Tuesday, April 12, 2011

Bukan Toilet!!!

Coba bayangkan kita dalam kondisi ini. Si kecil sedang berenang dan tiba-tiba minta keluar kolam untuk BAK. Apa yang akan dilakukan?

A. 1. Mengajaknya ke toilet agar dia bisa menuntaskan hajatnya; atau

B. 2. Membiarkannya pipis di kolam, toh ada entah berapa ribu liter air di sana.

Pagi ini, untuk kedua kalinya saya melihat kejadian yang sama. Di kolam yang sama. Anak dan ibu yang berbeda. Si anak ngotot ingin BAK di toilet sedangkan sang ibu menyuruhnya menuntaskan hajat di kolam saja karena “orang lain juga begitu”.

Well, di rumah kita mengajarkan anak untuk BAK di toilet kan? Anak ngompol waktu tidur aja, berarti tambahan seprei buat dicuci kan? Tapi kok waktu berenang, ajaran itu nggak diberlakukan lagi ya? Ya memang ada ribuan liter air di kolam, tapi kan bukan buat cebok!!! Kebayang ga seh anak lo berenang di air yang kena pipis? Plis deh, yang berenang bukan cuma anak situ. Lagian, udah cukup banyak bakteri di kolam tanpa harus ditambah pipis.

Dan alesan si ibu ga mau nganter anaknya ke toilet itu bikin bete dah. Lagi ngerumpi sodara!!! Mending kalo misale dia lagi menyelamatkan seorang anak yang tenggelam trus melakukan CPR gitu. At least alasannya tuh oh-so-mulia gitu. Beuh, kaga bisa ditunda ya ngerumpinya?

Sekarang coba deh balikin ke diri sendiri. Kalau kita punya kolam renang (amiiin....), rela ga seh ada yang BAK di sana? Ada kucing atau anjing ngencingin halaman aja kita dah uring-uringan, kok ya anak sendiri disuruh pipis di kolam.

Dan tolong ya Bu, ga semua orang pipis di kolam. Dah beberapa kali aku mondar-mandir nganter Ankaa pipis di toilet waktu berenang. Ga repot kok, cuma butuh beberapa menit.

Katanya kalau mendidik anak kudu konsisten, tapi kok konsistensi BAK-di-toilet ga berlaku yah kalau lagi berenang?

Lebih senewen lagi karena selesai berenang, gurunya bilang kalo Ankaa sempet kecebur dan nelen air. Oh God, moga-moga itu sebelum si bocah pipis yah....

Kolam renang bukan toilet......

2 comments:

IbuDzakyFai said...

iyah betul bu...setuju kolom renang bukan toilet.

nYam said...

aseli bikin ilfil ngajak ankaa berenang lagi....:(