Sunday, August 23, 2009

Ramadhan Bersama Ankaa

Ramadhan tahun lalu, aku cuma puasa sekitar seminggu. Ga kuat abis menyusui Ankaa.

Ramadhan tahun ini, harus bisa, meski Ankaa belum mau disapih. Yah jadi dobel makan gpp lah, excuse for being gembul he he he.

Trus aku dah niat mau ajak Ankaa rutin ke masjid untuk shalat jamaah sepanjang Ramadhan ini. Ga sampe tarawih, karena kasihan Ankaa. Lha Isya' aja sebenernya udah masuk di jam tidurnya Ankaa. FYI, ini bocah biasa tidur dari jam 19.30 an sampe jam enam pagi. Kasihan kan kalo tau-tau diajak tidur dua jam lebih lambat karena ngikut emaknya Tarawih? Toh aku bisa Tarawih di rumah.

Hari pertama, Ankaa masih malu-malu. Biasa, pengamatan dulu. Habis selama ini kalo ke masjid, dia kan selalu kebagian jadi penonton. Ga pernah masuk sampe ikut shalat. Di tengah pengamatan, tetep ada yang komentar: anaknya kurus ya, ga doyan makan ya? Emh, untung di masjid yah. Ini tangan udah gatel mau jejelin sajadah :D

Pas shalat, alhamdulillah Ankaa anteng. Banget. Ya aku ngeliatin dong, lha wong dia persis di depanku. *rada ga khusyu' juga sih jadinya he he he*

Rakaat pertama, masih pengamatan. Trus mulai bersedekap. Sempat benerin tangannya sendiri yang ketuker (kiri di atas gituh). Mungkin karena Ankaa ngerasa sang imam terlalu lama berdiri, ya wes dia sujud duluan he he he

Rakaat kedua, gitu juga.

Rakaat ketiga, mulai bosen, trus ambil selebaran jadwal imsak dan dibaca dengan gaya Bung Karno baca teks proklamasi.

Rakaat keempat, ikut shalat lagi. Dan mungkin karena Ankaa ga denger suara sang imam, dia berinisiatif gantiin dengan baca entah surat apa lah itu. Kenceng pula suaranya, at least for me :D Dan puncaknya, Ankaa hampir terjungkal karena nyoba ruku' dengan gaya orang mau headstand.

Alhamdulillah untuk ukuran bocah 22 bulan, Ankaa lumayan kooperatif di masjid. Ga lari-larian atau teriak-teriak, ga sedikit-sedikit panggil Ummi waktu aku lagi shalat, ga nangis, dan bisa cari kegiatan yang tidak mengganggu jamaah lain waktu dia lagi bosen shalat. Sebagai ganti selebaran, aku bawain buku.

Oia, ibu-ibu yang bilang Ankaa kurus tuh, kelar shalat bilang gini: wah pinter ya ga nangis, anak lain pada berisik tuh.

Size doesn't matter, Bu he he he

3 comments:

IbuDzakyFai said...

alow ankaa...met tarawihan ya..heubat deh anteng

Emaknye Fee said...

sama jeng, anakku itu bar magrib biasanya udah ngajakin bobo, soale bangunya jam 4 pagi, jadi rada kasian ajah kalo dibawa ke mushola, takut rewel & malah ganggu jamaah yg laen..Insya Alloh taon depan udah bisa dibawa buat sholat ke mushola ato mesjid

woro woro said...

huehehe.. klo daku blm berani ah bawa anak ke masjid, soale anakku pemberani banget. tau2 dah jalan ke mana2....