Friday, December 26, 2008

Sikat Gigi


Gigi Ankaa udah 4,5. Yang setengah lagi nongol malu-malu di atas. Heran juga sih, abis katanya gigi tuh sekali muncul barengan dua biji. Kok ini sodaranya males nongol. Tapi ya sudahlah, kali-kali masih dandan di dalam gusi biar tambah cakep.

Si gigi pertama muncul bulan Agustus, ketauan waktu abis makan siang di Bandar Djakarta. Ah tambah semangat deh sikat gigi.

Alhamdulillah Ankaa ga ada masalah ama sikat gigi. Awal-awal emang ga mau. Boro-boro disikat, liat sikat gigi aja mingkem rapet. Tapi masa seh aku kalah sama bocah umur setahun? Malu bo.

Ini sedikit trik bodoh yang manjur buat bujuk Ankaa sikat gigi.

  • Jadi contoh. Anak meniru orangtua. Kalo ortunya ga sikat gigi, mana mau si anak sikat gigi kan? Jadi sebelum menyikat gigi Ankaa, aku duluan sikat gigi. Begitu selesai, tunjukin hasilnya sambil bilang: Nih, giginya Ummi bersih segar sehat. Gantian ya....Alhamdulillah Ankaa mau, malah waktu aku sikat gigi, dia geli sendiri liat busanya ha ha ha. Emang jadi rada boros pasta gigi seh kalo malam. Abis kan jadi sikat gigi dua kali hihihi.
  • Kasih penjelasan pentingnya bersihin gigi. Kayanya emang aneh ya, ngomong panjang lebar soal bersihin gigi sama bocah yang ngomong aja blum jelas. Tapi percaya deh, kemampuan pemahaman mereka seringkali melebihi perkiraan kita. Jelasin aja sambil nyikatin gigi. Cerewet dikit gpp lah, ibu mana sih yang ga cerewet?
  • Pake nyanyi. Ini lagu resmi sikat gigi Ankaa
Gigi putih dan bersih bagaikan mutiara
Kusikat bersih-bersih dua kali sehari
Malam sebelum tidur pagi sesudah makan
Gigi sehat cemerlang senyum cerah gembira*
Kukunyah makanan dengan gigiku
Bicara kugunakan gigiku
Kalau tertawa ha ha ha tampaklah gigiku
Syalalala mutiaraku

Ada yang inget lagu itu ga? Perasaan waktu SD sering deh dinyanyiin, terutama kalo lagi sikat gigi berjamaah di sekolah.

  • Konsisten. Jangan hari ini sikat gigi, besok nggak. Ritual Ankaa sebelum tidur malam adalah cuci kaki-cuci tangan-cuci muka-sikat gigi. Itu udah wajib, ga bisa ditawar lagi. Waktu mandi juga sikat gigi.
  • Kasih mainan pengalih perhatian. Terutama kalo awal-awal kan suka bingung dia ada benda aneh masuk mulut. Nah aku kasih sikat gigi bekasku, biar deh dia masukin ke mulutku. Biar impas ha ha ha. Sekarang sih udah ga perlu lagi. Kan udah biasa

Ah iya, saking biasanya, waktu nangis pun tetep sikat gigi. Kan kadang waktu mandi, tau-tau nangis, entah karena air kena mata ato apa lah ya. Kadang udah ngantuk, tapi blom sikat gigi, nangis deh di kamar mandi. Nah si eneng nduk, lagi nangis gitu liat sikat gigi, langsung berenti deh nangisnya. Ntar kelar sikat gigi, ya lanjut nangis lagi hua ha ha ha.

Oia, satu lagi. Ga usah pake pasta gigi dulu. Apalagi kalo anak blum bisa berkumur dan meludah waktu diminta. Kalo ketelen kan udah masalah lagi tuh. Berdasarkan salah satu artikel dari Nakita yang aku baca, selama cara menyikat giginya benar, ga pake pasta gigi pun ga masalah.

*: benernya ga yakin liriknya seperti itu, tapi udah lah cuek aja

Foto: finger toothbrush kaya yang dipake Ankaa. Maap ga ada poto gigi Ankaa, abis susah moto dia. Bawaannya ngambil kamera mulu. Ada sih, waktu lagi nangis. Tapi ntar aku dibilang kezem lagi hihihi

No comments: