Terkepung

Disclaimer: eksperimen ini sama sekali tidak bersifat ilmiah. Dilakukan semata-mata karena campuran rasa penasaran, ingin tahu, iseng, dan sedikit keprihatinan. Waktu diukur dengan fitur stopwatch di handphone Samsung GTC-3150. Waktu tempuh tidak memperhitungkan proses menyeberang jalan semata-mata karena lalu lintas pagi hari kerja itu kejam, Jendral. Yang jelas, tiap sampai di depan (atau di seberang) satu minimarket, tombol lap ditekan.

Waktu pertama kali tinggal di daerah Ceger sini, swalayan yang ada itu baru Harmony, Ahadmart, Alfamart PJMI, dan Indomaret STAN. Dan akhir pekan ini, di bekas warung padang samping Ahadmart, berdirilah Alfamart baru. Somehow, saya langsung menghitung jumlah minimarket yang tersebar dari dekat Perum Jurangmangu Indah (PJMI) sampai Pondok Safari (PSI). Total ada tiga Indomaret, dua Alfamart, satu Alfamidi, satu swalayan Harmony, dan satu Ahadmart.


Pagi ini, saya melakukan eksperimen sederhana. Saya berjalan kaki dari Indomaret PJMI sampai Indomaret PSI. Saya menghitung waktu tempuh dari Indomaret PJMI-Indomaret PSI plus waktu tempuh antar-minimarket. Saya hanya menyeberang sekali ke arah PJMI dan dari situ saya mulai menghitung waktu. Saya nggak menyeberang jalan kalau minimarket berada di seberang jalan. Lalulintas pagi cukup mengerikan, sodara. Saya pengen tahu, bukan pengen celaka.

Kenapa Indomaret? Karena dua-duanya ada di PJMI dan PSI :D Semacam mengapit gitu. Kan daerah melipirnya saya ya situ-situ aja.

Indomaret PJMI dan Alfamart PJMI lokasinya berseberangan, jadi saya hitung satu kali. Demikian juga dengan Alfamart baru yang memosisikan diri persis di sebelah Ahadmart. Berdasarkan peta di Google Map, jarak antara Indomaret PJMI-Indomaret PSI sekitar 850 meter.

Dan inilah hasilnya.

Indomaret (dan Alfamart) PJMI-Swalayan Harmony: 2 menit
Swalayan Harmony-Indomaret STAN: 4 menit 47 detik
Indomaret STAN-Alfamidi: 30 detik (nyaris berhadapan)
Alfamidi-Ahadmart (dan Alfamart): 1 menit
Alfamart-Indomaret PSI: 1 menit 50 detik

Total waktu tempuh saya sekitar  10 menit 7 detik. Melewati delapan tempat perbelanjaan.

Itu dengan jalan kaki. Waktu tempuh akan jauh lebih cepat kalau naik kendaraan.Sebagian minimarket (dan swalayan) dilengkapi dengan fasilitas ATM dan buka 24 jam. Sebagian buka dari jam 7 atau 6 pagi.

Pertanyaan besar saya, kok bisa izinnya keluar? Kok bisa ada enam minimarket, satu swalayan, dan satu midimarket ada dalam radius ga sampai satu km? Gimana dengan nasib toko-toko kecil yang nggak punya modal kuat?
Indomaret PJMI
Alfamart seberang PJMI

Harmony Swalayan



Indomaret seberang kampus STAN

Alfamidi

Ahadmart

Alfamart di sebelah Ahad

Indomaret di sebelah PSI
Jadi yuk sebisa mungkin mulai belanja lagi di toko kelontong dekat rumah masing-masing. Mungkin harga barangnya selisih sedikit, tapi kan hemat bensin :D Plus mendukung usaha kecil dan moga-moga tetangga kita ga kehilangan mata pencaharian.

Comments

Popular posts from this blog

iwan fals di minggu pagi

Dear Manajemen Plaza Bintaro Jaya,

RS Melati Husada