Monday, August 01, 2011

Catatan Puasa: Day 1

Alhamdulillah hari ini bisa puasa. Sempet kuatir karena biasanya jadwal "libur" ya hari-hari ini lah. Ternyata maju.

Semalam Ankaa ikut tarawih. Lebih tepatnya ikut shalat Isya' aja, katanya capek. Alhamdulillah ni bocah ga rame ato rewel ato lari-larian. Apesnya, kami berangkat kurang awal, jadi ga kebagian tempat di lantai satu. Lantai dua tuh ruame ama anak kecil.

Dan emang mau puasa itu ada aja ya cobaannya. Ceritanya, shaf ku itu kedua dari belakang. Persis di belakangku itu ada segerombol anak perempuan, usia sepuluh tahunan mungkin. Nah waktu Isya', mereka ga shalat malah asyik ngobrol dan ngemil. Sumpah rasanya ga khusyuk blas. Lha mereka ngobrolnya berisik dan bau cemilannya itu ke mana-mana :(

Ga cukup sampe di situ, salah satu dari mereka tau-tau berdiri di antara aku dan Ankaa, trus manggil-manggil temennya yang lagi shalat di shaf depanku. Tangannya pake nuding-nuding pulak persis di depan saya :( Namanya dipanggil, temennya kok ya noleh, padahal lagi shalat. Pas noleh, rame deh mereka teriak:
Nah shalatnya batal


Begitu salam, si anak yang nunjuk-nunjuk masih berdiri di belakangku. Langsung deh aura galak a la nYam keluar. Pasang mata mendelik, aku towel tu anak. Aku suruh duduk trus aku bilang:

Kalau kalian ga shalat, itu terserah kalian. Tapi jangan gangguin temen-temen kalian yang lagi shalat. Kalau emang kalian cuma mau berisik, di luar saja. Jangan ganggu orang-orang yang mau shalat

Mungkin karena jiper dipelototin, sampe Witir mereka nggak berisik, even aku tahu mereka ga shalat. Masih kedengeran suara ngobrolnya.

Yes saya galak sekali untuk urusan satu ini. Kalo mereka masih level anak TK atau balita, maklum banget dah kalo berisik. Lha ini kelihatan dah gede banget gitu loh. Mereka sibuk ngisi buku Ramadhan, tapi malah ga shalat. Mustinya gurunya minta ada tanda tangan jamaah di sekitar mereka ya, biar ga sekedar laporan pandangan mata :D

No comments: