Monday, September 17, 2012

Fatwa

Orang miskin emang ga ditarik pajak. Makanya ada yang namanya PTKP.

Jadi para Kiai, dengan segala hormat, orang miskin memang ga ditarik pajak ya.

Tapi tolong Pak Kiai, bikinin fatwa tentang merokok dong. Karena seperti berita ini, justru yang miskin-lah yang jadi konsumen terbesar rokok. Penghasilan yang sudah tidak seberapa, larinya jadi asap racun. Bukan jadi penambah dana pendidikan atau kesehatan keluarga. Kalau penghasilan sudah minim, larinya ke rokok pula, kapan mereka lepas dari jerat kemiskinan?

Sungguh terimakasih atas rekomendasinya. Namanya juga mengingatkan ya. Dan sepengetahuan saya, warga NU itu taat sekali pada kiai-kiai mereka. Misalnya nih, para kiai berfatwa merokok itu haram, sepertinya akan ada banyak sekali mantan perokok-baru. Dan bisa dibayangkan berapa besar dana yang bisa dihemat dan dialokasikan untuk keperluan lain yang lebih bermanfaat.

Tapi saya nggak pernah dengar ada fatwa itu keluar dari Munas. Apa karena peserta juga banyak yang merokok?

Maaf lho kalo saya ada salah kata. Kebetulan keluarga besar saya juga warga NU. Dan sungguh, saya ambil risiko dijitak rame-rame dengan menulis ini :)

No comments: