Thursday, April 29, 2010

Reformasi Lulus

Ini pertanyaan yang muncul setelah lihat tayangan TV tentang betapa stres-nya anak-anak yang nggak lulus UN SMU.

Kenapa sih pemerintah nggak mempertimbangkan untuk balik lagi pake sistem kelulusan jaman pra-(so-called) reformasi?

NEM hanya untuk menentukan bisa nggak si siswa diterima di sekolah tertentu, dalam hal ini sekolah favorit. Tapi nggak menentukan kelulusan. Buat nentuin lulus atau nggak, ya pake STTB yang mencantumkan nilai semua pelajaran.

Mungkin pada alergi dikira pro-jamanbaheula, jadi segala-gala mau direformasi tanpa mikir.

UN perlu, tapi bukan jadi alat menentukan kelulusan. Kan bisa pake referensi dari rapor siswa selama sekolah.

ps: tapi liat siswa yang merayakan lulus sambil mabok, bikin gemes pengen nabok....grrrr....masa kaya gitu bisa lulus sih?

No comments: