Tuesday, June 16, 2009

Ikan Ketigabelas

Tahun lalu, kami beli kotak plastik mungil untuk wadah ikan. Benernya ini ide Fath. Janjinya sih dia yang ngurus ikan. Tapi ujung-ujungnya ya siapa yang sempat deh.

Awalnya dua ekor ikan yang agak gede. Trus mati entah karena dimakan kucing(!!!) atau karena udah ajalnya he he he. Beli lagi, mati lagi. Akhirnya beli ikan selusin lima ribu. Di dalamnya termasuk seekor ikan superkecil. Ikan ketigabelas. Saking kecilnya, aku sempat yakin dia bakal mati duluan karena kalah saingan dapet makan. Lha ukurannya aja ga sampe seperempat teman-temannya.

Ternyata aku salah. Ikan itu justru bertahan hidup kala keduabelas rekannya berguguran. Lama juga sih dia sendirian. Dan tanpa kami sadari, ukurannya jadi sebesar almarhum rekan-rekannya.

Atas nama kasihan, kapan itu kami beli ikan gede buat jadi "ortu ikan". Ndilalah pada mati entah kenapa. Ya sut lah, beli lagi yang ukurannya sama, biar jadi teman sepermainan. Tapi si ikan ketigabelas udah keenakan jadi ikan tunggal. Galak banget. Dua temannya itu diuber terus sampe salah satu mati. Dan ga lama, mati juga yang sisanya. Udah deh ikan ketigabelas sendirian lagi.

Wiken lalu, kami beli lima ekor ikan lagi. Seribu dapat lima. Kirain sih lima lawan satu, dia bakal dikeroyok ya. Ternyata tidak. Dalam dua puluh empat jam pertama, udah tiga lawannya gugur dan jadi sesajen untuk kucing liar. Sisa dua dikejar tanpa ampun sampe sekarang. Ankaa sih seneng lihat ikan uber-uberan. Dikiranya lagi main kali ya?

Si ikan kecil yang dulu kukira mati duluan, ternyata setelah gede jadi preman ikan. Apa aku beli ikan cupang aja ya, biar dia dapet lawan seimbang?

Update 18 Juni 2009: dua ekor ikan sisa udah gugur. Yang pertama kemarin pagi, trus yang terakhir pagi ini. Aku curiga kalo malam si ikan ketigabelas jadi makhluk jejadian trus nakutin lawannya sampe stres dan lebih memilih mati. Habis matinya pasti malam hari.

2 comments:

Luky Ekowati said...

hua.hahahha jangan jangan bayi ikan piranha lagi yg lu beli am..kekekkekeke

Anka..awas nanti digigit ikan lo ya..

woro woro said...

berarti tuh ikan kuat banget deh. tahan banting hahaha!