Wednesday, May 19, 2010

Bintitan

Dari tiga bulan lalu (ato malah lebih ya?), mata Ankaa tuh bintitan. Awalnya di bawah mata kiri, trus kempes bentar waktu batpil. Eh batpil kelar, bintitnya nambah di atas mata kanan kiri. Aseli ngeselin liatnya. Tapi nggak ada merah-merah ato Ankaa ngeluh matanya sakit gitu.

Tetangga dah pada nyuruh ke dokter aja, katanya takut kenapa-kenapa. Lha bintit sampe empat biji bo'. Tetep aku kekeuh nggak mau, apalagi karena inget dulu pernah nganter Mela operasi bintit di Bandung. Hiih dah....

Nanya ke milis Sehat, dapet saran treatment yang sama dengan yang aku lakuin selama ini: kompres air anget 3-4 kali sehari. Ya kayanya gampang ya tinggal kompres, tapi nyuruh ni bocah dikompres tuh susah bener. Yang nangis lah, berontak lah, apa lah.

Belakangan sukses setelah Fath turun tangan (suamiku hebat!). Ya kalo soal bujuk rayu, Fath jagonya dah. Jadilah selama ngompres tuh aku nyanyi, ngaji, tebak-tebakan boneka, macam-macam lah.

Alhamdulillah sekarang bintitnya dah kempes pes. Terbantu juga sama sikap Ankaa yang nggak mau kucek-kucek mata. Jadi kalo dia bilang matanya gatel, langsung kedip-kedip. Yang jelas ni bocah kayanya nggak bisa kena overdosis protein. Minggu lalu dah kempes, eh dia nggado bakso malang sampe tiga biji. Gede lagi deh.

Jangan bintitan lagi ya Nak......

2 comments:

Skydrugz said...

kena bintitan ya...pasti sakit sekali tuh...


tp untung sdh sembuh....

Dini Handayani said...

Dila juga waktu 18M bintitan. awalnya di kanan atas. tapi kok yang bawah ikutan. dibawa ke dokter anak katanya alergi susu, lha kaga minum susu wong minum asi. dibawa ke dokter mata JEC dikasih salep ampe 2 mana harus masuk mata, hi syerem tapi tetep aku kasih. malah tambah gede bintitnya plus nambah lagi di kiri bawah.

ganti dokter, ke dokter leomongga dari RS Aini. kata beliau gak ada hubungan dengan makanan, hanya masalah hygenitas. salep juga dikurangi salep sebelumnya jangan lagi dipake. terus sebisa mungkin cuci mata anak dengan shampo bayi.beliau juga sangat amat tidak menyarankan operasi malah beliau bilang "gak apa2 bu, 2 mggu lagi sembuh"

Alhamdulillah berhasil dan setelah 6 bulan lewat gak pernah muncul lagi, tapi meninggalkan bekas.

mski ga muncul lagi dan semoga ga akan muncul lagi aku tetep rajin bersihin matanya dengan shampo bayi, juga pakai kacamata kalo naik motor. plus kalo di bulu matanya ada kotoran semacam ketombe (ini sering bgt) dibersihkan dengan cuttonbud yang dicelup airhangat dan shampo bayi.

percaya ga percaya mungkin sebenernya ada faktor makanan juga ya, kan bintitan atau hordeolum itu mirip sifatnya dengan jerawat.
kalo wajah rajin dirawat pasti bebas dari jerawat. plus tidak berlebihan makan makanan berlemak atau berprotein tinggi.

semoga anak2 kita terbebas dari penyakit bintitan ini Amin

*aku udah coba cuci mata pake sabun atau shampo bayi, gak pedih ko. bahkan dari kecil aku dibiasain kalo cuci muka, mata ya ikut dicuci sambil merem, makanya aku ga pernah bintitan, gak pernah mata merah, dan gak pake kacamata meski melototin kompie >8 jam