Saturday, June 18, 2011

Menjaga Pelanggan

Minggu lalu, aku beli wortel di tukang sayur langganan, Mas Yoyok. Sampe rumah, entah karena nggak langsung dicuci dan masuk kulkas ato kenapa, yang jelas ada dua wortel yang kurang bagus. Terpaksa deh dibuang. Nah hari Kamisnya, pas belanja di Mas Yoyok lagi, sambil lalu aku sebut deh perkara wortel yang busuk itu. Tanpa ba bi bu, Mas Yoyok langsung masukin tiga wortel baru dalam belanjaanku. Gratis, buat mengganti yang rusak.

Sebelum ini, pernah juga kejadian nggak sengaja salah satu kresek belanjaan ketinggalan di lapak Mas Yoyok. Padahal isinya belanjaan dari lapak tukang sayur lain. Karena ketidaktahuan, isi kresek itu dijual lagi oleh Mas Yoyok. Alasannya sih sederhana, daripada keburu rusak. Sementara di rumah, aku bingung, lha pisang tanduk dkk yang tadi dibeli kok lenyap padahal yakin deh nggak ketinggalan di becak. Usut punya usut, ternyata bener di Mas Yoyok itu. Langsung deh besoknya, ada kantong plastik digantung di pagar rumah yang isinya sama persis plek keteplek sama belanjaanku yang "lenyap" itu. Padahal kan kalo mau jujur, itu salahku yang melupakan si kantong kresek.

Kejadian lain, karena tukang ikan segar (yang jual lele, gurame itu tuh), lagi libur jualan, aku beli gurame di Mas Yoyok. Ada dua ekor nih, harganya sama. Setelah milih, aku minta si ikan dibersihin (sampe sekarang ga bisa bersihin ikan T_T). Pas si ikan dibelek, mendadak Mas Yoyok ngambil ikan satunya. Katanya bagusan yang satunya, padahal si ikan pertama udah dibelek. Kata dia, meski sama-sama seger, tapi yang satu lebih bagus dan gemuk.

Ada tetangga yang bilang, harga beberapa item yang dijual Mas Yoyok lebih mahal ketimbang barang di tukang sayur lain. Tapi aku suka dengan cara Mas Yoyok menjaga pelanggannya. Dia lebih memilih rugi sesekali tapi pelanggannya ga lari ketimbang ngeyel yang beresiko kehilangan pelanggan. Kenapa ya kadang perusahaan gede ga bisa menjaga pelanggan dengan baik seperti Mas Yoyok? Ya nggak harus sampe ganti rugi dalam bentuk materi. Sekedar permintaan maaf kalo ada pelanggan nggak puas atau peningkatan layanan udah cukup kok.

2 comments:

Dewi Citra said...

Hmm... memang menjaga pelanggan itu lebih susah drpd mendapatkan pelanggan ya mbak
Kunjungan balik nih :)

Citra

Agus M Ramdan said...

Poin dari ini adalah kejujuran orang. Tapi adakalanya dihadapkan kepada sebuah dilema bila jujur maka tidak bisa makan atau keuntungan berkurang. Bisa juga karna jurur di musuhin teman atau atasan.