Friday, July 25, 2008

Ragunan

Salah satu enaknya jadi FTM en suami baru beres magang (plus nunggu penempatan) adalah...bisa jalan-jalan di hari kerja. Yang mana itu berarti objek wisata di Jakarta lagi sepi pengunjung.

Hari Rabu kemaren, sekeluarga main ke Ragunan. Kalo kata Fath, dia mau cari yang mirip aku. Kalo kataku, aku mau meyakinkan bahwa Fath emang udah paling ganteng he he he.

Berangkat dari rumah jam 9 teng pake taksi Pak Ibrahim *Ya Allah, lancarkan rezeki biar kami bisa cepet punya mobil*. Ampun dah, padahal kalo lewat tol tuh deket yah ke Ragunan. Tetep aja itu argo mayan nyesek. Ga pa pa deh, udah janji ke Ragunan sejak bulan apa tuh. Lagian biar Ankaa sadar bahwa di dunia ini ada banyak binatang yang lebih menarik ketimbang....KUCING!!!! Hih, coba ya ini kutukan siapa kok anakku suka banget liat kucing. Aku kan takut kucing huhuhu...

Nyampe Ragunan, puter-puter. Haduh cape juga yah. Ankaa mah enak, tinggal nemplok gendong ato selonjor di keretanya. Lah kita, dorong plus jalan di jalanan naik turun gitu.

Perhentian pertama, sangkar burung. Ankaa takjub liat itu rangkong, burung hantu *kaya boneka owl-nya*, ama merak yang kebetulan lagi buka ekor. Huaa...bisa seharian dia ngeliat ga puas-puas. Pake acara manggil-manggil ah uh ah uh. Entah apa maksudnya.

Sebelnya, pas lagi istirahat sambil nenenin Ankaa, ada anak kecil ngamen. Maksa bangeet. Pas aku ga mau kasih uang, mereka minta roti. En ga mau pergi sampe akhirnya aku bilang:
Adek, saya lagi nyusuin, jangan diliatin dong
Dia pergi sambil bilang: galak. Hyee...baru tau kalo gw galak???

Abis itu muter liat ular, orang utan, singa, harimau, beruang dll. Trus shalat plus nebeng nyuapin Ankaa di warung sekitar. Trus ke Pusat Primata Schmutzer. Bayar lagi lima rebu per orang. Stroller en barang bawaan dititip. Yang boleh dibawa cuma tas Ankaa yang isinya baju en diapers cadangan. Pertama ke museumnya. Eh ada perpustakaan, udah deh si eneng ngegabruk nyamber buku.

Abis itu kita masuk ke terowongan yang naudzubillah gelap beneeer. Udah gitu, tau-tau lampu suka nyala mendadak. Kan serem jendral. Eh bisa-bisanya ada yang pacaran loh. Ga mau kalah ama orang utan yah.

Ternyata Pusat Primata itu luas sekali ya. Dan menarik. Duh tau gitu dari awal langsung ke sana deh. Ga pake muter-muter.

Kelar di Schmutzer, melanjutkan obsesi wajib pengunjung kebun binatang: GAJAH. Ketemuuu....aduh mak kotorannya guede en bau banget. Ga lama-lama deh.

Abis itu kita cari jalan keluar buat pulang. Udah cape ini kaki. Jalan kaki 6 jam bo. Lewat dah anjuran Anlene buat jalan kaki 10 ribu langkah sehari. Di pintu keluar dicegat ama tukang foto, nyodorin foto Ankaa yang mereka ambil paginya. Tawar menawar, ya sut lah diambil aja. Kecian juga lahan mereka makin terkikis seiring menjamurnya HP berkamera en camdig.

Poin plus Ragunan:
  1. Medannya sangat mendukung mereka yang mau menurunkan BB dengan cara jalan kaki
  2. Lokasi mudah dicapai
  3. Adem
  4. Ada Pusat Primata, satu-satunya lokasi yang menyediakan toilet layak pakai dan gratis

Poin minus:
  1. Petunjuk arahnya suka mbingungi
  2. Banyak pengunjung buta huruf. Udah jelas ditulis jangan kasih makan binatang, tetep aja kasih. Gimana kalo manajemen Ragunan niru cara Mr. Patel di Life of Pi? Pasang cermin setinggi badan en dikasih tirai plus tulisan gede di depannya: Tahukah Anda binatang paling berbahaya di sini?
  3. Warung makannya a la preman, maksa banget biar kita beli di situ. Ya ampun, bakso kanji 6000 rupiah. Huekkk. Kalo ga inget aku perlu tempat tebengan buat nyuapin en ganti diapers Ankaa, ogah banget ke sono
  4. Toiletnya ga layak blass....trus kudu bayar pula. Padahal kan itu fasilitas untuk pengunjung. Kok bayar?
  5. Banyak motor petugas seliweran. IMHO, kenapa ga disediain sepeda buat petugas? Masa mereka bawa motor sampe di teras depan akuarium. Kan bisa jadi suara en polusi motor itu ganggu binatangnya. Kan udah ada persewaan sepeda buat pengunjung.
Tujuan berikutnya: Seaworld. Tau deh kapan. Abis baca postingannya Mama Shaina jadi mufeng juga ke sono.

4 comments:

Anang said...

paling sebel kalo maen ke bonbin dianalogikan mau madakne rupo... hehe opo bhasa indonesane?

Cicha Mamanya Shaina said...

ayo ayo ke seaworld.. seru deh.. apalagi pas ketemu show yang ngasih makan ikan itu.. hihi

mila said...

wuah aku sampe skrg durung kelakon mo ke ragunan. pengeeennnn.. klo ke seaworld n gelanggang samudera udah, tapi sayang pas bagian ke seaworldnya Aqeela udah nguantuk puol jadi disitu cuma numpang nenen ma tidur hehehe..

btw, kangen nyam, pa kabar?

ke2nai said...

lah bukannya dari dulu Bonbin itu tempatnya orang pacaran ya? Abis banyak banget banget yg pacaran disana.. apa gak takut pada digigitin nyamuk ya? hehe...