Saturday, October 18, 2008

Cerita Lebaran

Kami udah pegang tiket mudik buat tanggal 20 September. Udah tiketnya masih murah, kereta juga masih sepi. Kok ga pake pesawat aja? Ga ada duit. Titik. Eh ada ding, cuma ga dianggarkan buat tiket pesawat. Kan abis lebaran masih harus bayar duit kontrakan rumah. Kita kan masih kontraktor ^_^

Trus pas Windy maen ke rumah. Aduh dasar sayah ibu yang tidak baik yah, masa Windy bisa notice kalo Ankaa ada sesuatu yang missed gitu. Mungil, iya. Tapi kaya gimana gitu. Trus disaranin cek ke klinik tumbuh kembang RSCM. Walah, jauh juga yak. Ya sut, ntar abis mudik deh.

Menjelang mudik, konsul ke dsa di Bintaro. Btw, ni dsa punya blog juga. Di link ga yah? *niad jahad*

Kata si dsa, Ankaa sehat, silakan kalo mau mudik pake kereta. Nah dia bilang gitu cuma pencet-pencet stetoskop aja dikit. Ditimbang aja nggak. Trus pas aku tanya, BB nya kecil, baru deh ditimbang. Keluar deh komentarnya: wah ini sih kurang gizi Bu.

Makjleb, barusan lo bilang sehat, skarang kurang gizi? Abis itu, si dsa nulis resep puanjaaaaaaanggg. Mulai dari obat-segala-sakit, penambah nafsu makan, antibiotik, trus apa lagi ga tau deh. Trus dia bilang, berhubung BB Ankaa masih di kisaran 6-7 kg, ya makannya sesuaiin ama anak 6-7 bulan. Kasih aja bubur susu ato Pediasure ato Farley. Aku jawab dong, Ankaa ogah kalo makanannya terlalu alus. Eh dia bilang: ya jangan kasih yang anak Ibu mau aja dong. Ntar abis lebaran, ketemu saya lagi ya Bu. Saya juga ahli kesehatan anak kok.

Dia ahli kesehatan anak lulusan mana sih?

Aku en Fath cuma bisa melongo. Pas nanya-nanya lagi, si dsa malah asik mainin handphone sambil ketik sms. Ngusir secara alus gitu. Udah deh kita permisi pulang.

Pagi itu, kami sedekah ke dsa 150 rebu rupiah. Sial.

Akhirnya, besoknya kami ke RSCM, ke dokter Damayanti. Beda banget penanganannya. Ditanya detiill banget meski ampun mami, galak juga ya hihihi. OK, Ankaa BB nya rendah, sehat. Tapi mana tau dalamnya, jadi periksa darah en kultur urin juga. Trus pola makan diatur ulang. Si dokter nyuruhnya ke lab di Hermina Jatinegara. Minggu depannya suruh balik. Denger-denger, lab-nya emang lebih akurat yah? Info dong.

Nah gimana dong nasib tiket mudik kami kalo disuruh ketemu dokter lagi minggu depan? Pas kita cerita mau mudik, ditanya deh tujuan plus naik apa. Udah abis didebat. Huaaa.....akhirnya....ga jadi mudik he he he. Tiket balikin di H-2 mudik. Padahal koper udah dipak.

Eka? Tetep mudik lah. Secara kita dah janji gitu ma dia.

Seminggu kemudian, hasil lab keluar. Anemia. Dikasih suplemen zat besi 0,6 ml selama 90 hari, makanannya harus hi calorie, ada daging merah ato ati di menu harian, plus kasih Pediasure 400 ml ato UHT 600 ml per hari. Dokternya juga separo ngomel bilang kalo di Indonesia ini Pediasure salah kaprah dijual di supermarket. Lha itu harusnya pake resep.

Dan dimulailah perjuangan baru. Ngurus rumah tanpa Eka, mesin cuci ngadat, ngatur maemnya Ankaa, nyicil masukin Pediasure. Cape bangeeet. Itu Pediasure ditolak mentah-mentah. Aku akalin dengan dicampur alpukat. Dari target 400 ml, bisa masuk 100 ml aja udah sujud syukur. So far lumayan masuk kalo dijadiin puding ato milkshake.

Menunya Ankaa aku ambil serba hi calorie. Mulai dari es krim (untung udah toddler), daging, kaldu, roti. Tapi kok ya susah amat ya naiknya BB si eneng kecil?

Iya sih, sekarang motoriknya udah meningkat pesat dibanding sebulan lalu pas menjelang mudik. Dari yang Ankaa males merangkak en lebih suka merayap, seharian ini minta titah en berdiri mulu. Merayap udah ga jaman, gantian balapan merangkak. Trus udah paham perintah sederhana macam pegang kepala-tepuk tangan-cium pipi-salaman. Meski belum bisa berhenti dilarang jambak rambutku huhuhu

Untung Eka dah balik. Mayan berkurang cape en stresnya. Soale sempat tuh empat hari aku single fighter. Fath masuk kantor empat hari sebelum Eka balik. Duh Gusti, itu seprai baru ganti kok kena pup??? Huaaa.......

Gitu deh lebaran kita. Sepi di kompleks. Terima titipan motor en rumah tetangga. Plus jasa merawat burung dan tanaman.

Btw, kok ya Ankaa memilih sekarang untuk susah makan ya? Dari Ankaa yang bisa ngabisin makaroni sepiring jadi Ankaa yang bisa-masuk-sepuluh-suap-udah-bagus. Duh Nak sayang, maem yang lahap ya. Biar cepet naik beratnya.

Kemaren aku sampe buka buffet cemilan. Di satu piring guede, ta sediain telur rebus, kentang goreng, brokoli saus keju, puding susu, alpukat. Ankaa pinter juga. Dia tuding apa yang dia mau. Kalo aku suapin yang dia ga tuding, pundung deh dia.

Perjuangan baru dimulai. Masa aku sekolah bertahun-tahun kalah perang lawan anak yang nginjek halaman sekolah aja belum?

Browsing cari menu makan Ankaa dulu yaaa.....Maap kalo ceritanya loncat-loncat ga keruan.

2 comments:

emaknye Fee said...

emang say, ada masanya anak2 susah banget disuruh makan, padahal tinggal mangap doang, ngga perlu kerja duluw trus masak makanan sendiri..Feeza ajah sempet tuh mogok ngga mau makan nasi tim buatanku, setiap didulang, asik ajah dilepehin, maunya makan bareng makanan kita, jadi kalo kita makan trus kita dulang, lumajan tuh makanan yg masuk..sempet sekitar semingguan dia begini..tapi trus balik lagi keselera asal, yg penting tau kapan waktu yg tepat..kadang maunya didulang sambil dia maen ato kudu sambil digendong & emaknye konser..kalo dipikir2 emang ngekiin, bocil ajah uda pada pinter ngerjain manusia dewasa :P

Luky Ekowati said...

Alhamdulillah ..sempet worried dgr kabarnya..tp sekarang kan sudah oke perkembangannya. Mudah-mudahan anka tambah pinter maem, dan anemianya sembuh ya anka ya....trus ntar kejar-kejaran sama asha ya....

Tetep semangat ya niam....