Saturday, July 17, 2010

Celoteh Ankaa (2)

Jagain Mbok
nYam: "An, piring kelincinya dibawa ga ke rumah Uti?" (sambil nyusun list barang buat mudik minggu depan)
Ankaa: "Nggak deh"
nYam: "Beneran? Ntar di sana nyariin. Sapa yang mau kirim?"
Ankaa: "Abi. Kan Abi di rumah, nggak diajak naik pesawat. Abi di rumah jagain Mbok, gitu"

FYI, Mbok itu nama kucing liar yang sehari-hari suka nongkrong di rumah. Dipanggil Mbok karena kayanya ni kucing demen banget bunting.

Pororo
Ankaa: "Mi, kok Pororo sekarang warna kuning?" (sambil nonton Pororo di TV)
nYam: "Sekarang Pororo dah pake baju" (dan mbatin, kok beda ya ni Pororonya?)

Sudah Banyak
nYam: "Ankaa, yang ini bagus nih bukunya" (nunjukin buku bagus waktu di Gramedia)
Ankaa: "Iya bagus, bacain Mi"
nYam: "Mau dibeliin?"
Ankaa: "Nggak ah, buku Ankaa udah banyak"

FYI, jawaban itu berlaku juga kalo Ankaa ditanya mau dibeliin baju atau nggak, mainan, dll dll. Kayanya emaknya lebih konsumtif ya, bawaannya pengen beliin si nduk kecil melulu. Apa daya, tawaran ortunya ditolak terus dengan alasan: sudah banyak. Good girl, ntar ga repot lah sama rengekan minta beli ini itu. Satu-satunya yang dia minta saat ini adalah stetoskop mainan yang bagus dan ga gampang copot waktu dipakai. Ah iya, satu lagi yang nggak pernah ditolak: koin buat dimasukin celengan. Punya anak kok hemat bener yak?

Merakyat
Pulang dari BP, capek, udah siang, panas. Ngebayangin naik D22 yang suka ngebut meski jalan benjut, do oh kok rasanya ga enak ya? Lagian dari BP, ongkos taksi dibanding naik angkot+becak, selisih maksimal sepuluh ribu, tapi lebih cepet plus nyaman. Mangku Ankaa juga enak lah.
nYam: "An, pulangnya naik taksi aja ya? Panas nih"
Ankaa : "Nggak, Ankaa mau naik angkot trus becak. Angkotnya yang kuning ya Mi"

Ya sudah lah. Diturutin aja. Look at the bright side. Aku punya anak yang bisa diajak susah ha ha ha. Yang jelas, sepanjang jalan tuh Ankaa tidur dan aku naik turun angkot sambil nggendong nduk kecil, bawa tas, payung, dan satu grocery bag.

At Tiin
Lagi shalat Isya' berjamaah. Rakaat pertama dan kedua, Fath baca surat pendek selain surat At Tiin, favorit Ankaa. Sekarang rakaat ketiga.
Ankaa: "Bi, baca At Tiin Bi......Bi.....At Tiin......" (sambil nyenggol-nyenggol Fath)
Fath: (diem aja, lha lagi rakaat ketiga)
Ankaa: "Hu hu hu, Mi...Abi ga baca surat At Tiin"

Saat itu juga, dia sujud sambil nangis sesenggukan tapi suaranya dipelanin karena ga mau ganggu yang lagi shalat. Begitu salam, langsung deh nangis kejer. Cuma gara-gara Fath ga baca surat At Tiin. FYI, Ankaa suka banget ama At Tiin karena di Al Qur'an bergambar miliknya, surat At Tiin tuh ada gambar kucing lagi main. Kadang sampe bosen, tiap kali shalat, surat pendeknya itu-itu melulu hihihi....

An Naas
Fath lagi shalat, aku di belakang lagi beres-beres.
Ankaa : "Bi, Ankaa baca An Naas ya. Satunnas, duannas, tigannas, empatnaas, limannas, enam nas, tujuhnas, delapannas, sembilannas....."

Ga tau deh, waktu itu shalat Fath khusyuk ato nggak. Aku aja yang denger bawaannya udah mau ngakak sejadi-jadinya.

Foto: Fath dan Ankaa di kampus STAN, pada suatu hari Minggu nan cerah, bersamaan dengan pelaksanaan ujian masuk STAN :)

No comments: