Monday, October 12, 2009

Cerita Mudik I: Gigi Tambah Tiga

Tanggal 10 September, aku dan Ankaa dah nyampe di Malang. Alhamdulillah dapet Garuda dengan harga murmer. Tiga hari pertama di tempat Mama-Papa, trus di rumah ortuku sampe Fath datang. Salah satu keuntungan merit ama orang sekampung, deket he he he.

Ankaa sueneng gitu di Malang. Udah ga jaim or takut lagi sama eyang atau tante atau ami-nya. Ngider keliling rumah (yang mana kalo di Jakarta dikit-dikit udah ketemu pintu keluar). Nyiram tanaman, mandiin burung, kasih makan ayam, lihat kambing, sampe bikin kue. Puwas lah pokoke. Emaknya ya pasrah aja liat si bocah basah kuyup kedinginan plus bonus lumuran tanah.

Akunya seneng dobel. Makan jadi enak banget. Bener-bener ya, ga ada yang bisa ngalahin masakan ibunda hihihi. Kayanya hanya ada dua cara supaya berat badanku nambah: hamil dan mudik. Nambah dua kilo bow selama 23 hari di Malang. Yah impas juga seh, lha wong selama puasa turunnya juga segitu *sigh*

Herannya, udara dingin gitu Ankaa tetep ga mau pake selimut. Sekali-kalinya dia mau tuh waktu udara malam emang lagi duingin banget. Abis itu ya gudbai selimut. Akhirnya diakalin dengan diselimutin pas dia udah pulas banget. Meski ya tetep juga, ntar bakal lepas lagi. Lha wong tidur lasak kaya gitu. Saking lasaknya sampe jatuh dari tempat tidur. Biru-biru deh jidatnya.

Hari Jum'at, 18 September, Fath nyampe. Dari malam sebelumnya, aku dah wanti-wanti Ankaa kalo besok Abi datang jadi tidur cepet biar bisa bangun pagi. And she did. Jam TIGA pagi dia udah goyang-goyang badanku minta jemput Abi. Ampun dah, pesawatnya aja blom siap kali. Nah pas udah ketemu Fath, mulai deh ga mau tidur. Ngider aja kaya kitiran. Tidur sebentar, bangun lagi.

Nah pas sahur mulai deh, kok ni bocah anget yah badannya? Ambil termometer, 38,5 C. Walah ada apa ini? Setelah dikasih Tempra, panasnya turun. Aku ga jadi puasa, padahal hari terakhir. Gimana mau puasa, sahur aja ga bisa. Blum lagi Ankaa ga mau makan blas, cuma mau menyusu. Rada siang, mulai deh si neng lari-lari ke sana sini. Abis itu, teler lagi. Malah suhunya jadi 39,5 C. Sampe telpon dr Ian, takutnya efek dari jatuh seminggu lalu. Thanks ya Bu Dokter.

Walhasil, kami ga shalat Ied. Eh maksudnya aku dan Ankaa ga ikut shalat Ied. Padahal tempat shalatnya enak banget. Di hanggar gitu, jadi di belakang kita ada jajaran pesawat dan lapangan luas. Maybe next time :(

Alhamdulillah abis itu ga demam lagi. Ternyata penyebab demam itu tak lain tak bukan: teething! Langsung tiga sekaligus. Taring kanan atas bawah plus geraham kanan atas. Waktu gigi seri tumbuh, ga pake demam atau GTM. Tapi begitu geraham dan taring, bisa dipastikan entah demam atau mogok makan.

Setelah giginya sukses keluar, nafsu makan Ankaa menggila. Sehari bisa lima-enam kali makan nasi, dengan porsi biasa. Seneng banget. Moga-moga terus berlanjut ya Nduk

1 comment:

emaknye Fee said...

Jadi sekarang giginya udah berapa?..:P