Friday, April 25, 2008

Otak Atik "Ampas" MPASI


Ini hari ketiga Ankaa dapat MPASI jagung manis. Resep MPASI menyusul yaah *lirik Mommy Alya-Asha*

Dari MPASI Ankaa, selalu ada leftover berupa ampas jagung. Biasanya seh aku jadiin bakwan jagung. Tapi kan bosen yah. Mosok tiga hari lauknya bakwaaan mulu. Akhirnya tadi pagi aku jadiin seharusnya-lemet jagung. Kenapa pake kata seharusnya? Coz jadi benyek hihihi. Lha wong resepnya juga ga jelas. Improvisasi sendiri ajah. Lagian aku kan newbie di dapur *berdalih*

Ini nih yang bisa dibuat dari ampas MPASI jagung manis.

Note: cemilan leftover ini dimakan sama kita-kita aja yah, bukan dimaksudkan untuk diberikan pada bayi!!! Bayi cukup MPASI+ASI saja.

1. Bakwan jagung
How: campur ampas jagung dengan bumbu halus (bawang merah-bawang putih-cabe merah-kencur-garam-gula secukupnya). Trus digoreng deh sesendok demi sesendok. Kalo mau, bisa dikasih telur biar rekat. Oia, bisa juga ditambah udang ama daun bawang/kucai.

Btw, kalo pake ampas MPASI, jadinya alus banget. Aku lebih suka bakwan jagung yang ngalusinnya pake cobek. Masih berasa jagung pipilan dikit gitu.

2. Seharusnya-lemet jagung
How: campur ampas jagung dengan kelapa parut-gula-vanili-garam dikit. Trus masukin adonan ke kulit jagung (pilih yang bagian dalem biar cakep diliatnya). Trus kukus kurleb 30 menit.

Seharusnya: perlu tepung beras+kanji kali ya. Coz lemet ini jadinya rada lembek. Tapi ga tau deh, kapan-kapan* dicoba lagi. Percobaan pertama ini siy lumayan lah, rasanya masih tidak ditolak lidah ha ha ha

3. Seharusnya-jenang jagung
How: blender jagung pipil, trus disaring. Sebagian dijadiin bubur buat Ankaa, sebagian dicampur ama gula-garam-vanili. Masak sambil diaduk di atas api kecil sampe kentel. Trus tuang ke loyang. Aku ga punya loyang jadi aku pake ice cube. Ilangin uap panasnya trus masukin kulkas.

Rasanya? Blom tau, soale pas tadi berangkat masih blom masuk kulkas. Ntar malam baru bisa dicicip.

Buat cemilan nomer 2 dan 3, aku pake empat jagung manis ukuran sedang. Dapat bubur MPASI Ankaa satu mangkok (dihabisin, sisa dikit), seharusnya-lemet jagung, dan seharusnya-jenang jagung.

Kalow punya resep hasil otak atik leftover MPASI, kasih tau yaaa.....

*: kapan-kapan itu berarti entah kapan sampai batas waktu yang tidak ditentukan ^_^
**: gara-gara eksperimen mendadak yang dipicu ilham pagi hari, hari ini telaaaatnya banget. Ampuuun

2 comments:

ambu-nya Feeza said...

hari gene, secara semua serba mahal, jadi apapun kudu bisa dimanfaatkan semaksimal mungkeen..:P..
hidup makin susah bikin kita jadi makin kreatip kan? *menghibur diri*

Mommy Alya-Asha said...

Weits..kreatif sekali si nyonyah satu ini. Hebat Am..teruskan..daku tinggal nyontek sajah ntar.

Menu MPASI ditunggu dg amat sangat..soalnya kl enggak resikonya YM mu isinya pertanyaan seputar MPASI hayo pilih mana hayo..hahhaha

Wah kl kreatif begini, anka bisa bia jadi endut deh