salah tangkep dengan "gendong depan", mari sini aku jelaskan.

Jadi Rito (iya ini update buat kamu!!!), gendong depan itu bukan Ankaa digendong Abi di depan trus Abi melaju pake motor. Bukan gitu.

Jadi Ankaa dipakein baju komplit ama jaket plus topi atau jilbab kecil. Trus Ummi gendong Ankaa pake gendongan depan. Baru deh Ummi naik di boncengan.

4 comments:

Ney Sanov said...

nenen terbang.
istilah yang geli-geli-aneh ya :D
emang ankaa gak mau ya mimik sambil bobo? ampe harus dinenenin sambil digendong.
mimi yang banyak ya ankaa, biar cepet gemuukk.. muah !!

nyam said...

@Ney: iyaah...dan bikin pegel. mau sih sambil bobo, tapi kalo dia lagi mau aja. kalo ga, ya udah fitness he he he

makasih dah mampir...muah juga dari Ankaa

senaz said...

hallo, salam kenal yah..aku tuh lg blogwalking trus ketemu blog nyam ini..btw, bener nih namanya nyam???..hehehe..bingung deh aku manggilnya apa..oia, kita seumuran loh..heehe..bangga bgt ya aku..eniwei, seneng bgt liat pertumbuhan anak tiap bulan..maunya di cium2 mulu..sun tuk ankaa..

nYam said...

@Senaz: ahihihi itu nama kesayangan dari temen-temen. saking cintanya sampe mereka inget aku waktu makan ha ha ha. sun juga buat Zhavar